7 Rekomendasi Peralatan Rumah Tangga dengan Harga Terjangkau dan Kualitasnya Boleh Diadu

7 Rekomendasi Peralatan Rumah Tangga dengan Harga Terjangkau dan Kualitasnya Boleh Diadu

Sebagai ibu rumah tangga masa kini, sudah sewajarnya jika saya akrab dengan peralatan rumah tangga. Baik yang elektronik maupun nonelektronik, saya memahaminya. Beberapa peralatan elektronik familier karena digunakan sehari-hari untuk memasak. Tersedia berbagai macam model dan jenis peralatan rumah tangga di pasaran. Namun, tentunya setiap ibu rumah tangga memiliki produk favorit masing-masing. 


Saya juga memiliki beberapa peralatan rumah tangga favorit, terutama yang saya gunakan sehari-hari. Ada beragam alasan bagi ibu rumah tangga dalam menentukan produk favoritnya. Bagi saya, hal yang penting adalah peralatan tersebut berkualitas, memenuhi fungsi utamanya, aman, dan harganya terjangkau. Berikut ini adalah beberapa peralatan rumah tangga yang menjadi favorit saya. Mari disimak!


Creator Image
Retno Kusuma Wardani
Lifestyle blogger
  • LG
    Mesin Cuci 7kg, 2 Tabung


    Retno Kusuma Wardani

    Mesin cuci ini benar-benar tangguh. Umur mesin cuci tipe ini di rumah saya sudah lebih dari dua belas tahun. Awal memiliki mesin cuci ini, saya mempunyai tiga orang balita. Otomatis, jumlah cucian pun tak tanggung-tanggung banyaknya. 


    Dalam sehari, saya bisa mencuci sampai tiga kali berdasarkan perbedaan bahannya. Ketika mencuci, saya pisahkan kain yang lembut dengan kain yang berat, seperti jeans. Saya pisahkan pula antara kain berwarna putih dengan kain berwarna lainnya. 


    Selain cucian menjadi lebih bersih, kain pun jadi lebih awet dan warnanya tidak mudah berubah. Selama dua belas tahun pemakaian, saya hanya mengganti katup saluran pembuangan air. Maklum saja, sudah ratusan atau bahkan ribuan kali ia bekerja, sudah sewajarnya jika diganti. 


    Saya menggantinya baru dua tahun yang lalu, yaitu kira-kira setelah lebih dari sepuluh tahun pemakaian. Selebihnya, performa mesin cuci ini masih bandel dan tidak ada kerusakan lainnya. Itulah sebabnya mesin cuci ini menjadi salah satu produk rumah tangga favorit saya. Sebab, harganya terjangkau dan awet hingga bertahun-tahun.

  • Cosmos
    Harmond – Rice Cooker 2 L


    Retno Kusuma Wardani

    Setiap ibu rumah tangga tentunya menginginkan produk yang aman untuk seluruh anggota keluarganya. Karena itu, saya memilih rice cooker dari Cosmos dengan teknologi Harmond ini. Lapisan dalam dari pancinya antigores meskipun digosok menggunakan sikat kawat sekalipun. 


    Saya sudah membuktikannya, bagian dalam dari pancinya tidak tergores sama sekali. Pancinya juga food grade sehingga aman ketika digunakan untuk memasak. Tidak ada lapisan panci yang rontok ataupun larut ke dalam makanan yang kita masak. 


    Selain digunakan untuk memasak nasi biasa, rice cooker Cosmos ini juga bisa digunakan untuk memasak nasi tradisional lainnya, seperti nasi liwet atau nasi kuning. Hasilnya pun tak berbeda bila dibandingkan dengan memasak secara tradisional. Rice cooker ini cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin menyajikan nasi enak dan aman untuk anggota keluarganya.

  • Philips
    Blender


    Retno Kusuma Wardani

    Blender Philips ini aman digunakan karena motor atau mesinnya tidak akan berputar jika jar nya tidak terpasang dengan baik. Dibanding dengan merek lainnya yang sekelas, blender Philips ini mampu menghaluskan dalam waktu yang lebih cepat. 


    Daya tahannya pun tak diragukan lagi, blender ini dijamin awet. Di rumah saya, blender ini tak hanya untuk menghaluskan buah, tetapi juga bumbu masak. Bumbu yang terdiri dari berbagai macam rempah, seperti bumbu soto dan kari yang merupakan masakan tradisional rumahan, dapat dihaluskan.


    Saya juga sering menggunakan blender Philips ini sebagai pengganti alat untuk memarut kelapa. Harap dicatat, kita tidak perlu menghaluskan kelapa sampai sangat halus agar kita mudah untuk memeras santannya. Selain itu, meskipun digunakan setiap hari di dapur, blender ini tetap awet sampai bertahun-tahun.

  • Rinnai
    Kompor Gas


    Retno Kusuma Wardani

    Dari tampilannya saja, kita sudah bisa melihat kalau kompor gas Rinnai RI-712A ini adalah kompor gas yang kokoh. Memang, kompor gas ini kuat dan kokoh untuk memasak dalam jumlah besar jika sedang mengadakan acara keluarga. Memasak juga lebih cepat karena besar api yang dapat diatur sedemikian rupa, tetapi tidak membuat penggunaan gas jadi lebih boros. 


    Kompor ini juga mudah dibersihkan karena tatakannya bisa dilepas. Begitu juga dengan permukaan kompor yang terbuat dari stainles steel tebal yang mudah dibersihkan, awet, dan tidak mudah berkarat. Selain itu, harganya pun terjangkau. Kompor ini cocok juga untuk kalian yang memiliki keluarga besar karena kokoh menahan alat masak yang berukuran besar.

  • Samsung
    RT22 Digital Inverter, 234L


    Retno Kusuma Wardani

    Teknologi inverter yang dimiliki kulkas Samsung ini membuat penggunaan energi listrik menjadi lebih hemat. Makanan, buah-buahan, maupun sayuran dapat disimpan dalam keadaan segar lebih lama. Untuk penyimpanan beku, freezer-nya juga bekerja dengan baik sekali. 


    Sedangkan untuk penyimpanan dingin, kulkas ini juga bekerja dengan baik dan mampu mengurangi bau. Saya sering menyimpan ikan berbumbu di bawah freezer. Hasilnya, rasa dan bau ikan tidak berubah meskipun disimpan sampai berhari-hari sehingga tidak mengganggu bahan makanan lainnya. Itulah beberapa alasan yang menjadikan kulkas Samsung ini sebagai salah satu peralatan elektronik favorit di rumah saya.

  • Philips
    Mixer


    Retno Kusuma Wardani

    Awet, itulah alasan pertama saya memilih mixer Philips sebagai salah satu alat elektronik dapur favorit saya. Jadi, saya melakukan survei kecil-kecilan di keluarga besar sebelum saya membeli mixer sendiri. Ternyata, banyak yang menyarankan saya untuk membeli merek Philips. Memang, menurut pengalaman ibu saya, mixer ini sangat awet. Padahal, ibu saya termasuk rajin membuat cake. Tidak hanya satu resep, ibu saya bisa membuat beberapa resep cake sekaligus. 


    Lalu, mesinnya tidak cepat panas meskipun dipakai untuk waktu lama. Jika hendak membuat cake yang membutuhkan putaran mixer tinggi bertenaga kuda, mixer ini bisa diandalkan. Cocok bagi kalian yang hobi membuat cake atau memiliki usaha skala rumah tangga.

  • Sharp
    Sandwich Toaster


    Retno Kusuma Wardani

    Alasan awal saya membelinya adalah karena produk ini menghasilkan bentuk roti bakar yang lucu. Hasil rotinya segitiga dengan tepi yang tipis dan dapat menampung isi dengan rapat tanpa berantakan. Setelah memilikinya beberapa lama, saya baru menyadari bahwa panggangan roti seperti ini cocok untuk keluarga kami yang memiliki tiga anak SD. 


    Roti bisa diisi dengan berbagai macam isian sesuai selera anak-anak. Hasil rotinya pun cocok sekali untuk bekal. Sebab, isian roti tidak berantakan ke mana-mana meskipun roti dimasukkan ke dalam kotak bekal dan terayun-ayun di dalam tas. 


    Selain itu, panggangan roti dengan model seperti ini juga lebih praktis. Saya tinggal memasukkan lembaran roti ke dalam panggangan, tambahkan isi, seperti sosis, coklat batang, atau coklat butir, lalu tutup dengan selembar roti lagi di atasnya. Kemudian, tutup panggangannya dan sarapan atau bekal akan siap dalam sekejap saja. Praktis, kan?