7 Rekomendasi Barang Etnik yang Membuat Perjalanan Makin Mengesankan

7 Rekomendasi Barang Etnik yang Membuat Perjalanan Makin Mengesankan

Banyak dari kita yang sangat menikmati melakukan perjalanan, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain. Kerap kali kita melengkapi perjalanan dengan aneka benda yang membuat perjalanan kita menyenangkan dan mengesankan, apalagi jika kita akan bepergian ke luar negeri. 


Bangga rasanya jika kita menggunakan beberapa barang dan produk khas Indonesia yang sering mengundang pujian dari warga dunia. Nah, kira-kira barang apa saja ya? Kali ini, saya ingin merekomendasikan beberapa barang bernuansa etnik khas Indonesia. Fashion item ini bukan hanya bisa membuat perjalanan kita menjadi nyaman, tetapi juga makin mengesankan. Mari disimak!


Creator Image
Indah Nuria Savitri
Diplomat & lifestyle blogger
  • Avara
    Blus Batik Cap Cirebon Motif Bangbiron Atasan Wanita


    Indah Nuria Savitri

    Batik adalah produk Indonesia yang sudah melegenda. Batik makin populer, apalagi sejak diakuinya batik sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009. Tidak lengkap rasanya jika perjalanan kita tidak dilengkapi oleh karya Indonesia yang satu ini. 


    Saya suka menggunakan atasan batik yang nyaman dan enak dipakai, tetapi memiliki model atau pola yang unik dan warna yang cerah. That's exactly why I choose this one! Selain itu, produsen batik ini juga tidak memproduksi dalam jumlah banyak. Jadi, produk yang kita pakai bisa eksklusif dan tidak pasaran, lho. Saat dipakai selama perjalanan, selain nyaman, kita pun terlihat makin keren!

  • Sientong Tenun
    Outer Tenun


    Indah Nuria Savitri

    Outer tenun adalah salah satu fashion item yang selalu saya bawa. Mengapa? Karena selain membuat penampilan kita jadi berbeda, jaket atau outer juga memiliki banyak fungsi. Outer bisa membuat penampilan kita menjadi lebih formal dan bisa berfungsi sebagai penghangat saat kita bepergian ke tempat yang udaranya agak dingin.


    Dipadu dengan turtle neck atau dalaman polos favorit kita, outer tenun ini akan menjadi tambahan yang membuat penampilan kita makin wow. Apalagi jika motif dan warna tenun yang dipilih juga eye catchy, pasti banyak orang yang akan menyukai dan menanyakan dari mana asal outer kita. Ini pengalaman pribadi saya selama perjalanan, lho!

  • Sidina
    Tote Bag Sedang


    Indah Nuria Savitri

    Apakah kalian punya banyak barang dan pernak-pernik yang harus dibawa dalam perjalanan? Saya juga! Well, sering kali kita memiliki barang wajib yang harus selalu ada, seperti ponsel, makeup, dompet, kunci kendaraan, atau hand sanitizer, misalnya. 


    Nah, supaya tidak repot karena barang kita berceceran, tote bag tenun berukuran sedang ini bisa jadi pilihan terbaik untuk teman perjalanan kita. Mengapa saya memilih produk ini? Alasannya, karena ukurannya pas, motif tenunnya cantik, dan jahitannya sangat rapi! Tas ini juga stylish untuk dibawa ke mana-mana. Jadi, jangan sampai tidak punya yang satu ini, ya.

  • Benangsari
    Batik Resti Scarf Wanita


    Indah Nuria Savitri

    Scarf batik sering kali menjadi penyelamat outfit yang kita pakai dalam perjalanan. Walaupun hanya mengenakan celana jeans dan kaus favorit, scarf batik yang kita kenakan pasti akan menambah sentuhan elegan dan etnik untuk penampilan kita. Scarf batik dengan motif tradisional yang cantik dan warna-warna yang cerah selalu sukses memberikan aksen pada pakaian yang kita kenakan. 


    Selain itu, scarf batik yang bentuknya ringkas dan tidak banyak memakan tempat bisa selalu kita bawa ke mana saja. Tidak hanya itu saja, scarf batik ini bisa menjadi oleh-oleh khas Indonesia yang disuka banyak orang. They will love to have it!

  • LeViCo
    Ikat NTT Motif Tenun Rote Kain Tenun


    Indah Nuria Savitri

    Sebagai pencinta wastra nusantara, saya selalu membawa satu buah kain cantik khas negeri untuk saya pakai pada berbagai kesempatan. Saya memakainya termasuk saat selfie, tampil dengan OOTD, atau bahkan untuk menghangatkan badan di tengah terpaan udara dingin di negara lain. Salah satu pilihan favorit saya adalah tenun khas NTT. Tenun ini memang sangat terkenal akan keunikan motif, kerapian tenunannya, dan warna-warna khas alam yang memberi kesan eksklusif dan mahal. 


    Saya suka memakai kain ini pada saat musim gugur atau musim semi yang kerap diselingi dengan udara dingin. Selain itu, saat berfoto dengan tenun ini, banyak orang yang mengagumi kecantikan motif dan warnanya. Benar-benar si pencuri perhatian!

  • Rafa Tenun Troso
    Premium Leather Travel Pouch


    Indah Nuria Savitri

    Untuk melengkapi perjalanan yang saya lakukan, travel pouch selalu ada di dalam tas. Travel pouch seperti ini akan sangat membantu untuk menyimpan barang-barang penting yang selalu kita butuhkan. Barang-barang tersebut misalnya uang atau cek perjalanan, kartu identitas, kartu kredit, paspor, dan dokumen perjalanan lainnya. 


    Ukurannya pas dengan bahan kulit premium serta kain tenun Troso yang menambah aksen travel pouch ini. Berkat itu, produk yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk teman perjalanan saya. Selain itu, travel pouch ini memiliki wristlet yang sangat handy saat dipakai. Jika kalian tidak ingin membawa tas besar untuk perjalanan pendek yang dilakukan, travel pouch ini bisa menjadi pilihan terbaik.

  • The Warna
    Flatshoes Citra


    Indah Nuria Savitri

    Perjalanan yang kita lakukan akan menjadi jauh lebih menyenangkan jika kita mengenakan sepatu yang nyaman. Apalagi jika kalian seperti saya, suka berjalan kaki dan mengeksplorasi sudut-sudut kota yang dikunjungi. Pilihan saya untuk menjelajahi tempat-tempat wisata ini adalah sepatu flat atau flat shoes yang memiliki sentuhan etnik.


    Saya memilih sepatu ini karena ukurannya selalu tersedia untuk saya yang memiliki kaki berukuran agak besar. Selain itu, sepatu ini nyaman dipakai, terutama untuk perjalanan yang relatif panjang dan lama. Sentuhan etniknya juga membuat sepatu ini menjadi unik dan cantik. Sepatu ini pun kerap menuai pujian dari pelancong yang lain. Silakan dicoba, ya.