10 Rekomendasi Perlengkapan Skateboard untuk Pemula

10 Rekomendasi Perlengkapan Skateboard untuk Pemula

Biasanya, banyak sekali pemula yang bingung mencari perlengkapan skateboard saat pertama kali memulai bermain skateboard. Daripada salah beli dan salah pilih produk, lebih baik kalian cek dulu ulasan dari saya. Saya akan membahas sepuluh perlengkapan skateboard yang perlu kalian punya atau miliki saat akan terjun ke dunia skateboarding. 


Terdapat beragam produk, mulai dari papan skateboard sampai perlengkapan pendukungnya. Semua produk yang saya rekomendasikan ini adalah produk yang saya gunakan juga sampai saat ini, lho. Jadi, sudah pasti sangat recommended. Check these out!


Creator Image
Satria Vijie
Skateboarder
  • Scratch
    Skateboard Deck


    Satria Vijie

    Scratch merupakan produk skateboard lokal yang memiliki kualitas internasional. Dengan desain yang menarik, produk ini tersedia dalam beberapa ukuran, mulai dari 7.8", 8", sampai 8.25". Jadi, kalian bisa pilih sesuai kenyamanan kalian.


    Lalu, kualitas produk ini sudah tidak diragukan lagi. Bagi yang berbadan besar atau gemuk juga tidak perlu takut papan skateboard ini akan patah saat kalian gunakan. Sebab, papan skateboard ini memiliki tujuh lapis kayu Canadian maple yang pastinya terbukti kekuatannya. 


    Papan skate ini sangat cocok untuk kalian yang baru mencoba bermain skateboard. Apalagi, papan ini digunakan juga oleh professional skateboarder Indonesia saat bertanding di kompetisi internasional!

  • Etaks
    Xfinity


    Satria Vijie

    Truck skateboard ini kualitasnya dijamin kuat. Apalagi, Etaks Truck berani memberikan garansi penggantian produk selama satu tahun apabila produknya rusak atau cacat dalam pemakaian. Etaks Truck ini juga banyak digunakan skater pro di Indonesia. Jadi, kalian bisa membayangkan betapa bagus kualitasnya. 


    Etaks Truck ini juga memiliki beberapa size, mulai dari 5.0" sampai dengan 5.5". Kalian bisa pilih dengan menyesuaikannnya dengan ukuran papan skateboard kalian. Etaks Truck ini juga terhitung ringan untuk digunakan, berbeda dengan truck skateboard yang lain. Selain itu, produk ini sangat recommended karena kuat digunakan saat melakukan gesekan di besi (grind) atau obstacle lainya.

  • Scratch
    53 mm Wheels


    Satria Vijie

    Dua poin utama dalam memilih roda skateboard adalah diameter dan durometer (kekerasan roda). Diameter roda diukur dalam milimeter dan biasanya dicetak pada permukaan luar roda. Ukuran roda yang berbeda cocok untuk gaya skateboard yang berbeda pula. Ukuran paling umum untuk skating di jalan atau taman adalah antara 50 mm hingga 54 mm. 


    Roda yang lebih kecil, yaitu 50 mm hingga 54 mm, lebih lambat dan lebih rentan terperangkap pada retakan atau batu. Namun, ia lebih disukai oleh skater jalanan atau teknis karena bobotnya lebih ringan dan trik teknis jadi lebih mudah dilakukan. Roda kecil dan lambat ukuran 50-53 mm juga disukai karena ringan sehingga mudah dalam membalik papan. 


    Lalu, roda dengan durometer 100A juga umum digunakan oleh skater jalanan atau teknis. Roda ini memiliki sedikit gesekan dan dapat naik lebih cepat. Roda jenis ini serbaguna dan bekerja dengan baik di area skating yang umum, seperti jalan, taman, atau vert. Jadi, roda Scratch ini sangat recommended untuk kalian.

  • Etaks
    Skateboards Bearings


    Satria Vijie

    Sebagian besar bearing diukur dengan peringkat ABEC. Makin tinggi peringkat ABEC, bearing akan makin akurat dan presisi. Sistem peringkat ini mencakup nilai 1, 3, 5, 7, dan 9. Namun, peringkat ABEC tidak menentukan banyak faktor penting, seperti kemampuan penanganan beban, bahan, material kekerasan, kebisingan, getaran, dan pelumas. 


    Akan tetapi, Etaks Skateboards Bearings tidak menggunakan skala peringkat ABEC, melainkan sistem peringkat sendiri yang dikenal sebagai skate rated. Etaks Skateboards Bearings yang tidak mengikuti peringkat ABEC akhirnya lebih unggul dalam kinerja. Sebab, peringkat ABEC mengabaikan banyak faktor kualitas. Etaks Skateboards Bearings adalah satu-satunya bearing yang dipercaya skater di Indonesia.

  • Etaks
    2 Pcs Gold & 6 Pcs Black Nut and Bold


    Satria Vijie

    Mur dan baut ini memang khusus untuk memasang papan skateboard dengan truck. Perangkat keras dalam paket baut skateboard secara khusus dibuat agar pas di lubang papan skate sehingga dapat dipasang ke truck. Selain itu, baut atau mur pemasangan ini termasuk mur pengunci sendiri. Pengunci ini mencegah baut longgar karena getaran atau ketegangan yang kuat. 


    Namun, setelah beberapa putaran pertama, kalian harus memeriksa untuk memastikan baut kalian masih kencang. Mungkin saja harus dikencangkan lagi. Sebab, semuanya harus tetap pas dan aman saat bermain skateboard. Etaks membuat dua variasi warna, yaitu hitam dan emas. Akan tetapi, saya lebih merekomendasikan warna emas agar bisa memberi kesan elegan pada skateboard kalian.

  • Scratch
    Griptape Skateboards Sailor


    Satria Vijie

    Permukaan griptape yang kasar biasanya terbuat dari silikon karbida. Zat ini memberikan resistensi dan gesekan antara papan skate dengan sol sepatu kalian. Tanpa gesekan ini, akan sangat sulit untuk mengangkat skate kalian ke udara. Scratch Griptape Skateboards Sailor dengan cetakan dan gambar logo yang menarik ini dapat menambah kesan yang berbeda pada skateboard kalian. 


    Selembar griptape standar berukuran 22 x 83,8 cm ini cocok untuk hampir semua papan skate. Jadi, kalian tidak perlu ragu atau takut griptape ini tidak muat di skateboard kalian. Ditambah lagi, Scratch Griptape Skateboards Sailor ini sangat mudah dibersihkan dan antiair. Dengan begitu, produk ini sangat aman untuk kalian pakai.

  • Alienwear
    T Tools Skateboard


    Satria Vijie

    T Tools adalah kunci khusus untuk skateboard yang sangat serbaguna. Sebab, satu kunci T ini terdiri dari empat sampai lima fungsi untuk membongkar dan memasang skateboard kalian. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot membawa beberapa kunci. T Tools ini juga sangat mudah kalian temukan karena memang didesain khusus untuk skateboard. 


    Harganya juga tidak mahal sehingga sangat recommended untuk dimiliki. Biasanya, kunci ini tersedia dalam beberapa warna, mulai dari hitam, merah, hijau, pink, dan putih. Jadi, kalian bisa menyesuaikannya dengan warna favorit. Saran saya, berhati-hatilah dalam meletakkannya. Sebab, kunci ini cepat sekali hilangnya bila ditaruh sembarangan.

  • TSG
    Evolution Solid Color


    Satria Vijie

    Helm merupakan perlengkapan dasar yang harus kalian miliki terlebih dahulu apabila ingin bermain skateboard. Kegunaan dari helm ini sendiri sederhana, tetapi sangat vital. Sebab, ia berguna untuk melindungi kepala dari benturan serta cedera yang serius. 


    Apalagi untuk kalian yang ingin bermain di vert ataupun di bowl, tentunya penggunaan helm menjadi hal yang sudah wajib. Helm TSG ini kualitasnya internasional sehingga terjamin aman digunakan untuk bermain skateboard atau olahraga lainnya. Selain itu, umur pemakaiannya bahkan bisa sampai lima tahun. Jadi, tidak akan rugi kalau kalian mempunyai helm TSG ini.

  • Koston
    Skateboard Protective Elbow/Knee/Wrist Guard Safety Gear


    Satria Vijie

    Protector ini terdiri dari pelindung bagian yang paling sering mengalami cedera serius saat bermain skateboard, yaitu lutut dan siku. Protector sendiri sangat diperlukan untuk kalian yang baru belajar bermain skateboard. Ia berfungsi mengurangi dan mengantisipasi cedera saat latihan. 


    Koston Skateboard Protective ini merupakan protector yang baik untuk olahraga skateboard karena kualitasnya sudah terjamin. Bahkan, banyak skater pro di indonesia ataupun di luar negeri yang masih menggunakan protector tersebut. Umur pemakaian protector sendiri tergolong panjang, yaitu bisa lebih dari satu tahun. Jadi, produk ini sangat direkomendasikan, apalagi bila kalian baru bermain skateboard.

  • Converse
    CONS Louie Lopez Pro


    Satria Vijie

    Mengapa Converse? Alasannya, selain sepatu ini nyaman dan cocok dipakai ke mana-mana, Converse juga mengeluarkan lini sepatu skateboard. Biasanya, sepatu skateboard keluaran Converse berbahan suede seperti seri One Star atau CONS. Sepatu ini sangat nyaman untuk kalian pakai bermain skateboard. Saya memakai seri CONS karena lebih didesain khusus untuk skateboard dan lebih awet juga dalam penggunaan. 


    Sepatu Converse ini juga dilengkapi pelindung pergelangan kaki untuk melindungi kaki kita saat terbentur dengan papan skateboard. Karena sangat nyaman dipakai untuk melakukan trick skate, saya selalu mengenakan sepatu ini saat bermain skate, lho!