7 Rekomendasi Oven Listrik Terbaik untuk Di Rumah

7 Rekomendasi Oven Listrik Terbaik untuk Di Rumah

Bagi yang senang berkreasi di dapur dan hobi baking, oven listrik merupakan salah satu alat yang wajib ada di rumah. Selain bentuknya yang compact dan rapi, oven listrik juga punya tingkat panas yang stabil dan merata. Jadi, meskipun newbie di dunia baking, kita tetap bisa mendapatkan hasil panggangan yang baik dengan oven listrik.

Dalam pemilihan oven listrik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya oven dapat bekerja dengan maksimal dan sesuai dengan kebutuhan rumah. Hal tersebut adalah daya listrik, kapasitas oven, dan memiliki dua elemen panas, yaitu atas dan bawah. Setelah saya mencoba beberapa oven listrik, rekomendasi saya jatuh pada tujuh produk di bawah ini. 


Creator Image
Rella Sha
Lifestyle blogger
  • Mito
    MITOCHIBA Oven Listrik 25 Liter


    Rella Sha

    Siapa yang sangka, brand yang identik dengan gadget ini mengeluarkan produk peralatan dapur yang sangat direkomendasikan. Kapasitas ruang di dalam oven ini sebesar 25 liter. Berkat itu, oven ini sangat mumpuni untuk memanggang seekor ayam utuh atau daging barbeque dengan sistem memutar otomatis (rotisserie pick). 


    Seperti pendahulunya, MO-999 juga memiliki diamond cavity untuk menyebarkan panas secara merata ke seluruh ruang oven. Oven ini juga mampu memuat dua loyang kue ke dalam dua rak dengan hasil panggangan yang memuaskan, sungguh kualitas yang tidak meragukan. Secara penampilan, MO-999 ini terlihat mewah dengan warna hitam mengilap.


    Daya listrik yang dibutuhkan juga terbilang cukup hemat, hanya 400 watt untuk satu elemen pemanas. Dengan begitu, oven ini cukup menghabiskan 800 watt saja jika kedua pemanas dinyalakan. Bagi rumah yang daya listriknya terbatas, oven ini bisa digunakan bersamaan dengan peralatan elektronik lainnya tanpa harus bergantian.

  • Mito
    Electric Oven Fantasy 33L


    Rella Sha

    Oven berkapasitas besar dan multifungsi ini merupakan pendahulu seri 999, tetapi masih jadi rujukan bagi para baker rumahan. Ukuran 33 liter memang tidak main-main luasnya. Ia bisa memuat tiga rak sekaligus. Salah satu fitur unik dari oven ini adalah adanya diamond cavity, yaitu bagian bodi berbentuk diamond yang dapat memantulkan panas dari lempeng pemanas atas dan bawah. Dengan begitu, seluruh ruangan oven mendapat panas yang merata.


    Selain itu, oven ini sudah dilengkapi lampu untuk melihat dalaman oven tanpa harus membuka tutupnya. Ada juga kipas (convection) di sisinya agar panas menyebar ke dalam sehingga panggangan matang sempurna. Selain untuk konsumsi keluarga, kita juga bisa mengerjakan pesanan kue skala rumahan dengan kapasitas sebesar ini.

  • Kirin
    Oven Listrik - 10 Lt


    Rella Sha

    Oven supermungil ini boleh jadi incaran juga untuk kelas oven rumahan yang hemat daya listrik. Berkapasitas 10 liter, ia memiliki elemen pemanas atas dan bawah dan berdimensi 36,5 x 21 x 20,5. Oven ini sudah cukup memenuhi kebutuhan panggangan skala rumahan. Meski kecil, oven ini bisa digunakan untuk memanggang ayam, ikan, steak, kue, dan menghangatkan makanan dengan automatic thermocouple yang berfungsi untuk menstabilkan suhu. 


    Dibanding oven yang lainnya, Kirin KBO 100M memang hanya memiliki suhu panas maksimal 200 derajat celsius, tetapi jangan khawatir. Sebab, tidak banyak juga makanan yang membutuhkan pemanasan lebih dari 200 derajat. Sedangkan untuk daya, oven ini juaranya. Ia hanya butuh 400 watt saja untuk menyalakan pemanggang atas dan bawah. Dengan begitu, rumah yang memiliki daya listrik hanya 450 watt sekalipun dapat menggunakannya.

  • Kirin
    Oven Listrik 19 Liter


    Rella Sha

    Produk ini adalah produk favorit bagi yang mencari oven kapasitas medium dengan daya listrik terbatas. Berdaya 275 watt untuk satu pemanas, oven ini cukup menghabiskan 550 watt saja jika dua pemanasnya dinyalakan. Berukuran 50 cm x 38,7 cm x 35,2 cm, Kirin KBO-190 LW mempunyai kapasitas 19 liter. Artinya, ia tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu kecil sehingga bisa memuat dua loyang standar dan dua loyang loaf sekaligus. 


    Fitur lainnya standar, seperti pengatur waktu otomatis sampai 60 menit, juga wire rack dan baking tray sebagai kelengkapannya. Sayangnya, kekurangannya adalah ia tidak memiliki rottiserie pick atau stik pemutar yang digunakan untuk memanggang. Akan tetapi, hal ini tak jadi masalah karena kita masih bisa memanggang ayam atau lainnya di atas baking tray dengan dilapisi aluminium foil.

  • Oxone
    2 in 1 Oven 18Lt


    Rella Sha

    Tidak salah jika banyak pencinta baking yang menggemari oven ini, termasuk saya sendiri. Bentuknya sangat stylish dan tersedia dalam dua warna, yaitu hitam dan putih. Dilengkapi BBQ dan rottiserie pick, oven ini membuat hasil panggangan matang merata dan kue atau roti mengembang cantik. Memiliki kapasitas ruang 18 liter, Oxone OX-858 ini mengonsumsi daya sebesar 800 watt saja untuk pemanasan atas dan bawah. 


    Selain itu, ia juga memiliki fitur 4 in 1 yang dapat digunakan untuk memanggang, mencairkan, memanaskan, dan membakar. Sudah seperti punya oven dan microwave sekaligus! Satu lagi fitur unik yang jarang ada di oven lain adalah adanya wire tray terbuka di bagian atas oven yang reversible atau bisa dibuka tutup. Dengannya, kita bisa membuat sate, steik, atau panggangan lainnya dengan panas yang berasal dari elemen pemanas di dalam oven. Tentu saja ini sangat menyenangkan karena kita bisa mendapatkan oven minimalis dengan aneka fungsi yang berbeda.

  • Cosmos
    Oven 19 L


    Rella Sha

    Sudah melegenda sejak dulu bahwa produk-produk Cosmos merupakan unggulan untuk aneka peralatan rumah tangga, salah satunya oven listrik ini. Dengan kapasitas 19 liter yang dapat memuat dua rak kue dan rak besi di dalamnya, Cosmos CO-9919 R juga dilengkapi rotisserie pick. Dengan begitu, ia mampu memanggang dengan sistem memutar otomatis. 


    Terdapat enam pilihan elemen pemanas yang hanya mengonsumsi daya listrik total 700 watt jika dipakai atas dan bawah. Artinya, oven ini cukup memakan daya 350 watt saja jika hanya menggunakan satu pemanas.


    Jangan khawatir dengan desainnya yang compact dan sederhana karena hal itu sama sekali tidak mengurangi fungsi oven minimalis ini. Harganya juga sangat terjangkau, yaitu sekitar 600 ribu rupiah saja. Cocok untuk pemula atau usia remaja yang ingin memulai sesi belajar baking di rumah.

  • Signora
    Mini Oven


    Rella Sha

    Oven mini yang ringkas ini boleh dicoba untuk pemula di dunia baking. Para pemula biasanya mengawali sesi belajarnya dengan memanggang kudapan sederhana, seperti muffin, cupcake, atau macaroni schotel. Berukuran 35 cm x 20 cm x 18 cm dan memiliki kapasitas ruang 6 liter, oven ini termasuk minimalis. Meski begitu, hal ini tidak mengganggu fungsi panggangannya sama sekali.


    Elemen pemanasnya juga lengkap. Kalian bisa menggunakan pemanas atas, bawah, atau atas dan bawah tergantung kebutuhan. Selain itu, daya listrik yang dikonsumsi hanya 600 watt, jauh lebih hemat dibanding oven listrik pada umumnya. Signora Mini Oven cukup simpel dan hemat tempat bagi rumah yang tidak memiliki ruang dapur yang lega dengan daya listrik terbatas.