8 Rekomendasi Mainan untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak

8 Rekomendasi Mainan untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak

Creator Image
Inda Chakim
Parenting blogger & Ibu Rumah Tangga
  • Edu Flash Card


    Inda Chakim

    Edu Flash Card merupakan kartu belajar yang dapat digunakan untuk membantu menstimulasi kecerdasan linguistik anak. Kecerdasan ini bisa dilihat dari kemampuan anak dalam berbahasa, mulai dari berbicara, menulis, memahami kata-kata, hingga menggunakan bahasa dengan benar. Hal ini penting untuk membantu melatih anak dalam berkomunikasi.

    Flashcard ini memiliki ukuran yang ramah di tangan sehingga nyaman saat digenggam anak. Kartu ini juga aman untuk anak karena sudut-sudut kartunya membulat dan tidak tajam. Tulisan serta gambarnya juga tercetak dengan jelas sehingga anak-anak jadi lebih mudah memahaminya. Dengan ukuran yang tebal, flashcard ini tidak mudah terlipat atau rusak saat berada di genggaman anak. Lebih awet dan tahan lama!
  • Roxport
    Balok Domino 120 PCS


    Inda Chakim

    Kecerdasan logika matematika anak bisa dilihat dari kemampuannya mengolah angka, mulai dari berhitung hingga mengenal pola. Nah, untung merangsang kecerdasan logika tersebut, orang tua bisa menggunakan mainan balok domino dari Roxport ini. Produk ini bisa dipakai untuk bermacam stimulasi terkait dengan kecerdasan logika matematika. Balok domino ini bisa dibilang aman dipakai untuk anak karena tidak ada bagiannya yang tajam.

    Satu paket produk ini berisi 120 balok domino. Anak-anak bisa lebih mudah dan leluasa bermain sambil belajar menghitung penjumlahan atau pengurangan. Lalu, balok domino ini juga bisa digunakan untuk mengenalkan kemampuan mengklasifikasikan warna, atau belajar pengukuran.
  • Fun Doh
    Big Combo 2


    Inda Chakim

    Seorang anak yang imajinatif dan menunjukkan ketertarikannya akan gambar atau desain dapat dikatakan memiliki kecerdasan visual spasial yang baik. Salah satu mainan untuk menstimulasi kecerdasan tipe ini adalah produk dari Fun-Doh. Ada banyak pilihan playdough yang bisa didapatkan secara online. Namun, saya lebih memilih produk keluaran Fun-Doh karena banyaknya variasi warna dan cetakan yang tersedia.

    Set Big Combo 2 ini terdiri dari paket dua warna berbeda dengan isi yang cukup banyak. Dengan begitu, anak-anak bisa bebas berkreasi membuat aneka bentuk, misalnya dengan menggunakan cetakan bentuk kue, hewan, dan sebagainya. Hal ini tentunya baik untuk memperkaya pengalaman dan kreativitas anak dalam membuat bermacam bentuk. Produk dari Fun-Doh ini juga sudah memenuhi SNI dan terjamin aman untuk dimainkan anak-anak.
  • Spalding
    NBA Gold


    Inda Chakim

    Kecerdasan kinestesis anak dapat dilihat dari kemampuannya melakukan aktivitas fisik serta olah tubuh lainnya. Untuk melatih kecerdasan ini, salah satu produk yang saya gunakan adalah bola basket seri NBA Gold dari Spalding ini.

    Bola basket ini benar-benar favorit saya, terutama karena daya pantulannya yang stabil. Bahan dasarnya menggunakan kulit poliuretan berkualitas yang tahan terhadap beberapa bahan kimia ringan. Bahan ini juga stabil dalam suhu dingin maupun panas, serta tidak mudah aus dan tidak mudah terkelupas apabila terjadi gesekan. Anak-anak bisa puas bermain dengan bola basket yang awet dan tahan lama ini!
  • Piano Silikon Bentuk Karpet Lipat 140 Nada


    Inda Chakim

    Untuk memahami kecerdasan musikal anak, kita perlu memperhatikan kemampuannya saat membuat bunyi atau bermain musik. Nah, piano lipat ini bisa menjadi salah satu mainan alat musik untuk memberikan stimulasi dan mengembangkan kecerdasan musikal anak.

    Suara yang dihasilkan dari piano ini enak didengar, jelas, dan tidak pecah. Di dalamnya terdapat fitur untuk mengganti-ganti nada hingga merekam permainan piano anak. Untuk menggunakan piano ini, kita hanya perlu menyiapkan 4 buah baterai, atau bisa juga menghubungkannya ke power bank. Dengan desain yang bisa digulung, mainan piano ini praktis untuk dibawa-bawa agar anak bisa melatih kemampuan musikalnya di mana saja!
  • Little Painter
    Magnetic Drawing Board


    Inda Chakim

    Kecerdasan intrapersonal bisa dinilai dari kemampuan anak dalam memahami diri sendiri, mengetahui kekuatan dan kelemahannya, serta memotivasi diri. Untuk menstimulasi kecerdasan ini, salah satu mainan yang sesuai adalah mainan papan gambar magnetik dari Little Painter ini. Ukurannya besar sehingga anak bisa bebas mengeksplorasi imajinasinya.

    Papan gambar ini juga dilengkapi pegangan yang akan memudahkan anak saat membawanya ke mana-mana. Bagian untuk menghapus gambar juga bisa digeser dengan mulus. Dengan performa seperti ini, anak bisa lebih mendalami perasaannya sendiri dan berlatih menuangkannya dalam bentuk gambar. Dengan begitu, stimulasi kecerdasan intrapersonal anak dapat memberikan hasil yang maksimal.
  • Mattel Games
    Fast Fun Blokus


    Inda Chakim

    Kemampuan anak dalam bermasyarakat serta memahami dan berinteraksi dengan orang lain menunjukkan kecerdasan interpersonalnya. Untuk para orang tua yang mencari mainan untuk menstimulasi kecerdasan interpersonal anak, saya merekomendasikan Mattel Games Fast Fun Blokus ini. Board game yang simpel ini harus dimainkan setidaknya oleh dua orang sehingga mengharuskan anak berinteraksi dengan orang lain.

    Mainan produksi Mattel Games tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Begitu pula yang saya temukan pada permainan Fast Fun Blokus. Ukuran kepingannya memang kecil, tetapi cukup tebal sehingga tetap mudah untuk dimainkan anak-anak. Dengan permainan yang seru ini, kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain pun bisa makin terasah.
  • Boneka Horta


    Inda Chakim

    Boneka Horta sebetulnya merupakan media tanam dengan bagian kepala yang bisa ditumbuhi rumput jika disiram air dan dirawat secara rutin. Mainan seperti ini dapat digunakan untuk menstimulasi kecerdasan naturalis anak. Biasanya, kecerdasan naturalis ditandai dengan kemampuan anak dalam mengenali dan mengategorikan tanaman, hewan, atau benda-benda alam lainnya.

    Bentuk boneka yang lucu ini juga pasti akan menarik perhatian anak dan menumbuhkan ketertarikannya terhadap alam. Dari segi harga, mainan ini juga sangat ramah kantong. Di dalam kemasannya juga sudah dilengkapi penjelasan tata cara merawat boneka Horta. Orang tua bisa mengajari anak berlatih merawat tanaman dan mengamati pertumbuhannya.