7 Rekomendasi Peralatan Masak Sederhana yang Perlu Dimiliki Anak Kos

7 Rekomendasi Peralatan Masak Sederhana yang Perlu Dimiliki Anak Kos

Banyak yang mengatakan menjadi anak indekos pasti tidak bisa memasak. Makanan yang dikonsumsi juga tidak sehat karena setiap hari selalu jajan atau membeli makan di luar. Namun, tidak demikian dengan saya. Sebelum memutuskan untuk menjadi anak indekos, hal pertama yang harus diperhatikan adalah dapurnya. Apakah rumah yang akan ditinggali itu lengkap dengan dapur dan alat masaknya atau tidak. 


Kalau tidak lengkap, saya akan berusaha untuk membelinya sendiri. Selain dapat berhemat, memasak sendiri membuat kita jadi lebih tahu kebersihan dan kesehatan makanan yang kita konsumsi. Jadi, saya pun memperhatikan beberapa hal penting dari alat masak yang saya gunakan. Walaupun tak selengkap seperti di rumah pada umumnya, tetapi inilah tujuh peralatan masak sederhana yang saya rekomendasikan untuk dimiliki anak indekos.


Creator Image
Melly Feyadin
Lifestyle blogger
  • Cosmos
    Harmond – Rice Cooker 0.8 L


    Melly Feyadin

    Tidak hanya untuk anak indekos, penanak nasi serbaguna wajib dimiliki dan pasti kita temukan di setiap rumah. Alasannya, semua orang saat ini mengandalkan magic com yang praktis untuk memasak nasi. Setiap rumah pasti memiliki alat masak ini, yang membedakannya mungkin di ukuran atau kapasitasnya saja. 


    Saya memilih Magic Com Cosmos Harmond ini karena desain Angry Bird-nya lucu dan menggemaskan. Produk ini memiliki tiga fungsi, yaitu memasak, memanaskan, dan menghangatkan. Lalu, kapasitasnya hanya 0,8 liter dan kecil sehingga pas untuk memasak nasi dengan takaran beras untuk satu orang. Keunggulan lainnya adalah produk ini juga antigores. 


    Jika ada kerak nasi di bagian dalam panci, produk ini sangat mudah untuk dibersihkan. Lalu, sekuat apa pun kita menggosok sabut cuci piring, permukaan pancinya tak akan tergores. Jadi, magic com ini aman untuk makanan. Saya jadi tidak khawatir logam berbahaya dari goresan panci akan menempel atau mengontaminasi makanan. Recommended sekali buat kalian yang sangat memperhatikan kesehatan makanan.

  • Quantum
    QGC101R Kompor Gas 1 Tungku


    Melly Feyadin

    Karena rumah indekos saya tidak menyediakan kompor, satu alat yang wajib saya beli adalah kompor dan tabung gasnya. Tadinya, saya ingin membeli kompor gas portable yang menggunakan gas kaleng. Namun, karena saya lebih sering memasak sendiri, penggunaan gas kaleng terasa lebih boros. Jadi, saya memilih kompor dari Quantum ini.


    Selain karena harganya jauh lebih murah dibandingkan yang lain, kompor gas satu tungku ini juga lebih hemat ruang. Memasak pun jadi tambah semangat kalau punya kompor sendiri. Bila lapar tengah malam atau tiba-tiba ingin masak sesuatu, tinggal nyalakan saja kompornya. Biasanya, saya mencari menu yang praktis agar tidak terlalu lama di depan kompor.

  • Kingko
    Panci Set 5 Pcs + Steamer


    Melly Feyadin

    Karena suka sekali dengan masakan yang direbus dan dikukus, penting bagi saya untuk memiliki panci dan kukusan terpisah. Produk yang berisi lima set panci berbagai ukuran lengkap dengan steamer-nya ini menjadi alat masak favorit yang saya pilih. Pancinya bisa digunakan untuk masak mi instan ala Korea, terutama yang ukuran paling kecil.


    Lalu, hal yang paling penting, satu set panci ini sangat terjangkau di kantong dengan harga yang tak jauh dari 150 ribu. Bahannya terbuat dari stainless steel yang bagus, tebal, antikarat, dan kukuh pegangannya. Memasak jadi tambah happy berkat produk iniAnak indekos yang memegang prinsip untuk selalu bisa hemat jadi tambah semangat untuk masak sendiri!

  • Maspion
    Whistling Kettle Rigoletto 3 L


    Melly Feyadin

    Teko aluminium ini menjadi barang yang paling sering saya gunakan. Walau tersedia air galon di rumah indekos, saya tidak menggunakan dispenser air panas dan dingin. Jadi, untuk menyeduh kopi dan teh, saya lebih suka menjerang air sendiri dengan teko ini di atas kompor. Prinsip saya, air yang direbus matang dengan api lebih sehat dibandingkan air panas dispenser yang dihasilkan menggunakan listrik. 


    Maspion Whistling Kettle Rigoletto ini akan berbunyi kalau air yang kita rebus sudah matang. Jadi, saya tidak takut teko menjadi gosong kalau lupa diangkat. Suaranya pun cukup nyaring terdengar hingga bermeter-meter. Buat yang sering lupa seperti saya, teko ini wajib ada, apalagi kalau kalian adalah tipe orang yang tidak suka minum air mineral kemasan.

  • Miyako
    Blender


    Melly Feyadin

    Hidup sehat adalah kunci bahagia jiwa dan raga. Blender yang fungsi utamanya untuk menghaluskan makanan ini menurut saya penting dimiliki semua orang, terutama anak indekos. Apalagi buat yang sedang menjalani pola hidup sehat dengan rajin mengonsumsi jus buah dan sayuran setiap harinya, alat ini wajib ada. Miyako Blender plastik 2 in 1 ini harganya juga cukup terjangkau, tetapi tidak murahan jika melihat fungsinya. 


    Selain untuk membuat jus buah dan sayur, blender ini tentunya bisa digunakan untuk menghaluskan bumbu. Produk yang praktis sehingga saya tidak capek dan repot mengulek bumbu masakan. Selain itu, walau terbuat dari plastik, Miyako blender ini aman digunakan karena sudah food grade dan pastinya kuat.

  • Cosmos
    Ceraflon Cosmos Marble – Non Stick Frypan 26 cm


    Melly Feyadin

    Dengan keunggulan antilengket, antikarat, dan antilicin, Cosmos Ceraflon si teflon multiguna ini juga harus dimiliki anak indekos yang hobi makan gorengan seperti saya. Selain untuk menggoreng, penggorengan ini juga bisa digunakan untuk memanggang masakan karena diameternya yang cukup luas. Jadi, kalau ingin membuat sate atau ikan bakar, kalian tinggal letakkan bahan di atasnya. 


    Pegangannya sangat kukuh dan tidak mudah panas. Frypan Ceraflon ini juga aman untuk memasak karena bahannya food grade. Selain itu, ia tidak lengket sehingga mudah sekali dibersihkan walau hanya menggunakan tisu saja. Saya juga sering membuat pancake dengan teflon ini.

  • Maxim
    Valentino Fry Pan Teflon 24 cm


    Melly Feyadin

    Untuk menumis atau memasak makanan yang berkuah, saya lebih suka menggunakan Valentino Fry Pan Teflon dari Maxim yang berbentuk cekung dan dalam. Dengan diameter 24 cm, teflon ini menjadi serbaguna karena bisa juga digunakan untuk menggoreng makanan dengan banyak minyak atau sekadar membuat telur ceplok. 


    Namun, saya lebih suka dengan Frypan Ceraflon dari Cosmos walau sama-sama terbuat dari bahan antilengket. Alasannya, produk Cosmos bahannya lebih tebal sehingga panasnya lebih tahan lama dan cepat menyebar. Saat memutuskan membeli frypan ini, saya hanya memikirkan bagaimana caranya bisa masak cepat dan tidak repot membersihkan. Sebab, yang terpenting buat saya adalah alat masak harus mudah dibersihkan.