7 Rekomendasi Base Makeup yang Aman untuk Kulit Rentan Berjerawat

7 Rekomendasi Base Makeup yang Aman untuk Kulit Rentan Berjerawat

Creator Image
Annetta Darandri
Beauty blogger & YouTuber
  • Anastasia Beverly Hills
    Luminous Foundation


    Annetta Darandri

    Saya suka memakai Anastasia Beverly Hills Luminous Foundation ini untuk dewy makeup look. Finish-nya natural cenderung satin, bebas pewangi dan mineral oil, serta cocok untuk pemilik kulit normal sampai kering. Tidak semua kulit acne prone pasti berminyak. Kulit saya sendiri berjenis normal tapi rawan dehidrasi karena cuaca. Jadi, saya kurang suka memakai foundation matte. 

    Warna kulit saya masuk kategori light-medium dengan undertone hangat. Jadi, saya memakai Anastasia Beverly Hills Luminous Foundation shade 220N. Untuk daya coverage yang maksimal, saya suka memakai foundation ini langsung dengan jari tangan ketimbang sponge atau kuas.
  • Fenty Beauty
    Pro Filt'r Mini Instant Retouch Setting Powder


    Annetta Darandri

    Walau wangi, bedak tabur dari brand milik penyanyi Rihanna ini tidak menimbulkan masalah apa-apa di kulit saya. Wanginya sendiri lembut dan unik. Menurut saya, aromanya seperti aroma teh earl grey dan vanilla. Butirannya juga sangat halus dan hasilnya membuat tekstur kulit wajah sangat mulus. Daya menahan minyaknya juga di atas rata-rata. Jadi, produk ini salah satu bedak favorit saya sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

    Produk ini patut dicoba kalau kalian punya jenis kulit berminyak. Untungnya, Fenty Beauty Pro Filt'r Mini Instant Retouch Setting Powder ini juga dijual dalam kemasan mini atau travel size. Jadi, bedak ini cocok bagi kalian yang baru ingin mencoba. Saya sendiri memakai shade Butter yang cocok untuk kulit terang.
  • Make Over
    Powerskin Radiant Tinted Moisturizer


    Annetta Darandri

    Dari dulu, saya memang sangat suka memakai tinted moisturizer untuk makeup natural. Tinggal ditambah maskara dan lip gloss cerah, makeup pun selesai. Namun, banyak tinted moisturizer merek luar yang kandungan SPF-nya tinggi. Kandungan tersebut setidaknya akan memicu beruntus kecil di kulit saya. 

    Setelah mencoba banyak base makeup ber-SPF, SPF 30 adalah angka tertinggi yang bisa saya pakai. Daya tutup Make Over Powerskin Radiant Tinted Moisturizer ini light-medium dan hasilnya natural. Saya tidak memakai sunscreen lagi sebelum memakai produk ini. Kalau pakai, kulit saya akan berjerawat. 

    Jadi, saya selalu pakai dua layer agar proteksi SPF-nya maksimal. Jangan lupa, proteksi SPF base makeup tidak akan maksimal bila dipakai hanya sedikit. Karena sejatinya ia adalah pelembap yang mudah dibaur, jangan takut untuk memakainya dua atau tiga lapis agar kita tetap terlindung dari sinar matahari.
  • The Body Shop
    Loose Face Powder


    Annetta Darandri

    Suka memakai bedak tanpa warna untuk mengeset foundation? Nah, kalian bisa coba The Body Shop Loose Face Powder ini. Butirannya cukup halus, daya menahan minyaknya juga cukup baik. Saya menyukai produk ini karena menurut saya ia sangat menyatu dengan kulit. Loose Face Powder ini cocok dipakai sebagai setting powder tanpa mengubah warna foundation. 

    Hasil pemakaian shade 03 translucent dan netral, warnanya tidak terlalu hangat atau dingin. Jadi, cukup aman dipakai semua warna kulit, baik terang maupun sawo matang. Kekurangannya, produk ini akan terlihat putih kalau dipakai terlalu tebal, apalagi di area under eye. Jadi, cukup baurkan ke seluruh wajah dengan powder brush besar dan jangan gunakan puff, ya.
  • Make Over
    Powerstay Color Correcting Primer


    Annetta Darandri

    Salah satu jenis makeup yang paling sering membuat saya berjerawat adalah primer. Sebab, primer mengandung silikon yang berfungsi mengisi pori-pori kulit agar wajah lebih halus sebelum makeup. Karena itu, saya bukan pemakai face primer karena dapat menyumbat pori-pori wajah saya. Selain itu, efek pada hasil akhir maupun ketahanan makeup juga tidak terlalu signifikan. 

    Namun, saya tertarik dan berani mencoba produk ini karena fokusnya bukan untuk mengoreksi tekstur kulit, melainkan meratakan warnanya. Tekstur produknya pun lebih ringan dibandingkan primer pada umumnya, lebih seperti lotion moisturizer. 

    Hasilnya, wajah lebih cerah dan area kulit yang kemerahan atau lebih gelap pun jadi lebih netral. Kalau ditutup foundation, efeknya malah tidak terlihat. Jadi, saya justru suka memakai correcting primer ini tanpa foundation. Saya mengaplikasikannya langsung di antara skincare dan loose powder sebagai base makeup ringan, terutama saat wajah sedang agak kusam.
  • Madame Gie
    Femme Banana Loose Powder


    Annetta Darandri

    Brand lokal Madam Gie sedang naik daun karena harganya yang serba terjangkau. Bedak Madame Gie Femme Banana Loose Powder ini pun harganya hanya sekitar dua puluh ribu. Namanya cukup aneh karena bedak ini punya beberapa pilihan warna dengan hasil hampir tanpa coverage dan jelas bukan banana powder. 

    Akan tetapi, hasilnya cukup halus dan tidak berat. Hal ini penting untuk kulit saya yang normal dan agak dehidrasi. Untuk kulit berminyak, bedak ini juga tetap patut dicoba karena menurut pengalaman saya, makeup pun awet setelah di-set dengan bedak ini. 

    Walau kulit saya tidak berminyak, area hidung saya tetap akan berminyak kalau tidak di-set dengan bedak yang bagus. Saya memakai shade 03 yang warnanya cukup netral. Produk ini bisa jadi pilihan bagi kalian yang kulitnya terang hingga medium.
  • Kat Von D
    Shade + Light Crème Contour Palette


    Annetta Darandri

    Peach corrector yang ada di palette ini adalah favorit saya untuk mengoreksi area mata yang gelap dan bekas jerawat hitam atau kemerahan. Tidak hanya warna peach-nya pas, tetapi teksturnya juga sangat creamy. Tiga warna contour yang ada pun jelas perbedaannya. Ada yang warnanya netral, hangat, dan dingin sehingga bisa digunakan sebagai contour sampai bronzer. 

    Walaupun harganya agak mahal, produk ini sepadan dengan hasilnya, kok. Banyak cream palette di luar sana yang teksturnya padat dan keras. Namun, palette ini sangat mudah dibaurkan. Belum lagi desain kemasannya yang keren lengkap dengan cermin superbesar. Hal ini tak mengherankan karena Kat Von D juga adalah seorang seniman tato.

    Selain itu, jangan takut kalau kalian mencoba produk ini dan lebih sering memakai dua atau tiga warna tertentu. Sebab, kalian bisa melepas magnet pada wadah setiap warnanya dan menggantinya dengan refill yang dijual terpisah.