7 Rekomendasi Beauty Blender dan Sponge Makeup Lokal

7 Rekomendasi Beauty Blender dan Sponge Makeup Lokal

Creator Image
Annetta Darandri
Beauty blogger & YouTuber
  • Beautyblender
    The Orginal Beautyblender


    Annetta Darandri

    Awalnya, saya tertarik membeli The Orginal Beautyblender ini tentunya karena dipakai oleh berbagai makeup artist profesional. Untuk aplikasi foundation dan produk makeup krim sampai bubuk, hasilnya sangat alami dan menyatu dengan kulit. 

    Bahannya sangat empuk, tetapi tidak gampang sobek karena kuku. Ia tidak menyerap banyak produk juga. Bentuk tear drop-nya sangat ideal untuk berbagai area wajah. Bentuk ini lantas banyak ditiru oleh berbagai brand yang mengeluarkan sponge sejenis. 

    Sejauh ini, saya sudah pakai Beautyblender warna Pink Original dan Bubble. Namun, ada banyak warna lain yang bisa kalian pilih. Walau banyak alternatif lain yang terjangkau, kualitas Beautyblender masih yang terbaik sehingga saya terus membelinya. Saya ingat Beautyblender pertama saya. Saya sudah pakai sampai setahun lebih, tetapi warnanya tidak pudar dan performanya masih sangat bagus.
  • Rosé All Day
    Little Bean Beauty Sponge


    Annetta Darandri

    Sebelum ada Rose All Day Little Bean Beauty Sponge, saya jarang pakai beauty sponge brand lokal karena kurang empuk. Begitu mencoba produk ini dan ternyata teksturnya empuk, saya langsung jatuh cinta! Menurut saya, beauty sponge yang empuk sangat penting agar mudah diperas. Dengan begitu, sponge tidak terlalu basah dan nyaman saat proses membersihkan sponge yang butuh diremas berkali-kali. 

    Bentuk Little Bean Beauty Sponge ini runcing di satu sisi dan landai di sisi lainnya sehingga enak dipakai di berbagai area wajah. Kekurangannya, warna Little Bean Beauty Sponge ini cepat pudar dan permukaannya cukup berpori-pori. Akibatnya, ia menyerap produk sedikit lebih banyak dibanding sponge pada umumnya. Namun, hal ini bisa diakali dengan selalu membubuhkan foundation dengan jari ke beberapa titik wajah, lalu baru dibaur dengan sponge.
  • Jacquelle
    EggGang Blender


    Annetta Darandri

    Punya banyak pilihan warna, Jacquelle EggGang Blender ini teksturnya padat, permukaannya halus, dan tidak terlalu berpori-pori. Berkat itu, hasil aplikasi foundation dengan sponge ini lebih full coverage. Bentuk Jacquelle EggGang Beauty Blender ini runcing di satu sisi. Hal ini bisa dibilang syarat wajib untuk setiap sponge saya agar nyaman dipakai di area sekitar hidung dan mata. 

    Kelebihan lain sponge ini adalah gratis dispenser. Kalau kalian membeli sponge Jacquelle, kalian akan mendapatkan tempat sponge dengan lubang-lubang di bawahnya. Jadi, kalian bisa langsung menyimpan sponge setelah dicuci tanpa takut sponge menjadi bau. Sebab, masih ada sirkulasi udara walau disimpan dalam tempat tertutup.
  • M.O.B Cosmetic
    Pro BeautySponge


    Annetta Darandri

    Sponge makeup bebas latex makin marak di pasaran. Apa perbedaanya dengan sponge yang masih mengandung latex? Sponge bebas latex biasanya permukaannya lebih halus alias tidak terlalu berpori-pori dan mengembang lebih signifikan dalam keadaan basah. Menurut pengalaman saya, sponge bebas latex agak susah menyerap air. Jadi, pastikan sponge sudah basah menyeluruh sebelum dipakai agar nyaman. 

    Walau bebas latex, M.O.B Cosmetic Pro BeautySponge menyerap air cukup baik dan empuk. Hal lain yang saya suka adalah banyak pilihan warna-warna yang tidak terlalu mencolok, seperti baby pink, abu-abu, dan merah marun. Selain itu, hal yang paling penting, bentuknya tear drop!
  • Fanbo
    Precious White Perfect Bounce Beauty Blender


    Annetta Darandri

    Harga Fanbo Precious White Perfect Bounce Beauty Blender ini tidak sampai empat puluh ribu, sangat ramah di kantong. Awalnya, Fanbo hanya punya satu sponge pink berbentuk tear drop. Mirip seperti produk Beautyblender. Permukaannya halus dan tidak terlalu berpori-pori. Saat dipakai, sponge ini empuk ketika menepuk wajah. Jadi, sponge ini mantap saat dipegang menurut seorang teman saya.


    Sayangnya, bagi saya yang sudah mencoba banyak beauty sponge lokal, sponge Fanbo keluaran pertama ini tergolong keras dan sulit menyerap air. Jadi, ia cukup sulit untuk dicuci dan diperas. Namun, kualitasnya lumayan mengingat harganya. Sekarang, Fanbo sudah punya banyak pilihan sponge lain dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran.
  • TISH
    Tishdrop 01


    Annetta Darandri

    Tampaknya belum banyak yang mengetahui brand lokal ini. Produk-produk TISH berfokus pada beauty tools, terutama beauty sponge. Varian sponge dari TISH ada banyak sekali, tetapi yang sudah saya coba adalah TISH Tishdrop 01. Warnanya burgundy dan sesuai klaimnya, sponge ini amat sangat ringan dan lembut. Permukaannya halus, saat dibasahi harus sambil diremas-remas agar basah menyeluruh. 

    Kalau tidak dibasahi terlebih dahulu, jangan heran kalau bentuknya jadi tak beraturan dan cukup lama untuk kembali ke bentuk semula. Walaupun begitu, sponge ini nyaman dipakai, sangat empuk, dan mudah dibersihkan. Saya juga suka kotak kemasannya. Kotak ini dibuat dengan apik dan cantik!
  • Mad For Makeup
    Even Better Beauty Blender


    Annetta Darandri

    Even Better Beauty Blender ini adalah salah satu sponge keluaran brand lokal Mad For Makeup, tetapi dibuat di Singapura. Marketing brand ini memang cukup nyentrik, packaging-nya yang berupa sachet dengan slogan-slogan unik pun sangat menarik. 

    Jujur, awalnya saya beli hanya karena bentuk kemasannya. Klaim produk ini adalah 30% lebih lembut dan menyerap air lebih baik. Memang terbukti lembut dan tidak ada masalah dalam menyerap air. Namun sayangnya, menurut saya Mad For Makeup Even Better Beauty Blender ini masih terlalu keras dan kurang lentur. 

    Saya kurang menyukai sponge-sponge seperti ini karena kurang bisa dibentuk hingga kecil. Akibatnya, ia kurang presisi untuk aplikasi produk di area wajah yang kecil, seperti contour hidung atau undereye concealer. Namun, kalau mencari sponge yang empuk dengan hasil lebih full coverage, kalian boleh mencoba produk ini.