10 Rekomendasi Peralatan Pendukung untuk Seorang Blogger

10 Rekomendasi Peralatan Pendukung untuk Seorang Blogger

Blogging saat ini bukan hanya menjadi hobi, tetapi sudah dianggap sebagai sebuah profesi yang menjanjikan. Dari tulisan yang di-posting dalam blogsaya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tentunya hal ini menjadi peluang emas bagi siapa pun yang hobi menulis. Dengan menulis sponsor post, content placement, atau mengikuti lomba blog, seorang blogger berpeluang mendapatkan penghasilan. 


Berbekal peralatan mengeblog seperti laptop, handphone, atau kamera yang dilengkapi sambungan internet baik, siapa pun bisa memanfaatkan media blog untuk berpenghasilan. Tanpa terbatas ruang dan waktu pula. Terlebih bagi seorang ibu rumah tangga, media blog bisa menjadi sarana menghasilkan uang meski hanya di rumah. Berikut ini sepuluh rekomendasi peralatan pendukung untuk mom blogger agar sukses berpenghasilan dari rumah.


Creator Image
Yuni Handono
Lifestyle blogger
  • Samsung
    Galaxy Tab S4 (2018, 10.5")


    Yuni Handono

    Samsung Galaxy Tab S4 dilengkapi stylus pen dan Samsung DeX dengan bentang layar 10,5 inci beresolusi 1600 x 2560 piksel. Tablet ini sangat cocok dimiliki seorang blogger karena bentuknya yang unik. Saya bisa membawanya dan mengeblog di mana pun saya berada. 


    S Pen tablet ini memiliki level sensitivitas yang sangat baik. Level tekanannya mencapai angka 4096 dengan ujung S Pen sekecil 0,7 mm. Hasilnya, coretan tinta yang tebal atau tipis dapat dihasilkan tergantung tekanan yang diberikan. Sedangkan untuk ruang penyimpanan internalnya, tersedia dalam 64 GB dan 256 GB.


    Selain itu, Samsung DeX memungkinkan pengguna untuk merasakan produktivitas seperti PC dengan mobilitas tablet. Kalian dapat melakukan banyak hal dengan lebih mudah dan nyaman, seperti mengeblog, mengolah dokumen, melakukan multitasking, dan lain-lain. Hebatnya lagi, kegiatan multitasking bisa dilakukan melalui adaptor HDMI tanpa stasiun DeX atau pad DeX. Bila kalian ingin merasakan efisiensi kerja yang lebih tinggi, kalian bisa menambahkan perangkat tambahan seperti keyboard atau mouse.

  • Acer
    Aspire E5


    Yuni Handono

    Acer Aspire E5-476G merupakan laptop dengan prosesor Intel Core i5-8250U dengan 4 core (8 thread). Kecepatan clock dasarnya 1.6 GHz, tetapi karena dibekali dengan teknologi Turbo Boost 2.0, kecepatannya dapat ditingkatkan hingga 3.4 GHz. 


    Laptop ini pastinya menjadi piranti yang cocok untuk mengeblog karena dilengkapi memori RAM 4 GB DDR4 yang performanya lebih kencang dan efisien. Bahkan, laptop ini juga memiliki media penyimpanan berupa hard disk berkapasitas hingga 1 TB. Hard disk ini mampu menyimpan dokumen dan aplikasi lain dengan kapasitas besar.


    Bagi seorang blogger, di samping tulisan yang menarik, konten harus didukung infografis dan tampilan blog yang menarik pula. Dengan memori besar yang dimilikinya, berbagai aplikasi pendukung blog dapat saya install dalam piranti ini.

  • ASUS
    Vivo Book 14 A409FJ


    Yuni Handono

    Laptop ASUS Vivo Book 14 A409FJ adalah laptop berperforma tinggi yang dibekali prosesor Intel Core generasi ke-8 dengan RAM hingga 16 MB. Disamping itu, laptop ini juga dilengkapi opsi NVIDIA MX Series yang mampu mengedit foto atau video lebih lancar. 


    Foto atau video termasuk konten pendukung tulisan di blog. Apalagi bila kalian mengikuti lomba blog. Salah satu syarat memenangkan lomba blog disamping tulisan menarik adalah infografis, foto, dan video yang mendukung tulisan. Semakin bagus rangkaian kata, infografis, foto, atau video pendukung, semakin besar pula peluang untuk menang dan mendapatkan hadiah. 


    Dengan storage berkapasitas besar dan berkecepatan tinggi, laptop ini mampu menyimpan berbagai data dan aplikasi pendukung blog saya. Apalagi laptop ini didukung dengan daya tahan baterai yang cukup tinggi. Baterainya mampu bertahan hingga tiga kali lebih lama dibanding baterai lithium ion standar. Hal ini tentu sangat mendukung kinerja saya yang sering berlama-lama di depan laptop.

  • Logitech
    Pebble M350


    Yuni Handono

    Logitech Pebble M350 adalah mouse tanpa kabel dengan desain minimalis dan tombol yang tidak berisik. Selain itu, desainnya terlihat lebih modern dibanding mouse pada umumnya. Cocok dipakai untuk bekerja di mana saja, serta mudah dibawa dan disimpan dalam saku. 


    Mouse ini juga bisa dipakai untuk Samsung Galaxy Tab S4 atau laptop. Bluetooth Low Energy dan USB receiver 2.4 GHz yang bisa terhubung hingga 10 meter juga melengkapi produk ini. Hebatnya lagi, daya tahan baterai mouse ini awet hingga 18 bulan dengan baterai AA. Sangat menunjang pekerjaan blogger bermobilitas tinggi, bukan?


    Bila ingin memakainya untuk Samsung Galaxy Tab S4, kalian cukup menyalakan tombol di belakang mouse. Jika tombol menyala hijau, tekan sekali lagi agar berubah menjadi biru. Tombol berwarna biru menandakan bluetooth menyala. Lalu, sambungkanlah dengan bluetooth yang ada di tablet. 


    Bila sudah terhubung, mouse bisa digunakan sebagai kursor untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan tablet. Sementara bila menggunakan laptop, kalian tidak perlu menyalakan bluetooth. Cukup pasang USB receiver, nyalakan mouse hingga berwarna hijau, lalu mouse sudah siap digunakan.

  • Canon
    EOS 70D


    Yuni Handono

    Kamera ini dibekali dengan sensor CMOS 20.2 megapiksel dan image processor DIGIC 5+ yang mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi meski minim pencahayaan. Kelebihan kamera ini adalah adanya sensor Dual Pixel CMOS AF yang dapat digunakan untuk merekam video dengan fokus otomatis yang lebih halus, layaknya camcorder


    Dengan Dual Pixel CMOS AF ini, kamera dapat melacak fokus subjek dengan cepat dan mulus. Pastinya, hasil foto dan video dari kamera ini terlihat sangat bagus. Menariknya lagi, kamera ini didukung konektivitas WiFi yang memudahkan untuk berbagi data ke handphone, laptop, atau tablet. Bahkan, kita juga bisa posting langsung hasil foto atau video di kamera ke media sosial yang kita miliki melalui CANON iMAGE GATEWAY. 


    Kita juga bisa memanfaatkan handphone sebagai remote control kamera. Mengambil gambar dan melihat hasil foto dan video bisa dilakukan melalui layar handphone. Caranya dengan menginstal aplikasi Canon Camera Connect App sebelum menghubungkan handphone ke kamera. Artinya, kita tak perlu lagi melepas SD Card kamera dan memasangnya ke slot laptop. 


    Cukup dengan aplikasi Canon Camera Connect App, hasil foto dan video bisa dipindah dengan cepat ke handphone atau tablet. Resolusi fotonya pun bisa diperkecil. Hasil foto dan video yang bagus tentunya sangat menunjang konten sebuah blog agar terlihat menarik di mata pembaca.

  • Xiaomi
    Yi Action Camera


    Yuni Handono

    Yi Action Camera merupakan kamera yang berukuran kecil tetapi powerful. Didukung lensa 16 MP yang lebar, kamera ini bisa merekam video dengan format Full HD 1080p. Kamera ini juga dibekali bluetooth dan wireless agar tampilan footage dapat dilihat langsung, diedit, bahkan dibagikan langsung melalui handphone. Untuk menikmati fitur ini, kita bisa unduh aplikasi Yi Action Camera App melalui Play Store ponsel Android. 


    Hebatnya, Yi Action Camera ini dilengkapi dengan prosesor Ambarella A7LS yang menghasilkan rekaman video dengan suara jernih. Bahkan, hasil foto dari kamera ini juga terlihat bagus karena adanya sensor CMOS 16 MP dengan teknologi Backside Illumination. 


    Dengan mengunduh aplikasi Yi Action Camera App, hasil foto dan video dari kamera ini bisa langsung saya pindahkan ke handphone. Selain itu, adanya WiFi pada kamera ini membuat handphone saya bisa berfungsi sebagai remote control kamera ini. Hasil foto dan video pun bisa langsung saya bagikan ke media sosial atau dijadikan pendukung konten blog.

  • ASUS
    ZenFone Max (M2)


    Yuni Handono

    Handphone dari ASUS ini berplatform Qualcomm Snapdragon 632 yang dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13 MP + 2 MP, dan kamera depan 8 MP. Dengan baterai 4000 mAh, handphone ini dapat saya gunakan dengan durasi yang lama. 


    Handphone dengan layar berukuran 6.26 inci ini dilengkapi dengan fitur Dual SIM. Jadi, kalian bisa menggunakannya untuk dua nomor sekaligus. Untuk grafisnya, handphone ini menggunakan GPU Adreno 506 yang memberikan pengalaman gaming 3D lebih mantap.


    Kamera handphone ini juga memiliki autofocus sehingga bisa cepat fokus pada objek. EIS pada kameranya juga dapat membantu merekam video dengan lebih stabil. Bahkan, kamera handphone ini juga dilengkapi dengan AI Scene Detection yang dapat mengoptimalkan hasil foto dan video saya. 


    Handphone ini juga memiliki audio memukau dan jernih berkat 5 magnet speaker berlapisan metal dan amplifier NXP berdistorsi rendah. Suara yang keluar 67% lebih nyaring meski tidak menggunakan headset atau headphone. Jadi, hasil rekaman video dengan gambar dan suara jernih dapat saya hasilkan. 


    Hebatnya lagi, kapasitas penyimpanannya bisa ditambah hingga 2 TB. Jadi, produk ini cocok kalian gunakan untuk mengambil gambar atau video sekaligus menyimpannya. Foto dan video bisa digunakan kembali bila sewaktu-waktu kalian membutuhkan konten untuk blog.

  • Samsung
    Galaxy S8+


    Yuni Handono

    Samsung Galaxy S8+ dibekali layar Infinity Display yang membuatnya memiliki layar lebar. Fitur screen split memungkinkan kita menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Artinya, kita bisa membalas pesan tanpa harus menutup aplikasi Youtube yang sedang terbuka. Bahkan, tombol home virtual juga dibekali fungsi Always On Display yang membuatnya bisa aktif kapan saja seperti tombol fisik.


    Hasil jepretan kamera handphone ini juga sempurna. Sebab, kameranya bisa diset dengan fitur ISO, shutter speed, exposure, color tone, manual focus, dan WB (white balance). Ada pula fitur Selective Focus untuk memudahkan kita memilih fokus kamera setelah membidik foto. Sementara untuk prosesor, produk ini dibekali prosesor 10 mm yang lebih kencang dan hemat baterai. Gigabit LTE dan Gigabit WiFi pun didukungnya sehingga kita dapat menikmati kecepatan jaringan internet 20% lebih kencang. 


    Menariknya lagi, Samsung Galaxy S8+ ini dibekali asisten digital berbasis kecerdasan buatan bernama Bixby. Bixby dapat mengenali suara, teks, dan sentuhan untuk menjalankan perintah dan mengerti apa yang kita butuhkan. Kalian tinggal memerintahkannya lewat ketiga mode pengenalan perintah tersebut. Bixby menawarkan cara paling mudah untuk mencari konten yang kita butuhkan. 


    Bahkan, kita dapat juga menggunakan kamera yang terhubung dengan Bixby untuk menerjemahkan teks secara langsung. Melalui kamera, Bixby juga bisa mengenali objek sejenis yang ditangkap kamera dengan foto yang ada di dalam Gallery. Handphone ini cocok menjadi piranti pendukung dalam menciptakan konten menarik di blog saya.

  • Samsung
    Galaxy Note 5


    Yuni Handono

    Samsung Galaxy Note 5 memiliki S Pen Stylus yang membuat kita mengoperasikan handphone seolah menggunakan pena sesungguhnya. Selain itu, handphone ini juga berbekal RAM dengan kapasitas hingga 4 GB. 


    Handphone ini mengutamakan kamera belakang daripada kamera depan. Kamera belakang berkekuatan 16 MP dengan resolusi terbesar hingga 5312 x 2988 pixels. Kameranya lengkap dengan fitur autofocus, optical image stabilization, LED flash, aperture F/1.9 serta OIS. Sementara, kamera depannya hanya berkekuatan 5 MP. 


    RAM yang besar membuat saya tidak khawatir membuka beberapa aplikasi bersamaan. Bahkan, handphone ini juga dibekali dengan kecepatan internet hingga 450 mb/detik. Tentunya karena handphone ini sudah menggunakan teknologi 4G LTE kategori 9 yang dikenal dengan internet generasi masa depan. 


    Pastinya, handphone ini sangat mendukung pekerjaan saya, seperti menyimpan data foto maupun video. Bahkan, saya jadi mudah terhubung ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, maupun Youtube. Media sosial juga menjadi media berinteraksi sesama blogger untuk membagikan tulisannya. Mendapatkan informasi seputar blogging dan menjalin hubungan sesama blogger juga bisa saya lakukan lewat medsos.

  • Smartfren
    Modem WiFi M6x


    Yuni Handono

    Modem ini hadir dengan layar LED yang dilengkapi fitur USB on the go, Storage Sharing, power bank, dan baterai 3250 mAH yang mampu bertahan hingga 20 jam. Dengan akses internet berkecepatan tinggi, modem ini memiliki fitur unggulan. Kelebihannya yaitu mampu berbagi koneksi hingga 32 pengguna. Artinya, kita dapat berbagi koneksi dengan teman atau kerabat saat beraktivitas di luar rumah. 


    Modem ini juga memiliki fitur Sharing Control yang dapat membatasi kecepatan internet saat berbagi koneksi. Jadi, kita dapat memantau kelebihan penggunaan internet. Modem ini juga dibekali Storage Sharing yang dapat memantau kapasitas memori internal. Selain itu, adanya kabel USB OTG membuat saya bisa memindahkan file foto, video, dan data penting lainnya ke perangkat mifi berkartu microSD. 


    Menariknya, modem ini dapat digunakan sebagai power bank dadakan bila di tengah jalan handphone kita kehabisan baterai. Pastinya, modem ini sangat menunjang saya dalam berselancar di dunia internet. Terlebih jika saya harus menyelesaikan pekerjaan dan butuh koneksi internet yang superlancar, modem inilah solusinya.