7 Rekomendasi Produk Indonesia yang Disukai Orang Jepang

7 Rekomendasi Produk Indonesia yang Disukai Orang Jepang

Menurut kalian, produk Indonesia apa yang paling dikenal di seluruh dunia? Barangkali sebagian besar dari kita akan menjawab produk mi instan Indonesia, yaitu Indomie. Ya, tentu saja, Indomie memiliki banyak fan di seluruh dunia. 


Akan tetapi, bagi orang Jepang, ada beberapa produk Indonesia yang lebih dikenal dan disukai. Mulai dari biskuit Coffee Joy sampai vitamin rambut Ellips, semua memiliki tempat tersendiri di hati orang Jepang. Selanjutnya, akan saya jelaskan mengapa orang Jepang menyukai produk-produk ini. Oh ya, produk dalam daftar ini bisa dijadikan rekomendasi kalau kalian ingin memberi oleh-oleh untuk teman orang Jepang juga, lho.


Creator Image
Una
Lifestyle blogger & mahasiswi
  • Mayora
    Coffee Joy


    Una

    Beberapa bulan lalu, teman Jepang saya memberi biskuit Coffee Joy produksi Mayora. Saya cukup kaget mengingat biskuit ini bukan produk yang terlalu terkenal di Indonesia. Akan tetapi, rupanya biskuit ini cukup cocok untuk lidah orang Jepang. 


    Hal ini terbukti dari cukup mudahnya produk ini ditemukan di supermarket yang menjual produk makanan impor di Jepang. Sesuai mereknya, Coffee Joy merupakan biskuit ringan dengan rasa kopi yang pas untuk minum teh. Biskuit Coffee Joy berbentuk irisan tipis dan sangat renyah. Saking nikmatnya, saya bisa sampai lupa kalau biskuitnya sudah mau habis. Harganya sangat terjangkau pula.

  • Kino
    Ellips Hair Vitamin


    Una

    Pulau Bali merupakan salah satu destinasi liburan terfavorit penduduk dunia, tentunya termasuk orang Jepang. Nah, Ellips Hair Vitamin ini sangat terkenal sebagai 'oleh-oleh khas Bali' bagi para wisatawan asal Jepang. Ellips pun sudah diekspor ke Jepang. Bahkan, toko diskon besar semacam Don Quijote juga menjualnya, lho. 


    Ellips Hair Vitamin ini berbentuk kapsul dan merupakan produk perawatan rambut yang praktis bagi konsumen wanita. Produk ini merupakan produk tanpa bilas jadi dapat dipakai seusai keramas. Wanginya juga sangat harum. Ellips tersedia dalam kemasan strip atau blister berisi enam butir dan kemasan botol berisi 50 butir.

  • Kurnia Sari
    Bakpia


    Una

    Salah satu oleh-oleh yang paling terkenal dari Yogyakarta adalah bakpia. Mulanya, bakpia dijual dengan isian kacang hijau dan kumbu hitam. Namun, kini produsen bakpia berinovasi dan memproduksi bakpia dengan isian bervariasi, seperti keju, cokelat, durian, bahkan hingga rasa tiramisu. Ada banyak merek bakpia, tetapi salah satu favorit saya adalah Kurnia Sari. 


    Bakpia ini sangat enak, terutama yang rasa kacang hijau dan keju. Saya sampai tidak bisa berhenti mengunyah. Beberapa tahun lalu, saya membawa oleh-oleh bakpia Kurnia Sari rasa keju dan kacang hijau untuk teman sekamar saya. Uniknya, teman sekamar dari Indonesia lebih suka yang rasa keju, sedangkan dua teman Jepang saya sangat menyukai yang kacang hijau. Katanya, rasa bakpia ini mirip manju, kudapan asal Jepang yang biasanya berisi kacang merah.

  • Excelso
    Kalosi Toraja Kopi


    Una

    Di mata dunia, Indonesia juga terkenal sebagai penghasil kopi. Tentu saja hal ini berkat kopi luwak yang merupakan kopi termahal di dunia. Namun, untuk daerah penghasil kopi, saya rasa Toraja dan Mandailing sangat terkenal. Kalau pergi ke toko yang menjual biji kopi di Jepang, biasanya kalian dapat menemukan kopi dari Toraja dan Mandailing yang biasa juga ditulis sebagai Mandheling. 


    Kopi Toraja sangat disukai karena memiliki karakteristik yang khas, keasaman yang rendah, dan aroma yang harum. Salah satu chain toko kopi di Indonesia, Excelso, juga menjual produk kopi yang berasal dari daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia ini. Kopi ini pun dikemas secara cantik. Kopi Toraja Excelso mudah ditemukan di supermarket dan cocok dijadikan suvenir.

  • Mustika Ratu
    Slimming Tea


    Una

    Saya teringat dengan salah satu teman Jepang yang minta dibelikan Mustika Ratu Slimming Tea. Katanya, rasa teh ini enak. Waktu itu, saya belum pernah mencoba teh pelangsing ini dan seketika langsung penasaran. Kesan pertama saya mencoba teh ini adalah seperti teh yang dicampur dengan bahan herbal dan rasanya seperti jamu. 


    Saya pun cukup menyukai teh satu ini. Mustika Ratu Slimming Tea dibuat dari teh hijau dan komposisi herbal yang bisa membantu kalian untuk menurunkan berat badan. Namun, pastinya harus diikuti dengan menjaga pola makan yang baik juga. Produk ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman Jepang yang sedang berusaha melangsingkan badan!

  • Bamboe
    Nasi Goreng


    Una

    Saya rasa hampir semua orang di dunia tahu kata "nasi goreng". Biasanya, kalau membahas makanan dari Indonesia dengan teman orang asing, pasti nasi goreng yang pertama disebut. Setiap negara, bahkan daerah di Indonesia pun memiliki jenis nasi goreng yang berbeda. Jenis nasi goreng yang populer di Indonesia biasanya menggunakan bawang merah, cabai merah, dan kecap manis. 


    Hal itulah yang cukup membedakan nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng dari negara lain. Masalahnya, bawang merah tidak mudah ditemukan di negara lain. Jadi, terkadang bumbu instan menjadi jawabannya. Nah, Bamboe memiliki bumbu instan untuk membuat masakan paling mendunia dari Indonesia ini. Produk ini bisa dijadikan oleh-oleh, praktis, dan harganya terjangkau.

  • Danar Hadi
    DAYS


    Una

    Batik juga cukup terkenal bagi orang Jepang. Saya ingat sekali pernah memakai blouse batik Danar Hadi sekitar tujuh tahun lalu. Lalu, ada orang Jepang lewat di depan saya dan menghampiri cuma untuk bertanya, "ini batik ya?". Sejak saat itu, saya jadi tahu kalau batik terkenal dan disukai orang Jepang. 


    Beberapa pemain besar industri batik di Indonesia antara lain Danar Hadi atau Batik Keris. Tentunya, mereka punya blouse batik wanita yang bisa dipakai di segala suasana, baik kasual maupun formal. Batik print dijual dengan harga terjangkau, sedangkan batik cap dan tulis memang sedikit mahal. Akan tetapi, batik cap atau tulis tentunya memiliki nilai seni tersendiri karena proses pembuatannya yang cukup rumit.