8 Rekomendasi Produk Kecap dan Saus untuk Membuat Makanan Semakin Lezat

8 Rekomendasi Produk Kecap dan Saus untuk Membuat Makanan Semakin Lezat

Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan. Sebab, kita dapat bereksperimen dengan berbagai macam bahan untuk menghasilkan makanan lezat. Selain itu, kita juga bisa menyenangkan hati dan mengenyangkan perut orang-orang tersayang. Namun, pernahkah kalian merasa kebingungan dan bertanya-tanya mengapa ada banyak jenis kecap dan saus di rak bumbu pelengkap? Bagaimana rasa, perbedaan, dan kegunaannya pada masakan? 


Banyak orang yang akhirnya membeli hanya karena penasaran. Akan tetapi, kecap dan saus tersebut akhirnya malah tidak terpakai karena tidak tahu karakteristiknya. Sebagai pencinta masak yang setiap hari berkecimpung di dapur, saya akan berbagi mengenai kegunaan dan spesialisasi beberapa produk kecap dan saus. Produk-produk ini akan meningkatkan cita rasa, kesedapan, dan aroma olahan masakan dapur kalian. Selamat membaca!


Creator Image
Zahrah Nida Rosyida
Lifestyle blogger
  • Unilever
    Bango Kecap Manis Kemasan Isi Ulang


    Zahrah Nida Rosyida

    Kecap manis Bango terbuat dari kedelai hitam yang difermentasi selama beberapa bulan bersama gula kelapa, garam, dan air. Proses ini menghasilkan tekstur cairan kental berwarna hitam pekat. Kecap ini menggunakan malika, yaitu kedelai hitam kualitas tinggi sehingga menghasilkan cita rasa manis yang lezat dan kaya.


    Kecap manis merupakan salah satu produk terpopuler sebagai bumbu pelengkap berbagai macam kuliner khas Indonesia. Selain mudah didapatkan, kecap manis dapat meningkatkan aroma dan rasa masakan seperti semur, nasi goreng, sate, tumis, siomai, mi ayam, bakso, dan sebagainya. 


    Selain itu, kecap manis juga biasa saya sajikan terpisah sebagai sambal cocol atau colek. Penyajiannya dengan menambahkan irisan cabai, bawang, maupun ulekan kacang tanah goreng. Saking enaknya, masakan sederhana seperti nasi hangat dan telur ceplok akan terasa nikmat bila ditambah kecap manis.

  • Heinz
    ABC Kecap Asin


    Zahrah Nida Rosyida

    Proses pembuatan kecap asin sama seperti kecap manis, yaitu memfermentasikan kedelai dengan jamur Aspergillus (kapang). Namun bedanya, kecap asin direndam menggunakan komposisi garam lebih banyak. Hasil teksturnya pun lebih encer serta berwarna pekat.


    Kecap asin ABC menggunakan perasan pertama sehingga menonjolkan rasa umami yang kaya. Dalam penggunaannya, kecap asin dapat menggantikan peran garam dengan keunggulan lebih mudah dicampur dengan masakan. Rasanya pun lebih gurih. 


    Kecap asin banyak digunakan untuk masakan oriental. Tidak saja untuk daging-dagingan atau makanan laut, kalian juga bisa menambahkan kecap asin pada masakan berbahan sayur. Apabila kalian menggunakan garam dan kecap asin dalam satu masakan, jangan lupa untuk selalu mencicipinya agar keseimbangan rasa tetap terjaga.

  • Djoe Hoa
    Kecap Ikan cap Ikan Merah


    Zahrah Nida Rosyida

    Seperti namanya, kecap ikan dihasilkan dari fermentasi ikan, air, dan garam. Umumnya, jenis ikan yang dimanfaatkan untuk membuat produk ini berukuran kecil, seperti teri. Selama proses fermentasi, ikan akan mengeluarkan cairan kaya glutamat dengan rasa gurih yang unik. 


    Tekstur kecap ikan menyerupai kecap asin, tetapi warnanya lebih terang. Saya menggunakan kecap ikan sebagai pengganti penyedap untuk berbagai macam masakan tumis atau gongseng. Misalnya nasi goreng, mi goreng, dan tumis kangkung. Selain ditambahkan pada saat memasak, kecap asin juga bisa kalian gunakan sebagai bumbu marinasi (rendam) dan oles. Kecap ini akan memperkuat cita rasa macam-macam hidangan bakar, seperti ikan, ayam, dan daging. 


    Ada banyak jenis kecap asin yang berasal dari Filipina, Thailand, Vietnam, dan Korea dengan ciri khasnya masing-masing. Sedangkan buatan dalam negeri, ada perusahaan Djoe Hoa yang telah memproduksi kecap asin sejak tahun 1946. Dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan aman dikonsumsi, kecap asin cap Ikan Merah cocok di lidah orang Indonesia.

  • SM Xiangjiu
    Kecap Inggris Sedap Mantap


    Zahrah Nida Rosyida

    Banyak orang memiliki kecap ini di dapurnya. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu kegunaan dan perbedaannya dengan kecap lain, termasuk saya sendiri pada awalnya. Kecap inggris SM Xiangjiu atau worcestershire sauce terbuat dari cuka, molasses, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, ikan kecil, bawang bombai, bawang merah, bawang putih, dan cengkih. 


    Dibandingkan kecap asin, kecap inggris memiliki rasa yang lebih kaya, komplet, dan harum. Kecap inggris paling cocok digunakan sebagai bumbu marinasi (rendaman). Kalian bisa juga memakainya untuk memasak daging-dagingan dan makanan laut. Sebab, kecap ini menghasilkan aroma harum menggugah selera dan menyamarkan bau amis. Kecap ini merupakan andalan saya dalam membuat bistik sapi, daging panggang, bumbu lada hitam, ayam mentega, udang mentega, dan lain-lain.

  • Kikkoman
    Kecap Asin Khas Jepang


    Zahrah Nida Rosyida

    Kecap Jepang dan kecap asin sama-sama diproses dari hasil fermentasi kedelai dan garam. Meskipun demikian, cita rasa dan kegunaannya berbeda dalam masakan. Kecap Jepang atau yang biasa disebut shoyu ini merupakan produk keluaran Kikkoman. Perusahaan asal Jepang tersebut fokus memproduksi makanan, terutama kecap asin dan kecap uster. 


    Shoyu paling cocok dipadukan dengan aneka masakan Jepang karena aroma dan rasa khasnya, terutama yang berbahan seafood. Kalian bisa mencampurnya ke dalam dashi (kaldu) sehingga menghasilkan tsuyu (kaldu berbumbu). Tsuyu dapat dikombinasikan dengan berbagai macam masakan, seperti soba, udon, ramen, dan nabe (hot pot). Sajikanlah kecap ini bersama wasabi, gari (acar jahe), dan shichimi (bubuk cabai kering) ketika kalian menyantap sushi. Dengan begitu, rasa otentik kuliner Jepang akan lebih terasa!

  • Ajinomoto
    Saori Saus Tiram


    Zahrah Nida Rosyida

    Saus tiram berwarna hitam pekat ini memiliki tekstur cenderung lebih kental daripada kecap manis. Saus ini terbuat dari fermentasi ekstrak tiram asli dengan komposisi lebih banyak sehingga menghasilkan rasa asin dan gurih yang sedap. Meski bahannya berasal dari makanan laut, saus tiram ini tidak menimbulkan aroma amis pada masakan saya.


    Umumnya, saus tiram ditambahkan pada masakan-masakan oriental sebagai bagian dari penguat rasa. Namun, masakan Nusantara pun cocok tergantung bahan yang kalian gunakan. Saus ini bisa ditambahkan tidak hanya pada lauk, tetapi juga tumisan sayur, seperti capcai, tahu, tempe, bihun, dan tumis kangkung. Bila ingin menambahkannya pada masakan, sebaiknya kalian sesuaikan dengan komposisi garam sebab saus ini sudah asin dan gurih.

  • Ajinomoto
    Saori Saus Teriyaki


    Zahrah Nida Rosyida

    Sebenarnya, teriyaki merupakan salah satu teknik memasak ala Jepang. Teknik ini merujuk pada memanaskan atau memanggang makanan, kemudian mengolesinya dengan saus khusus. Kini, makna teriyaki yang lebih populer adalah sebagai saus pelengkap aneka masakan. Di Jepang, saus teriyaki terbuat dari shoyu, gula, dan sake. Bagi yang tidak bisa mengonsumsi sake, bahan bisa diganti dengan air perasan jahe, bawang putih, dan jeruk nipis. Bahan-bahan tersebut mampu menghasilkan aftertaste sake yang menghangatkan. 


    Namun, kalian tidak perlu khawatir karena saus ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan tentunya tidak mengandung alkohol. Kalian juga akan mendapatkan rasa khas masakan Jepang yang otentik. Saya memakai saus ini sebagai bumbu utama daging-dagingan dan makanan laut, seperti fillet ayam dan bistik. Hasilnya, rasa manis dan gurih yang kaya meresap sampai ke dalam daging!

  • Saos 58
    Saos Rasa Raja


    Zahrah Nida Rosyida

    Saos 58 Saos Rasa Raja mungkin terdengar sedikit asing dan agak sulit dicari di toko-toko offline. Saus ini terbuat dari kedelai lokal berkualitas yang diproses menggunakan teknologi tinggi. Pengemasannya pun higienis sehingga terjamin mutunya. Produk yang berasal dari Surabaya ini bertekstur encer dan berwarna cokelat pekat mirip kecap asin.


    Soal rasa, saus ini memiliki rasa dan aroma yang unik seperti perpaduan antara kecap asin dan saus tiram. Karena itu, saus ini saya gunakan sebagai bumbu pelengkap berbagai olahan makanan, terutama gongseng atau tumis lauk pauk dan sayuran. Bihun goreng, nasi goreng, dan tumis sayur kalian bisa lebih mantap dengan saus serbaguna ini, lho!