7 Rekomendasi Camilan Bayi Kemasan Praktis untuk Traveling

7 Rekomendasi Camilan Bayi Kemasan Praktis untuk Traveling

Creator Image
Ade Nurshanty
Family & food blogger
  • Indofood Nutrition
    Promina Puffs Blueberry


    Ade Nurshanty

    Awal saya mencoba Promina Puffs adalah pada tahun 2017 ketika traveling ke Bandung bersama anak-anak. Saya membelinya karena kemasannya yang praktis: berbentuk pouch dengan ziplock di atasnya. Berkat itu, kemasan bisa dibuka tutup tanpa takut camilan melempem atau tumpah. 

    Bobotnya juga ringan untuk dimasukkan ke dalam tas, yaitu 15 gr. Awalnya saya pikir camilannya berbentuk jari karena ada kata finger snack di kemasan. Ternyata, camilan ini berupa rice cake yang berbentuk bunga-bunga kecil. Bentuknya memudahkan bayi untuk mengambil dan memasukkan camilan bulat-bulat ke dalam mulut. Tak perlu takut sisa-sisa remahan camilan bertaburan di baju atau tempat duduk. 

    Tekstur Promina Puff keras dan tidak mudah hancur. Meskipun begitu, camilan langsung lumat tanpa rasa lengket di langit-langit mulut ketika dimakan. Camilan ini juga renyah ketika digigit. Dari keempat pilihan rasa, anak saya suka sekali dengan yang rasa blueberry. Rasanya manis khas blueberry, tetapi tidak terlalu manis. Sesuai takaran manis dan gurih untuk bayi.
  • Gerber
    Puffs Cereal Snack, Blueberry, 1.48 oz


    Ade Nurshanty

    Kemasan Gerber Puffs Cereal Snack ini lumayan kokoh sehingga camilan tidak mudah hancur jika tak sengaja diduduki. Dengan berat 42 gr per kemasan, produk ini memiliki isi lebih banyak. Dengan begitu, satu kemasan bisa jadi snack untuk seharian. 

    Dulu, kemasan produk ini berwarna kuning dan putih. Sekarang, kemasannya full warna biru. Lalu, kini pilihannya lebih bervariasi, totalnya ada sepuluh. Pilihan rasanya yaitu Vanilla, Sweet Potato, Peach, Apple Cinnamon, Banana, Strawberry Apple, dan Blueberry. Bahan-bahannya pun organik dan tidak mengandung susu. Jadi, camilan ini aman bagi anak-anak yang alergi susu. 

    Awalnya saya mencoba yang original, tetapi sekarang sudah tidak ada. Akhirnya, saya beralih ke rasa blueberry yang memang kesukaan anak saya. Untuk Gerber Puffs Cereal Snack rasa blueberry ini agak beda dengan merek Promina. Rasa manisnya tidak terlalu terasa, bahkan bisa dibilang agak hambar. Namun, rasanya pas untuk ibu yang khawatir si kecil makan makanan manis terlalu banyak.
  • Heinz
    Chocolate Biscotti


    Ade Nurshanty

    Kemasan Heinz Biscotti sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana. Sayangnya, kemasan tidak bisa ditutup kembali sehingga sebaiknya snack langsung dihabiskan begitu dibuka. Jika tidak habis, simpanlah di kemasan bertutup rapat. Hal ini untuk menghindari biskuit menjadi melempem dan tidak renyah lagi.

    Makan satu kemasan Heinz Biscotti sudah mengenyangkan untuk orang dewasa, apalagi untuk bayi. Karena itu, saya membawa camilan ini sebagai pengganti makanan utama bayi saat menempuh perjalanan jauh. Kadang saya juga suka menambahkan susu hingga menjadi bubur kalau sedang malas membuat MPASI. Dalam satu kemasan dengan berat 60 gr, produk ini terdiri dari 12 biskuit yang cukup untuk 2-3 kali makan.

    Bentuk biskuit ini seperti kue lidah kucing, tetapi agak tebal dan ada tulisan Heinz di permukaannya. Teksturnya renyah dan mudah lumer di mulut. Hanya saja, remah-remah biskuit terkadang berjatuhan ketika bayi menggigitnya. Meskipun begitu, saya suka produk ini karena bahannya terbuat dari gandum dengan rasa susu yang kental. Selain itu, produk ini memiliki tiga varian rasa, yaitu apel, pisang, dan cokelat. Akan tetapi, menurut saya chocolate is the best. Rasa cokelat merupakan rasa favorit para bayi, termasuk anak saya. Susu dan cokelatnya sangat terasa dan tidak membuat enek.
  • Kalbe
    Milna Nature Puff Organic Cheese 15gr


    Ade Nurshanty

    Pertama kali lihat, saya pikir produk ini adalah Promina Puff karena warna kemasan dan bentuknya hampir serupa. Tapi kalau dilihat detailnya, gambar pada kemasan berbeda. Rice cake-nya pun sama-sama berbentuk bunga. 

    Bedanya, Milna Nature Puffs Organic menggunakan beras organik, sesuai dengan namanya. Camilan ini agak sedikit tipis dan rasanya juga tidak terlalu gurih. Manis dan rasa buahnya sangat terasa sehingga seperti makan buah betulan.

    Varian rasanya ada tiga, yaitu apel, pisang, dan keju. Nah, saya tertarik mencoba produk ini karena memiliki varian rasa yang jarang dimiliki produk lain, yaitu rasa keju. Kebetulan selain blueberry, anak saya juga suka sekali dengan rasa keju. Jadi, saya punya pilihan rasa lain untuk camilan saat traveling.
  • Nestlé
    Cerelac NutriPuffs Banana & Strawberry


    Ade Nurshanty

    Sama seperti produk keluaran Promina dan Milna, produk ini juga berbentuk pouch dengan ziplock. Bedanya, bobot produk ini sedikit lebih berat, yaitu 50 gr. Kandungan gandumnya pun lebih tinggi. Hal ini membuat kalori yang terkandung dalam 7 gr produk ini juga lebih tinggi dibanding kedua produk saingannya. Ditambah lagi, Cerelac NutriPuffs juga menggunakan minyak nabati yang kaya akan antioksidan.

    Bentuknya bintang berukuran kecil dengan tekstur lebih tebal. Meskipun begitu, snack ini tetap cepat lumer di mulut kok! Jadi, bayi yang belum tumbuh gigi pun bisa memakan camilan ini. Cerelac NutriPuffs terdiri dari dua jenis, yaitu untuk bayi berusia 8 dan 10 bulan ke atas. Tentunya, tekstur dan kandungannya menyesuaikan usia bayi. 

    Selain itu, camilan ini juga memiliki varian rasa buah dan sayuran. Varian rasa buah ada dua, yaitu Banana & Orange dan Banana & Strawberry. Sedangkan rasa sayur juga ada dua, yaitu Spinach & Onion dan Tomato & Onion. Anak saya suka dengan kedua rasa buah tersebut karena manis. Berhubung anak saya suka buah berry, dia lebih memilih rasa Banana & Strawberry dibanding rasa Banana & Orange.
  • Gerber
    Lil' Crunchies Baked Corn Snack, Mild Cheddar, 1.48 oz


    Ade Nurshanty

    Jika Gerber Puffs Organic dikemas dalam tabung tinggi, Gerber Lil' Crunchies berkemasan tabung pendek dengan berat 42 gr. Namun, kemasannya bukan dari botol plastik, melainkan kardus tebal dengan lapisan aluminium foil. Snack ini terbuat dari jagung berbentuk seperti jari kecil dengan tekstur yang renyah dan garing. 

    Teskturnya mampu menstimulasi pertumbuhan gigi bayi. Saat digigit, snack akan terasa crunchy dan lumer di dalam mulut. Selain itu, Gerber Lil' Crunchies memiliki enam pilihan rasa dan memiliki kandungan susu dan keju di setiap variannya. Keenam varian tersebut yaitu Vanilla Maple, Ranch, Garden Tomato, Apple Sweet Potato, Mild Cheddar, dan Veggie Dip. Dari semua variannya, saya memilih yang Mild Cheddar. Alasannya selain karena anak saya suka rasa keju, menurut saya Mild Cheddar adalah yang paling enak. Rasa kejunya rich, tidak asin, dan tidak lengket di mulut. Pas untuk bayi penyuka keju seperti anak saya.
  • Kalbe
    Milna Nature Delight Carrot, Apple and Pumpkin


    Ade Nurshanty

    Untuk kalian yang bingung dalam memberi asupan buah pada si kecil, pilihlah Milna Nature Delight. Awal melihatnya, saya pikir produk ini berupa minuman ringan yang cair. Ternyata, Milna Nature Delight ini adalah fruit puree dengan tekstur seperti bubur bayi kental. Produk dikemas dalam kemasan minuman praktis yang bisa langsung dikonsumsi.

    Sebenarnya puree ini untuk anak usia 12 bulan, tetapi bisa juga diberikan kepada bayi berusia kurang lebih 8 bulan ke atas. Namun, untuk bayi dibawah 12 bulan, sebaiknya konsumsilah menggunakan sendok bayi. Sebab, ada risiko anak tersedak bila langsung mengonsumsi dari kemasan. Atur pula porsinya agar tidak berlebihan. 

    Rasa produk ini layaknya buah asli, tetapi sedikit asam karena ada kandungan lemonnya. Walau menyukai berry, kali ini anak saya lebih memilih varian mix wortel, apel, dan labu karena rasa manisnya yang pas. Oh iya, untuk varian rasa Milna Nature Delight semuanya ada tiga jenis yaitu Banana, Strawberry and Apple, Apple and Peach, serta Carrot, Apple and Pumpkin.