7 Rekomendasi Produk Essence untuk Kulit Berminyak

7 Rekomendasi Produk Essence untuk Kulit Berminyak

Creator Image
Farhati Mardhiyah
Lifestyle blogger
  • Avoskin
    Perfect Hydrating Treatment Essence


    Farhati Mardhiyah

    Avoskin PHTE ini merupakan salah satu essence favorit saya. Selain harganya cukup terjangkau, produk ini memberikan hasil terbaik sekelas high-class brand. Untuk kulit wajah berminyak, formula dan tekstur dari Avoskin PHTE cukup ringan dan tidak lengket di wajah. Essence ini sudah rutin saya gunakan sejak satu tahun terakhir, setiap pagi dan malam hari. 

    Salah satu kandungan dari essence ini sangat bermanfaat untuk kulit berminyak, yaitu ekstrak chamomile memberikan manfaat menenangkan kulit. Tekstur kulit wajah saya menjadi lebih baik, terutama di bagian scars akibat bekas jerawat membandel. Scars atau bopeng di wajah jadi terlihat lebih tipis dan pori-pori pun tidak membesar. Saat jerawat muncul, essence ini juga dapat membantu meredakan peradangannya.
  • L'Oreal Paris
    Revitalift Crystal Micro-Essence


    Farhati Mardhiyah

    Essence dari L'Oreal Paris yang satu ini diformulasikan dengan micronized technology yang menjadikannya mampu meresap sampai ke sepuluh lapisan kulit. Berkat teknologi ini, kulit wajah saya langsung terasa lebih lembap dalam semalam. Di pagi harinya, tidak ada lagi kulit mengelupas di hidung dan pelipis.

    L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence memiliki tekstur yang sangat cair, bahkan mendekati seperti air. Ketika ditepukkan pada kulit wajah, essence ini sangat mudah menyerap tanpa rasa lengket. Benar-benar ringan!

    Ketika menggunakan essence ini, kulit saya sedang berjerawat dan mengalami luka kemerahan. Terbukti kandungan Centella asiatica di dalamnya efektif membantu mengeringkan luka dan perlahan memudarkan bekas jerawat. Selama pemakaian enam bulan diselingi dengan essence lain, produk ini juga membantu mencerahkan kulit wajah saya dan memberikan efek glowing serta menjadikannya lebih kenyal.
  • Safi
    Age Defy Gold Water Essence


    Farhati Mardhiyah

    Awalnya saya penasaran dengan kandungan gold extract dari Safi Age Defy Gold Water Essence ini. Kandungan gold extract disebut-sebut memiliki manfaat membantu memelihara tekstur kulit tetap halus dan kenyal, serta membantu mengurangi penampakan garis halus dan keriput. Berhubung usia saya sudah lewat dari 25 tahun, saya merasa wajib untuk menambahkan produk anti-aging ke dalam skincare routine.

    Saat produk ini pertama kali keluar, saya pun tergoda untuk mencobanya. Berbeda dengan dua essence sebelumnya yang saya rekomendasikan, tekstur dari Safi Age Defy Gold Water Essence lebih kental dan memiliki lembaran emas yang mudah larut dan menyatu ketika diaplikasikan ke wajah.

    Untuk penggunaan pertama, saya mencoba essence ini secara rutin dua kali sehari untuk mendukung skincare routine. Sayangnya, setelah tiga bulan pemakaian, muncul bentol dan rasa perih di bagian pelipis alis serta tulang pipi saya.

    Akhirnya, essence ini saya gunakan untuk base makeup saja. Tujuannya untuk melembapkan kulit karena essence ini tergolong tidak cepat kering. Jadi, terasa sedikit basah setelah pemakaiannya. Essence ini sangat membantu saya untuk mem-blend foundation dengan menggunakan sponge. Selain itu, produk ini juga menjadikan riasan di wajah lebih awet.
  • COSRX
    Hyaluronic Acid Hydra Power Essence


    Farhati Mardhiyah

    Kulit wajah berminyak yang tidak dirawat kelembapannya akan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan makin berminyak. Untuk itu, penting sekali melakukan exfoliate guna mengangkat kulit mati. Namun, jika melakukan exfoliate secara berlebihan, kulit wajah akan menunjukkan bermacam reaksi, seperti terbakar, kulit merah, gatal, dan juga kering. Hal ini wajar saja karena skincare yang berfungsi untuk exfoliating memang menggunakan kandungan asam dengan pH rendah.

    Untuk menyeimbangkan kondisi pH kulit wajah, kita bisa menggunakan COSRX Hyaluronic Acid Hydra Power Essence. Essence dengan kandungan utama sodium hyaluronate ini membantu kulit wajah saya ketika mengalami breakout yang cukup parah.

    Selain itu, area T-zone yang biasanya berminyak bisa mengalami iritasi, misalnya kulit kering yang mengelupas dan gatal. Setelah menggunakan essence ini, kondisi kulit wajah saya jauh membaik. Warna kulit wajah lebih merata dan lebih terhidrasi tanpa menyebabkannya jadi makin berminyak. Kulit saya pun terasa lebih kenyal dan elastis.

    Saat ini, saya menggunakan COSRX Hyaluronic Acid Hydra Power Essence ketika hendak melakukan exfoliate kulit, biasanya hanya dua kali dalam seminggu. Untuk kalian yang memiliki kulit kering, essence ini juga bisa membantu melembapkan kulit.
  • Wardah
    Renew You Treatment Essence


    Farhati Mardhiyah

    Seri Renew You merupakan rangkaian perawatan anti-aging dari brand lokal Wardah yang layak untuk dicoba. Setiap produk dalam seri ini memiliki kandungan utama Apple Phyto Cell extract yang berfungsi meningkatkan daya tahan stem-cell epidermis, membantu terbentuknya skin tissue yang baru, dan memperlambat datangnya senescence (meredupnya fungsi sel kulit).

    Tanpa ragu, tahun lalu saya langsung mencoba salah satu rangkaiannya, yaitu Wardah Renew You Treatment Essence. Formulanya lebih ringan untuk kulit wajah berminyak, teksturnya cair dan hampir tidak berbau. Ketika diaplikasikan ke wajah, rasanya hampir seperti dibasuh air biasa. Super light!

    Essence ini juga mengandung sodium hyaluronate yang bisa dikatakan sudah menjadi "holy grail" bagi saya. Selain efektif melembapkan kulit, kandungan ini juga bisa membantu mencegah penuaan dini.



    Essence dari Wardah ini sering saya gunakan secara berselang-seling dengan brand lain. Utamanya saya gunakan rutin ketika ada noda hitam bekas jerawat. Dari pengalaman yang saya rasakan, Wardah Renew You Treatment Essence mampu membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat dengan lebih cepat. Produk ini juga sangat efektif sebagai booster sebelum menggunakan rangkaian skincare routine lainnya.
  • Benton
    Snail Bee High Content Essence


    Farhati Mardhiyah

    Sebelumnya saya menggunakan dua produk berbeda untuk melengkapi kebutuhan kulit. Namun, akhirnya saya menemukan satu essence yang memiliki dua kandungan berdampingan sekaligus. Benton Snail Bee High Content Essence ini diformulasikan dengan 90% snail mucin yang mengandung hyaluronic acid dan glycolic acid yang juga dikenal sebagai AHA. Keduanya bermanfaat menghidrasi dan mempertahankan kelembapan kulit.

    Produk dari Benton ini memang tidak instan hasilnya, dan baru akan terlihat beberapa waktu setelah pemakaian. Essence ini bekerja dengan cara memperbaiki jaringan kulit dari dalam dan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dengan tetap menjaga kelembapan kulit. Untuk yang memiliki bekas jerawat seperti bopeng dan pori besar, kalian bisa mencoba treatment menggunakan essence ini. Selain itu, produk ini juga membantu stimulasi kolagen yang bisa mendorong regenerasi kulit lebih cepat.

    Essence ini juga memberikan manfaat mencerahkan kulit dan menghilangkan kerutan di wajah. Hasil yang paling saya rasakan adalah eksfoliasi sel kulit mati, serta pori-pori yang mengecil secara perlahan. Selain itu, produk ini juga tidak mengandung paraben maupun silikon, dan bebas alkohol. Jadi, sangat aman untuk kulit sensitif.
  • Secret Key
    Starting Treatment Essence


    Farhati Mardhiyah

    Kulit berminyak sangat bersahabat dengan jerawat. Kalau salah menggunakan produk skincare, reaksi yang mudah dikenali adalah munculnya jerawat. Sebum atau minyak yang dihasilkan dari kulit wajah kita bisa menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan timbulnya komedo, atau bahkan jerawat yang meradang. Itulah mengapa pemilik kulit berminyak harus mencari produk skincare yang bisa mengontrol produksi sebum di wajahnya.

    Essence yang berasal dari Korea ini memiliki kandungan utama ragi fermentasi galactomyces. Dari hasil penelitian, di antara manfaat ragi yang bisa diperoleh adalah mengencangkan kulit, serta berfungsi sebagai antioksidan dan anti-aging bagi kulit. Formulanya sendiri juga sangat ringan, dengan tekstur cair yang memudahkannya meresap dengan baik di kulit wajah. 

    Essence ini saya gunakan rutin setiap malam untuk membantu memaksimalkan manfaat rangkaian skincare malam saya lainnya, selain untuk mengontrol sebum minyak. Terbukti, setelah menggunakannya rutin selama sekitar tiga bulan, kulit wajah saya tidak lagi berminyak setelah bangun tidur. Kulit saya terasa kenyal dan lembap, serta lebih cerah.