7 Rekomendasi Aksesoris iPad untuk Meningkatkan Produktivitas Bekerja

7 Rekomendasi Aksesoris iPad untuk Meningkatkan Produktivitas Bekerja

Sudah beberapa bulan ini saya menggunakan iPad untuk komputasi sehari-hari, khususnya ketika berpergian. Mobilitas yang tinggi membuat saya tak nyaman membawa laptop yang cenderung besar dan berat, ke mana-mana. Penggunaan iPad terasa mudah mengingat aplikasi yang saya gunakan untuk menulis, mengedit foto, dan menggambar juga sudah tersedia. 


Namun, karena selama ini iPad identik dengan entertainment console, orang cenderung meremehkan kinerjanya. Padahal, iPad sangat mampu digunakan untuk menulis, membuat konten, mengedit video, dan lain-lain. Apalagi saat ini sudah banyak sekali aksesoris penunjang performa iPad yang harganya juga terjangkau. Berikut adalah beberapa produk yang saya gunakan untuk mengubah iPad menjadi pengganti laptop yang mumpuni, mobile dan menyenangkan!


Creator Image
Agi Tiara
Lifestyle blogger & keyboard enthusiast
  • Logitech
    K380 Multi-Device Bluetooth Keyboard


    Agi Tiara

    Ada banyak pilihan multi device keyboard untuk iPad. Namun, berdasarkan pengalaman saya, belum ada yang memiliki teknologi dan kenyamanan mengetik melebihi Logitech K380. Keycap-nya yang bulat membuat keyboard ini tampak cantik dan elegan, tetapi tidak mengorbankan kenyamanan saat mengetik. 


    Karena bentuknya tidak terlalu besar, keyboard ini masih bisa masuk dengan nyaman ke dalam tas tangan wanita. Ukurannya kurang lebih sama dengan iPad, sekitar 10 inci. Selain itu, selama saya menggunakan keyboard ini, saya belum pernah merasakan lag dalam mengetik layaknya multidevice keyboard bluetooth lainnya. 


    Untuk menunjang performa, keyboard ini juga dilengkapi dengan switch on and off serta tombol shortcut untuk melakukan screenshot. Keyboard Logitech ini bisa di-pair dengan 3 gadget yang men-support bluetooth dengan cepat. Dengan demikian, kalian bisa menggunakan satu keyboard untuk semua gadget, termasuk gadget non-Apple lainnya.

  • Logitech
    M585 Multi-Device


    Agi Tiara

    Banyak yang tidak tahu kalau sebenarnya iPad bisa menjadi pengganti laptop untuk kebutuhan komputasi sehari-hari. Orang yang sudah terbiasa dengan PC dan laptop juga biasanya kurang nyaman menggunakan fitur touchscreen saat bekerja. 


    Dengan mouse Logitech M585 ini, pengguna iPad bisa dengan mudah mengoneksikan perangkat mouse dan iPad. Koneksinya menggunakan bluetooth dengan fitur built-in dongle sehingga kalian tidak harus kesulitan mencari adaptor untuk dongle bluetooth


    Koneksi bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan menekan satu tombol saja. Kemudahan ini ditunjang dengan mouse yang bisa digunakan di beberapa device sekaligus. Jadi, jika kita menggunakan iPad dan laptop/PC, kita tidak perlu membawa banyak mouse, cukup satu ini saja. Transisi koneksi dari iPad ke laptop pun terhitung cepat sehingga cocok sekali untuk para pekerja yang harus bekerja dengan cepat dan seamless.

  • iPad 7/7th Gen 10.2 inch Smart Case Apple Casing Flip Autolock


    Agi Tiara

    Selama ini, banyak orang yang menganggap bahwa casing iPad hanya sekedar pelindung agar layarnya tidak tergores. Akan tetapi, setelah memakai smart case ini, saya merasa iPad saya semakin terlindungi. Selain terlindung dari goresan, iPad saya juga terlindung dari kemungkinan terpencet secara tidak sengaja. Sebab, saat case ini ditutup, otomatis layar iPad akan terkunci. 


    Lebih lagi, lipatan yang ada pada smart case ini dapat dibentuk menjadi iPad stand yang akan mengganjal posisi iPad. Kemiringannya pun bisa diatur sesuai kebutuhan kita. Smart case ini cocok sekali bagi orang-orang yang sering kali mengetik, menggambar, dan bahkan menonton serial TV favorit dari iPad mereka.

  • Apple
    Pencil (1st generation)


    Agi Tiara

    Jika kalian sering me-review dan menandatangani dokumen atau ingin mencoba belajar ilustrasi digital, maka Apple Pencil adalah pilihan yang tepat. Sebagai content creator, tentunya saya sering kali harus melakukan review content dan dokumen-dokumen yang dikirim. Apple Pencil mempermudah kegiatan review ini karena rasanya seperti me-review dokumen secara manual dengan kertas dan pulpen! 


    Akurasi Apple Pencil dalam menggambar dan menulis di iPad juga sangat membantu saya mencatat pekerjaan, membuat info grafis, dan ilustrasi digital. Menandatangani kontrak pun bisa dilakukan dengan mudah, layaknya menggunakan pulpen biasa. Meski harganya sedikit mahal, saya sangat menyarankan bagi para pengguna iPad untuk menggunakan Apple Pencil. Rasakan bedanya saat bekerja!

  • Rexus
    S3 Pro – Bluetooth Headset


    Agi Tiara

    Meski Rexus adalah merek gaming, wireless headphone Rexus S3 Pro ini tampil sangat elegan. Bodinya terbuat dari plastik yang ringan dan kokoh, dengan warna abu-abu doff yang memberikan kesan netral. Koneksi bluetooth yang cepat juga memberi pengalaman mendengarkan musik yang bebas lag


    Dengan wireless headphone Rexus S3 Pro, bekerja dalam waktu lama sambil mendengarkan musik terasa lebih nyaman. Kita pun bisa bebas bergerak tanpa perlu takut tersandung kabel karena koneksinya menggunakan bluetooth dengan jangkauan hingga sepuluh meter.


    Jika kalian menyukai mendengarkan musik dengan kabel audio pilihan, Rexus S3 Pro juga bisa menjadi pilihan. Headphone ini memiliki jack audio 3,5 mm yang bisa digunakan untuk menyambungkan headphone dengan iPad. Rexus S3 Pro wireless headphone adalah pilihan yang tepat untuk para pekerja kreatif yang menginginkan suara yang detail dengan bodi yang ringan dan compact.

  • Apple
    Lightning Digital AV Adapter


    Agi Tiara

    Sering kali kegiatan sebagai content creator memaksa saya untuk melakukan presentasi di depan orang banyak atau bahkan sekadar me-review pekerjaan menggunakan layar yang lebih besar. Untuk itu, saya menggunakan adaptor Apple Lightning Digital AV Adapter untuk mengoneksikan perangkat layar dengan koneksi HDMI ke iPad saya. 


    Selain bisa untuk digunakan di iPad, adaptor ini juga bisa digunakan kalau kalian merupakan pengguna iPhone, lho! Jadi, kalian tidak perlu repot-repot membawa laptop saat ingin presentasi. Praktis sekali, kan? 


    Kelebihan HDMI adalah satu adaptor HDMI dapat menampilkan tampilan audio visual dari perangkat secara langsung. Kalian jadi tidak perlu membawa banyak adapter lain. Selain itu, port HDMI juga sudah tersedia di sebagian besar perangkat TV, proyektor, dan layar modern lainnya.

  • Apple
    Lightning to USB 3 Camera Adapter


    Agi Tiara

    Banyak orang yang beranggapan jika menggunakan iPad, berarti tidak bisa mengakses file yang tersimpan secara analog di flash drive. Padahal ini salah! Kalian hanya membutuhkan adaptor lightning ke USB A sehingga kalian bisa langsung menyambungkan flash disk dengan iPad. 


    Syaratnya, pilihlah adaptor yang mempunyai tambahan power supply di dalamnya. Sebab, koneksi USB seperti flash drive memakan power yang cukup tinggi sehingga membutuhkan power supply tambahan. 


    Dengan OTG adaptor ini, kalian bisa mengakses banyak sekali device selain flash disk yang menggunakan port USB. Misalnya, card reader, headphone USB, audio interface, dan lain sebagainya. Rasanya seperti menggunakan laptop saja.