8 Rekomendasi Perlengkapan Makan Jelang MPASI

8 Rekomendasi Perlengkapan Makan Jelang MPASI

Jelang usia enam bulan, saatnya bayi memasuki fase baru yaitu mengonsumsi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Hakikat MPASI sebenarnya lebih dari sekadar sarana pengenalan makanan, tetapi juga cara untuk meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Oleh sebab itu, aturan makan yang benar harus ditegakkan sejak dini yaitu, terjadwal dengan baik, lingkungan yang mendukung, dan prosedur makan yang benar. 


Untuk saya, ada beberapa prinsip yang dipegang teguh dari aturan makan tersebut. Di antaranya adalah makan tepat jadwal, duduk dengan tenang dan tanpa distraksi apa pun, tepat tekstur sesuai usia, dan tidak memaksa saat anak enggan. Untuk menegakkan prinsip-prinsip tersebut, ada beberapa rekomendasi perlengkapan yang mendukung saat pemberian MPASI pada anak. Perlengkapan ini sangat mudah didapatkan bahkan di toko-toko online sekalipun. 


Creator Image
Ratna Dewi
Lifestyle blogger
  • Baby Safe
    Digital Slow Cooker


    Ratna Dewi

    Banyak cara untuk mengolah MPASI. Namun, yang paling mudah adalah dengan menggunakan slow cooker yang sudah memiliki timer. Saya hanya perlu memasukkan bahan-bahan untuk MPASI yang sudah dicuci bersih ke dalam slow cooker beserta bumbu-bumbunya. Setelah itu, saya tinggal menambahkan air dan mengatur waktu memasak yang diinginkan. 


    Semakin lama waktu memasak, teksturnya akan semakin lembut. Itulah sebabnya, slow cooker ini sangat bisa diandalkan untuk membuat makanan seperti bubur atau nasi tim. Saya juga tak perlu khawatir makanan akan menjadi gosong saat lupa atau ketiduran. Hal ini karena timer-nya otomatis akan berpindah sendiri ke menu menghangatkan apabila waktu memasak sudah selesai.

  • Miyako
    Blender


    Ratna Dewi

    Bubur tim saring halus adalah makanan yang dianjurkan pada masa awal MPASI, yaitu di usia enam hingga delapan bulan. Untuk membuat makanan menjadi lebih halus, blender adalah solusi jitu. Ia mampu melumatkan makanan tanpa mengurangi kandungan nutrisinya. Saya tinggal memasukkan bahan-bahan yang sudah ditim atau dikukus sebelumnya, lalu menghaluskan tanpa perlu tambahan air. 


    Selain itu, blender juga praktis karena saya tidak perlu repot menyaring makanan secara manual untuk mendapatkan tekstur bubur tim halus yang diinginkan. Untuk MPASI, bagian yang akan sering digunakan pada blender adalah gelas kaca ukuran kecil. Oleh karena itu, jangan gunakan gelas ukuran kecilnya untuk memblender bahan makanan lain seperti cabai atau bumbu dapur, ya. Dengan demikian, kebersihan peralatan pendukung MPASI akan tetap terjaga.

  • Pigeon
    Feeding Set


    Ratna Dewi

    Peralatan makan khusus untuk bayi haruslah yang aman dari segi bahan maupun bentuknya. Selain itu, memilih peralatan makan dengan gambar-gambar yang lucu juga bisa menarik perhatian bayi. Hal itu juga bisa membuat bayi merasa senang dalam proses makannya. Untuk itu, pilihan saya jatuh pada merek Pigeon. 


    Selain karena motif yang lucu, bentuk produknya yang rapi dan bahan yang digunakannya pun aman untuk bayi. Pigeon Feeding Set juga mudah sekali didapat dan harganya sangat bersahabat. Dalam satu set ukuran mini ini, sudah terdapat mangkuk, piring kecil, dan sendok. Sendoknya sangat memudahkan untuk proses menyuapi makanan. Sebab, bentuknya kecil dan sangat pas dengan porsi makan anak di awal masa MPASI.

  • Baby Safe
    High Chair 3 in 1


    Ratna Dewi

    High chair dengan sabuk pengaman sangat memudahkan kita untuk menegakkan aturan makan pada saat pemberian MPASI. Jatuhnya pilihan saya pada Baby Safe High Chair 3 in 1 adalah karena fungsinya yang bisa digunakan di beberapa situasi. Ada tiga posisi kaki yang bisa diatur. 


    Untuk posisi bayi usia enam bulan, dudukan high chair bisa ditempelkan pada bangku biasa. Saat anak mulai tinggi di usia delapan bulan, pasang satu kaki-kaki tambahan pada high chair. Nah, saat anak sudah semakin besar, dua kaki tambahan bisa dipasangkan sehingga posisi kursi semakin tinggi, sejajar dengan tinggi kursi makan pada umumnya. 


    High chair ini juga bisa digunakan tanpa harus dipasang tray di depannya. Ini sangat memudahkan jika nantinya anak yang semakin besar makan bersama dengan anggota keluarga lainnya di meja makan. Tiga posisi sabuk pengamannya juga memungkinkan untuk menjaga keselamatan anak saat makan. Saat sedang tidak dipakai, high chair ini bisa dilipat sehingga menghemat tempat saat disimpan.

  • Nuby
    3D Silicone Bib


    Ratna Dewi

    Proses makan pada bayi tentu tidak akan serapi orang dewasa. Akan ada banyak tumpahan makanan yang berceceran. Oleh karena itu, celemek atau bib sangat diperlukan agar pakaian anak tetap terjaga kebersihannya. Celemek berbahan silikon adalah pilihan yang tepat untuk digunakan pada awal pemberian MPASI. 


    Selain mudah dicuci, bekas air pada celemek juga bisa langsung kering hanya dengan dilap menggunakan tisu atau kain. Nuby 3D Silicone Bib juga sangat mudah untuk disimpan dan praktis saat akan dibawa travelling. Tidak cuma itu, celemek dengan warna-warna kontras dan motif lucu ini juga akan membuat proses makan semakin menyenangkan. Anak kita pun akan terlihat semakin fashionable saat menggunakan celemek ini.

  • Baby Safe
    Multi Food Container


    Ratna Dewi

    Mengulang-ulang memasak dengan porsi kecil untuk MPASI tentunya sangat melelahkan dan merepotkan. Oleh karena itu, saya lebih memilih memasak satu kali di pagi hari. Setelah itu, sisa masakan saya masukkan ke dalam food container dan dibekukan di freezer agar tetap steril.

    Saat akan dikonsumsi anak, makanan dalam food container tinggal saya hangatkan dalam microwave. Selanjutnya, saya tinggal menyesuaikan teksturnya dengan usia anak. Saya memilih Baby Safe Multifood Container karena bahannya aman untuk menyimpan makanan bayi. 


    Baby Safe Multifood Container bebas Bisphenol-A dan memenuhi standar keamanan Eropa untuk kategori peralatan makan bayi. Bentuknya pun ringkas dan pas dengan porsi anak dalam sekali makan yaitu 50 ml per container. Wadah ini dilengkapi tutup dan tray sehingga saat disimpan makanan bayi tidak terkontaminasi makanan lain di sekitarnya. Selain itu, wadahnya juga aman digunakan saat memanaskan makanan di microwave.

  • Mitu Baby
    Fresh & Clean Wipes with Chrysanthemum & Vit E


    Ratna Dewi

    Saat memulai proses pemberian MPASI, tisu basah menjadi barang yang wajib ada. Benda ini sangat multifungsi. Selain untuk membersihkan tray high chair sebelum dan sesudah makan, tisu basah juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan makan anak, tangan, dan pakaian. Kita juga bisa menggunakannya untuk mengelap sekitar mulut yang belepotan makanan. Pilihan tisu basah saya jatuh pada Mitu Baby Fresh & Clean Wipes with Chrysanthemum & Vit E. 


    Tisu basah ini memiliki aroma yang menyegarkan. Selain itu, harganya juga terjangkau dan mudah didapat, bahkan di kota kecil sekalipun. Tisu ini sangat cocok untuk mengelap sisa-sisa makanan pada bayi setelah makan. Aroma Mitu Baby Fresh & Clean Wipes ini juga bisa menyamarkan bau amis bekas makanan, seperti bau telur atau ikan.

  • Nuby
    Nibbler with Hygienic Cover


    Ratna Dewi

    MPASI bukan hanya tentang makan makanan berat. Ada camilan yang tetap harus masuk di antara jadwal makan sehari yang dibuat. Buah adalah salah satu camilan yang direkomendasikan untuk diberikan pada bayi. Pemberian buah potong berfungsi untuk mengenalkan tekstur dan rasa pada anak. 


    Namun, buah potong yang langsung diberikan pada anak yang giginya masih sedikit atau bahkan belum tumbuh, akan menimbulkan risiko tersedak. Oleh karena itu, butuh alat yang aman agar bayi bisa memakan buah potong dengan aman. Produk dari Nuby ini dilengkapi dengan jaring yang menyaring makanan sehingga meminimalisir anak dari kemungkinan tersedak. 


    Selain itu, nibbler feeder ini juga dilengkapi dengan gagang yang bisa dipegang sendiri oleh bayi sehingga bisa melatih kemampuan motorik halusnya. Di awal MPASI saat anak akan mengalami fase tumbuh gigi, pemberian buah potong dengan alat ini juga bisa menstimulasi pertumbuhan gigi sekaligus meredakan gatal pada gusi.