8 Rekomendasi Produk Elektronik Rumah Tangga yang Murah dan Hemat Listrik

8 Rekomendasi Produk Elektronik Rumah Tangga yang Murah dan Hemat Listrik

Peralatan elektronik rumah tangga, atau home appliances, mulai dari kulkas, mesin cuci, televisi, setrika, hingga AC diciptakan untuk membuat hidup kita lebih mudah dan nyaman. Akan tetapi, harga berbagai home appliances tersebut tentu tidak murah. Begitu juga dengan daya yang dibutuhkan untuk menggunakan semua perangkat tersebut, pastilah tidak sedikit! 


Untungnya, saat ini ada banyak perusahaan elektronik terkenal, seperti Samsung, Sharp, hingga Philips yang menawarkan home appliances berkualitas dengan harga terjangkau. Namun, memilih produk yang terbaik pasti membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Karena itulah, saya tergugah untuk berbagi pengalaman dan merekomendasikan delapan peralatan elektronik rumah tangga dengan harga terjangkau dan hemat listrik. Produk-produk ini pernah dan hingga saat ini masih saya gunakan.


Creator Image
Husnul Khotimah
Lifestyle blogger & content writter
  • Cosmos
    Blenz – Blender 1.2 L


    Husnul Khotimah

    Memasak adalah kegiatan yang tak pernah lepas dari keseharian seorang ibu rumah tangga. Menyiapkan sarapan, makan siang, hingga hidangan makan malam yang enak, lezat, serta sehat terkadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit di tengah kesibukan lainnya. Karena itulah, saya selalu berusaha mencari cara agar bisa menyingkat waktu memasak tanpa mengorbankan cita rasa makanan yang akan saya sajikan.


    Untuk mewujudkan keinginan tersebut, saya sengaja membeli blender murah dan berkualitas merek Cosmos tipe CB-802. Berbekal blender 4 in 1 ini, saya tak lagi membutuhkan food processor untuk menggiling daging. Saya bahkan bisa menggunakannya untuk membuat santan dari kelapa segar tanpa harus memarut. Blender ini juga saya fungsikan untuk menyiapkan bumbu kering atau bumbu halus, hingga membuat aneka rupa smoothie dan jus buah favorit keluarga.


    Selain bisa digunakan untuk membuat aneka bumbu masakan hingga minuman segar, blender ini punya banyak kelebihan yang pastinya disukai ibu-ibu kebanyakan. Konsumsi dayanya sangat hemat, serta tersedia fitur auto off yang menjamin proses memblender lebih aman. Saya tidak pernah khawatir setiap kali anak-anak menawarkan diri untuk ikut membantu menyiapkan bumbu dan memasak di dapur.

  • Samsung
    WA70 Top Load Diamond Drum 7 Kg


    Husnul Khotimah

    Demi perkembangan dan pertumbuhan dua anak laki-laki saya di rumah, saya selalu mendukung berbagai kegiatan yang mereka lakukan. Meskipun terpaksa harus rela melihat mereka terluka, berpeluh, dan kotor karena berlari, atau bermain tanah, krayon, air, dan lainnya, saya mengerti bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Saya tidak ingin membatasi mereka dalam berkreasi dan berekspresi, meskipun saya harus siap dengan segala konsekuensinya. Misalnya, ketika mereka harus ganti baju berkali-kali dalam sehari sehingga membuat cucian kotor menumpuk.


    Namun, berkat mesin cuci otomatis merek Samsung tipe WA70H4000SG/SE, saya tidak pernah khawatir lagi soal cucian kotor. Dengan mesin cuci ini, mencuci pakaian terasa lebih mudah dan hemat waktu. Setelah memasukkan pakaian kotor serta detergen dan pewangi, cukup sekali setting, kita bisa langsung meninggalkannya dan kembali ketika cucian sudah bersih dan siap dijemur.


    Pengoperasian mesin cuci top loading dengan kapasitas 7 kg ini terasa sangat mudah berkat kehadiran digital display-nya. Mesin cuci ini juga menyediakan berbagai fitur yang sangat membantu, misalnya fitur diamond drum yang membuat berbagai noda dan kotoran lebih mudah dibersihkan. Terdapat juga fitur air turbo drying yang membuat saya tak perlu khawatir sekalipun mencuci di musim hujan. Selain itu, fitur eco tub clean yang dimilikinya bisa menghemat banyak waktu untuk membersihkan mesin cuci. Sangat komplet, bukan?

  • Sanken
    Mesin Cuci Dua Tabung


    Husnul Khotimah

    Orang tua saya tinggal di daerah pegunungan yang airnya berlimpah. Praktis, di sana tidak dibutuhkan mesin pompa karena air dialirkan begitu saja dari tempat yang tinggi ke setiap rumah. Ketika ibu saya mulai bekerja dan jadi kekurangan waktu, beliau kerap tidak sempat mencuci pakaian. Bahkan, menyetrika pakaian pun sering terabaikan.


    Melihat kondisi ibu, saya tergugah untuk membelikan beliau mesin cuci manual yang cocok dengan karakter lingkungan dan sumber daya di rumah. Saya memutuskan untuk membeli mesin cuci dua tabung merek Sanken tipe TW-9770BU. Di samping pertimbangan harganya yang terjangkau, saya memilih produk ini karena mampu menghemat penggunaan listrik dan air. Sangat cocok dengan kondisi di rumah ibu saya yang daya listriknya hanya 900 watt serta tidak menggunakan mesin pompa dan tandon air.


    Sejak ada mesin cuci Sanken Twin Tube ini, ibu tak lagi sering menumpuk pakaian kotor. Setiap kali kami pulang kampung mengunjungi beliau, saya pun bisa mencuci pakaian anak-anak setiap hari. Saya jadi tidak perlu repot lagi menyediakan wadah khusus pakaian kotor untuk dibawa pulang dan dicuci di rumah.

  • Sharp
    SJ-246GC-SR


    Husnul Khotimah

    Selain mesin cuci, saya juga membelikan ibu sebuah kulkas merek Sharp tipe SJ-246GC-SR. Tujuan utama kami membeli kulkas ini adalah untuk memudahkan beliau menyimpan berbagai bahan makanan, seperti sayur, daging, ikan, atau makanan yang tidak habis. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, kulkas ini mampu mendinginkan kulkas secara merata dan memastikan sirkulasi udara tetap terjaga. Sangat pas untuk ibu saya yang tidak setiap hari bisa berbelanja langsung di tukang sayur.


    Saya menjatuhkan pilihan pada kulkas ini karena pernah menggunakan merek dan tipe yang sama. Saya sendiri merasa puas dengan kualitasnya. Bedanya adalah, kulkas Sharp dua pintu yang kami pilihkan untuk ibu saya adalah model terbaru dengan tampilan yang lebih menarik dan eye-catching. Selain itu, warna Ruby Red yang kami pilih terlihat sangat serasi dengan warna dapur ibu. Tampilannya pun berkelas, meskipun harganya relatif terjangkau. Ibu saya jadi makin betah memasak di dapur.

  • Electrolux
    ETB2102MG


    Husnul Khotimah

    Kenaikan tarif listrik mengharuskan kami memperbarui berbagai perangkat elektronik di rumah, mulai dari mesin cuci, televisi, hingga kulkas. Meskipun harus merogoh kocek lebih dalam, kami yakin investasi dengan membeli elektronik rumah tangga hemat energi akan terbayar dengan tagihan listrik yang lebih ramah di kantong.


    Kulkas merek Electrolux tipe ETB2102MG yang telah dilengkapi dengan teknologi digital inverter ini menurut saya adalah pilihan yang tepat. Kulkas dengan top freezer ini terbukti mampu menurunkan tagihan listrik bulanan kami. Desainnya sendiri tampak mewah dan menjadikan dapur terlihat lebih elegan.


    Selain hemat listrik, kulkas dua pintu ini memiliki sejumlah keunggulan lainnya, salah satunya fitur door alarm yang akan berbunyi jika kita membuka pintu terlalu lama. Ada juga fitur multi flow system yang membuat kulkas dingin lebih merata. Suara kulkas ini pun sangat senyap sehingga suasana rumah jadi terasa lebih tenang. Kalian juga tak perlu khawatir karena kapasitas ruang penyimpanannya sangat lega. Saya bisa menyimpan makanan lebih banyak di freezer, lemari pendingin, serta vegetable drawer.

  • Daikin
    FTV25BXV14


    Husnul Khotimah

    Cuaca yang panas dan lingkungan perkotaan yang bising kerap membuat saya kesulitan tidur pulas. Padahal, istirahat cukup dengan tidur minimal 7-8 jam sehari sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan, sesuai yang disarankan para ahli. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu melindungi kesehatan mental, kesehatan fisik, meningkatkan kualitas hidup, dan membuat kita lebih tenang. Produktivitas kerja, konsentrasi, ketajaman pikiran, dan kreativitas pun bisa meningkat.


    Saya sendiri sudah merasakan dampak negatif ketika kurang tidur, seperti mudah marah, sulit berkonsentrasi, mudah gugup, hingga menurunkan produktivitas kerja. Karena itulah, selain berinvestasi dengan membeli tempat tidur yang berkualitas, saya juga tertarik membeli air conditioner (AC) yang dapat memberikan kesejukan yang pas agar saya dan keluarga bisa istirahat dengan lebih nyaman.


    Keputusan saya memilih Daikin FTV25BXV14 berawal dari seringnya saya melihat AC low watt merek ini tergantung di banyak minimarket yang rata-rata beroperasi 24 jam sehari. Saya rasa merek ini pasti bukan merek sembarangan! Terbukti, AC Daikin sangat berkualitas, kuat, dan tahan lama. Selama menggunakan AC ini, saya merasakan performanya yang sangat mengagumkan. Pendingin ruangan ini sangat andal dan bisa memberikan kesejukan yang konstan dan hemat listrik. Perawatannya pun sangat mudah, awet, dan kaya fitur.

  • LG
    32" LED TV - Dolby Audio


    Husnul Khotimah

    Tekanan hidup dan berbagai masalah kerap membuat saya merasakan stres. Untuk melepaskan stres, saya membutuhkan hiburan yang bisa memberikan perasaan senang. Di rumah, televisi adalah sumber hiburan yang murah meriah yang bisa membuat saya merasa lebih baik. Bermodalkan LED TV dengan kualitas audio mumpuni, saya bisa mendengarkan musik, menonton film, hingga menikmati berbagai konten live streaming yang menarik.


    Untuk urusan hiburan di rumah, kami memercayakannya pada LED TV dari LG tipe 32LK500BPTA. TV berukuran 32 inci ini dilengkapi resolusi Full HD (1920 x 1080 pixels). Resolusi yang tinggi ini sangat dibutuhkan pada televisi dengan layar yang lebar untuk mempertajam gambar dan membuatnya terlihat lebih nyata.


    Selain itu, TV dari LG yang kami gunakan ini bisa dipadukan dengan (Android) TV Box yang dapat terkoneksi ke internet. Jadi, selain bisa menonton channel lokal, kami juga bisa menonton konten YouTube, live streaming video, bermain game, mendengarkan musik di Spotify, hingga menyewa dan menonton film terbaru dari Google Play Movie. Bahkan, TV ini juga dilengkapi dengan port HDMI sehingga bisa dijadikan extended monitor untuk laptop ketika dibutuhkan. Sangat multifungsi!

  • Philips
    Classic Setrika Kering


    Husnul Khotimah

    Mengenakan pakaian yang rapi adalah cara paling mudah yang bisa kita coba untuk tampil lebih menarik dan percaya diri. Untuk urusan merapikan pakaian, tidak ada trik khusus yang saya gunakan, kecuali memilih setrika yang tepat dan menggunakan pelicin berkualitas.


    Untuk setrika kering, Philips HD1172 adalah pilihan saya sejak dahulu. Saya menyukai setrika ini karena hasil yang diberikan sangat rapi dan pemakaiannya pun sangat mudah. Dengan lapisan antilengket yang dimilikinya, permukaan bagian bawah (tapak) setrika Philips ini tidak mudah lengket meskipun dalam keadaan panas. Permukaan tapak yang licin ini membuat baju jadi lebih mudah dirapikan. Apalagi jika ditambahkan pelicin, kegiatan menyetrika jadi terasa makin menyenangkan karena bisa selesai lebih cepat.

Husnul Khotimahのfavlist