10 Rekomendasi Tepung Bumbu untuk Memasak Ayam Goreng Tepung

10 Rekomendasi Tepung Bumbu untuk Memasak Ayam Goreng Tepung

Pasti banyak di antara kita yang menyukai ayam goreng tepung. Tak hanya membeli di restoran, memasak sendiri pun sama mudahnya. Dengan adanya tepung bumbu ayam goreng siap masak, kita jadi tak perlu repot menyiapkan tepung dengan berbagai bumbunya. Lantas, tepung bumbu merek apa yang paling bagus untuk memasak ayam goreng tepung yang enak? 


Saya sendiri biasanya tidak terpaku dengan satu brand saja. Jadi, tergantung stok yang tersedia. Adanya harga diskon juga tidak dipungkiri membuat saya tertarik membeli tepung bumbu ayam goreng merek tertentu. Berikut ini, saya akan merekomendasikan sepuluh tepung bumbu serbaguna untuk memasak ayam goreng tepung yang sering saya gunakan. Mari menyulap meja makan menjadi layaknya restoran ayam goreng siap saji!


Creator Image
Nita Lana Faera
Food Blogger
  • Sasa
    Tepung Bumbu Serbaguna Original


    Nita Lana Faera

    Merek Sasa, yang sudah terkenal dengan produk penyedap rasanya, juga mengeluarkan aneka bumbu instan siap masak. Salah satunya adalah tepung bumbu serbaguna yang bisa digunakan untuk memasak ayam goreng tepung. Tepung ini tersedia dalam kemasan 40, 80, dan 225 gram yang bisa disesuaikan dengan jumlah potongan ayam yang akan kita masak.


    Lada yang dihaluskan bisa kelihatan dalam adukan tepung bumbu Sasa ini. Setelah mengaduknya untuk membuat adonan tepung basah, kita bisa menggunakan tepung ini sebagai baluran tepung kering untuk penambah gurih saja. Rempahnya pas dan rasanya pun tidak pedas.


    Menurut saya, tepung bumbu Sasa ini garamnya cukup berasa. Sebelum membagi dua pemakaiannya untuk tepung basah dan kering, biasanya dalam 10 sdm tepung bumbu Sasa ini saya tambahkan 1 sdm tepung beras atau maizena, lalu diaduk rata. Kalau bagi kalian rasa garamnya sudah cukup, tak perlu lagi menambahkan tepung lainnya. Tinggal disesuaikan saja dengan selera.

  • Sasa
    Tepung Bumbu Serbaguna Hot & Spicy


    Nita Lana Faera

    Dari tampilannya saja sudah terlihat warna kemerahan pada tepung bumbu Sasa yang satu ini. Terlebih lagi, setelah dicampur air untuk membuat tepung basah, akan tampak adanya perpaduan gilingan lada dan bubuk cabe pada tepungnya. Bila pada tepung bumbu Sasa Original saya menambahkan sedikit tepung beras atau maizena agar rasa garamnya pas, pada tepung bumbu yang pedas ini, saya tidak perlu menambahkan apa-apa. Rasa gurih dan asin pada tepung bumbu ini sudah pas bagi saya.


    Setelah dicoba, pedasnya cukup berasa, tetapi tidak terlalu pedas. Sasa Tepung Bumbu Serbaguna Hot & Spicy ini saya rekomendasikan untuk kalian yang senang dengan makanan pedas, tetapi juga tidak mau terlalu kepedasan. Selain untuk ayam goreng, tentunya kita juga bisa menggunakan tepung ini untuk cumi-cumi, tempe, dan lainnya. Hidangan pun jadi makin menggugah selera!

  • Kobe
    Tepung Serbaguna Special


    Nita Lana Faera

    Saya mengenal tepung bumbu Kobe sebelum bermunculannya berbagai brand tepung bumbu ayam goreng lainnya. Kobe sendiri memang sudah 40 tahun hadir di dunia masak-memasak. Brand ini juga memiliki berbagai variasi tepung bumbu dan bumbu instan siap masak lainnya. Salah satunya yang sering saya gunakan adalah Kobe Tepung Serbaguna Special yang tersedia dalam kemasan 75 dan 210 gram ini. 


    Rasa gurihnya memang terasa, tetapi cukup light. Begitu pun dengan rasa garamnya, sudah pas untuk saya. Selain itu, aroma gurih khas bawang putih pada tepung bumbu ini juga akan membuat hidangan terasa makin lezat. Jadi, bagi kalian yang senang dengan masakan gurih, tetapi hanya sekadarnya saja, tepung bumbu serbaguna dari Kobe yang satu ini layak dicoba!

  • Kobe
    Tepung Kentucky Super Crispy


    Nita Lana Faera

    "Membuat ayam goreng crispy di rumah yang mirip dengan ayam goreng Kentucky." Begitu kira-kira branding dari Kobe Tepung Kentucky Super Crispy ini. Awalnya saya pikir, apa bedanya dengan tepung bumbu Kobe yang saya rekomendasikan juga di atas. Namun, setelah saya coba ternyata memang ada bedanya! Tepung bumbu Kobe yang satu ini warnanya lebih putih dan tidak tampak butiran ladanya walau sudah dijadikan tepung basah.


    Begitu saya cicipi, rasa gurihnya lebih terasa dibandingkan Kobe Tepung Serbaguna Special. Kerenyahannya pun tahan lama! Tepung bumbu seri Super Crispy ini saya rekomendasikan untuk membuat santapan anak-anak, terutama karena rasa ladanya tidak terlalu kuat.

  • Ajinomoto
    Sajiku Tepung Bumbu Serba Guna


    Nita Lana Faera

    Ajinomoto, yang telah sejak lama terkenal sebagai brand penyedap rasa, makin banyak memproduksi bumbu instan siap masak. Sajiku Tepung Bumbu Serba Guna ini juga turut melengkapi. Produk ini hadir dalam kemasan 40, 80, dan 250 gram. Jadi, pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


    Tampilan tepungnya berwarna putih, begitu pula setelah diaduk menjadi tepung basah. Setelah dicoba, rasa gurihnya dan garamnya sudah cukup kuat bagi saya. Tepung bumbu ini saya rekomendasikan untuk kalian yang senang dengan makanan gurih, tetapi sekadarnya saja. Bumbu ladanya sendiri tidak begitu terasa. Jadi, bisa juga digunakan untuk membuat masakan gorengan kesukaan anak-anak.

  • Ajinomoto
    Sajiku Tepung Bumbu Serba Guna Pedas


    Nita Lana Faera

    Tampilan Sajiku Tepung Bumbu Serba Guna Pedas ini juga berwarna putih, seolah tidak berbeda dengan tepung bumbu serbaguna biasa yang saya sebutkan sebelumnya. Baru ketika saya mencium wangi tepungnya, aroma lada langsung terasa menguar. Setelah dijadikan adonan tepung basah, bubuk cabenya pun terlihat sehingga membuat warna tepungnya jadi agak kemerahan.


    Awalnya, saya kira tepung ini tidak akan terlalu kuat rasa pedasnya. Lantas setelah dicoba, ternyata rasa pedasnya sangat terasa! Kombinasi tepung, rempah, dan ekstrak cabai dalam proporsi yang pas dalam tepung bumbu ini menjadikannya sangat cocok bagi kalian yang benar-benar menyukai makanan pedas. Hidangan jadi lebih gurih dan makin renyah!

  • MamaSuka
    Tepung Bumbu Krispi


    Nita Lana Faera

    MamaSuka juga merupakan salah satu brand bumbu instan siap masak dengan varian yang cukup banyak, salah satunya Tepung Bumbu Krispi ini. Tampilan warna tepungnya sendiri menurut saya agak kekuningan. Setelah diaduk untuk tepung basah, warna kekuningan khas kunyitnya pun makin terlihat. Tentunya pas juga untuk membuat hidangan gorengan khas Indonesia lainnya seperti tempe goreng.


    MamaSuka Tepung Bumbu Krispi ini menurut saya juga sudah mempunyai rasa gurih dan garam yang pas dan tidak terlalu berlebihan. Tepung bumbu ini tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari yang paling kecil, 35 gram, hingga ukuran 15 kg! Tinggal pilih sesuai yang kalian butuhkan, apakah untuk sekali goreng, atau ketika memasak untuk acara besar di rumah maupun di restoran.

  • Rizqiyya
    Tepung Bumbu Qreezpy


    Nita Lana Faera

    Tersedia dalam berbagai pilihan kemasan, Rizqiyya menyajikan tepung bumbu ayam goreng yang bebas dari kandungan penguat rasa tambahan maupun pengawet kimiawi. Warna tepungnya terlihat putih dengan wangi rempah yang menguar ketika kemasannya dibuka.


    Menurut saya, rasa garam pada tepung bumbu Rizqiyya ini sudah cukup kuat. Jadi dalam 10 sdm tepung, saya tambahkan 1 sdt tepung beras atau maizena agar rasanya lebih pas. Bumbu rempahnya sendiri lebih terasa kuat bawang putihnya ketimbang rasa ladanya. Jadi, Tepung Bumbu Qreezpy ini cocok untuk masakan anak-anak yang mungkin tidak terlalu suka rasa pedas lada.

  • Fits
    Tepung Bumbu Gluten Free


    Nita Lana Faera

    Bagi kalian yang memilih untuk mengonsumsi produk gluten-free, misalnya karena alasan alergi atau lainnya, Fits Tepung Bumbu Gluten Free ini bisa menjadi pilihan. Awalnya saya pikir tepung bumbu yang gluten-free semacam ini akan terasa sedikit berbeda dengan tepung yang biasa saya gunakan. Ternyata rasanya hampir sama!


    Aroma bumbu rempah menguar ketika kemasannya dibuka dan terlihat bumbu ladanya. Setelah saya coba, bumbu rempahnya memang terasa pas, dengan lada yang juga terasa. Fits Tepung Bumbu Gluten Free ini menurut saya juga tidak terlalu kuat rasa garamnya. Jadi, selain untuk pengonsumsi bahan makanan yang gluten-free, tepung bumbu ini juga saya rekomendasikan bagi kalian yang sedang mengatur diet dan mencoba mengurangi asupan garam.

  • Ladang Lima
    Tepung Bumbu Sehat Serbaguna


    Nita Lana Faera

    Sebagai brand yang terkenal dengan produk healthy food-nya, Ladang Lima juga menyajikan tepung bumbu serbaguna yang gluten-free dan tanpa penguat rasa tambahan. Dengan klaim bebas bahan pemutih, produk yang menggunakan bahan dasar tepung singkong ini memiliki warna agak kecoklatan dan makin terlihat setelah dijadikan adonan tepung basah.


    Setelah saya coba, tepung bumbu Ladang Lima ini memiliki rasa gurih yang sekadarnya, tidak pedas, dan tidak terlalu kuat rasa garamnya. Jadi, tepung bumbu yang terbuat dari bahan-bahan alami ini juga bisa dijadikan pilihan bagi kalian yang ingin membatasi konsumsi garam berlebih, misalnya karena alasan kesehatan.