8 Rekomendasi Lip Tint untuk Bibir Gelap

8 Rekomendasi Lip Tint untuk Bibir Gelap

Creator Image
Adhelia Fa
Beauty content creator
  • Emina
    Magic Potion Lip Tint


    Adhelia Fa

    Emina Magic Potion adalah lip tint yang selalu saya bawa ke mana-mana. Saya suka sekali dengan formula dan kemasannya yang lucu. Produk ini adalah produk yang tidak memerlukan fokus dan ketelitian saat mengaplikasikannya karena sangat rata saat dipulas di bibir meskipun formulanya watery.

    Banyak lip tint dengan formula watery yang langsung meresap ke bibir dan meninggalkan garis-garis menganggu atau biasa disebut patchy. Terutama untuk pemilik bibir gelap seperti saya, lip tint dengan formula yang seperti itu sangat saya hindari. Namun, Emina Magic Potion berbeda. Pulasannya bisa terlihat rata di bibir!

    Aplikatornya juga lembut dengan ujung yang meruncing. Jadi, sangat membantu untuk menjangkau sudut bibir. Untuk shades lama (scarlet, sunglow, smitten), mungkin akan perlu beberapa kali pulas sampai kita bisa menyamarkan warna gelap di bibir. Sedangkan untuk shades baru (sienna, summer, sassy), sekali pulas pun warna gelap di bibir sudah tersamarkan.
  • La Tulipe
    Lip Tint


    Adhelia Fa

    Sejak awal kemunculannya, lip tint ini sudah banyak menarik perhatian karena desain kemasannya yang mirip dengan lip tint terkenal asal Korea. Setelah mencobanya sendiri, harus saya akui bahwa kualitasnya malah lebih bagus! Lip tint ini lebih pigmented dan mampu menutup bibir saya yang gelap. Ketika dipulas di bibir, warnanya langsung rata antara bagian dalam dan luar bibir yang berwarna lebih gelap.

    Alasan utamanya adalah konsitensi dan formula dari lip tint La Tulipe yang lumayan pekat. Jadi, lebih banyak pigment yang terkandung di dalamnya. Sekali pulas saja, warna gelap di bibir saya sudah tertutup dengan sempurna. Kelebihan lainnya dari lip tint ini adalah pilihan warnanya yang jarang ada di lip tint lokal lainnya. Saya rasa warna-warna La Tulipe Lip Tint ini sangat bisa dikoleksi, terutama untuk pemilik kulit yang lebih gelap.
  • Wardah
    Everyday Cheek & Liptint


    Adhelia Fa

    Wardah Cheek & Lip Tint adalah lip tint favorit saya untuk waktu yang cukup lama, sampai-sampai saya merekomendasikannya ke adik sepupu saya yang masih SMA. Hasil akhir lip tint ini sangat natural dan membuat bibir terlihat sehat. Kebanyakan lip tint akan membuat bibir kering jika tidak menggunakan pelembap sebelumnya, tetapi Wardah Cheek & Lip Tint ini menurut saya tidak begitu.

    Coverage-nya di bibir yang gelap juga lumayan bagus. Berbeda dengan tipe lip tint seperti La Tulipe yang sangat full coverage, produk dari Wardah ini masih memperlihatkan sedikit warna asli bibir kita, tetapi tetap membuatnya terlihat sangat segar dan cantik. Itulah kenapa saya rekomendasikan ini ke anak sekolahan karena akan membuat bibir lebih segar tanpa terlihat seperti memakai makeup. Seperti memakai lip balm berwarna, tetapi lebih tahan lama. Ini adalah lip tint yang cocok sekali digunakan oleh kalian yang menginginkan hasil "no makeup" makeup look!
  • PIXY
    Get Inked!


    Adhelia Fa

    Ini adalah produk lip tint paling terbaru dari Pixy. Seperti namanya, Get Inked!, lip tint ini mengaplikasikan formula layaknya tinta karena sangat pigmented dan tahan lama. Karena pigmentasinya yang sangat bagus, lip tint ini bisa dengan mudah menyamarkan bibir yang gelap bahkan hanya dengan sekali pulas. Formula lip tint ala tinta dari Pixy ini saya rasa adalah yang pertama di Indonesia. Lip tint ala tinta sendiri sudah lumayan populer di Korea karena pigmentasi dan daya tahannya yang bagus. 

    Produk ini sangat cocok untuk kalian yang super sibuk dan jarang ada waktu untuk touch up makeup. Saat memakai lip tint ini, pastikan kalian memoleskannya dengan lumayan cepat karena lip tint ini cepat menyerap ke bibir. Jangan lupa juga untuk melembapkan bibir terlebih dahulu karena formula lip tint yang menyerap cepat ke bibir biasanya lebih membuat bibir kering.
  • BLP
    Lip Stain


    Adhelia Fa

    Produk pertama yang saya beli dari BLP Beauty adalah Lip Stain, dan saya tidak menyesal! Menurut saya, BLP Lip Stain masih menjadi salah satu lip tint terbaik untuk bibir gelap. Konsistensinya yang cair awalnya membuat saya ragu apakah lip tint ini bisa menyamarkan bibir saya yang gelap. Ternyata bisa! Tidak seperti lip tint cair kebanyakan, BLP punya pigmentasi yang sangat bagus sehingga cocok untuk digunakan para pemilik bibir gelap.

    Ini adalah kabar baik untuk pemilik bibir gelap yang tidak suka memakai produk yang terasa berat di bibir. Yang saya suka lagi dari produk ini adalah ketahanannya. Selain itu, untuk ukuran produk yang sangat tahan lama, BLP Lip Stain tidak terlalu membuat bibir saya kering. Coba deh padukan lip tint ini dengan lip gloss bening kesukaan, hasilnya akan cantik dan segar sekali!
  • Emina
    Creamytint


    Adhelia Fa

    Berbeda dengan Emina Magic Potion yang memiliki formula cair, Emina Creamytint memiliki formula creamy. Bahkan, awalnya saya kira produk ini harusnya dimasukkan dalam kategori lip cream. Akan tetapi, akhirnya saya mengerti kenapa Emina menyebut produknya ini sebagai lip tint. Pertama, Emina Creamytint ini memang terlalu ringan untuk disebut lip cream. Produk ini masih memiliki konsistensi layaknya lip tint. Kedua, produk ini masih memberi stain cantik di bibir ketika dihapus.

    Menurut saya, ini adalah produk unik yang harus dicoba, terutama kalau kalian pemilik bibir gelap. Formulanya yang creamy membuat tekstur produknya lebih pekat sehingga lebih bisa menutup warna gelap di bibir. Namun, rasanya di bibir masih senyaman lip tint. Hasil akhirnya juga bagus sekali. Bibir akan terasa selembut beludru karena finish-nya sedikit powdery. Emina Creamytint shade Brick Town adalah lip tint andalan saya kalau bingung mau pakai produk bibir apa karena nyaman di bibir dan warnanya pun cantik.
  • A'pieu
    Water Light Tint


    Adhelia Fa

    Produk ini sangat populer karena disebut-sebut tak kalah dengan lip tattoo keluaran merek terkenal dunia. Dengan harga yang berkali lipat lebih murah dan disebut sebagai alternatif brand terkenal dunia, saya jadi penasaran dan akhirnya ikut jatuh cinta.

    A'pieu Water Light Tint ini punya oil-based formula yang menjadikannya terlihat seperti lip gloss. Saat saya swatch di tangan, teksturnya memang agak lengket, tetapi lain lagi ceritanya kalau sudah di bibir. Di bibir, lip tint ini malah terasa ringan dan super melembapkan. Padahal bibir saya saat itu sedang kering, tetapi pakai lip tint ini saja bisa melembapkan dan membuatnya terlihat lebih sehat.

    Karena lip tint ini juga menyamarkan warna gelap pada bibir, hasil akhirnya jadi bagus sekali. Segar dan sehat! Satu keunikan A'pieu Water Light Tint yang saya suka adalah partikel glitter di dalamnya. Lip tint ini memiliki glitter kecil dan halus yang makin membuat bibir terlihat juicy. Tenang saja, glitter-nya bukan glitter yang norak kok, malah membuat bibir terlihat segar dan sehat.
  • Peripera
    Peri's Ink Velvet


    Adhelia Fa

    Peripera adalah brand asal Korea yang sangat populer di Indonesia, terutama untuk produk Peri's Ink Velvet. Kemasannya yang imut dan tidak membosankan adalah salah satu daya tarik produk ini. Namun, yang membuat orang jatuh cinta adalah formula lip tint-nya sendiri. Peripera Peri's Ink memiliki formula sedikit creamy yang lembut dan mudah dibaur. Saya setuju dengan banyak orang yang bilang formulanya unik karena tidak berat sama sekali meskipun sedikit creamy.

    Keunikan lip tint ini saya rasakan saat mencoba membaurnya dengan tangan. Saya seperti memegang kain beludru yang lembut, bahkan lebih lembut dari Emina Creamytint yang juga saya bilang seperti beludru. Selain itu, Peri's Ink Velvet terasa tidak powdery dan lebih nyaman di bibir.

    Pigmentasinya juga sangat bagus dan mampu menyamarkan warna bibir yang gelap. Lip tint ini memiliki stain yang pekat dan nyata, tetapi tidak terlalu tahan lama. Meskipun begitu, saya tetap sangat merekomendasikan produk ini karena pilihan warnanya yang kekinian dan cocok dengan kulit kebanyakan orang Indonesia.