10 Rekomendasi Produk Wajib untuk Mulai Mengisi Rumah Baru

10 Rekomendasi Produk Wajib untuk Mulai Mengisi Rumah Baru

Apakah kalian pasangan suami istri baru? Atau seseorang yang ingin mulai hidup mandiri di apartemen, kontrakan, atau rumah sendiri? Jika ya, kalian mungkin bingung harus mengisi rumah bagian mana dahulu, bukan? Nah, saya Irvina Lioni alias Mpok Pina, ingin berbagi soal barang-barang yang harus segera dibeli untuk mengisi rumah baru.


Tidak perlu bersedih, barang-barang yang akan saya rekomendasikan ini terutama ditujukan untuk kalian yang punya budget terbatas. Saya yakin kalian bisa mendapatkan semua yang kalian inginkan meski harus sedikit demi sedikit. Penasaran apa saja barang-barang rumah tangga yang sudah saya miliki ini? Simak tulisan ini, ya!


Creator Image
Irvina Lioni
Lifestyle blogger, copywriter, & graphic designer
  • Comforta
    Fantasia


    Irvina Lioni

    Suatu hari, saya tidak sengaja melihat pameran kasur di sebuah mall di Jakarta. Kebetulan, waktu itu saya sedang mencari kasur untuk rumah baru. Kasur yang saya cari adalah kasur dengan brand yang jelas dan harga terjangkau.


    Akhirnya, saya menemukan kasur Comforta Fantasia ini. Saat saya mencoba duduk di pinggirnya, kasur ini tidak terasa ringsek. Saat saya mencoba tidur di atasnya pun, kasur ini terasa empuk dan tidak ada per yang menusuk.


    Setelah saya beli, kasur ini tidak mengecewakan dan tidak membuat punggung pegal. Kasur ini juga mampu meredam guncangan dengan baik. Karena itu, kasur yang nyaman ini menurut saya juga cocok bagi pasangan suami istri.

  • Marga Jaya Furniture
    Lemari Pakaian 3 Pintu Laci Putih


    Irvina Lioni

    Luas kamar saya hanya 2,5 m x 2,5 m. Karena itu, saya memilih lemari ini untuk menyimpan baju, makeup, seprei, dan perintilan lain. Meski terlihat tidak besar, sebenarnya lemari ini dapat menyimpan lumayan banyak baju untuk suami istri. 


    Terdapat dua laci yang bisa dipakai untuk menyimpan makeup dan skincare. Pada pintu tengah terdapat satu cermin besar yang bisa saya pakai melihat diri sendiri dari ujung rambut hingga ujung kaki. Alhasil, saya tidak perlu pasang cermin lagi di kamar.


    Selain kamar jadi terlihat lebih rapi, lebih hemat juga karena saya tidak perlu lagi membeli cermin. Kalau kalian memiliki ruang kamar dengan space terbatas, saya sangat merekomendasikan lemari ini!

  • Sharp
    SJ-X165MG


    Irvina Lioni

    Karena keterbatasan ruang, saya memilih untuk memiliki kulkas satu pintu saja. Toh, saya hanya tinggal berdua sehingga tidak akan banyak menyimpan sesuatu di kulkas. Setelah saya mencari-cari, akhirnya saya memilih kulkas SHARP SJ-X165MG.


    Saya memilih kulkas satu pintu ini karena ruang di sisi pintu kulkas bisa termanfaatkan semua. Terdapat empat bagian di sisi pintu. Keempat bagian ini adalah penyimpanan telur, perintilan, botol minum besar, dan botol minum kecil.


    Bagian penyimpanan perintilan saya manfaatkan untuk menyimpan produk skincare. Sedangkan, bagian untuk menyimpan botol minum kecil kulkas ini juga bisa dipakai untuk menyimpan kardus susu 1,5 liter.


    Tak banyak kulkas satu pintu yang pintunya bisa menyimpan sebanyak ini, lho. Kalau saya lihat-lihat, kebanyakan kulkas satu pintu hanya memiliki tiga bagian penyimpanan saja di pintunya. Desain eksterior kulkas pun elegan dengan pintu yang terbuat dari kaca berdesain minimalis.

  • LG
    22MT48AF-PT


    Irvina Lioni

    Memiliki ruang tamu kecil membuat saya memilih untuk membeli rak kecil. Alhasil, saya hanya bisa meletakkan TV berukuran kecil pula. TV yang saya gunakan adalah LG 22MT48AF-PT ini. Saya memilih TV ini karena juga bisa menjadikannya monitor PC untuk bekerja. 


    Resolusinya hanya 1080p, tetapi menurut saya cukup untuk memanjakan mata. Toh, layarnya kecil sehingga tidak ada masalah. Mengingat saya belum punya speaker tambahan, saya hanya mengandalkan speaker TV ini saja. Suaranya cukup jernih meski sudah dimaksimalkan volumenya. 


    TV dari LG ini juga sudah dilengkapi port USB dan HDMI. Jadi, saya bisa menyalakan MP3 atau video dari flash disk melalui TV ini. Bagi kalian yang ingin memasang TV kabel, mudah saja. Tinggal masukkan kabel HDMI-nya, semua langsung terkoneksi. 


    Saya membeli TV ini sebelum menikah dan pindah rumah ke luar kota. Jadi, sudah lebih dari 5 tahun saya memakai TV ini dan belum pernah rusak. TV ini juga hanya berbobot sekitar 3 kg saja sehingga ringan dan tidak ribet saat pindahan.

  • KLAZ
    Rice Cooker Multifungsi Eb-50y35


    Irvina Lioni

    Sebagai wanita yang simple tetapi suka bereksperimen memasak, saya rasa memiliki rice cooker satu ini adalah hal yang tepat. Selain memasak nasi, saya bisa membuat bolu kukus, yogurt, dan bubur ayam. Pokoknya, saya bisa membuat segala resep masakan dengan rice cooker yang bisa ditemukan di Youtube atau aplikasi memasak. 


    Menurut saya, KLAZ adalah brand berkelas karena setiap rice cooker-nya memiliki desain elegan dan terasa mewah. Saya lebih suka desain seperti ini. Setahu saya, tak banyak rice cooker yang memiliki desain elegan. Malah, lebih banyak yang terlihat ramai dengan motif.


    Saya memilih KLAZ Rice Cooker Multifungsi Eb-50y35 ini karena juga bisa memasak nasi hingga 1,8 liter. Selain itu, nasi bisa cepat matang dengan hanya sekitar 15 menit. Hasilnya adalah nasi yang pulen dan tidak lengket.

  • Quantum
    Kompor Gas 2 Tungku QGC-201 DEP


    Irvina Lioni

    Saya ini tipe orang yang mudah sekali ter-distraksi. Karena itu, sebagai orang yang sering ada di dapur, saya memerlukan kompor yang sudah terjamin keamanannya. Kompor pilihan saya adalah Quantum Kompor Gas 2 Tungku QGC-201 DEP yang sudah berlabel SNI ini.


    Fitur timer yang ada di kompor ini sangat berguna bagi saya. Misalnya, saat sedang menggoreng tempe krispi agar tidak lupa untuk mengangkat atau meniriskan. Jadi, saya bisa menunggu gorengan matang sembari nonton film tanpa khawatir gorengan akan menjadi gosong.


    Jika kalian sudah memiliki anak yang suka mengutak-atik sesuatu, tidak usah khawatir. Kompor ini tidak bisa dinyalakan hanya dengan memutar tombol seperti kompor gas pada umumnya. Ada cara khusus untuk menyalakannya (yang tentunya jangan sampai anak tahu, ya). Caranya adalah dengan memencet tombol pemantik di sisi kiri, bersamaan dengan tombol pemutar.


    Satu lagi yang saya suka adalah kompor ini mudah sekali dibersihkan. Bagian bawah kompor ini tidak tertutup sehingga saya bisa lebih mudah membersihkan kuah yang terjatuh ke dalam. Tungkunya pun mudah dilepas dan bisa dicuci jika dirasa sudah terlalu banyak noda.

  • BOLDe
    Super Pan Granite 3+1 pcs Sets Beige


    Irvina Lioni

    Set peralatan masak ini wajib dimiliki terutama untuk para pemula dalam hal memasak. Untuk pemula, termasuk saya, memilih set alat masak yang bisa dipakai menggoreng, menumis, dan merebus adalah hal yang penting.


    Soal mengukus, kalian cukup memakai rice cooker yang sudah saya bahas di atas. Dengan kata lain, kalian tidak perlu membeli tambahan alat kukus. Alhasil, kalian bisa lebih hemat, kan?


    Warna dan desain sederhana alat masak dari BOLDe terkesan lebih elegan dan cocok jika dipajang di dinding dapur. Don't worry karena dapur masih akan tetap terkesan instagrammable, kok.


    Coating-nya dibuat dari granit sehingga lebih aman daripada bahan teflon yang umum dipakai (teflon dengan permukaan halus). Semua alat masak ini mudah dibersihkan dan bisa dipakai untuk semua jenis kompor mulai dari gas sampai induksi.

  • LOFT Meja Makan


    Irvina Lioni

    Kalau masih hidup berdua bersama pasangan atau masih single, meja makan dengan size seperti ini cukup sekali. Ukurannya tidak terlalu besar dan terlalu kecil sehingga cocok untuk rumah dengan konsep minimalis.


    Saya belum memiliki rak penyimpan makanan sehingga saya merasa wajib untuk memiliki meja makan. Dengan begitu, saya bisa meletakkan masakan yang saya masak kemudian ditutup dengan tudung saji. 


    Kaki meja dan kursinya terbuat dari besi sehingga tidak akan pernah lapuk. Alasnya terbuat dari kayu yang dilapisi bahan plastik sehingga mudah dibersihkan jika berdebu dan bernoda. Meja makan ini juga cocok untuk kalian yang mau membuka rumah makan atau coffee shop.

  • Gorden Kolong Dapur Polos Waterproof


    Irvina Lioni

    Kalian belum punya kitchen set? Tidak masalah! Namun, kolong dapur harus ditutup gorden supaya terlihat lebih rapi. Hitung-hitung sembari menabung untuk memasang kitchen set idaman yang biasanya cukup membutuhkan kocek dalam. 


    Saya merekomendasikan gorden dapur yang waterproof ini supaya kalian bisa tinggal lap bagian yang terkena noda. Biasanya, untuk membeli ini di e-commerce, kalian harus melakukan pre-order terlebih dahulu dalam jangka waktu 5-7 hari kerja. 


    Jadi, kalian harus mengukur meja dapur dari sisi panjang dan tingginya sebelum memesan. Karena gorden ini biasanya berbentuk kerutan, panjang meja dapur harus dikalikan dua. Jadi, misalnya panjang meja dapur adalah 2 meter, berarti kalian harus memesan gorden 4 meter. 


    Selain itu, pastikan kalian membelinya bersama pipa atau kawat gorden. Cara memasangnya mudah sehingga kalian pasti bisa pasang sendiri. Kalian bisa melihat tutorial pemasangan pipa atau kawat gorden ini terlebih dahulu di Youtube.

  • Golden Dragon Melamine
    Paket New Black Elegant 1 Set Peralatan Makan Melamin


    Irvina Lioni

    Biasanya, kalau mau beli segala peralatan makan, kita perlu memilah-milah segala bentuk piring, mangkuk, dan sebagainya. Untuk itu, kita perlu bolak-balik dari satu rak ke rak lain di supermarket. Waktu pun banyak terbuang karena pasti kita akan lama berpikir dan menimbang harga yang harus sesuai budget.


    Bagi saya, kini kita tidak perlu melakukan hal yang ribet seperti itu. Lebih baik, langsung saja memesan satu set peralatan makan secara online. Dengan begitu, waktu yang kita miliki bisa dipakai untuk melakukan kegiatan yang lebih produktif.


    Selain itu, dengan memiliki satu set peralatan makan ini, kalian bisa lebih berhemat! Satu set peralatan makan ini memiliki satu warna sehingga terlihat lebih rapi dan minimalis. Jadi, kalian tidak akan pusing saat menaruhnya di rak dapur terbuka.