8 Rekomendasi Alat Listrik untuk Dipasang pada Rumah Baru

8 Rekomendasi Alat Listrik untuk Dipasang pada Rumah Baru

Creator Image
Abdur Rosyid
Lifestyle blogger
  • Panasonic
    WEJ5911 Inbow Dus


    Abdur Rosyid

    Alat listrik pertama yang harus dipenuhi adalah inbow dus. Alat yang ditanam di dalam tembok ini nantinya akan menjadi tempat pemasangan sakelar dan stopkontak. Karena inbow dus ini akan ditanam di dalam tembok, pemilihan barangnya harus dilakukan dengan saksama.

    Saya merekomendasikan Panasonic WEJ5911 Inbow Dus untuk kebutuhan listrik di rumah. Produk ini saya rekomendasikan karena terbuat dari bahan yang baik dan tahan lama. Selain itu, inbow dus Panasonic ini dapat dipergunakan untuk sakelar dan stopkontak Panasonic dan merek lain.

    Inbow dus ini dipasang dengan posisi baut vertikal sehingga akan menambah kekuatan sakelar atau stopkontak yang dipasang. Inbow dus buatan Panasonic ini juga telah sesuai dengan Standar IEC 60669-1. Jadi, selain terjamin aman dari sengatan listrik, inbow dus ini dirancang tahan lama dengan kualitas yang tepercaya.
  • Panasonic
    Sakelar Engkel 1G WESJ78019 + WESJ5931 White Style Series


    Abdur Rosyid

    Biasanya ada dua model sakelar di dalam rumah yaitu engkel dan seri. Sebelum membelinya, pastikan kalian sudah mengetahui berapa jumlah masing-masing sakelar yang kalian butuhkan. Untuk sakelar engkel, saya merekomendasikan sakelar Panasonic Sakelar Engkel 1G WESJ78019 + WESJ5931 White Style Series ini.

    Harga yang ditawarkan tergolong terjangkau untuk ukuran sakelar engkel. Meskipun berwarna dasar putih, tetapi tampilan sakelar ini sangat manis dan adem dipandang mata. Selain itu, sakelar ini juga mudah sekali dipasang.

    Sistem pemasangannya menggunakan cakar. Jadi, saya tinggal memutar baut saja, otomatis sudah kuat terpasang. Penyambungan kabelnya juga sangat mudah. Saya tinggal mencolokkan saja ke lubang yang sudah ada, putar bautnya, selesai!
  • Panasonic
    Sakelar Seri 2G WESJ78029 + WESJ5931 White Style Series


    Abdur Rosyid

    Sama seperti sakelar engkel, untuk sakelar seri saya juga merekomendasikan sakelar buatan Panasonic. Alasannya juga sama dengan yang engkel. Manis dipandang, mudah dipasang, dan yang pasti, aman plus awet.

    Sakelar seri ini bisa dipakai untuk menghidupkan dan mematikan dua lampu yang ada di dalam rumah. Alhasil, sakelar jenis ini biasa digunakan untuk lebih menghemat space. Biasanya, sakelar seri ini juga dipasang bergandengan dengan stopkontak.

    Sakelar seri yang saya rekomendasikan adalah Panasonic Sakelar Seri 2G WESJ78029 + WESJ5931 White Style Series. Sakelar ini memiliki dua buah mata sakelar kecil. Warna dasarnya putih dengan kombinasi sedikit abu-abu dan harga yang ditawarkan juga bersaing.
  • Panasonic
    Stopkontak Arde CP 1G WESJP1121 Putih Style Series


    Abdur Rosyid

    Selain sakelar, kebutuhan selanjutnya yang harus dipenuhi adalah stopkontak. Untuk stopkontak, saya merekomendasikan Panasonic Stopkontak Arde CP 1G WESJP1121 Putih Style Series. Stopkontak ini telah dilengkapi dengan pengaman atau child protection dan grounding.

    Dengan kata lain, stopkontak ini aman untuk anak-anak. Stopkontak ini dapat dipasang di berbagai tempat tanpa khawatir ada yang tersengat listrik. Warna dasar stopkontak ini putih sehingga cocok dengan semua warna cat dalam rumah.

    Pemasangannya sama dengan sakelar engkel dan seri yaitu menggunakan cakar. Untuk penyambungan kabelnya juga sama mudahnya. Saya tinggal mencolokkannya pada lubang yang telah disediakan, memutar bautnya, sudah selesai!
  • Broco
    12101 (B) Fitting Plafond Besar Lux


    Abdur Rosyid

    Kebutuhan listrik lainnya yang juga harus dipenuhi adalah fitting lampu. Fitting lampu merupakan salah satu alat yang menjadi tempat dipasangnya lampu. Untuk fitting lampu saya merekomendasikan produk buatan Broco yaitu 12101 (B) Fitting Plafond Besar Lux.

    Jenis fitting ini dapat dipasang di plafon atau eternit. Bahan dasar yang digunakan adalah plastik bakelite tebal sehingga awet dan kuat. Untuk penguat lampu, fitting ini telah dilengkapi dengan drat kuningan tahan panas. Jadi, fitting ini akan tetap aman dan kuat meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

    Sama dengan alat-alat listrik lainnya, fitting buatan Broco ini menggunakan warna dasar putih. Alhasil, fitting ini cocok dipasang pada plafon dengan berbagai warna cat. Harga yang ditawarkan juga ramah di kantong, sekitar 20 ribuan saja.
  • Philips
    MultiPack MyCare LedBulb 10W 6500K Putih


    Abdur Rosyid

    Setelah fitting, alat listrik selanjutnya adalah lampu. Lampu yang saya rekomendasikan adalah Philips MultiPack MyCare LedBulb 10W 6500K Putih. Lampu dengan satuan watt kecil ini lebih terang daripada lampu hemat energi biasa.

    Dengan adanya lampu ini, keluarga saya bisa beraktivitas dengan leluasa dan nyaman. Lampu ini tidak membuat mata merah atau mudah lelah karena menghasilkan cahaya yang tidak menyilaukan. 

    Selain itu, lampu ini tidak panas, lebih tahan lama, dan bisa hemat energi hingga 88%. Lampu ini bisa dibeli dalam 1 paket isi 4 buah. Alhasil, saya bisa menghemat sekian rupiah dibandingkan membeli satuan.
  • Extrana
    Kabel NYY 2 x 2.5 mm 50 m


    Abdur Rosyid

    Setelah sakelar, fitting, dan lampu, selanjutnya alat yang harus dipenuhi adalah kabel. Dalam pemilihan kabel, sebaiknya pilihlah kabel yang telah memiliki label SNI. Misalnya, Extrana Kabel NYY 2 x 2.5 mm 50 m yang saya rekomendasikan ini.

    Kabel ini dapat digunakan di dalam ruangan kering, lembap, dan basah untuk instalasi tetap. Kabel ini juga dapat dipasang di dalam tanah. Kabel ini memiliki 2 isi dan tebal tembaga 2,5 mm.

    Selain sudah teruji kualitasnya, kabel ini sudah memenuhi standar PLN. Tak heran banyak jaringan listrik pada bangunan rumah atau kantor yang memakai kabel ini. Dengan kata lain, kabel ini sangat aman untuk digunakan.
  • Panasonic
    Stopkontak TV WESJ78019 + WEJ2501 Outlet TV Style Series


    Abdur Rosyid

    Selain stopkontak listrik, kalian juga perlu mempersiapkan stopkontak antena TV. Stopkontak antena TV dipakai untuk menanam kabel antena TV di dalam tembok rumah. Dengan demikian, kabel antena TV tersebut tidak akan mengganggu pandangan di dalam rumah.

    Stopkontak antena TV yang saya rekomendasikan adalah Stopkontak TV WESJ78019 + WEJ2501 Outlet TV Style Series buatan Panasonic. Stopkontak antena TV ini memiliki fungsi hampir sama dengan stopkontak listrik.


    Selain itu, stopkontak antena TV akan mempermudah kalian saat memasang dan mencabut colokan antena TV yang kalian miliki. Jadi, jangan sampai lupa mempersiapkan stopkontak antena TV ini, ya.