10 Rekomendasi Produk Skincare Non-Comedogenic untuk Kulit Sensitif

10 Rekomendasi Produk Skincare Non-Comedogenic untuk Kulit Sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, mencari produk yang ramah di kulit bukanlah hal yang mudah. Banyak yang perlu diperhatikan ketika memilih produk skincare. Selain mengenali masalah kulit yang dialami, teliti terhadap bahan yang terkandung dalam suatu produk adalah keharusan. Salah satu penanda bahwa suatu produk diformulasikan khusus untuk kulit sensitif adalah adanya label non-comedogenic, hypoallergenic, atau dermatologist tested.


Namun, pada kenyataannya tidak semua produk yang berlabel tersebut pasti cocok di kulit sensitif. Belum tentu juga produk tanpa label semacam itu tidak akan cocok di kulit sensitif. Setelah pengalaman trial and error dengan banyak produk skincare, berikut ini sepuluh produk skincare non-comedogenic untuk kulit sensitif yang saya rekomendasikan.


Creator Image
Gadis Permatasari
Beauty blogger
  • Bioderma
    Sensibio H2O


    Gadis Permatasari

    Bioderma Sensibio H2O merupakan varian dari micellar water Bioderma yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Varian Sensibio ini nyaman di kulit saya yang bertipe kombinasi. Kemampuannya dalam membersihkan kotoran di wajah sangat baik. Bahkan untuk makeup waterproof sekalipun, Bioderma Sensibio H2O mampu membersihkan walaupun butuh kesabaran lebih!


    Untuk sehari-hari, biasanya saya menggunakan Bioderma Sensibio H2O untuk menghapus makeup ringan kemudian diikuti dengan facial wash. Setelah itu, saya kembali menggunakan Bioderma Micellar Water untuk membersihkan sisa-sisa facial wash agar kulit saya tidak terasa kering atau gatal. 


    Setelah mencuci muka, saya melanjutkan pemakaian skincare harian. Setelah menggunakan Bioderma Sensibio H2O di dalam skincare routine saya, jerawat dan white heads jarang muncul di wajah. Bioderma Sensibio H2O juga tidak mengandung alkohol maupun pewangi buatan sehingga banyak direkomendasikan oleh dermatologist.

  • Kino
    Ovale Micellar Cleansing Water


    Gadis Permatasari

    Ovale Micellar Water adalah micellar water merek lokal yang menjadi favorit saya. Konsep yang menarik dari produk ini adalah kemampuannya dalam mencerahkan warna kulit. Untuk kategori produk lokal, daya membersihkannya pun cukup bagus. Selain itu, produk ini juga tidak mengandung parfum maupun alkohol dan aman untuk kulit sensitif.


    Dari pengalaman saya setelah memakai produk ini, warna kulit memang jadi terlihat tidak kusam dan nyaman di kulit sensitif saya. Setelah diaplikasikan, kulit terasa lembap, tetapi tidak terasa lengket. Di kulit kombinasi saya, rasa lembapnya masih dalam kategori nyaman dan tidak menimbulkan jerawat atau keluhan lainnya. 


    Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan produk ini. Ovale tersedia dalam ukuran 100 ml dan 200 ml dengan harga kurang dari 50 ribu rupiah. Bagi yang mencari micellar water dengan harga terjangkau, Ovale Micellar Cleansing Water Brightening bisa dijadikan pilihan!

  • Johnson & Johnson
    Clean & Clear Natural Bright Face Wash


    Gadis Permatasari

    Sabun wajah yang baik untuk kulit sensitif adalah yang teksturnya berupa gel dan tanpa busa. Clean & Clear Natural Bright Face Wash ini adalah salah satu yang saya rekomendasikan. Teksturnya berupa gel, dengan busa sangat minimal. Walaupun masih terdapat busa, produk ini tidak bermasalah di kulit saya.


    Setelah dibilas, kulit terasa bersih, tidak licin, tidak kering, dan efek mencerahkannya pun terlihat. Kemasannya yang berbahan plastik dengan ukuran yang cukup kecil juga menjadikan produk ini sangat travel-friendly. Selain itu, harga produk ini sangat terjangkau dan mudah didapatkan di mini market, supermarket, atau e-commerce. Pilihan tepat untuk yang mencari sabun wajah minim busa dengan harga terjangkau.

  • Kose
    Softymo Deep Cleansing Oil


    Gadis Permatasari

    Cleansing oil adalah produk pembersih makeup yang cukup populer. Di negeri asalnya, Jepang, kabarnya Kose Softymo Deep Cleansing Oil merupakan salah satu cleansing oil terbaik karena kemampuan membersihkannya yang bagus.


    Dari sekian banyak varian Kose Softymo Cleansing Oil, varian Deep adalah varian yang paling jago dalam membersihkan makeup, terutama makeup berat. Saya biasa menggunakan dua sampai tiga pump di telapak tangan yang sudah dikeringkan untuk sekali pemakaian, tergantung seberapa tebal makeup yang saya pakai. 


    Kemudian saya ratakan cleansing oil ini ke wajah dan menggosoknya dengan gerakan memutar. Tidak perlu waktu lama, makeup saya langsung luruh bersama air setelah dibilas.


    Yang saya suka adalah produk ini tidak meninggalkan kesan berminyak atau lengket sama sekali. Setelah dicuci menggunakan sabun wajah, kulit terasa bersih dan tidak licin. Produk ini sangat praktis dan ringkas untuk membersihkan makeup.

  • Nacific
    Fresh Herb Origin Serum


    Gadis Permatasari

    Brand ini mungkin tidak terdengar asing karena namanya sudah viral sejak awal kemunculannya. Sebelum menjadi brand NACIFIC, brand ini bernama NATURAL PACIFIC. Nacific Fresh Herb Origin Serum memiliki dua tekstur berbeda dalam satu botol, yaitu air dan minyak yang harus dikocok sebelum diaplikasikan. 


    Dikenal dengan "curse serum", produk ini punya formula yang bisa membuat pengguna merasakan sting effect ketika kulitnya bermasalah. Awal pemakaian, saya merasakan sting effect yang dimaksud. Namun, setelah beberapa minggu pemakaian, saya tidak lagi merasakan sting effect dan saya asumsikan kulit saya membaik seperti klaim yang disebutkan Nacific. 


    Kandungan minyak yang dimiliki produk ini mungkin membuat orang mengira bahwa kulit akan menjadi seperti "kilang minyak". Namun, pemakaian serum ini justru menjadikan kulit terlihat glowing sehat. Menurut saya, dengan menggunakan serum ini saja tanpa diikuti moisturizer, kulit sudah terasa sangat lembap. 


    Setelah tujuh hari penggunaan, kulit saya terlihat membaik, tekstur kulit lebih halus, pori-pori mengencang, jarang muncul jerawat, white heads, dan black heads. Di pemakaian minggu berikutnya, kondisi kulit terlihat makin baik. Untuk menghindari tampilan berminyaknya, serum ini hanya saya pakai 2-3 tetes di malam hari. Saya sudah menggunakan 2 botol, dan sejauh ini kulit sensitif saya tidak mengalami masalah.

  • Nacific
    Phyto Niacin Whitening Essence


    Gadis Permatasari

    Selain Nacific Fresh Herb Origin Serum, salah satu primadona dari Nacific adalah Nacific Phyto Niacin Whitening Essence. Seri Phytoniacin adalah lini skincare untuk mencerahkan kulit. Saya menggunakan produk ini sebanyak 2-3 tetes di pagi dan/atau malam hari ketika tidak menggunakan Nacific Fresh Herb Origin Serum. 


    Serum ini teksturnya seperti air dan mudah meresap. Karena teksturnya yang seperti air, menurut saya serum ini tidak cukup melembapkan bagi pencinta hydrating skincare. Namun, hal itu tidak menjadi masalah karena saya bisa mengaplikasikan moisturizer di atasnya.


    Saya merasakan efek dari serum ini setelah tepat tujuh hari pemakaian. Kulit terlihat cerah, bekas jerawat kehitaman memudar, pori-pori mengencang, whiteheads atau blackheads berkurang, dan jarang muncul jerawat. Rata-rata produk Nacific yang saya coba memberikan hasil yang sangat cepat, signifikan, dan positif di kulit saya.

  • Avoskin
    Miraculous Refining Toner


    Gadis Permatasari

    Exfoliating toner merupakan skincare yang cukup tricky karena kulit sensitif lebih peka terhadap kandungan skincare yang satu ini. Nah, berbeda dari exfoliating toner kebanyakan, Avoskin Miraculous Refining Toner formulanya cukup mild bagi kulit sensitif karena mengandung AHA, BHA, dan PHA dengan persentase yang tidak terlalu keras di kulit.


    Karena kulit saya sudah mengenal AHA dan BHA, menggunakan PHA tidak membuat kulit saya kaget. Saya biasa menggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner setiap hari. Walaupun dipakai setiap hari, toner ini tidak membuat kulit saya kering dan malah terasa lembap berkat kandungan ekstrak Aloe vera di dalamnya. 


    Setelah rutin menggunakan produk Avoskin Miraculous Refining Toner selama 1 bulan, pori-pori terlihat mengecil, dan whiteheadsblackheads, atau jerawat jadi jarang muncul. Tak jarang saya menggunakan toner ini untuk mengompres jerawat hormonal aktif agar lebih cepat kempes. Saya menjadikan toner ini sebagai must-have item dalam skincare routine saya. Recommended!

  • Avoskin
    Miraculous Refining Serum


    Gadis Permatasari

    Masih dalam satu lini, Avoskin Miraculous Refining Serum juga memberikan hasil yang positif di kulit saya. Dibandingkan dengan Avoskin Miraculous Refining Toner, serum ini punya efek yang lebih "hebat". Karena kandungan chemical exfoliator yang cukup keras, saya hanya memakai serum ini 2-3 seminggu sebanyak dua tetes di minggu-minggu awal pemakaian. 


    Jika kulit memiliki masalah, kulit akan terasa hangat dan muncul sedikit sting effect. Setelah kulit terbiasa dengan kandungan serumnya, saya baru berani pakai setiap hari dan saya tidak merasakan sting effect lagi seperti sebelumnya. Perlu diperhatikan bahwa serum ini tidak boleh terkena kulit yang luka karena akan terasa perih. Jangan khawatir, jika kondisi kulit baik-baik saja, tidak akan muncul efek semacam itu. 


    Mengenai hasil setelah pemakaian satu bulan, kulit saya terlihat lebih cerah, pori-pori mengencang, tekstur wajah menghalus, jerawat mereda, dan whiteheads atau blackheads berkurang. Yang membuat saya suka dengan serum ini adalah walaupun kandungan chemical exfoliator-nya cukup keras, kulit saya tidak terasa kering. Melihat hasilnya yang memuaskan di kulit sensitif saya, saya mulai meninggalkan physical exfoliator dan beralih ke chemical exfoliator.

  • Avoskin
    Perfect Hydrating Treatment Essence


    Gadis Permatasari

    Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE) merupakan essence yang cukup populer dan sering disejajarkan dengan produk sejenis dari beberapa brand ternama. Untuk pemula yang baru mengenal hydrating toner, Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence adalah salah satu produk yang bisa mengimbangi fungsi hydrating toner.


    Produk lokal ini terasa ringan dan efektif dalam menghidrasi kulit. Di kulit sensitif saya, penggunaan Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence memberikan hasil berupa pori-pori lebih kencang, kulit wajah lebih cerah, bekas jerawat kehitaman memudar, dan jerawat yang mereda. Bagi saya yang punya kulit kombinasi, pemakaian satu layer PHTE sudah cukup melembapkan. Namun, bagi yang suka kesan yang lebih lembap, saya sarankan untuk memakai beberapa layer PHTE atau diikuti dengan moisturizer harian.

  • Kao
    Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++


    Gadis Permatasari

    Sunscreen adalah skincare yang wajib dipakai sehari-hari untuk melindungi kulit dari sinar UV. Tidak seperti karakter sunscreen pada umumnya, Biore UV Aqua Rich Watery Essence memiliki tekstur gel dan meresap seperti air. Selain itu, Biore UV Aqua Rich Watery Essence tidak meninggalkan white cast dan tidak memberikan efek mencerahkan warna kulit.


    Karena teksturnya yang seperti demikian, sunscreen ini tidak terasa lengket di kulit dan tidak terlihat berminyak. Berkat SPF 50+/PA+++ yang dimiliki Biore UV Aqua Rich Watery Essence, saya tidak perlu terlalu sering mengaplikasikan sunscreen, terutama saat beraktivitas lama di luar ruangan.


    Kulit sensitif saya tidak mengalami masalah selama menggunakan produk ini walaupun kulit saya rentan breakout jika menggunakan chemical sunscreen. Saya merekomendasikan Biore UV Aqua Rich Watery Essence bagi yang mencari sunscreen ringan dan tidak ingin wajah terlihat berminyak.

Gadis Permatasariのfavlist