10 Rekomendasi Outfit Wanita agar Tetap Nyaman dan Cantik Saat Mendaki Gunung

10 Rekomendasi Outfit Wanita agar Tetap Nyaman dan Cantik Saat Mendaki Gunung

Creator Image
Irene Komala
Travel blogger
  • Arei
    Barito 40L


    Irene Komala

    Tas ransel biasa hanya akan membuatmu semakin pegal. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan tas khusus untuk mendaki gunung. Tas gunung yang dipakai juga sebaiknya bukan tas laki-laki. Sebab, laki-laki dan wanita memiliki ukuran punggung dan pinggul yang berbeda. 

    Para wanita tidak dianjurkan membawa carrier besar, dengan beban maksimal sebesar satu per tiga dari berat badan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih ultralight gear agar lebih ringan dan efisien. Pilih carrier yang sesuai dengan ukuran badan, lama pendakian, serta memiliki fungsi air flow back system agar lebih nyaman. Carrier rekomendasi saya adalah Rei tipe Barito dengan ukuran 40L.

    Carrier ini didesain khusus untuk wanita, dengan warna yang cerah sehingga terlihat lebih modis. Arei Barito juga dilengkapi dengan beberapa kantong dan air flow back system yang membuat punggung kita lebih nyaman saat membawa beban ketika mendaki. Ia juga dilengkapi dengan strap belt yang membantu menopang beban agar terasa lebih ringan.
  • Decathlon
    Kalenji Run Dry Women's Running T-shirt


    Irene Komala

    Penampilan bagi wanita adalah hal yang tidak bisa diabaikan, termasuk saat mendaki gunung. Namun, tak jarang wanita memilih pakaian hanya berdasarkan model. Padahal, kita tidak bisa menggunakan kaus berbahan katun biasa ketika mendaki gunung. 

    Kaus katun biasa tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Ia malah akan membuat badan menjadi dingin dan berat ketika basah. Hal tersebut bisa memicu terjadinya masuk angin hingga hypothermia. Oleh sebab itu, saat mendaki gunung, wanita wajib memakai kaus jenis quick dry seperti produk Decathlon ini. 

    Kalenji Run Dry Women's Running T-shirt terbuat dari bahan tipis yang mampu menyerap keringat dengan baik. Tak hanya itu, ia juga sangat mudah kering. Warna-warnanya juga cerah, yang akan membuat penampilan kita terlihat modis. Sst, kaus ini juga akan terlihat kontras saat difoto, lho!
  • Sorex
    Bright Sport Bra


    Irene Komala

    Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas outdoor yang membutuhkan keleluasaan bergerak. Untuk itu, sangat penting menggunakan pakaian dalam yang aman dan nyaman selama pendakian. Terlebih saat membawa carrier, pundak dan punggung akan terasa sakit bila kita menggunakan bra dengan tali pengait biasa. Oleh karena itu, gunakanlah sport bra yang nyaman dan menyerap keringat. 

    Sport bra dari Sorex ini dilengkapi padding yang mampu menopang payudara saat berolahraga, termasuk mendaki gunung. Dengan bahan yang elastis dan polyester yang berkualitas, Sorex Bright Sport Bra dapat menyerap keringat dengan baik. Jenis sport bra seperti ini sangat cocok bagi kita yang menyukai kegiatan outdoor karena membuat kita lebih bebas bergerak.
  • Claw
    Celana Panjang Outdoor Quickdry Pangrango


    Irene Komala

    Sering kali saya melihat pendaki wanita menggunakan celana jeans atau celana gaya lainnya saat mendaki gunung. Sebenarnya, itu adalah kesalahan besar. Celana jeans membuat kaki menjadi gerah dan sulit mendapat sirkulasi udara. Selain itu, celana jeans juga sulit dibersihkan dari debu dan air. Jika basah, ia akan sulit kering dan menjadi berat. 

    Sebaiknya, kita menggunakan celana gunung yang berbahan parasut atau cargo. Kedua bahan tersebut mudah dibersihkan dari debu dan cepat kering jika terkena air atau duduk di tanah. Celana gunung rekomendasi saya adalah produk Claw tipe Pangrango ini.

    Celana ini terbuat dari bahan stretch quick dry yang ringan, nyaman, dan mudah kering. Selain nyaman, celana ini juga sangat praktis karena dilengkapi beberapa kantong dengan ritsleting. Jadi, kita bisa menyimpan barang penting dengan aman dan mengeluarkannya dengan mudah tanpa harus membongkar tas.
  • Uniqlo
    Women Ultra Light Down Jacket


    Irene Komala

    Women Ultra Light Down Jacket (ULD) adalah jaket yang sangat portable dan ringan. Jaket ini disukai pendaki karena bisa menghemat ruang di dalam carrier. Biasanya jaket ini terbuat dari bulu angsa sehingga hangat, meski bentuknya tipis. 

    Salah satu produsen Ultra Light Down yang terkenal adalah Uniqlo. Jaket ini bahannya tahan angin (windbreaker) dan tahan air (waterproof). Selain menghangatkan tubuh dari dinginnya udara dan angin gunung, ULD Jacket juga akan membuat penampilan kalian semakin stylish. 

    Ingat, gunakan jaket yang sesuai dengan ukuran tubuh, ya. Jangan terlalu kecil karena biasanya kita memakai sistem layering untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Pilih juga warna yang terang agar dapat memantulkan cahaya. Hal itu akan membuat kalian mudah dikenali dan dicari bila terjadi sesuatu.
  • SNTA
    Sepatu Gunung Wanita


    Irene Komala

    Alas kaki saat mendaki gunung tidak boleh diremehkan jika tidak ingin cedera. Saya tidak menyarankan memakai sandal gunung. Sandal gunung sebaiknya digunakan saat istirahat di area tenda atau sebagai cadangan sepatu saja. Saya juga sering melihat pendaki wanita menggunakan sepatu cantik atau sneakers saat naik gunung, tanpa menyadari pentingnya memakai sepatu gunung demi keselamatan. 

    Sepatu gunung memiliki banyak fungsi yang tak dimiliki sepatu olahraga biasa. Sepatu gunung memiliki cengkeraman alas yang lebih bergerigi dan bentuk yang lebih tinggi untuk melindungi mata kaki dari keseleo. Selain itu, biasanya sepatu gunung mudah dibersihkan dan cepat kering. 

    Sepatu gunung wanita pilihan saya adalah sepatu dari SNTA ini. Bentuknya tidak kalah stylish, malah semakin menunjang penampilan saat mendaki gunung. Dengan desain menutupi mata kaki dan alas bergerigi, sepatu SNTA membuat pendakian lebih nyaman. Gunakan sepatu gunung satu ukuran lebih besar agar kalian dapat menggunakan kaos kaki tebal. Kaki kalian juga akan mendapat cukup ruang dan tidak sakit karena kesempitan. 
  • Eiger
    WS Gamora Bandana


    Irene Komala

    Buff atau masker tidak hanya digunakan untuk pengguna motor saja, tetapi juga untuk mendaki gunung. Terlebih bila musim kemarau, kita membutuhkan buff untuk menghalau angin, pasir, dan debu yang bisa mengganggu pernafasan. 

    Benda kecil yang sangat multifungsi ini wajib kalian bawa agar pendakian tetap aman dan nyaman. Selain sebagai masker mulut, buff juga dapat digunakan sebagai aksesoris kepala, penahan keringat, penutup leher, kupluk, bahkan kuncir rambut. 

    Saya minimal membawa dua buah buff Eiger saat mendaki gunung. Bahannya strech dan breathable sehingga tidak membuat sesak. Saya juga menyukai bandana wanita Eiger karena memiliki pilihan motif dan warna yang eye catching. Jadi, penampilan kita akan terlihat semakin keren dan cantik.
  • Naturehike
    HT09 Outdoor UV Protection Cap


    Irene Komala

    Topi merupakan aksesori wajib yang perlu kalian bawa saat mendaki gunung. Topi berguna untuk melindungi kepala dari teriknya matahari, hujan, atau binatang kecil yang dapat hinggap di kepala. Selain itu, topi juga bisa membuat kalian terlihat semakin keren ketika mendaki. Saat pertama kali melihat topi ini, saya tak membutuhkan waktu lama untuk memutuskan membelinya. Pasalnya, topi ini berbeda dengan topi biasanya. 

    Desain Naturehike Outdoor UV Protection Cap sangat unik. Topi ini dapat dilipat (triple folding) pada bagian cap-nya, menjadi sebesar genggaman tangan. Saya bahkan bisa menaruhnya di dalam kantong jaket. Kelebihan lainnya, topi ini terbuat dari bahan quick dry yang sangat ringan.
  • Screw
    Kacamata Hitam Polarized


    Irene Komala

    Hindari menggunakan kacamata gaya saat mendaki gunung karena tidak memberikan efek apapun bagi mata. Gunakan kacamata olahraga atau kacamata gunung yang biasanya memiliki tangkai melengkung hingga telinga dan menutupi area mata. 

    Kacamata dari Screw ini berjenis polarized yang mampu mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata. Meski demikian, kualitas objek yang kita lihat tidak akan berkurang. Tangkai hidungnya juga tidak licin sehingga tidak perlu khawatir akan turun dan mengganggu perjalanan ketika berkeringat. 

    Selain melindungi mata dari sinar matahari dan debu, kacamata ini juga akan membuat penampilan kalian semakin kece. Jadi, kalian bisa tetap tampil modis dan menikmati pemandangan alam dengan aman dan nyaman. 
  • Sarung Tangan Wanita Touchscreen


    Irene Komala

    Angin gunung biasanya berembus lebih kencang dan dingin pada sore atau malam hari, terlebih saat summit attack. Hal tersebut akan membuat tangan terasa membeku. Oleh karena itu, kita wajib menggunakan sarung tangan untuk menghangatkannya. Sarung tangan juga berguna untuk melindungi tangan dari goresan atau gigitan binatang saat melewati trek di gunung. 

    Saya selalu menggunakan sarung tangan ini saat mendaki gunung. Sarung tangan ini dilengkapi dengan bagian touch screen pada ujung jempol dan telunjuk. Dengan demikian, saya tetap bisa menyentuh layar ponsel atau kamera tanpa harus membukanya.

    Sarung tangan ini didesain khusus untuk wanita dengan bentuk yang feminin. Bahannya juga lembut, hangat, dan sangat nyaman digunakan.