9 Rekomendasi Produk Facial Wash untuk Kulit Kering dan Sensitif

9 Rekomendasi Produk Facial Wash untuk Kulit Kering dan Sensitif

Facial wash atau sabun cuci muka sering kali dianggap remeh karena fungsinya dianggap tidak sepenting skincare lainnya. Padahal, facial wash ini berperan penting dalam mempersiapkan kulit untuk menerima skincare di tahap selanjutnya. Pemilik kulit kering dan sensitif biasanya lebih susah menemukan produk facial wash yang tepat. Alih-alih menjadi bersih, kulit malah menjadi kesat bahkan sampai breakout.


Sebagai pemilik kulit kering, saya sudah mencoba banyak sekali produk facial wash. Setelah beberapa lama, akhirnya saya menemukan produk-produk yang cocok dengan jenis kulit saya. Dengan produk-produk facial wash di bawah ini, kulit saya menjadi bersih tetapi tetap lembut, lembap, dan kenyal. Cek sembilan produk facial wash untuk kulit kering dan sensitif rekomendasi saya di bawah ini, ya!


Creator Image
Jessica Liani S
Beauty blogger
  • Galderma
    Cetaphil Gentle Skin Cleanser


    Jessica Liani S

    Pemilik kulit sensitif pasti kenal dengan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Facial wash yang sudah memenangkan banyak penghargaan ini diklaim aman untuk pemilik kulit sensitif. Bahkan, saking amannya, produk ini pun bisa dipakai untuk bayi.


    Teksturnya sangat ringan dan agak encer dengan warna sedikit keputihan. Formulanya juga ringan karena tidak mengandung sabun. Jadi, produk ini tidak berbusa sama sekali dan bahkan bisa digunakan tanpa air. Produk ini tersedia dalam kemasan berukuran 59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, hingga 1 liter.


    Karena sangat lembut, Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini kurang mampu membersihkan makeup. Saya biasanya memakai produk ini terakhir setelah membersihkan makeup. Selain digunakan untuk wajah, saya juga memakai facial wash ini untuk badan juga.

  • Bioderma
    Sensibio Gel Moussant


    Jessica Liani S

    Satu lagi brand wajib untuk pemilik kulit sensitif. Bioderma awalnya dikenal karena produk micellar water-nya. Brand ini juga memiliki rangkaian skincare yang lengkap mulai dari facial wash hingga sunblock. Brand ini juga mengeluarkan rangkaian skincare untuk kulit sensitif yang dinamai Sensibio. 


    Produk facial wash dari seri ini adalah Sensibio Gel Moussant ini. Bioderma Sensibio Gel Moussant ini berwarna bening dan agak encer dengan sedikit busa. Seperti produk Bioderma lainnya, facial wash ini tidak beraroma.


    Produk ini terasa sangat lembut saat diusapkan di wajah. Setelah dibilas, kulit saya terasa halus dan bersih. Kemasannya berupa botol pump yang praktis digunakan tanpa perlu buka tutup kemasan setiap kali pakai.

  • COSRX
    Low pH Good Morning Gel Cleanser


    Jessica Liani S

    COSRX adalah brand Korea yang sempat hype karena rangkaian produknya yang simple tetapi to the point. Nama produk-produknya selalu sesuai dengan isi produk itu sendiri. Tak terkecuali produk facial wash yang dinamani Low pH Good Morning Gel Cleanser ini.


    Seperti namanya, facial wash ini berbentuk gel dengan pH rendah (5.0-6.0) serupa dengan pH alami kulit wajah. Kandungan pH-nya yang rendah ini membantu menjaga pH alami kulit. Alhasil, produk ini cocok digunakan sebelum menggunakan chemical exfoliant seperti serum vitamin C, AHA, atau BHA.


    Gelnya transparan dan sedikit berbusa. Setelah mencuci muka dengan produk ini, wajah saya terasa bersih, tetapi tidak menjadi kering, terasa kesat, ataupun tertarik. Ada juga kandungan tea tree oil untuk membantu mengontrol produksi minyak, merawat pori-pori, dan melembapkan kulit.

  • Sensatia Botanicals
    Unscented Soapless Facial Cleanser


    Jessica Liani S

    Walaupun dinamai "unscented", facial wash ini tetap ada aromanya. Namun, aroma produk ini berasal dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya, belimbing, pepaya, dan bengkuang. Kandungannya yang alami membuat produk ini juga aman untuk ibu hamil dan menyusui.


    Kandungan sari lidah buayanya yang kaya vitamin akan membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Sari belimbingnya akan memberikan mineral dan vitamin yang membuat kulit lebih bercahaya. Kandungan pepayanya akan mengeksfoliasi kulit wajah secara alami. Bengkuang akan memberikan vitamin B dan C untuk membantu menjaga kesehatan kulit.


    Produk ini juga tidak mengandung paraben, SLS, dan bahan berbahaya lainnya. Produk dari Sensatia Botanicals ini memiliki tekstur yang encer dan terasa sangat lembut di kulit saya. Setelah membersihkan wajah dengan facial wash vegan ini, wajah saya menjadi halus dan kenyal. 

  • Safi
    Dermasafe Gentle Care Mousse Cleanser


    Jessica Liani S

    Pencinta facial wash berbusa banyak pasti akan suka dengan produk dari Safi ini. Saat dikeluarkan, produk ini sudah berupa mousse sehingga tidak perlu repot menggosok-gosoknya di wajah. Busa yang dihasilkan sangat lembut seperti susu. Alhasil, produk ini cocok untuk kulit kering dan sensitif yang tidak tahan digosok-gosok.


    Saya menggunakan produk ini saat ingin menghemat waktu saat membersihkan wajah. Selain itu, produk ini terasa sangat nyaman di kulit. Kulit saya menjadi halus dan tidak kering. Facial wash ini mengandung formula Anti Pollutant PM 2.5. serta ekstrak licorice dan chamomile untuk membantu mengurangi iritasi kulit. 


    Facial wash ini dikemas dengan packaging yang unik dan khusus untuk mengeluarkan mousse atau busanya. Sayangnya, packaging ini agak besar sehingga kurang cocok untuk dibawa-bawa. Akan tetapi, kalian yang memiliki kulit kering dan sensitif wajib mencoba produk ini!

  • Clinelle
    Deep Cleansing Gel


    Jessica Liani S

    Clinelle ini memiliki slogan 6NOS yaitu tanpa pewangi, pewarna, lanolin, alkohol, mineral oil, dan bahan penyebab komedo. Begitu pula dengan facial wash ini. Clinelle Deep Cleansing Gel ini mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak centella asiatica, ginseng, dan green tea.


    Bahan centella asiatica yang mengandung madecassoside berfungsi melembapkan kulit wajah. Kandungan ginseng akan merawat kulit wajah sehingga terasa halus dan kencang. Lalu, ekstrak green tea bekerja sebagai antioksidan yang berfungsi untuk merawat kulit dari radikal bebas.


    Produk ini berwarna sedikit putih dan transparan. Teksturnya cukup licin dan tidak menghasilkan foam putih seperti facial wash biasanya karena memang gel sesuai namanya. Wanginya segar dan tidak berlebihan karena tidak mengandung pewangi yang aneh-aneh. Hasilnya sangat lembut dan ringan di wajah saya.

  • Rohto
    Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash


    Jessica Liani S

    Sabun pembersih wajah Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash ini mengandung dua jenis hyaluronic acid. Kandungan ini mampu mengangkat kotoran serta minyak di kulit wajah tanpa menyebabkan kulit menjadi kering. Produk yang menjaga kelembapan kulit ini juga tidak mengandung pewarna dan pewangi. 


    Kemasannya yang paling kecil dijual dengan harga belasan ribu sehingga termasuk produk rekomendasi termurah untuk kulit kering. Teksturnya seperti krim dan berwarna putih. Produk ini menghasilkan busa yang cukup dan lembut di wajah saya. Hasilnya membuat wajah saya bersih dan lembap. Produk ini mudah didapatkan di minimarket sehingga menjadi favorit saya saat sedang kehabisan facial wash.

  • The Body Shop
    Vitamin E Face Wash


    Jessica Liani S

    Facial wash dari The Body Shop ini membuat kulit saya terasa bersih, lembut, dan segar. Vitamin E Face Wash ini mengandung formula minyak gandum dan vitamin E. Kedua kandungan ini akan bekerja maksimal untuk melindungi dan melembapkan kulit kalian yang kering dan sensitif. 


    Berbeda dengan facial wash rekomendasi lainnya yang biasanya berupa gel, Vitamin E Face Wash ini berbentuk krim. Facial wash ini menghasilkan busa lembut dan membuat wajah saya tetap ternutrisi. Saya juga sangat menyukai aromanya yang lembut dan menenangkan. Aroma facial wash ini selalu membuat ritual cuci muka saya menjadi lebih menyenangkan.

  • Dove
    Beauty Moisture Facial Foam


    Jessica Liani S

    Beauty Moisture Facial Foam ini mengandung Nutrium Moisture Beauty Serum yang cocok untuk kulit normal, sensitif, atau kering. Facial wash dari Dove ini juga memiliki formula yang efektif membersihkan sekaligus mengembalikan nutrisi hingga ke dalam.


    Berbentuk krim berwarna putih, Beauty Moisture Facial Foam ini menghasilkan busa yang sangat lembut saat digosok. Setelah dipakai pun kulit saya terasa halus dan lembut. Dengan natural flower scent, wanginya sangat enak dan menyegarkan.


    Saya merekomendasikan produk ini karena harganya masih terjangkau sekitar tiga puluh ribuan. Selain itu, produk ini juga mudah ditemukan di supermarket. Produk ini memiliki varian lain, tetapi varian berwarna biru ini adalah varian yang paling melembapkan menurut saya.