10 Rekomendasi Produk Makeup Dasar untuk Rias Pengantin

10 Rekomendasi Produk Makeup Dasar untuk Rias Pengantin

Creator Image
Edelyne Veronia
Makeup artist & beauty blogger
  • Embryolisse
    Lait-Creme Concentrate


    Edelyne Veronia

    Embryolisse Lait-Creme Concentrate merupakan moisturizer dengan tekstur yang creamy. Selain memberikan kelembapan pada wajah, moisturizer ini juga membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan kenyal. Embryolisse Lait-Creme Concentrate ini dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit baik yang kering, normal, atau berminyak.

    Moisturizer ini juga dapat membuat warna kulit menjadi rata dan mudah untuk dijadikan kanvas sebelum pemakaian alas bedak. Oleh karena itu, saya biasanya juga menggunakan produk ini sebagai primer atau base makeup saat merias pengantin. Dengan moisturizer yang praktis dan ekonomis ini, alas bedak dan kosmetik lainnya akan menempel dengan sempurna dan hasilnya awet sepanjang hari. 
  • Yves Saint Laurent
    All Hours Foundation


    Edelyne Veronia

    Menurut saya, YSL All Hours Foundation ini adalah produk yang wajib dimiliki setiap makeup artist, terutama untuk makeup pengantin. Produk ini memiliki tekstur cair dan mudah dibaurkan secara merata ke seluruh wajah. Walaupun harganya terbilang mahal, hasilnya sangat memuaskan sehingga kalian tidak akan rugi memilikinya.


    Foundation ini memberikan hasil yang full coverage sehingga dapat menutupi segala kekurangan pada wajah klien. Misalnya, noda hitam atau noda bekas jerawat. Bahkan, kulit kemerahan karena jerawat juga dapat ditutupi sempurna dengan foundation ini. Saya mengaplikasikan produk ini dengan kuas foundation atau sponge lembap.







    YSL All Hours Foundation ini memiliki hasil akhir matte, tetapi sama sekali tidak membuat kulit wajah terlihat kering. Hal ini karena foundation ini diperkaya dengan formula skincare dan UV filter. Alhasil, saya bisa menggunakan foundation ini bahkan pada klien yang memiliki tekstur kulit kering sekalipun.
  • Ultima II
    Delicate Translucent Face Powder with Moisturizer


    Edelyne Veronia

    Ultima II Delicate Translucent Face Powder with Moisturizer ini merupakan bedak tabur yang mengandung pelembap. Kandungan pelembap ini akan membuat tampilan wajah terlihat halus dan tidak kering. Tekstur bedak tabur ini ringan dan mudah diaplikasikan pada wajah.

    Saya mengaplikasikan bedak tabur ini menggunakan kuas atau sponge bedak. Untuk pilihan warnanya, saya menggunakan shade translucent. Shade ini tidak mengubah warna foundation, contour, atau shading berbentuk cream yang sudah diaplikasikan pada wajah sebelumnya.

    Saya sudah mencoba membandingkan bedak tabur ini dengan produk dari Jepang dan juga Amerika. Ternyata, hasil akhirnya sama! Karena itu, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan bedak tabur dari Ultima II ini karena harganya jauh lebih murah.
  • RAN
    Compact Powder R23


    Edelyne Veronia

    RAN Compact Powder R23 ini merupakan bedak padat terbaik saat ini. Bedak padat dari RAN Cosmetic ini hampir digunakan oleh semua makeup artist terkenal tanah air. Harganya masih relatif terjangkau jika dibandingkan dengan produk-produk international high-end brand lainnya.




    Selain waterproof, bedak padat produksi Thailand ini menempel sempurna pada wajah. RAN Compact Powder R23 ini juga tidak membuat riasan klien saya menjadi cracked. Produk yang memiliki full coverage ini akan menghasilkan tampilan wajah yang halus dan sempurna.




    Bedak padat varian R23 ini memiliki dua macam shade dalam satu kemasan. Ada yang berwarna terang dan ada yang berwarna gelap. Adanya dua macam shade ini membuat produk ini lebih praktis dan ekonomis. Ini juga salah satu alasan saya merekomendasikan bedak padat ini.
  • Kryolan
    TV Paint Stick


    Edelyne Veronia

    Kryolan TV Paint Stick adalah produk terbaik untuk membuat shading pada wajah. Contour stick ini warnanya pas, tidak terlalu cokelat atau gelap. Shading atau contour yang terlalu gelap malah akan membuat tampilan wajah menjadi terlihat kusam. Alhasil, wajah malah terlihat lebih gelap dari warna kulit aslinya.


    Contour stick ini bisa dibeli dalam ukuran full size atau dalam ukuran share in jar. Produk ini tidak perlu dipakai banyak-banyak. Diaplikasikan sedikit saja warnanya sudah sangat pigmented untuk membuat bayangan pada wajah klien. Teksturnya creamy dan mudah diaplikasikan di daerah hidung, pipi, dahi, dan dagu. 
  • Sivanna Colors
    Ultra Blush Palette


    Edelyne Veronia

    Blush on palette dari Sivanna Colors ini sangat praktis karena memiliki delapan pilihan warna. Pilihan warna ini terdiri atas enam warna untuk blush, satu warna untuk shading, dan satu warna untuk highlight wajah. Jadi, dalam satu wadah kalian sudah mendapatkan blush on, shading, dan juga highlighter.


    Sivanna Colors Ultra Blush Palette ini memiliki harga yang terbilang murah dengan hasil yang bagus. Ada beberapa brand lokal maupun internasional yang mengeluarkan produk blush on palette seperti ini. Namun, harganya jauh lebih mahal daripada produk dari Sivanna Colors ini.


    Blush on yang sangat pigmented ini bertekstur padat dan sangat mudah diaplikasikan pada wajah klien-klien saya. Ini yang membuat saya sangat merekomendasikan produk ini untuk dimiliki setiap makeup artist.
  • Viva
    Eye Brow Pencil


    Edelyne Veronia

    Pensil alis dari Viva Cosmetics ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hampir semua orang, baik orang biasa maupun makeup artist terkenal sekalipun, memakai pensil alis Viva ini untuk merias kliennya. Teksturnya tidak terlalu keras sehingga mudah diaplikasikan pada alis.




    Saya biasanya memakai warna yang cokelat tua karena akan membuat tampilan alis klien saya terlihat lebih alami. Dibandingkan produk pensil alis lainnya, harga pensil alis dari Viva ini memang agak sedikit mahal. Namun, dengan hasil yang baik, harga pensil alis ini bisa dibilang sepadan.



    Saat ini, banyak sekali pensil alis Viva palsu beredar di pasaran. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih online shop saat membeli pensil alis ini. Jika kalian membeli langsung di toko kosmetik, pastikan toko kosmetik tersebut adalah toko yang tepercaya. Akan lebih baik lagi jika kalian membelinya di counter Viva Cosmetics langsung.
  • Morphe
    Jaclyn Hill Eyeshadow Palette


    Edelyne Veronia

    Untuk eye shadow palette, sebenarnya kalian bisa saja memilih palette lainnya. Namun, palette lainnya tidak memiliki kelebihan seperti Morphe Jaclyn Hill Eyeshadow Palette ini. Kelebihan produk ini adalah mudah sekali dibaurkan pada kelopak mata tanpa menggunakan eye shadow base sekalipun.

    Pilihan warnanya juga lengkap dengan 35 macam warna yang pigmented. Mulai dari warna yang matte maupun shimmer, warna-warna yang nude, warm, hingga warna-warna bold semuanya ada! Dengan pilihan warna sebanyak itu kalian dapat berkreasi dengan leluasa dalam menggunakan eye shadow pada klien kalian. 


    Sayangnya, Morphe Jaclyn Hill Eyeshadow Palette ini harganya terbilang cukup mahal. Akan tetapi, harga tersebut setimpal dengan pilihan warnanya yang banyak dan kualitasnya yang sangat baik. Karena itu, eye shadow palette ini masih menjadi favorit saya dalam merias pengantin.
  • Make Over
    Lip Color Palette


    Edelyne Veronia

    Make Over Lip Color Palette ini merupakan pilihan yang tepat untuk dimiliki makeup artist. Ini karena produk ini kissproof dan tahan seharian sehingga klien saya tampil menawan sepanjang hari. Bahan-bahannya sangat aman sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada saat dipakai. Harganya pun sangat terjangkau.

    Lipstick palette ini memiliki lima pilihan warna yang cantik. Untuk varian Retro Red, kelima warna tersebut adalah bright red, bright pink, nude, natural, dan orange. Dengan adanya lima pilihan warna, kalian masih bisa menciptakan warna-warna baru dengan mencampurkan warna yang satu dengan lainnya. Sangat praktis, bukan?
  • Wardah
    Optimum Hi-Black Eyeliner


    Edelyne Veronia

    Saya sudah mencoba beberapa eyeliner berbentuk spidol atau pena baik merek lokal maupun internasional. Akhirnya, saya menjatuhkan pilihan pada Optimum Hi-Black Eyeliner ini. Produk halal dari Wardah ini merupakan eyeliner terbaik bagi saya.

    Aplikatornya runcing sehingga saya bisa lebih mudah untuk membentuk eyeliner biasa maupun wing liner. Warna yang dihasilkan hitam pekat dan sangat memuaskan. Tintanya cepat kering dan tidak mudah luntur. Alhasil, saya bisa mengaplikasikan produk ini dengan rapi pada kelopak mata klien saya.

    Memang banyak produk lain dengan hasil yang sama atau malah lebih bagus. Namun, dengan hasil yang setara dan harga yang lebih terjangkau, untuk apa memilih produk yang lain? Jika produk lokal kualitasnya tidak kalah dengan produk internasional, saya pasti memilih produk lokal.