7 Rekomendasi Produk Skincare Anti-Aging

7 Rekomendasi Produk Skincare Anti-Aging

Mengarungi dunia skincare selama bertahun-tahun, saya sudah mencoba puluhan produk dari berbagai brand. Produk-produk tersebut mengandung bahan brightening dan AHA-BHA yang berkhasiat membuat kulit terlihat glowing atau cerah bersinar. Saya sempat beberapa kali mengalami breakout karena tidak cocok dengan salah satu bahan di dalam skincare tersebut. Alhasil, saya harus merogoh kocek yang dalam untuk menyembuhkan kulit saya. 


Mengingat umur sudah menginjak lebih dari seperempat abad, tanda-tanda penuaan kulit pun bermunculan. Tanda-tanda tersebut antara lain adalah kerutan dan garis halus di dahi, smile lines, dan bawah mata. Tak ketinggalan pula masalah kulit kering dan kusam. Oleh karena itu, akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke skincare anti-aging. Setelah bertahun-tahun melakukan research, akhirnya saya menemukan produk-produk yang cocok dan dapat menyamarkan umur saya.


Creator Image
Hatta Shani
Beauty & lifestyle blogger
  • Kiehl's
    Midnight Recovery Concentrate


    Hatta Shani

    Kiehl's Midnight Recovery Concentrate ini memiliki packaging berwarna biru elegant yang sangat cantik dan menarik. Serum ini memiliki tekstur seperti minyak yang ringan dan cepat menyerap, berwarna bening, serta memiliki wangi lavender. Saya memakai serum ini hampir setiap malam, diselang-seling dengan pemakaian serum yang lain.


    Pada saat pemakaian pertama, serum ini meluruhkan sel-sel kulit mati yang sudah lama mengendap dan membuat wajah saya tampak kusam. Saya dapat merasakan perbedaan yang signifikan yaitu kulit tampak lebih glowing setelah 1-2 minggu pemakaian. Kulit saya yang kering juga sudah jarang mengelupas, walaupun saya hanya memakai serum ini malam hari.


    Efek lembap pada kulit ini masih terasa sampai keesokan harinya. Kulit saya tetap segar tanpa perlu ditambahkan moisturizer lagi. Setelah pemakaian lebih dari 3 bulan, kulit wajah saya terlihat lebih cerah dan garis-garis halus di bawah mata mulai tersamarkan. Serum ini cocok untuk kalian yang ingin memakai satu produk saja untuk anti-aging tanpa tambahan produk lain.

  • Safi
    Age Defy Gold Water


    Hatta Shani

    Skincare routine biasanya saya lakukan pada malam hari setelah menggosok gigi dan mencuci muka dengan sabun pembersih wajah. Produk yang saya gunakan untuk mengawali skincare routine saya adalah Age Defy Gold Water dari Safi ini. Water essence ini dikemas dengan packaging yang simple dan berwarna bening. 


    Safi Age Defy Gold Water ini memiliki tekstur seperti gel dan tidak terlalu cair. Water essence ini juga dilengkapi bulir-bulir gold flakes berwarna keemasan. Gold flakes ini akan seketika menghilang dan langsung menyerap ke dalam kulit saat diaplikasikan di wajah. Produk ini akan memelihara struktur kulit dan merawat keremajaan kulit.


    Water essence ini juga berguna untuk mengoptimalkan efek anti-aging. Produk ini akan memberikan double effect atau performa yang lebih bagus pada penggunaan serum, night cream, atau anti-aging eye cream. Dengan menggunakan produk ini, kulit saya terasa lebih firm, kencang, dan plump keesokan harinya.

  • Avoskin
    Perfect Hydrating Treatment Essence


    Hatta Shani

    Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence ini tersedia dalam dua kemasan, yaitu kemasan mini (travel size) dan kemasan yang lebih besar. Jika kalian belum pernah memakai produk ini, saya sarankan untuk mencoba kemasan travel size terlebih dahulu. Jadi, kalian bisa melihat apakah produk ini cocok atau tidak untuk kulit kalian.


    Produk ini memiliki kemasan berwarna doff. Kemasan ini terbuat dari plastik yang tebal dan kokoh sehingga tidak mudah pecah. Ada rasa dingin setelah produk ini dioleskan di kulit wajah sehingga cocok untuk iklim tropis seperti di Indonesia. Dengan pemakaian rutin selama 2-3 bulan, kulit saya menjadi lebih cerah, halus, dan lembap.


    Produk ini cepat menyerap masuk ke dalam kulit tanpa terasa lengket. Saya biasanya memakai produk ini pada malam dan pagi hari. Setiap pagi, saya mengaplikasikan produk ini setelah mencuci muka dan sebelum memakai serum. Saat dipakai pada malam hari, wanginya yang enak membuat saya merasa rileks seketika setelah lelah bekerja seharian.

  • Utama Spice
    100% Natural Face Serum


    Hatta Shani

    Utama Spice 100% Natural Face Serum ini adalah salah satu serum yang harganya terjangkau untuk kelas produk anti-aging. Namun, perfomanya tidak kalah dari brand high-end lainnya. Serum ini adalah produk keluaran brand lokal dari Bali. 


    Serum ini diklaim vegan, sudah memiliki BPOM, dan cruelty-free. Serum ini wanginya enak dengan aroma herbal khas Utama Spice. Teksturnya seperti minyak, tetapi tidak terlalu pekat dan tidak terasa lengket di kulit wajah. 


    Saya rutin memakai 100% Natural Face Serum ini di malam hari. Keesokan harinya, kulit saya terasa lembap dan tidak kering. Dengan penggunaan sekitar 1-3 tetes setiap hari, 1 botol produk ini cukup untuk dipakai selama 6-7 bulan.

  • Lancome
    Advanced Génifique Youth Activating Concentrate


    Hatta Shani

    Harga serum Lancome Advanced Génifique Youth Activating Concentrate ini memang cukup menguras kantong. Namun, pepatah "ada harga ada rasa" akan sangat terasa dengan produk ini. Packaging-nya saja sudah terlihat mewah. Performa serum ini juga membuat saya terkesima dan seketika jatuh cinta.


    Serum ini memiliki konsistensi gel yang tidak terlalu thick, agak keruh, dan almost no scent. Produk ini sangat cepat menyerap masuk ke dalam kulit dan terasa ringan di kulit wajah. Kulit saya terasa lebih kencang sejak pemakaian pertama. Saya langsung merasakan adanya efek firming dan "instant" face lift


    Keesokan harinya pun, kulit saya terasa sangat halus dan plump. Wajah saya juga tampak glowing, kencang, dan terlihat 20 tahun lebih muda. Setelah rutin memakai Advanced Génifique Youth Activating Concentrate ini setiap hari, garis-garis halus dan kerutan di wajah saya juga terasa memudar.

  • Estée Lauder
    Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II


    Hatta Shani

    Saya mencoba serum ini karena mendengar banyak sekali orang yang cocok memakai produk dari Estée Lauder ini. Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II ini memiliki tekstur kental berwarna oranye. Serum anti-aging dari high-end brand ini memiliki tiga fungsi utama.


    Fungsi yang pertama adalah memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh lingkungan dan kelelahan. Kedua, meminimalisir tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, keriput, kulit kusam, dan warna kulit tidak merata. Fungsi ketiga adalah mengikat kelembapan pada kulit dengan kandungan hyaluronic acid.


    Saya biasanya memakai serum ini hanya pada malam hari. Setelah dioleskan, kulit saya langsung terasa lembap dan kenyal. Keesokan harinya, kulit saya tampak glowing seharian dari pagi sampai malam. Dahi dan pipi saya juga tampak memantulkan sinar yang datang.


    Sungguh bahagia bisa mendapatkan kulit glowing dengan mudah dalam semalam hanya dengan memakai satu serum ini saja. Pemakaian serum ini dalam jangka panjang tentunya pasti bisa menghilangkan kerutan dan keriput. Selain tampak lebih muda, kulit juga akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

  • Amorepacific
    LANEIGE Time Freeze Firming Sleeping Mask


    Hatta Shani

    Awalnya, saya sempat bingung mencari produk skincare yang bisa benar-benar menyamarkan garis kerutan. Saat itu, saya bermasalah dengan garis kerutan terutama pada smile lines. Kerutan ini tetap tampak walaupun saya memakai foundation atau cushion merek apa pun mulai dari yang terjangkau hingga high-end.


    Setelah research di mana-mana, akhirnya saya bertemu dengan Time Freeze Firming Sleeping Mask dari LANEIGE ini. Sleeping mask ini memiliki kemasan yang exclusive dan berbeda dengan kemasan produk LANEIGE yang lain. Sudah tersedia sendok kecil untuk mengambil produk ini dari dalam jar-nya.


    Produk ini memiliki tekstur seperti pudding atau krim yang thick. Setelah dioleskan, pada 5 menit pertama akan terasa sedikit lengket. Rasa lengket ini akan menghilang setelah produk ini menyerap sempurna ke dalam kulit. Pagi harinya, kulit saya terasa lebih halus, empuk, dan plump.


    Lalu, apakah garis kerutan berhasil disamarkan? Hasil ini tidak langsung terlihat pada 2-3 minggu pertama pemakaian. Saya baru merasakan hasilnya setelah pemakaian rutin selama sebulan lebih. Kerutan-kerutan di smile lines saya tersamarkan seolah ada yang "mengisi" jaringan kulit yang sudah kendur tersebut.