9 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut yang Wajib Dimiliki oleh Si Rambut Ikal

9 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut yang Wajib Dimiliki oleh Si Rambut Ikal

Pemilik rambut keriting ingin di-smoothing sementara pemilik rambut lurus ingin dikeriting gantung ala gadis-gadis Korea. Keinginan manusia terutama wanita terkait masalah visual memang tidak ada habisnya. Oleh karena itu, saya tidak pernah mau meluruskan rambut saya yang lumayan tebal, mengembang, dan ikal ini. Sejak dari tren rebonding, smoothing, hingga sekarang muncul blow permanent, saya tetap enggan mencobanya. 


Banyak orang berambut lurus yang ingin memiliki rambut seperti saya sehingga saya mulai bangga dengan rambut sendiri. Perjalanan saya menerima rambut yang sulit sekali diatur ini tidak sebentar. Seiring saya menemukan produk perawatan rambut yang tepat, saya semakin mencintai rambut saya. Nah, berikut ini adalah bocoran sembilan produk perawatan rambut ikal untuk kalian yang punya masalah sama seperti saya. Semoga membantu, ya!


Creator Image
Aprijanti
Content creator, beauty & lifestyle blogger
  • Dancoly
    Helichrysum Revitalizing Shampoo


    Aprijanti

    Saya mengenal sampo ini sekitar 3 tahun yang lalu dan langsung tidak mau berpindah haluan sampai sekarang. Sampo dengan klaim "natural 89%" ini terdengar sangat logis dan tidak muluk-muluk bagi saya. Harga sampo impor yang satu ini cukup sepadan dengan kualitas dan volumenya yang cukup bulky.


    Produk yang sudah lulus BPOM Indonesia ini tidak mengandung bahan berbahaya dan penyebab iritasi seperti sulfat, mineral oilpropylene glycol, dan paraben. Selain itu, produk ini dirancang tanpa animal testing serta sudah memiliki sertifikasi GMP dan FDA. Mantap, bukan?


    Penyakit rambut keriting itu hampir mirip dengan rambut kering dan rusak, yaitu sulit untuk dibuat lembut. Setelah rutin menggunakan sampo ini, permasalahan rambut seperti kering, pecah-pecah, sulit diatur, dan mengembang, hampir tidak ada lagi. Bisa dibilang sampo ini adalah kunci rambut saya tetap sehat sampai sekarang.

  • Natur
    Conditioner Moringa Oleifera & Olive Oil


    Aprijanti

    Setelah menggunakan sampo, rutinitas perawatan rambut biasanya saya lanjutkan dengan memakai conditioner atau hair scrub. Saya menggunakan salah satu dari kedua jenis produk ini bergantian sesuai kondisi kulit. Saya memakai conditioner jika helaian rambut terasa lebih kering. 


    Pada dasarnya saya tidak rewel dengan produk conditioner dan bisa memakai merek apa saja. Namun, conditioner yang sering saya gunakan adalah produk dari Natur. Saya merasa teksturnya tidak memberikan efek berat di rambut. Selain itu, produk dengan bahan dasar natural ini mudah ditemukan dan cukup terjangkau. 


    Varian dari Natur Conditioner yang paling saya sukai adalah varian Moringa Oleifera & Olive Oil ini. Produk ini diklaim bisa memberikan efek shining atau mengilat pada rambut hitam. Saya pribadi pun memang suka manfaat olive oil. Rambut saya lebih lembut dan berkilau alami setelah memakai conditioner ini.

  • The Body Shop
    Fuji Green Tea Refreshingly Purifying Hair Scrub


    Aprijanti

    Bertahun-tahun lamanya saya menggunakan berbagai macam produk perawatan rambut tetapi tidak pernah mencoba hair scrub. Untungnya, The Body Shop melakukan marketing yang cukup gencar di Indonesia sehingga saya mengetahui ada produk ini. Ternyata, manfaatnya tidak main-main!


    Walaupun harganya agak pricey untuk saya, tetapi manfaat hair scrub tidak pernah saya dapatkan dari produk lainnya. Setelah di-scrub, kulit kepala saya yang cenderung berketombe rasanya enteng sekali. Kulit kepala saya juga terasa dingin karena ada efek mint. Jika kulit kepala kalian cenderung berminyak dan berketombe, cobalah memakai hair scrub! Siapa tahu masalahnya teratasi.


    Hair scrub dari The Body Shop ini ukurannya cukup besar sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Apalagi produk ini saya pakai selang-seling dengan conditioner. Cukup diambil segumpalan jari saja, busanya sudah bisa meng-cover seluruh kulit kepala.

  • Natur
    Hair Tonic Gingseng Extract


    Aprijanti

    Pada awalnya, saya paling anti dengan hair tonic karena tidak suka dengan baunya. Namun, setelah menemukan rangkaian produk Natur, saya juga jatuh hati dengan Hair Tonic Gingseng Extract ini. Hair tonic ini memiliki bau seperti rempah-rempah tetapi tidak mencolok.


    Natur Hair Tonic Gingseng Extract ini memiliki tekstur cair dan tidak lengket di kulit kepala. Hair tonic satu ini adalah solusi untuk kalian yang bermasalah dengan rambut rontok. Dengan pemakaian rutin, baby hair akan tumbuh di bagian depan dan tengah kepala.


    Rambut saya sebenarnya cukup kuat. Namun, rambut bertekstur ikal seperti rambut saya rawan menjadi kusut sehingga mudah rontok ketika disisir. Saya rutin memakai hair tonic ini agar balance, ada rambut yang rontok tetapi tetap ada rambut yang tumbuh kembali. 

  • Natur
    Hair Serum


    Aprijanti

    Rambut kering harus rajin dirawat dengan hair oil agar terjaga kelembapannya. Penggunaan hair oil juga akan menjaga ujung rambut supaya tidak menjadi pecah-pecah. Saya cukup sering mencoba berbagai macam hair oil drugstore.


    Jika membandingkan harga dan manfaatnya, saya memutuskan bahwa Natur Hair Serum ini adalah hair oil terbaik. Wanginya enak sekali. Setiap saya menggunakan produk ini sehabis keramas, orang terdekat pasti mengira saya sedang memakai parfum.


    Produk ini memiliki tekstur seperti minyak tetapi tidak memberikan kesan lengket di rambut dan kulit kepala. Hal ini yang paling penting karena saya jadi tidak merasa sedang menggunakan hair oil. Tahu-tahu rambut lebih lembut, lembap, dan gampang diatur.


    Natur Hair Serum ini diklaim akan memberikan "protecting treatment". Sesuai dengan klaim tersebut, hair oil ini cocok digunakan sebelum styling rambut menggunakan hair dryer atau hair straightener. Jadi, rambut akan terproteksi sebelum terkena benda panas.

  • Makarizo
    Hair Energy Scentsations Morning Dew


    Aprijanti

    Rambut termasuk salah satu bagian tubuh yang perlu wewangian, lho! Sayangnya, bahan kimia dari parfum badan atau pakaian tidak cocok untuk dipakai pada rambut dan kulit kepala yang sensitif. Saya menggunakan Makarizo Hair Energy karena ada klaim "UV protection". Jadi, parfum rambut ini cocok untuk digunakan ketika aktivitas outdoor atau sedang travelling


    Dengan memakai produk ini, rambut saya tidak mudah terbakar matahari dan berubah warna menjadi kekuningan. Selain itu, ternyata wanginya juga enak! Bahkan, teman saya yang mengenakan hijab juga senang menyemprotkan produk ini di atas kepala mereka. Harganya terjangkau sekali dan tersedia dalam ukuran besar dan kecil. Produk ini sudah banyak tersedia di supermarket atau toko online.

  • The Wet Brush
    The TLC Kit


    Aprijanti

    Terlalu sering menyisir rambut ikal dan mengembang akan membuat rambut tambah mengembang. Oleh karena itu, saya jarang sekali menyisir rambut saya. Jadwal menyisir saya adalah ketika pagi saat bangun tidur dan malam saat mau tidur. Selain menjaga agar rambut saya tidak terlalu mengembang, hal ini saya lakukan agar ikal rambut saya juga terjaga. 


    Permasalahan rambut ikal atau keriting adalah mudah kusut sehingga sulit sekali menemukan sisir yang cocok dan tidak menyiksa rambut. The TLC Kit dari The Wet Brush ini adalah salah satu sisir yang mudah mengurai rambut kusut. Saya tidak tahu teknologi apa yang mereka pakai. Namun, rasanya ajaib karena rambut saya jadi lebih gampang diatur dan halus ketika disisir dengan produk ini.

  • Tescom
    Beauty Collagen Hair Dryer


    Aprijanti

    Saya sempat heran karena ada beberapa hair styling tools dengan harga yang sangat mahal termasuk produk ini. Setelah saya menggunakannya sendiri, saya terkesima dengan hasilnya. Salut sama penemu Tescom Beauty Collagen Hair Dryer NTCD41 ini! Rambut saya rasanya seperti rambut artis iklan sampo di televisi dan bukan seperti bukan rambut saya sendiri.


    Setelah styling dengan hair dryer satu ini rambut saya tidak hanya lembut dipegang tetapi terlihat sehalus sutra, lebih berkilau, dan bouncy. Kandungan kolagennya dapat melindungi rambut dari efek buruk sinar matahari dan juga dapat mempertahankan warna rambut yang diwarnai. Kalian harus coba dan buktikan sendiri apakah review saya ini berlebihan atau tidak.

  • Dancoly
    Rose Elastic Volume Cream


    Aprijanti

    Produk dari Dancoly sudah tidak perlu diragukan lagi hasilnya. Kalian benci hair spray tetapi membutuhkannya untuk mempertahankan bentuk rambut ikal atau keriting? Cobalah Dancoly Rose Elastic Volume Cream ini. Produk alami ini akan mengunci bentuk rambut ikal indah kalian lebih lama.


    Produk ini tidak membuat rambut saya kaku sehingga saya merasa aman memakainya sehari-hari. Rambut saya tetap terlihat sehat dan tidak rusak walaupun menggunakan produk ini dalam jangka panjang. Selain itu, produk ini juga mudah dibersihkan.


    Dengan memakai Dancoly Rose Elastic Volume Cream ini, rambut ikal saya terlihat sangat rapi dan natural. Tekstur rambut ikal saya juga terkunci dengan baik sehingga tidak mudah acak-acakan. Sayangnya, produk ini masih agak langka di pasaran dan baru saya temui di online shop saja.