Ingin Travelling Ke Gunung? Ini 8 Rekomendasi Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Ingin Travelling Ke Gunung? Ini 8 Rekomendasi Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Menikmati keindahan alam dari puncak tertinggi adalah harapan dan impian banyak orang termasuk generasi millennial. Selain menghilangkan kepenatan dari bisingnya perkotaan, menikmati keindahan alam juga bisa menambah inspirasi. Anak millennial biasanya suka berburu lokasi atau konten yang instagrammable. Namun, karena kebutuhan konten ini akhirnya banyak yang mengabaikan keamanan dan kenyamanan ketika melakukan travelling ke gunung. 


Meng-explore gunung bersama para ahlinya adalah hal yang penting. Akan tetapi, membawa perlengkapan khusus travelling ke gunung pun tak kalah pentingnya. Untuk kalian yang masih pemula, berikut beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki. Yuk, check these out!


Creator Image
Ilham Sadli
Content writer, travel & lifestyle blogger
  • Consina
    Gocta


    Ilham Sadli

    Ransel Consina Gocta ini sangat fleksibel. Selain untuk keperluan naik gunung, kalian bisa juga menggunakannya untuk keseharian. Selain enteng, modelnya yang stylish dan trendy akan membuat kalian tetap tampil keren. Pilihan warna tas ransel berkapasitas 30 liter ini juga soft.


    Saya sering memakai tas ransel ini untuk membawa banyak barang dan baju ketika ada keperluan di luar kota. Pasti repot kalau harus membawa koper dan sebagainya saat travelling dalam waktu yang singkat. Apalagi jika kalian travelling berama-ramai dengan rombongan. Jika kalian suka travelling tetapi tidak mau repot membawa terlalu banyak barang, masukkan saja ke tas ransel ini.

  • Leedoo
    Sepatu Outdoor Pria MH201


    Ilham Sadli

    Trek wilayah pegunungan berbeda dengan trek dataran biasa. Seorang traveller atau pendaki gunung akan dihadapkan dengan trek yang terjal, licin, dan berkerikil di pegunungan. Jika kalian menggunakan sepatu biasa, tentunya akan cepat kehabisan banyak energi dan berisiko juga terjadi kecelakaan. 


    Demi kenyamanan serta keamanan, sebaiknya kalian menggunakan sepatu yang khusus untuk trek pegunungan. Dengan model yang lumayan bagus dan harga bersahabat, Leedoo Sepatu Outdoor Pria MH201 ini sangat recommended. Saya memilihnya karena memang awet juga digunakan.


    Lalu, apakah tidak bisa mendaki gunung dengan menggunakan sandal? Bisa saja. Akan tetapi, saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan sepatu saja ketika melakukan pendakian. Apabila sedang beristirahat di tenda atau sudah mencapai puncak, silakan saja untuk menggunakan sandal. 

  • Summit Series
    Sleeping Bag


    Ilham Sadli

    Ketika berada di alam bebas, seseorang akan menghadapi banyak sekali perubahan cuaca yang tidak pernah dibayangkan. Apalagi di pegunungan yang memiliki cuaca dingin yang terkadang bisa dibilang ekstrem. Bahkan, ada es yang pernah ditemukan di beberapa tempat camp gunung tertentu. 


    Oleh karena itu, beristirahat di alam bebas berbeda dengan beristirahat di rumah sendiri. Untuk mengantisipasi kondisi dingin, kalian harus menyiapkan sleeping bag yang nyaman dan mampu menjaga tubuh tetap hangat. Salah satu sleeping bag yang recommended adalah Summit Series Sleeping Bag ini. Dengan sleeping bag ini, kalian akan tetap safe dari risiko terkena hypothermia ketika cuaca di luar sangat dingin.

  • Consina
    Miquelon


    Ilham Sadli

    Sekarang ini, pendaki wanita banyak ditemui. Selayaknya seorang wanita, kalian para pendaki wanita pasti ingin tetap bisa tampil cantik dan memiliki kulit yang sehat. Jaket Consina Miquelon ini akan melindungi kulit kalian para pendaki wanita dari sengatan matahari langsung. Walaupun jaket ini termasuk produk untuk pria, ada lima varian warna yang bisa digunakan pula oleh wanita.


    Selain itu, jaket yang ringan ini juga akan melindungi semua pendaki, baik pria maupun wanita, dari kedinginan pada malam hari. Saya juga menggunakan jaket Consina Miquelon ini saat cuaca pegunungan sedang ekstrem. Hasilnya, saya tetap hangat sepanjang malam. Jaket ini memiliki empat kantong yang praktis untuk menyimpan benda-benda penting sehingga bisa segera diambil saat dibutuhkan.

  • Bestway
    Montana X4 Tent Pavillo


    Ilham Sadli

    Banyak risiko yang akan dihadapi saat beristirahat di alam terbuka. Entah itu risiko terkena angin langsung, kehujanan, atau digigit ular saat tidur. Oleh karena itu, saat mendaki atau travelling ke gunung, siapkanlah tempat untuk beristirahat serta meletakkan barang-barang berharga agar tidak tercecer. Salah satu barang yang dapat dibawa sebagai tempat peristirahatan yang cocok di pegunungan adalah tenda.


    Saya merekomendasikan tenda Bestway Montana X4 Tent Pavillo ini. Dengan kain yang tebal, tenda ini akan membantu menghangatkan suasana malam hari di pegunungan. Kalian juga dapat tidur tanpa kedinginan sepanjang malam. Bahannya juga water resistance sehingga kalian tidak perlu khawatir terkena embun di pagi harinya. 

  • Eiger
    Matras Cacing


    Ilham Sadli

    Selain tenda dan sleeping bag, alas tempat tidur juga menjadi hal yang penting untuk selalu diperhatikan. Bagian bawah tenda saja rasanya tidak cukup safe sebagai alas. Menggunakan matras sebagai alas tidur akan memaksimalkan kehangatan dari sleeping bag dan jaket yang disebutkan di atas.


    Matras Cacing dari Eiger ini saya rekomendasikan karena mudah ditemukan. Harganya juga lumayan bersahabat untuk para pencinta travelling ke gunung. Selain desainnya yang simpel, matras ini menggunakan bahan yang nyaman dipakai beristirahat di alam terbuka. Matras berukuran 178 cm x 60 cm ini juga dilengkapi tali pengikat sehingga mudah dibawa-bawa.

  • GMA
    Jas Hujan GMA 2 Karet


    Ilham Sadli

    Tidak seperti di dataran rendah, cuaca di gunung terkadang sulit untuk diprediksi. Ada ungkapan "sedia payung sebelum hujan" yang pasti sudah tidak asing bagi kalian. Namun, memakai payung di gunung adalah hal tidak memungkinkan karena kondisi angin yang tidak mendukung. Alternatifnya adalah memakai jas hujan atau rain coat


    Jas hujan yang saya rekomendasikan ini memiliki bahan yang tebal dan nyaman dipakai. Namun, jas hujan ini tidak memakan banyak tempat sehingga praktis dibawa dalam tas ransel. Ada beberapa jas hujan dengan bahan yang lebih tipis dan hanya sekali pakai. Akan tetapi, jas hujan dengan bahan tebal bisa dijadikan sebagai penghangat tambahan. Caranya, kalian tinggal memakai jas hujan ini sebelum memakai jaket. Alhasil, kalian akan tetap hangat walau dalam suhu yang sangat dingin.

  • Cooking Set DS 200


    Ilham Sadli

    Pernah melihat orang yang memasak di gunung? Atau pernah melihat beberapa pendaki membeli bahan makanan di pasar terlebih dahulu? Saat berada di gunung, kalian belum tentu akan menemukan warung makan apalagi restoran. Solusi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh serta mengembalikan energi yang hilang saat mendaki gunung adalah memasak sendiri. 


    Kalian bisa membawa satu set nesting sebagai perlengkapan memasak bahan-bahan masakan yang dibeli sebelumnya. Nesting ini biasanya sudah menjadi satu set bersama kompor dan gas sehingga sangat praktis untuk memasak makanan di gunung. Kalian juga bisa menggunakannya untuk membuat kopi, teh, susu, jahe, atau minuman untuk menghangatkan tubuh.