9 Rekomendasi Peralatan Survival yang Wajib Dibawa Saat Camping di Alam Bebas

9 Rekomendasi Peralatan Survival yang Wajib Dibawa Saat Camping di Alam Bebas

Beraktivitas di alam bebas makin digemari oleh berbagai kalangan belakangan ini. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua banyak yang melakukan aktivitas di alam bebas seperti hiking, trekking, dan camping. Beraktivitas di alam bebas tentu memerlukan persiapan yang mapan terlebih lagi jika kita bermalam alias camping di alam liar. Memenuhi standar keselamatan yang tinggi harus menjadi kewajiban agar camping dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan. 


Namun, terkadang alam memiliki skenario lain yang mungkin mengharuskan kita untuk siap bertahan hidup. Tak jarang ketersediaan peralatan serta keterampilan bertahan hidup sangat dibutuhkan pada keadaan seperti ini. Berikut ini sepuluh peralatan survival rekomendasi saya yang wajib dibawa saat camping di alam bebas.


Creator Image
Redha Ibadah Mimpi
Travel blogger
  • Eiger
    Olivine 2P Tent


    Redha Ibadah Mimpi

    Tenda menjadi hal yang pertama yang harus dibawa saat camping di alam bebas. Memilih tenda yang kokoh serta dapat melindungi dari hujan adalah suatu kewajiban. Eiger Olivine 2P Tent dapat menjadi pilihan yang bagus untuk dibawa. Tenda dari Eiger ini adalah tenda camping terbaik yang dapat digunakan untuk dua orang. 


    Ruang yang luas di bagian dalam membuat kita tetap nyaman melakukan banyak kegiatan di dalamnya. Rangkanya sangat kokoh dan kuat. Selain itu, tenda yang satu ini juga memiliki footprint di area vestibule yang luas yang bisa digunakan sebagai tempat memasak. Menggunakan Eiger Olivine 2P Tent akan membuat pengalaman camping menjadi lebih menyenangkan.

  • Consina
    Sleep Warmer


    Redha Ibadah Mimpi

    Sleeping bag adalah hal wajib kedua yang tak boleh ketinggalan. Kehangatan dan kenyamanan saat tidur di alam bebas menjadi pengalaman tersendiri saat camping. Consina Sleep Warmer dengan panjang 200 cm sangat cocok digunakan bagi yang memiliki tinggi badan tidak lebih dari 185 cm. Ukurannya yang relatif kecil serta bobot yang hanya 710 gram membuat produk ini mudah dibawa ke mana-mana. 


    Bahan luar yang terbuat dari parasut memiliki tekstur yang halus dan tipis. Alhasil, sleeping bag ini sangat mudah untuk dilipat pada saat packing. Bahan dalamnya adalah bahan polar yang dapat lebih cepat membuat tubuh hangat. Jadi, suhu tubuh tetap terjaga meskipun berada pada suhu ekstrem sekalipun.

  • Victorinox
    Work Champ


    Redha Ibadah Mimpi

    Saat berada di alam bebas, pisau memiliki peran sangat berguna untuk kelancaran camping. Mulai dari memotong masakan, memotong tali, hingga untuk pertahanan diri dari hewan liar. Victorinox Work Champ menjadi pilihan saya sebagai teman perjalanan saat camping


    Pisau ini sangat ringkas dan kecil tetapi menyembunyikan berbagai alat yang memiliki banyak kegunaan. Alat-alat tersebut adalah bilah besar dan kecil, pembuka botol, gunting, dan sebagainya. Alat-alat yang praktis ini akan membantu kita selama camping di alam bebas. 


    Victorinox Work Champ dibuat dari bahan stainless steel dengan ABS merah yang dipoles pada bungkusnya. Bahan-bahan ini menjadikan alat ini memiliki daya tahan dan gaya yang ramping. Victorinox Work Champ memiliki ketahanan seumur hidup yang tak perlu diragukan lagi.

  • SOG
    KAPAK PALU P818


    Redha Ibadah Mimpi

    Ketersediaan kayu bakar juga sangat diperlukan saat camping. Kayu bakar sangat berguna sebagai media penyalur api yang bisa dipakai untuk memasak dan menghangatkan tubuh. Kayu bakar juga dapat digunakan untuk membuat api sebagai sinyal kepada tim SAR saat tersesat. SOG Kapak Palu P818 ini sangat berguna untuk mendapatkan kayu bakar. 


    Produk ini terbuat dari stainless steel baja yang sangat kuat. Selain itu, produk ini memiliki dua peralatan dalam satu genggaman. Alat ini terdiri dari kapak di satu sisi dan palu di sisi lainnya. Jadi, tidak hanya menebang pohon, kita juga memiliki alat untuk menancapkan paku. Tak salah rasanya membawa SOG Kapak Palu P818 sebagai peralatan survival selama camping di alam bebas.

  • ShuangXiong
    Lentera Camping Tenaga Solar SX-5800T


    Redha Ibadah Mimpi

    Pencahayaan sangat diperlukan agar pada malam hari pun pengalaman camping menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Selain itu, pencahayaan di malam hari juga sangat berguna untuk berbagai kegiatan seperti memasak maupun membaca saat camping. Sebagai teman camping saat malam hari saya memakai Lentera Camping Tenaga Solar SX-5800T yang memiliki dua fungsi lampu sekaligus. 


    Ada lentera pada bagian atas dan senter LED yang sangat terang pada bagian bawah. Bahan aluminum membuat lentera ini tahan terhadap benturan dan kondisi ekstrem alam liar. Lampu ini dilengkapi gagang sehingga bisa digantung di tenda camping atau pepohonan. Selain itu, produk ini juga memiliki solar panel di bagian tutup untuk menyerap tenaga matahari sebagai media pengisian baterainya.

  • Veber
    Compass Liquid DC60-1A with Clinometer


    Redha Ibadah Mimpi

    Penunjuk arah seperti kompas merupakan peralatan wajib lainnya yang tidak boleh ketinggalan saat camping di alam bebas. Compass Liquid DC60-1A ini merupakan kompas lensatic dengan fungsi yang bisa dibilang lengkap. Terdapat clinometer di sisi kirinya yang berfungsi untuk mengukur tingkat kemiringan suatu daerah. Ada pula penggaris di sisi kanan yang bisa digunakan untuk mengukur jarak dengan perbandingan 1:25.000. 


    Pada bagian belakang bodi kompas terdapat rumus-rumus penting seputar penggunaan kompas yang sangat membantu dalam kegiatan di alam bebas. Selain itu, kompas dari Veber ini juga memiliki bidik yang juga bisa menghitung jarak. Kompas ini sangat berguna dalam penentuan medan dan jarak saat camping di alam bebas.

  • Dhaulagiri
    Emergency Blanket


    Redha Ibadah Mimpi

    Kondisi alam liar terkadang dapat berubah drastis menjadi sangat dingin saat kita camping. Kondisi seperti ini membuat tubuh sangat rentan dengan kedinginan. Selain itu, apabila tubuh kehilangan kalori, kita akan sangat mudah terkena hypothermiaHypothermia adalah kondisi saat suhu tubuh berada di bawah 35 derajat Celsius. 


    Pada saat keadaan ini, selimut aluminum sangat penting untuk menjaga kestabilan tubuh dan menghindari kedinginan. Produk ini sangat ringkas dan mudah dibawa. Cara penggunaannya sama seperti selimut biasa. Walaupun hanya bisa digunakan beberapa kali saja, selimut ini sangat berguna untuk menghindarkan tubuh dari serangan hypothermia.

  • Survive
    Fire Starter Whistle


    Redha Ibadah Mimpi

    Api sangat berguna saat camping di alam bebas. Dengan membuat api, kita bisa memasak, menghangatkan tubuh, maupun memberi sinyal kepada tim SAR saat tersesat. Survive Fire Starter Whistle ini adalah produk yang sudah mencakup fire starter dan peluit. Set alat survival ini terdiri dari peluit, batang magnesium, dan besi. Bobotnya kurang dari 100 gram sehingga praktis dibawa ke mana-mana.


    Peluitnya terbuat dari plastik ABS yang kuat dengan bentuk ramping dan bunyi melengking. Batang magnesium dan besinya digunakan sebagai alat fire starter untuk memantik api pada tempat yang telah disiapkan. Kedua alat ini tetap bisa digunakan meski dalam kondisi basah. Jadi, produk ini tetap praktis dan aman walau dibawa camping pada saat musim hujan sekalipun.

  • LifeStraw
    Personal Water Filter


    Redha Ibadah Mimpi

    Air yang bersih adalah salah satu elemen penting yang ketersediaannya terbatas saat berada di alam liar. Dehidrasi dan keracunan akibat meminum air yang kotor menjadi suatu hal yang harus dihindari. Untuk mendapatkan air yang bersih kapan pun dan di mana pun, LifeStraw Personal Water Filter adalah jawabannya. 


    Produk ini berfungsi sebagai penyaring air dari bakteri, kuman, dan partikel nano berbahaya lainnya. LifeStraw Personal Water memiliki filter berukuran 0,2 mikron dan diklaim bisa digunakan untuk menyaring air hingga 1.000 liter. Memiliki berat 105 gram, desainnya sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana. Dengan menggunakan alat ini kita dapat meminum air dari sumbernya langsung tanpa perlu merasa khawatir.

Redha Ibadah Mimpiのfavlist