7 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut untuk Rambut Kering, Rontok, dan Berketombe

7 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut untuk Rambut Kering, Rontok, dan Berketombe

Creator Image
Gusti Gina
Beauty blogger
  • Ree Derma
    Hot Oil


    Gusti Gina

    Concern utama masalah rambut saya adalah kerontokan. Rambut saya rontok sangat banyak terutama saat mandi. Hot oil dari Ree Derma ini adalah salah satu hair care yang hasilnya sangat terasa di rambut saya. Penggunaan rutin Ree Derma Hot Oil ini membantu mengatasi rambut rontok saya hingga 40-70%!


    Hot oil ini terbuat dari bahan-bahan alami sehingga ramah bagi kulit kepala yang sensitif. Aromanya khas minyak kelapa dan tidak mengganggu sama sekali. Selain itu, manfaat lain Ree Derma Hot Oil ini adalah menstimulasi pertumbuhan rambut dengan cepat. Jadi, sangat berguna bagi kalian yang ingin memanjangkan rambut. Jika kalian menginginkan hasil cepat dan maksimal, gunakanlah setiap hari. Untuk perawatan biasa, kalian cukup menggunakannya 2-3 kali seminggu.

    Cara menggunakannya cukup mudah. Gunakan pipet yang ada pada packaging-nya untuk mengaplikasikan produk ke kulit kepala kemudian pijat pelan-pelan. Pakailah Ree Derma Hot Oil ini minimal 1 jam sebelum keramas. Bisa juga dipakai sebelum tidur. Besok harinya tinggal keramas seperti biasa. Tekstur hot oil ini agak pekat sehingga rambut rentan menjadi lepek jika tidak keramas dengan benar. Jadi, pastikan shampoo yang dipakai dapat mengangkat oil dengan sempurna, ya. 
  • Natur
    Hair Shampoo Anti Dandruff


    Gusti Gina

    Rambut saya memang sudah tidak begitu banyak berketombe. Hanya saja, saya masih merasakan gatal di area-area tertentu seperti bagian tengah dan belakang kepala. Saya sudah mencoba hampir semua shampoo khusus antiketombe yang dijual di pasaran. 

    Salah satu best product untuk mengatasi ketombe adalah shampoo dari Natur ini. Selain harganya sangat terjangkau, kemampuan Natur Hair Shampoo Anti Dandruff ini dalam mengatasi ketombe patut diacungi jempol.

    Teksturnya light gel cokelat transparan seperti kebanyakan shampoo Natur. Busanya tidak terlalu melimpah, tetapi sangat efektif untuk membuat rambut bersih dari kotoran. Alhasil, rasa gatal akibat ketombe sangat berkurang. 

    Kandungan tea tree oil yang berfungsi mengatasi ketombe ternyata juga bisa mengurangi rontok. Jadi, selain rasa gatal karena ketombe teratasi, rambut rontok pun akan berkurang.
  • Scalp Recovery
    Ice Treatment


    Gusti Gina

    Akar dari permasalahan rambut ada pada kesehatan kulit kepala. Kita sering kali hanya berfokus untuk merawat rambut tetapi lupa untuk merawat kulit kepala. Padahal, kulit kepala ini mencakup 2/3 bagian dari keseluruhan kepala. Bandingkan dengan wajah yang hanya 1/3. 

    Sama seperti kulit wajah, kulit kepala saya juga sensitif. Ini pula yang menyebabkan kulit kepala saya memproduksi sebum berlebih yang berujung pada ketombe dan rambut berminyak. Jika rambut saya tertarik, kulit kepala akan terasa sangat sakit dan menyiksa. Saya sering meringis kesakitan saat menyisir rambut.

    Untungnya saya menemukan Scalp Recovery Ice Treatment ini. Hair treatment ini menarik karena dia dapat menetralisir sensitivitas kulit kepala saya. Awalnya saya sedikit bingung bagaimana memakainya. Ternyata sama saja seperti memakai hair mask. Bedanya, hair treatment ini diaplikasikan di kulit kepala.

    Pada kulit kepala yang sensitif, Ice Treatment ini akan terasa dingin seperti diolesi es. Jangan khawatir karena ini reaksi yang normal. Sensasi dingin ini akan terasa menenangkan saat produk didiamkan sekitar 5-10 menit sebelum dibilas seperti biasa. Setelah pemakaian keempat sensasi dingin di kulit kepala saya mulai berkurang. Ini berarti kulit kepala saya tidak sesensitif di awal. Saya pribadi sangat senang menggunakan produk ini. Rasanya kulit kepala menjadi lebih kuat dan saya tidak perlu lagi meringis kesakitan saat menyisir rambut.
  • Kaaral
    Maraes Curl Revitalizing Treatment


    Gusti Gina

    Memiliki rambut yang kering di bagian tengah hingga ujung rambut menjadi masalah tersendiri. Rambut saya cenderung mengembang dengan tekstur curly yang berantakan. Saya harus menggunakan hair roller atau catok untuk membuat rambut keriting ini lebih teratur.

    Namun, setelah menemukan Kaaral Maraes Curl Revitalizing Treatment ini, saya tidak perlu lagi menggunakan hair roller. Produk ini mampu membuat rambut keriting saya lebih teratur, ternutrisi, dan tentunya tampak berkilau. 

    Saya biasanya memakai produk ini setelah keramas dengan shampoo. Saat menggunakan Ice Treatment sebelumnya di bagian kulit kepala, saya mengaplikasikan hair mask ini mulai tengah batang rambut hingga ujung. Cukup didiamkan sekitar 5-10 menit kemudian dibilas. Setelah kering, rambut yang keriting di bagian bawah terlihat lebih indah. 

    Hair mask ini mengandung marula oil yang kaya akan omega 9 dan omega 6 yang akan melembapkan rambut. Marula oil juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan asam amino yang akan melindungi rambut. Hasilnya, rambut bagian tengah hingga ujung tidak kering dan mengembang. Bahkan, rambut akan tampak jatuh dan keritingnya lebih berbentuk.
  • Makarizo
    Fibertherapy Hair & Scalp Cream with Royal Jelly Extract


    Gusti Gina

    Tekstur rambut yang kering dan mengembang seperti rambut saya biasanya akan terasa cukup kasar. Apalagi jika rambut cukup tebal, rambut akan sulit diatur dan gampang kusut. Saya biasanya mengatasi masalah tekstur rambut ini dengan menggunakan hair mask. 

    Makarizo Fibertherapy Hair & Scalp Cream with Royal Jelly Extract ini adalah masker andalan saya sejak SMA. Saya selalu menyiapkan stok hair mask ini di rumah. Mengandung minyak nabati passiflora dan royal jelly extract, rambut akan terasa halus dan lembut sejak pertama kali pemakaian. Kelembutan rambut ini bisa bertahan 2-3 hari untuk rambut saya. 




    Cara pemakaiannya sama saja dengan hair mask lainnya. Aplikasikan di kulit kepala hingga ujung rambut setelah keramas. Pijat lembut lalu diamkan sekitar 2-5 menit. Saat mendiamkannya, disarankan untuk membalut rambut dengan handuk. Namun, saya biasanya hanya mendiamkannya sembari bersabun saat mandi. Setelah itu, bilas dan keringkan rambut seperti biasa. Aromanya cukup kuat sehingga bilaslah sampai benar-benar bersih agar aroma hair mask ini terasa lebih lembut. 
  • Kaaral
    K05 Dandruff Removing Intense Treatment


    Gusti Gina

    Saat ketombe sedang bandel sekali dan shampoo saja tidak cukup, itu artinya saya perlu melakukan perawatan intensif untuk mengatasinya. Saya memakai Kaaral K05 Dandruff Removing Intense Treatment yang dirancang khusus untuk perawatan intensif mengatasi ketombe. Mirip seperti serum untuk wajah, lotion ini bekerja efektif membasmi bakteri penyebab ketombe. 

    Ingredients produk ini kompleks dan menjanjikan. Ada tea tree oil yang bersifat antiinflamasi dan arnica montana yang menyegarkan kulit kepala. Ada juga capsicum frutescens untuk melawan radikal bebas dan piroctone olamine yang menyeimbangkan mikroba alami pada kulit kepala. Lotion ini juga mengandung urtica dioica dengan aksi tonic-reconstituting, anti-seborrheic dan astringent. Fungsi ini penting untuk mengatasi masalah kulit kepala yang berhubungan dengan peningkatan produksi sebum. 

    Packaging produk ini terdiri 12 vial yang masing-masing berisi 10 ml. Setiap botol digunakan untuk satu kali pemakaian. Sesuai kondisi ketombe masing-masing, satu set dapat digunakan untuk 6-12 minggu. Cara penggunaaannya sangat mudah. Oleskan isi vial ke seluruh kulit kepala saat rambut setengah lembap dan setengah kering sehabis keramas. Pijat pelan lalu sisir dan keringkan rambut. Walaupun disebut "lotion", tekstur produk ini sangatlah cair seperti air.
  • L'Oreal Paris
    Smooth Intense Conditioner


    Gusti Gina

    Conditioner adalah perawatan rambut yang biasanya sepaket dengan shampoo. Keramas tanpa dan dengan menggunakan conditioner akan terasa sekali bedanya. L'Oreal Paris Smooth Intense Conditioner ini adalah salah satu conditioner yang saya sukai. Harganya affordable tetapi hasilnya memuaskan. Bagi saya, produk ini adalah conditioner terbaik untuk rambut kering dan mengembang. 

    Fokus dari produk ini adalah penggunaan argan oil untuk mengatasi rambut kusut dengan menjadikannya lembut dan halus. Dengan kata lain, sangat cocok untuk rambut kering dan mengembang. Wanginya juga enak dan teksturnya lebih light dibanding hair mask. Jadi, lebih mudah digunakan sehari-hari untuk yang sering keramas. Perlu diingat bahwa conditioner tidak perlu digunakan dari kulit kepala. Conditioner cukup diaplikasikan mulai batang rambut sampai ujung rambut saja.