7 Rekomendasi Perangkat Dapur yang Bikin Semangat Memasak

7 Rekomendasi Perangkat Dapur yang Bikin Semangat Memasak

Memasak bukan hanya membutuhkan keahlian, melainkan juga semangat. Coba bandingkan masakan yang dibuat dengan keinginan memasak dan masakan yang dibuat secara terpaksa atau sekadar menunaikan tugas. Masakan yang dibuat dengan kesadaran akan keinginan memasak tentunya memiliki cita rasa masakan yang lebih nikmat. Untuk menciptakan mood memasak, kalian perlu menjaga tubuh agar tidak terlalu lelah dengan aktivitas kantor dan rumah tangga lainnya. 


Menggunakan perangkat dapur yang nyaman dan berbentuk unik juga dapat membangkitkan semangat memasak. Saat ini sudah banyak dijual perangkat dapur yang tidak hanya memikirkan fungsi tetapi juga style. Dengan begitu, dapur akan semakin ceria dan kalian para ibu menjadi lebih betah berkutat di dapur. Berikut tujuh perangkat dapur yang tidak hanya fungsional tetapi juga bisa membuat dapur lebih berwarna.


Creator Image
Murtiyarini
Finance & mommy blogger
  • Cooking Color
    Teko Sachiko


    Murtiyarini

    Saya jatuh cinta pada pandangan pertama pada Teko Sachiko Merah yang imut ini. Fungsi aslinya adalah sebagai alat memasak air. Namun, jika kalian sayang untuk menjerangnya di atas api, kalian bisa memakainya untuk menyeduh dan menyajikan teh. Momen minum teh bersama keluarga akan lebih berwarna dengan kehadiran teko ini.


    Walaupun tampak kecil, teko ini berkapasitas 1,5 liter dan cukup untuk menyajikan 6 cangkir teh dalam satu kali seduh. Teko berdesain vintage yang unik ini terbuat dari material carbon steel sehingga aman dan tahan terhadap api atau panas. Grip kayu pada bagian handle ayunnya membuat teko dapat diangkat tanpa terasa panas.

  • Solarpi
    Marble Stone Ceramic Coating Fry Pan


    Murtiyarini

    Kegiatan menggoreng adalah bagian dari memasak yang hampir selalu dilakukan, baik itu deep frying maupun menumis bumbu. Untuk keluarga kecil dengan jumlah masakan yang tidak terlalu banyak, menggoreng cukup dilakukan dalam wajan kecil. Wajan penggorengan dengan diameter kecil tidak membutuhkan banyak minyak untuk deep frying sehingga lebih hemat minyak. 


    Wajan ini terbuat dari material aluminium berlapis keramik sehingga dapat menyebarkan panas dengan cepat dan merata. Bagian permukaan wajan memiliki lapisan marble keramik yang tahan lengket sehingga mudah dibersihkan. Lapisan keramik konon menghasilkan makanan yang lebih sehat daripada teflon. Wajan ini dapat digunakan di semua jenis kompor kecuali kompor induksi.

  • IKEA
    FLITIGHET


    Murtiyarini

    Agar tidak terlalu banyak mencuci piring, kalian dapat memilih piring serbaguna yang sekaligus berfungsi sebagai mangkuk. Piring cekung ini menyatukan fungsi piring dan mangkuk dalam satu perangkat saja. Ukurannya yang lebar memuat makanan lebih banyak. Warna putihnya dapat dipadukan dengan taplak meja motif apa pun, serta mampu membuat makanan tampil lebih menggugah selera.


    Bahan piring berupa tembikar atau porselen yang tahan lama, kuat, serta lebih sehat. Bahan tembikar atau porselen ini sangat disarankan untuk perangkat yang menyajikan makanan hangat atau panas. Desainnya yang elegan membuatnya pantas dipakai untuk jamuan tamu ataupun pesta. 

  • Maspion
    Stock Pot Ceria with Steamer


    Murtiyarini

    Kehadiran dandang di dapur masih sangat diperlukan meskipun saat ini telah banyak alat pengukus elektrik. Selain praktis dan hemat, dandang konvensional lebih fleksibel digunakan untuk berbagai jenis masakan, baik kue maupun lauk kukus. Dandang merek Maspion ini saya pilih karena tidak terkesan kekinian tetapi keren untuk sebuah dandang konvensional. 


    Dandang ini terbuat dari stainless steel berlapis enamel, yang konon lebih sehat untuk mengukus dibandingkan aluminium biasa. Bahan stainless steel ini membuatnya sedikit lebih berat dan mantap sehingga tidak mudah goyang saat berada di atas kompor. Dilengkapi dengan tutup kaca bening sehingga kita bisa memantau kematangan masakan tanpa harus membuka tutupnya.

  • Klaz
    Rice Cooker Digital


    Murtiyarini

    Untuk keluarga kecil, kebutuhan nasi setiap hari tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, rice cooker mini 0.8 liter ini sudah cukup untuk memasak nasi harian. Ukurannya kecil dan elegan sehingga tidak memakan tempat. Kelebihan Klaz Rice Cooker Digital ini adalah bahan pancinya terbuat dari keramik sehingga lebih aman untuk kesehatan. Rice cooker ini bisa dipakai untuk memasak nasi biasa, memasak bubur, atau memasak sup. 


    Memasak dengan rice cooker ini dapat dilakukan dengan mudah dan tidak perlu ditunggu. Daya listrik yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi yaitu hanya 350 watt sehingga cukup hemat listrik. Dengan ukuran panci kecil, nasi lebih mudah masak. Jumlah nasi yang tidak terlalu banyak akan membuat kalian perlu memasak nasi setiap harinya. Dengan begitu, kalian akan selalu menikmati nasi baru setiap hari.

  • Krischef
    Spatula Kayu Beech


    Murtiyarini

    Memasak membutuhkan kerja lengan untuk mengaduk-aduk. Jika alat aduknya terlalu berat, lengan kalian bisa kekar dan cepat lelah. Oleh karena itu, pemilihan bahan spatula yang ringan dan nyaman juga menentukan kenyamanan saat memasak. Saya memilih spatula kayu yang relatif lebih ringan. Selain itu, spatula kayu juga lebih sehat saat digunakan dalam kondisi panas dibandingkan spatula plastik. 


    Spatula kayu tersedia dalam beberapa pilihan bentuk dan ukuran. Ada yang untuk menggoreng, menumis, atau menyendok sayur. Deretan spatula kayu yang digantung akan mempercantik dapur dengan warna alaminya. Bentuknya yang tak bersudut juga lebih aman bagi kalian para ibu yang sangat sibuk di dapur.

  • Electrolux
    Gas Hob Ganar 78cm dengan 2 Tungku


    Murtiyarini

    Kalian menggunakan gas tabung dalam memasak, tetapi ingin kompor yang lebih elegan dari kompor gas biasa? Kompor gas tanam Electrolux ini bisa jadi pilihan kalian. Kompor gas tanam akan membuat dapur tampak lebih luas karena permukaannya yang datar. Desainnya yang cantik akan membuat kalian lebih bersemangat untuk memasak.


    Lapisan kaca tempered glass tebal yang mengelilingi tungku membuatnya mudah dibersihkan hanya dengan air atau pembersih kaca. Kompor gas Electrolux ini dilengkapi dengan sistem klem pengaman api yang akan membantu mengontrol aliran gas ke kompor. Tungkunya terbuat dari kuningan yang lebih kuat dan bagus untuk memancarkan api.