7 Rekomendasi Smartphone Kelas Menengah untuk Kebutuhan Fotografi Makanan

7 Rekomendasi Smartphone Kelas Menengah untuk Kebutuhan Fotografi Makanan

Creator Image
Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
  • OPPO
    Reno2 F


    Deddy Huang

    Kelebihan OPPO Reno2 F selain layarnya yang berkualitas adalah desainnya yang menawan. Daya tampung 128 GB dengan kecepatan RAM 8 GB memudahkan kita untuk menyimpan banyak foto dan video. Kelebihan lainnya adalah pengisian daya baterai yang lebih cepat dengan VOOC Flash Charge khas OPPO.

    Bagian kamera smartphone andal OPPO Reno2 F ini juga dibekali kamera berspesifikasi canggih. Selain foto yang berkualitas, kalian juga bisa merekam video yang tidak kalah kualitasnya. OPPO Reno2 F menggunakan kamera utama beresolusi 48 MP (lensa wide, f/1.7, 26 mm, PDAF, OIS). Selain itu, masih ada tiga kamera lagi dengan resolusi 2 MP (telephoto, f/2.4, PDAF), 8 MP (ultrawide, f/2.2, 13 mm), dan 2 MP (B/W, f/2.4). Fitur kamera ini tentunya akan sangat membantu pada saat memotret makanan yang membutuhkan efek bokeh. 
  • OPPO
    A9 2020


    Deddy Huang

    Saya suka OPPO A9 2020 ini karena menyematkan fitur-fitur terkini yang ditujukan untuk Generasi Z. Fitur-fitur tersebut misalnya empat kamera, RAM besar, baterai raksasa dengan USB Type C, sampai chipset kencang Snapdragon. Kinerja kamera smartphone ini cocok untuk dijadikan senjata utama untuk kalian yang senang fotografi makanan.  

    Kamera utama OPPO A9 2020 ini memiliki resolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8 sehingga bisa menyerap cahaya lebih banyak. Kalian bisa mengambil foto ultrawide menggunakan lensa Omnivision dari lensa kamera kedua. Kamera yang terletak paling bawah merupakan lensa monokromatik 2 MP f/2.4. Kamera terakhir yang terletak di bawah flash adalah lensa portrait 2 MP dengan bukaan f/2.4. 

    Kalian bisa mengambil foto makanan dengan lebih mudah dengan OPPO A9 2020 ini. Selain itu, kamera smartphone ini juga memiliki aneka fitur dan filter terkini yang ada di mobile photography. Mulai dari efek bokeh, monokrom, sudut lebar, panorama, profesional, sampai Ultra Night Mode 2.0, ada semua di smartphone ini!
  • Vivo
    S1 Pro


    Deddy Huang

    Vivo saat ini sudah banyak mengeluarkan smartphone berdesain menarik dengan kamera berkualitas tinggi. Jadi, banyak smartphone yang tidak hanya cocok untuk fotografi makanan tetapi bisa juga menemani kegiatan kalian sehari-hari. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Vivo S1 Pro ini. Saya suka desainnya yang mencolok sehingga cocok sekali untuk kalian yang senang tampil beda.

    Vivo S1 Pro ini dilengkapi kamera yang diatur dengan posisi berbentuk belah ketupat yang sangat unik. Dengan resolusi 48 MP, spesifikasi kameranya sudah mumpuni untuk mengambil foto makanan agar tampilannya lebih menggiurkan. Apalagi ada teknologi AI Rear Camera sehingga sensor kamera bisa langsung mendeteksi situasi gambar. Editing foto juga pasti akan berjalan mulus tanpa hambatan dengan spesifikasi RAM 8 GB. Benar-benar smartphone yang layak dipertimbangkan jika kalian menggemari fotografi makanan.
  • Vivo
    V17 Pro


    Deddy Huang

    Saya suka Vivo V17 Pro ini karena harganya yang masih terjangkau tetapi sudah dilengkapi fitur-fitur yang menarik. Fitur utama Vivo V17 Pro ini terletak pada kameranya yang berjumlah enam buah. Untuk pertama kalinya di Indonesia, ada smartphone dengan kamera depan Dual Pop-Up Selfie. Kamera yang akan menyembul di bagian atas smartphone ini memiliki resolusi 32 MP dan 8 MP ultrawide 105 derajat. 


    Smartphone ini juga dilengkapi empat sensor yang akan otomatis melindungi modul kamera. Kamera utama V17 Pro ini memiliki resolusi 48 MP yang sudah didukung teknologi kecerdasan buatan (AI). Dengan Super Night Selfie dan Super Night Mode, kalian bisa mengabadikan keindahan di dalam gelap. Tersedia mode bokeh untuk memotret makanan sehingga latar belakang foto menjadi kabur dan fokus ada pada makanan. Gambar yang dihasilkan cukup baik di kelasnya.
  • ASUS
    ZenFone 6


    Deddy Huang

    ASUS ZenFone 6 merupakan smartphone dengan kamera utama beresolusi 48 MP yang bisa di-flip ke depan. Jadi, kamera utama smartphone ini mampu berfungsi sebagai kamera selfie sekaligus. Smartphone ini sudah menjadi daily driver saya lebih dari satu bulan. 

    Saya sangat terbantu sekali saat memotret makanan baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Hasil fotonya jernih sehingga smartphone ini bisa diandalkan ketika saya tidak sedang membawa kamera mirrorless. Dibekali prosesor Snapdragon 855, RAM 6 GB, dan memori internal 128 GB, smartphone ini memiliki spesifikasi yang mumpuni. Spesifikasi ini sangat cukup untuk membantu kegiatan saya sehari-hari dalam membuat konten.
  • Realme
    XT


    Deddy Huang

    Realme XT menjadi smartphone pertama di dunia dengan sensor kamera 64 MP. Resolusi kamera smartphone ini termasuk resolusi tertinggi yang pernah ada di ponsel. Resolusi yang tinggi tentunya membuat kualitas gambar lebih jernih untuk kebutuhan fotografi makanan. Namun, tidak hanya kamera berspesifikasi mumpuni yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil foto makanan yang jernih. Fotografi makanan juga membutuhkan skill fotografi dasar. 

    Kamera pada smartphone Realme XT ini juga dilengkapi fitur seperti Ultra Wide, Potrait, dan Macro Lens. Jadi, tidak hanya fotografi makanan, kalian juga bisa memotret berbagai objek seperti lautan, gunung, hutan, landscape kota, dan sebagainya. Dengan kemampuan menangkap cahaya yang superior, kamera smartphone Realme XT memiliki kelas fotografi tingkat flagship.
  • Samsung
    Galaxy A50s


    Deddy Huang

    Samsung Galaxy A50s ini memiliki banyak fitur yang menarik. Tidak hanya resolusi kamera yang besar, smartphone ini dilengkapi fitur Super-Steady Camera sehingga hasil rekaman video tidak bergoyang. Menurut saya, kemasan Samsung Galaxy A50s ini cukup menggoda bagi pencinta ponsel merek ini. 

    Kamera dari Samsung Galaxy A50s ini akan memberikan foto yang memiliki warna natural. Selain itu, foto yang dihasilkan kamera smartphone ini pun sangat optimal dan cukup terang. Dengan resolusi 48 MP pada kamera utama, tentunya foto yang dihasilkan memiliki resolusi yang tinggi pula. Resolusi yang besar pada foto sangat berguna ketika kalian ingin mencetak foto. Foto beresolusi tinggi tidak akan pecah ketika dicetak dalam ukuran besar. 

    Ada juga kamera 8 MP (ultrawide) dan 5 MP (depth sensor). Kamera ini pas untuk kalian yang senang memotret foto landscape atau membutuhkan frame lebar. Smartphone ini juga saya rekomendasikan untuk kalian yang hobi memotret makanan. Ada mode Food yang akan menyesuaikan warna foto sehingga makanan tampak lebih menggiurkan.