10 Rekomendasi Produk yang Wajib Dibawa Seorang Stylish Backpacker

10 Rekomendasi Produk yang Wajib Dibawa Seorang Stylish Backpacker

Travelling zaman sekarang tidak dapat dipisahkan dari Instagram. Tak heran syarat instagrammable wajib ada pada foto-foto di lokasi travelling supaya lebih menjual. Selebritas social media biasanya membawa berbagai outfit dan pernak-pernik sebagai property untuk stok ootd (outfit of the day). Outfit dan pernak-pernik tersebut antara lain adalah swimsuit, dress, tas, dan topi pantai. Berbagai coat serta sepatu boot pun tak ketinggalan saat travelling ke luar negeri pada musim dingin.


Lalu, apakah untuk bisa tampil instagrammable berarti tidak bisa light travelling? Tidak. Kalian masih bisa tampil keren saat travelling meskipun hanya membawa sedikit pernak-pernik. Saya tidak selalu menjadi tim ransel dan malah lebih sering menjadi tim koper. Namun, tak jarang saya travelling dengan ransel karena lebih fleksibel untuk berpindah-pindah lokasi saat solo travelling. Berikut ini list produk yang wajib dibawa seorang backpacker supaya bisa light travelling tetapi tetap stylish untuk social media.


Creator Image
Leonita Julian
Lifestyle blogger
  • Torch
    Kanzaki 30 Liter


    Leonita Julian

    Backpacker pasti membutuhkan tas ransel yang compact, ringkas, dan bisa memuat banyak barang. Selain itu, tas ransel tersebut juga harus rapi, cukup untuk travelling 4 hari, tahan air, dan ringan. Persoalan menjadi bertambah kalau kita masih harus membawa laptop, kamera, dan sepatu di dalamnya. Saya merekomendasikan travel backpack Torch Kanzaki dengan volume 30 liter. Sebenarnya ada varian dengan volume yang lebih besar. Akan tetapi, varian bervolume 30 liter ini saya rasa cukup untuk backpacking saat long weekend yang tidak membutuhkan banyak baju. Jadi, bisa light travelling


    Selain ringan, travel backpack ini juga saya pilih karena desainnya yang inovatif dan elegan. Travel backpack ini dilengkapi slot laptop dengan kompartemen terpisah. Kompartemen ini memiliki fitur suspension system untuk melindungi laptop dari guncangan. Salah satu efek backpacking adalah isi tas menjadi panas sehingga bisa merusak peralatan elektronik yang kita bawa. Nah, ransel ini dilengkapi air bender foam back system untuk mencegah panas di dalamnya.


    Tas ini juga dilengkapi kompartemen untuk memisahkan sepatu atau sandal pada bagian bawah. Jadi, lebih ringkas dan tidak mengganggu kerapian barang bawaan lainnya. Saya bisa membawa laptop, tiga atau empat setel baju, makeup, skincare, sepatu, sandal, kamera, dan botol minuman dengan tetap tertata rapi. Tambahan lagi, tas ini dilengkapi rain cover! Sangat lengkap, bukan?

  • Fujifilm
    X-T20


    Leonita Julian

    Kamera adalah kebutuhan primer untuk stylish traveller, paling tidak untuk saya. Sebagai penyuka fotografi, saya jatuh hati pada kamera Fujifilm. Kamera-kamera dari Fujifilm memiliki hasil jepretan dengan karakter warna yang khas dan indah.

    Kamera Fujifilm favorit saya untuk travelling adalah Fujifilm X-T20 ini. Ada juga Fujifilm X-T2 dengan fitur yang lebih lengkap dari X-T20. Namun, kedua kamera Fujifilm seri X ini memiliki banyak kemiripan dan selisih harganya yang lumayan tinggi. Nah, X-T20 ini sudah cukup memenuhi banyak checklist yang disyaratkan fotografer.


    Fitur-fitur kamera ini antara lain adalah sensor APS-C CMOS 24 MP X-Trans dan autofocus hybrid dengan 325 titik! Tidak hanya itu, kamera ini juga memiliki kemampuan rekam video 4K, built-in flash, layar sentuh dan lipat, serta WiFi. Namun, yang paling membuat saya jatuh cinta pada Fujifilm X-T20 ini adalah desainnya yang stylish. Kamera ini memiliki tampilan retro klasik seperti kamera analog. 

  • Oxone
    OX-500 Vacuum Flask


    Leonita Julian

    Membawa termos sangat penting saat travelling. Ketika kita kehausan dan berada di lokasi yang jauh dari tempat penjualan minuman, termos ini yang akan menjadi solusinya. Membawa termos atau tumbler juga termasuk salah satu usaha untuk mengurangi botol plastik. Jadi, pastikan kalian memilih termos dengan bahan selain plastik, ya.

    Kelebihan termos ini ada pada bahan stainless yang bisa menjaga suhu air. Dengan begitu, air minum akan terjaga kesegarannya. Bisa dipakai untuk menyimpan air dingin maupun air panas. Jadi, air yang disimpan bisa disesuaikan dengan kondisi suhu lokasi travelling. Bisa juga dipakai sekadar untuk membuat teh atau kopi selama perjalanan. Selain desainnya compact, travel friendly, dan masih bisa masuk ransel, termos ini juga memiliki sarung ber-handler sehingga mudah ditenteng.

  • Banana Boat
    Sunscreen Sport SPF 110


    Leonita Julian

    Aktivitas travelling outdoor di negara tropis sudah pasti membuat kita terpapar sinar matahari. Apalagi untuk backpacker yang terlalu menikmati perjalanan, bisa terpapar sinar matahari lebih lama dari biasanya. Jadi, membawa sunblock atau sunscreen itu wajib hukumnya! 


    Saya merekomendasikan Banana Boat Sunscreen Sport SPF 110 karena sudah terbukti ampuh untuk menahan sinar UV. Kelebihan lain dari sunscreen ini adalah ada di mana-mana atau mudah dibeli di toko terdekat.


    Memang sunscreen ini agak lambat diserap kulit dan terasa lengket saat berkeringat. Namun, saya suka karena water resistant sehingga bisa digunakan saat berenang atau ke pantai. Saya tidak menjamin kulit kalian tidak akan menjadi gosong. Akan tetapi, dibandingkan sunscreen lain dengan harga yang sama, sunscreen ini terbukti paling oke.

  • Stradivarius
    Logo Cropped Tee


    Leonita Julian

    White t-shirt adalah outfit paling netral yang cocok dipadukan dengan warna apa pun. Cocok juga dipakai di lokasi outdoor apa pun dengan background foto apa pun saat travelling. Baik siang maupun malam, sekadar jalan-jalan ataupun hangout, acara biasa maupun party santai, pakai saja white t-shirt! Rasanya tidak ada orang yang tidak memiliki white t-shirt dalam koleksi bajunya.


    Untuk traveller wanita, saya merekomendasikan white t-shirt berlogo Stradivarius ini. Cutting-nya keren, tidak maskulin, tidak terlalu biasa, dan tetap ada sisi femininnya. Kalian akan tampil stylish dengan t-shirt ini tentunya. White t-shirt ini mudah dipadupadankan dengan berbagai bawahan seperti celana jeans pendek, celana panjang, rok mini, dan bawahan denim lainnya. Bisa juga dilapisi jaket atau vest. Versatile, bukan?

  • Ripped High Waisted Jeans Shorts


    Leonita Julian

    Kalau melihat feed Instagram saya, pasti kelihatan kalau saya gemar mengenakan ripped jeans short alias celana pendek denim sobek. Jeans short ini membuat saya bisa bergerak dengan nyaman dan bagus untuk outfit foto. Paduan t-shirt putih dan jeans short sangat instagrammable karena warnanya yang netral. 


    Untuk cutting, biasanya saya memilih yang high waisted. Cukup dipadupadankan dengan atasan t-shirt atau kemeja, jadilah style ala tahun 70-an. Kalian bisa mengubah potongan jeans short, atasan yang dipadupadankan, dan hair style kalian untuk mendapatkan style yang lebih modern. Alasan lain saya membawa jeans short adalah karena tidak memenuhi isi ransel. Selain itu, jeans short mudah dilipat, tidak perlu disetrika, dan tidak pernah ketinggalan jaman.

  • Set Bikini Wanita dengan Model Split


    Leonita Julian

    Travelling di negara tropis pasti tak jauh dari aktivitas berenang atau sekadar basah-basahan di pantai atau kolam. Jadi, sempat dipakai berenang atau tidak, saya pasti selalu menyiapkan two pieces swimsuit. Saya memilih two pieces swimsuit dengan potongan skirt seperti ini. 


    Two pieces swimsuit ini cukup praktis dibawa saat travelling. Atasannya bisa diganti dengan swimsuit yang lain atau dengan t-shirt seperti cropped t-shirt. Bisa juga dipadukan dengan tambahan outer sehingga bawahannya berfungsi sebagai rok. Kelebihan lain potongan swimsuit seperti ini, saya tidak perlu khawatir tampil terlalu sexy untuk foto di Instagram.

  • Adidas
    Tights - DH4195


    Leonita Julian

    Jangan lupa olahraga saat travelling! Biasanya kita banyak menikmati kuliner saat terlalu nyaman berlibur. Makanan apa saja dilahap sampai-sampai lupa dengan healthy food. Jika kalian ingin puas menikmati kuliner, paling tidak jangan lupa diimbangi dengan olahraga. Jadi, setelah kembali dari travelling nanti badan tidak terlalu gembul karena susah mengatur asupan yang masuk ke dalam tubuh.


    Pergi ke gym juga termasuk salah satu target travelling saya. Misalnya saat di Bali, saya pasti melakukan healthy travelling ke gym yang paling oke di sana. Saya biasanya mencari outdoor gym karena indoor gym sudah terlalu banyak di Jakarta. 


    Oleh karena itu, sport atau gym outfit seperti leggings Adidas ini wajib dibawa saat travelling. Kelebihan leggings berkain lembut dan elastis ini adalah enak dipakai dan nyaman untuk stretching atau lari. Dijadikan outfit untuk sekedar bersantai atau trekking juga bisa. 

  • Nike
    Legend React


    Leonita Julian

    I believe in Nike. Sepatu lari Nike tidak pernah mengecewakan karena kualitasnya, kenyamanannya, dan keawetannya! Jadi, saya rekomendasikan sepatu lari Nike Legend React untuk dibawa saat travelling. Karena travelling di mana pun, lari adalah kegiatan olahraga yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kebugaran. Gratis pula! Jika tidak sempat mengunjungi outdoor gym, biasanya saya berjalan-jalan, trekking, atau berlari-lari di sekitar hotel atau pantai.

    Sepatu yang digunakan sat travelling tentunya bukan hanya untuk lari atau olahraga, tetapi juga harus oke untuk hangout. Selain itu, karena foto tetap tidak boleh ditinggalkan, saya biasanya memilih warna putih atau grey. Warna-warna netral seperti ini biasanya lebih instagrammable untuk difoto. 


    Itulah mengapa saya memilih sepatu Nike Legend React. Sepatu ini memiliki desain yang memberikan kemudahan bernafas sehingga kaki tidak mudah berkeringat. Lapisan sintetis dan bantal busa responsifnya halus sehingga meningkatkan daya tahan dan tidak membuat cepat lelah. 

  • Bohemian Vintage Red Floral Print Summer Chiffon Dresses


    Leonita Julian

    Travelling dan instagrammable sudah tidak dapat dipisahkan dan menjadi lifestyle baru. Salah satu trend yang kembali hits akibat lifestyle ini adalah vintage dress! Vintage dress banyak dicari terutama untuk kepentingan foto Instagram.


    Namun, sebaiknya jangan hanya membeli untuk keperluan foto saja, ya. Belilah dress yang juga bisa dipakai untuk hangout. Prinsip backpacker adalah semua baju yang dibawa harus bisa dipakai bergantian untuk banyak acara dan lokasi.


    Saya merekomendasikan Bohemian Vintage Red Floral Print Summer Chiffon Dresses ini karena desainnya yang cantik. Dress berbahan chiffon yang mudah berkibar-kibar ini tentunya indah saat difoto.


    Potongannya pun cocok untuk berbagai acara seperti jalan-jalan, piknik, hangout, party, atau bersantai. Jadi, tidak hanya sekali pakai untuk foto yang instagrammable saja.