7 Rekomendasi Properti Foto untuk Memotret Makanan bagi Pemula

7 Rekomendasi Properti Foto untuk Memotret Makanan bagi Pemula

Dewasa ini, memotret makanan sudah menjadi "keharusan" bagi banyak orang. Ketika di restoran, cafe atau bahkan warung makan, mereka tidak langsung melahap makanan yang disuguhkan. Hal pertama yang mereka lakukan saat makanan datang adalah memotretnya terlebih dahulu. Dengan adanya smartphone berfitur kamera bagus, kita sudah bisa menghasilkan foto makanan yang enak dilihat dan sangat menggiurkan.


Saat sharing tentang satu resep di blog, mau tidak mau saya harus memotret hasil masakan yang saya masak. Itulah awal mula saya mulai belajar memotret makanan dengan perlengkapan dan properti yang ada termasuk kamera smartphone. Saya akan mengenalkan properti-properti yang saya gunakan untuk mengambil foto makanan. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mengambil foto makanan lebih baik tetapi belum memiliki peralatan khusus.


Creator Image
Istianah (HM Zwan)
Mom & food blogger
  • Background Foto Kayu 60 cm x 100 cm Waterproof


    Istianah (HM Zwan)

    Alas foto ini berupa lembaran berbahan PVC yang tidak mudah sobek. Saya memakai satu lembar yang berukuran 60 cm x 100 cm. Sudah cukup untuk alas dan background foto berbagai produk termasuk foto makanan. 


    Hal yang saya sukai dari alas foto waterproof ini adalah selain motifnya persis seperti kayu, alas foto ini antiair dan bisa digulung. Ini memudahkan kita untuk menyimpan dan membawa alas foto ke luar rumah tanpa repot. Tinggal digulung saja sudah cukup. Cara menggunakannya pun mudah, kita tinggal menggelar alas foto di meja. 


    Agar alas foto tidak tergulung otomatis, kita bisa meletakkan benda berat di sisi bagian pojok alas foto. Jika digunakan sebagai background foto, kita tinggal menjepit bagian sisi dengan klip backdrop. Cukup mudah, kan? Jika terkena air atau noda makanan, cukup dibersihkan dengan air lalu dilap. Alas foto akan kembali bersih.

  • Penjepit Klip Backdrop Background Studio Fotografi


    Istianah (HM Zwan)

    Berbeda dengan klip berbahan plastik lainnya yang terlalu tipis, klip ini tergolong tebal. Dengan dimensi 9 cm x 16 cm, klip ini mampu menjepit kain backdrop atau alas foto dengan baik. Terbuat dari bahan material terbaik, produk ini lebih awet dan tahan lama digunakan. Klipnya juga tidak mudah bergeser sehingga cocok digunakan terutama untuk menjepit alas foto gulung. 


    Klip ini juga dapat digunakan untuk menyangga alas kue tart yang dijadikan sebagai reflektor. Caranya cukup mudah, kita tinggal menjepitkan dua klip backdrop di bagian sisi kanan dan kiri alas kue tart. Dengan begitu, alas kue tart mampu berdiri dengan kokoh dan dapat berfungsi sebagai reflektor. 

  • Brewsuniq
    Teak Wooden Serving Board W Handle 40.5 x 16.2cm


    Istianah (HM Zwan)

    Fungsi utama talenan adalah untuk memotong, mencincang, dan lain sebagainya. Talenan kayu umumnya dibuat menggunakan kayu yang keras seperti kayu jati. Selain digunakan untuk perlengkapan dapur, saat ini talenan juga dijadikan tempat menyajikan makanan di cafe dan restoran. Talenan juga dapat digunakan untuk kebutuhan memotret makanan. 


    Talenan Brewsuniq ini memiliki model yang unik dan menarik untuk dijadikan properti foto makanan. Sebagai properti foto, talenan ini dapat dijadikan alas makanan baik yang sudah matang maupun yang masih mentah. Talenan ini terbuat dari bahan kayu jati yang food grade atau aman untuk makanan.


    Untuk kebutuhan memotret makanan, talenan harus dijaga agar warnanya tidak rusak. Selain itu, talenan juga sesekali harus dioles dengan minyak seperti VCO (virgin coconut oil atau minyak kelapa murni). Kita juga bisa memoles kayu dengan beeswax, agar talenan tetap mengilap dan tidak kusam. Tentunya kita harus memilih beeswax yang food grade.

  • Noritake
    Graphite Dinner Set 14Pcs


    Istianah (HM Zwan)

    Memotret makanan artinya kita harus menyiapkan pula peralatan makan dan sejenisnya. Jika kalian suka membagikan menu harian di Instagram, Noritake Graphite Dinner Set ini cocok untuk dijadikan properti foto. Untuk menu harian tentunya minimal kita perlu menghidangkan tiga macam menu untuk difoto. Dinner set ini menyediakan berbagai macam bentuk dan ukuran piring yang bisa disesuaikan dengan makanan yang akan difoto. 


    Ada piring persegi, bulat, dan mangkuk yang bisa kita gunakan dari peralatan makan made in Indonesia ini. Jika ada lebih dari tiga macam menu, kita bisa leluasa menggunakan dinner set sesuai kebutuhan. Dinner set ini aman digunakan untuk microwave dan oven. Jadi, kita bisa menghidangkan makanan yang baru keluar dari microwave atau oven dengan dinner set ini.

  • Alas Kue Tart Triplek Silver


    Istianah (HM Zwan)

    Dalam fotografi, fungsi utama reflektor adalah untuk merefleksikan atau memantulkan cahaya ke arah yang kita inginkan. Untuk memotret makanan, biasanya reflektor dihadapkan pada arah cahaya agar jatuh ke arah objek yang menjadi hero. Sebenarnya ada beberapa macam dan jenis reflektor di pasaran. Kalian pasti pernah melihatnya dalam BTS atau behind the scene yang dibagikan selebgram food blogger di Instagram.


    Namun, untuk kalian yang baru belajar memotret makanan, kalian bisa menggunakan alas kue tart sebagai reflektor. Ada dua macam alas kue tart yang bisa kalian pilih yaitu alas berbentuk bundar dan alas berbentuk segiempat. Supaya reflektor dari alas kue tart bisa berdiri, kita bisa memanfaatkan dua klip backdrop yang dipasang di sebelah kanan dan kiri alas kue sebagai penyangga. Pastikan kalian memilih klip backdrop bermaterial kokoh agar reflektor tidak gampang jatuh.

  • Gelas Kaca Transparan


    Istianah (HM Zwan)

    Salah satu cara agar minuman yang akan kita foto menjadi eye catching dan cantik adalah menggunakan properti yang bagus. Misalnya dengan gelas kaca berbentuk unik dan dengan desain yang menarik ini. Selain bentuknya unik dan cantik untuk dijadikan properti foto, gelas minum kaca transparan ini juga nyaman digenggam. Tulisan di sisi luar juga menambah kecantikan desain gelas transparan ini sehingga menjadi semakin menarik saat difoto. 


    Dengan tinggi 10 cm, gelas ini tidak terlalu besar ataupun kecil. Cocok sekali untuk memotret minuman berwarna, seperti jus, minuman syrup, kopi, ataupun es buah. Selain desain dan bentuk yang unik, harga gelas minum transparan ini juga sangat terjangkau. Kalian harus punya gelas ini untuk properti foto.

  • ECLE
    Tripod HP Camera Extendable Portable Stand + Phone Holder


    Istianah (HM Zwan)

    Satu hal yang paling saya suka dengan hadirnya tripod untuk HP ini adalah kita bisa mempersiapkan, mengecek, dan mengetes terlebih dahulu objek yang ingin kita foto. Biasanya saat mulai memasak, saya sesekali mempersiapkan properti foto. Saya tidak lupa juga mengetes kamera, letak properti, dan lain sebagainya. 


    Tripod berperan besar di sini. Dengan holder yang adjustable, kita bisa menggunakan semua tipe HP. Tidak hanya itu, holder yang dapat diputar secara vertikal maupun horizontal juga memaksimalkan kerja kita. Apalagi jika kita membuat konten foto dan video sekaligus. 


    Hal yang paling penting dari tripod HP ini sebenarnya adalah materialnya. Dengan material yang kokoh, tentunya tripod bisa menopang beban HP dengan baik. Jika materialnya tidak kokoh, biasanya langsung oleng setelah kita menegakkan atau memutar HP kita. Tripod yang dapat dipanjangkan hingga 105 cm ini mampu menahan beban hingga 2,5 kg. Terbuat dari material ABS dan iron, tripod ini memiliki bobot sekitar 420 gram.