7 Rekomendasi Alat Safety Agar Tidak Cedera Otot atau Sendi saat Berolahraga

7 Rekomendasi Alat Safety Agar Tidak Cedera Otot atau Sendi saat Berolahraga

Olahraga sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup orang-orang. Kebiasaan olahraga ini ternyata bisa menular kepada orang-orang sekitar yang juga ingin memiliki gaya hidup sehat atau tubuh ideal. Biasanya olahraga dapat dilakukan di gym, tempat fitness, maupun area outdoor khusus yang menyediakan tempat untuk berolahraga. 


Olahraga sendiri pun memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tidak mudah stres, dan tidak cepat lelah. Kita bisa lihat sendiri orang yang jarang berolahraga fisiknya jauh lebih lemah dibandingkan dengan orang yang suka berolahraga. Bonus dari sering berolahraga adalah badan terlihat lebih ideal. Bagi kalian yang gemar berolaharga di gym ataupun di area outdoor, berikut ini saya rekomendasikan tujuh alat safety saat melakukan aktivitas olahraga.


Creator Image
Rizki Fran
Travel & lifestyle blogger
  • AOLIKES
    1678 Gym Gloves


    Rizki Fran

    Sering kali saat melakukan olahraga gym, ada beberapa orang lupa memakai sarung tangan gym. Padahal sarung tangan ini berfungsi penting untuk menjaga area telapak tangan. Orang yang sering melakukan latihan beban dumbbell tanpa menggunakan sarung tangan biasanya memiliki telapak tangan yang kasar dan kapalan. 


    Ada yang berpikir penggunaan sarung tangan tidak nyaman karena akan membuat area telapak tangan cepat berkeringat. Saya merekomendasikan sarung tangan AOLIKES Sport Gym Gloves dengan bahan EVA breathable mesh. Bahan ini memudahkan udara keluar dan masuk di area telapak tangan. 


    Berdesain air hole ventilated, telapak tangan tidak mudah berkeringat saat memakai sarung tangan ini. Selain itu, ada bahan silicone di area telapak tangan untuk melindungi telapak tangan dari gesekan. Gym gloves ini juga dilengkapi pengencang pada area pergelangan tangan untuk menghindari cedera pada pergelangan tangan. Sarung tangan ini memiliki ukuran S, M, dan L serta pilihan warna modis yang bisa digunakan pria atau wanita.

  • Sarung Tangan Gym Anti-Slip


    Rizki Fran

    Apakah kalian sering melatih otot di gym dengan melakukan angkat besi seperti para body builder? Ada hal yang harus kalian perhatikan untuk mengurangi risiko cedera saat latihan angkat besi. Saat latihan angkat besi untuk melatih biceps, pergelangan tangan adalah area yang riskan mengalami cedera.


    Area pergelangan tangan tidak boleh bengkok atau harus tetap lurus saat mengangkat dumbbell. Untuk menghindari cedera fatal pada pergelangan tangan, saya menyarankan kalian memakai sarung tangan untuk angkat besi. Sarung tangan ini sudah dilengkapi dengan straps atau tali pengencang pada area pergelangan tangan. 


    Bantalan silicone membuat sarung tangan berbahan kulit ini nyaman saat digenggam. Sarung tangan ini memiliki desain open hand yang akan mengurangi rasa panas saat digunakan. Menggunakan material berkualitas, tangan kalian tidak mudah berkeringat saat memakainya. Ada juga straps elastis di pergelangan tangan yang bisa diatur kekencangannya. Sarung tangan ini bisa digunakan pria dan wanita dengan pilihan ukuran S, M, dan L.

  • Everlast
    Flexcool Hand Wraps


    Rizki Fran

    Salah satu olahraga cardio yang sedang tren saat ini adalah muay thai. Olahraga yang digemari oleh anak-anak muda ini banyak menggunakan kekuatan tangan, siku, lutut, dan juga kaki. Olahraga seperti ini memerlukan persiapan khusus seperti pemanasan yang cukup dan pastinya alat pelindung area tangan yang baik. 


    Pelindung area tangan diperlukan karena tangan akan banyak digunakan untuk memukul target atau lawan dalam muay thai. Alat yang wajib digunakan untuk mencegah pergeseran sendi pada pergelangan tangan saat memukul target adalah hand wraps. Penggunaan hand wraps yang benar sangat penting untuk memberikan tekanan dan lilitan yang tepat pada tangan. Dengan begitu, sendi pergelangan tangan tidak mudah bergeser dan tetap pada posisinya saat kalian melakukan pukulan. Alhasil, kalian tidak mudah mengalami cedera sendi pergelangan tangan atau cedera lainnya.


    Everlast Flexcool Hand Wraps ini dirancang dengan bahan 100% cotton berkualitas yang elastis dan berdaya regang tinggi. Hand wraps dengan panjang 3 meter ini dilengkapi velcro straps yang kuat dan tahan lama saat digunakan. Selain itu, ada thumb loop untuk dikaitkan pada ibu jari sehingga hand wraps ini lebih kuat dan stabil di tangan. 

  • AOLIKES
    7983 Waist Support Belt


    Rizki Fran

    Pernahkah kalian melihat seseorang melakukan latihan beban dengan menggunakan belt di pinggang? Belt yang biasa disebut juga dengan power belt itu berfungsi menopang tulang belakang dan perut saat mengangkat beban super berat. Penggunaan power belt ini merupakan hal yang lumrah saat melakukan latihan tertentu seperti squat dan dead lift


    Latihan seperti squat atau dead lift memaksa otot pada bagian core perut dan tulang belakang untuk bekerja keras. Saat melakukan latihan ini, kalian sangat riskan mengalami risiko cedera tulang belakang maupun lower back. Power belt adalah solusi untuk menghindari risiko cedera tersebut. 


    AOLIKES 7983 Waist Support Belt ini dirancang dengan bahan spons, EVA, dan kain nilon yang elastis. Bahan-bahan ini akan menyerap keringat dengan baik sehingga mampu mengurangi overheat saat digunakan. Dengan penopang pinggang dan punggung yang elastis, kalian dapat bergerak fleksibel saat mengangkat beban berat. Kalian dapat mengatur tali nilon untuk mendapatkan kekencangan yang nyaman pada area pinggang. Tersedia dalam ukuran S, M, dan L, power belt ini tidak terlalu besar sehingga mudah disimpan di dalam tas.

  • AOLIKES
    7720 Knee Pad Brace Bandage


    Rizki Fran

    Semua orang pasti ingin melakukan kegiatan di gym dengan nyaman dan aman. Untuk itu, kalian perlu selalu menjaga bagian penopang tubuh seperti lutut dari cedera ketika sedang berlatih. Area lutut ini sangat penting dalam menopang tubuh kita. Oleh karena itu, penggunaan knee pad sangat penting saat sedang berlatih. Knee pad banyak digunakan oleh pemain bola, basket, golf, voli, atau pun body builder


    Jika kalian seorang pemula dalam dunia gym, saya merekomendasikan AOLIKES 7720 Knee Pad Brace Bandage ini. Knee pad yang cocok untuk kalian yang memiliki budget terbatas ini terbuat dari bahan nilon, spandex, dan latex. Dirancang dengan teknologi tenun 3D, knee pad yang lembut ini sangat elastis dan tidak menyebabkan rasa panas di area lutut. Knee pad ini dilengkapi dua strap elastis untuk mengatur kekencangan pada area lutut. Saya merekomendasikan knee pad ini karena mudah disimpan di dalam tas gym saya.

  • Aolikes
    7635 Straps Red


    Rizki Fran

    Saat melakukan aktivitas mengangkat beban, kalian perlu memastikan area pergelangan tangan tetap lurus sesuai pada posisinya. Hal ini wajib diperhatikan agar area pergelangan tangan atau wrist tidak mengalami cedera sendi. Saat melakukan latihan seperti angkat besi dan dead lift, area pergelangan tangan sering sekali mengalami slip karena beban terlepas dari genggaman kita. 


    Biasanya hal ini dapat menimbulkan cedera pada bagian sendi pergelangan tangan. Untuk menghindari masalah ini, solusinya adalah dengan menggunakan wrist band dari AOLIKES ini. Wrist band khusus olahraga angkat besi ini memiliki desain anti-slip lengkap dengan kait untuk dikaitkan pada pergelangan tangan. Dengan harga yang murah dan pemakaian yang mudah, wrist band ini cocok sekali untuk para pemula. 


    Pertama, kaitkan pada pergelangan tangan, lalu lilitkan atau lingkarkan tali pada grip barbel agar tidak mudah slip. Saat membeli produk ini kalian akan mendapatkan satu pasang wrist band dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan mudah disimpan. Apabila terasa panas saat pemakaian, lepaskan wrist band terlebih dahulu lalu gunakan kembali setelah rasa panas menghilang.

  • LP
    EmbioZ 251Z Arm Compression Sleeve


    Rizki Fran

    Kalian pasti pernah melihat atlet yang mengenakan elbow sleeves saat latihan dada atau bench press. Banyak yang mengira bahwa mereka menggunakan elbow sleeves hanya sebagai aksesoris untuk bergaya saja. Namun, sebenarnya elbow sleeves memiliki manfaat tersendiri. 


    Salah satu manfaat elbow sleeves adalah meminimalisasi guncangan atau getaran pada otot lengan dan siku. Saat melakukan latihan dada atau bench press, otot lengan dan siku dipaksa bekerja keras untuk mengangkat beban. Dengan mengenakan elbow sleeves, otot lengan tidak mudah lelah saat dipakai mengangkat beban terus menerus. Fungsi lain elbow sleeves adalah untuk memperlancar aliran darah, membantu menghangatkan otot, dan mengurangi risiko cedera otot.


    Saya merekomendasikan EmbioZ 251Z Arm Compression Sleeve yang memiliki desain mulus yang menambah kenyamanan saat dipakai. Elbow sleeves ini akan melindungi lengan atas dan lengan bawah serta menambahkan kekuatan eksplosif pada otot lengan atas. Dengan elbow sleeves ini, persendian siku kalian akan lebih stabil sehingga bisa mengurangi risiko cedera. 

Rizki Franのfavlist