10 Rekomendasi Produk Foundation untuk Kulit Kombinasi

10 Rekomendasi Produk Foundation untuk Kulit Kombinasi

Setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Secara garis besar ada empat jenis kulit yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Namun, jika ditelusuri lebih lanjut, jenis kulit kering, berminyak, dan kombinasi ini masih ada lagi jenisnya. Karena itu, sekarang ini banyak produk kosmetik maupun skincare yang dibuat menyesuaikan dengan berbagai jenis kulit. 


Saya sendiri memiliki jenis kulit kombinasi yang berminyak di area T-zone (dahi, hidung, pipi dan dagu) dan kering di area U-zone (rahang dan pinggiran bibir bawah). Dulu saya sangat struggling untuk mencari foundation yang sesuai dengan kulit saya. Namun, setelah mencoba beberapa produk akhirnya saya menemukan produk yang cocok. Jika kalian memiliki kulit kombinasi seperti saya dan sedang mencari foundation juga, baca yuk, rekomendasi dari saya berikut ini!


Creator Image
Liamelqha
Beauty & lifestyle blogger
  • Too Faced
    Born This Way Foundation


    Liamelqha

    Menurut saya, produk ini adalah salah satu high end foundation yang hasilnya sangat memuaskan. Cocok digunakan untuk acara spesial karena tidak membuat wajah berkeringat berlebihan. Hasilnya lebih mengarah ke dewy ketimbang matte. Coverage-nya full tetapi tidak terasa berat di kulit. 


    Untuk full coverage dengan hasil yang natural, aplikasikan produk menggunakan sponge. Kalau menggunakan brush, ada beberapa area U-zone yang terlihat kering. Jadi, kalau kalian ingin look yang terlihat lebih matte, aplikasikan saja translucent powder atau setting powder pada area yang terlalu dewy


    Produk ini juga bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Jangan mengaplikasikan terlalu banyak jika kalian tidak menginginkan hasil yang terlalu full coverage. Setengah pump sudah cukup. Aplikasikan menggunakan brush agar terlihat medium coverage meskipun hanya menggunakan setengah pump.

  • L'Oreal Paris
    Infallible 24H Liquid Foundation


    Liamelqha

    Foundation ini saya pilih karena diklaim transferproof, air light texture, long wearing dan semimatte finish. Cara pemakaiannya bisa dengan menggunakan brush ataupun sponge. Gunakan brush untuk hasil yang full coverage dan gunakan sponge untuk hasil medium coverage. Produk ini bisa digunakan pagi, siang, dan malam hari.


    Untuk pemilik kulit kombinasi, jangan lupa selalu gunakan skincare yang menghidrasi kulit, terlebih lagi di area wajah yang kering. Jika area kulit yang kering sedang mengelupas, kalian bisa mencampur sedikit face oil pada foundation ini. Dengan begitu, area kulit yang kering tidak terlihat terlalu kering lagi. Jika kalian sedang mencari produk yang medium to full coverage untuk acara formal maupun informal, cobalah foundation ini.

  • Wet n Wild
    Photo Focus Foundation


    Liamelqha

    Klaim flawless finish dan cocok untuk segala lighting foto membuat saya kepincut dengan foundation ini. Apalagi karena pekerjaan saya yang berada di depan kamera, saya membutuhkan foundation yang bisa menghasilkan tampilan yang natural.


    Saya menggunakan brush untuk hasil yang lebih full coverage dan menggunakan sponge untuk hasil yang lebih medium coverage dan lembap. Biasanya saya juga menggunakan sponge untuk area U-zone yang kering. Jadi, area tersebut tidak terlihat makin kering. 


    Hasil yang tetap dewy walau diaplikasikan dua layer adalah kelebihan foundation ini. Jika kalian memiliki hidung yang sensitif terhadap aroma, mungkin akan merasa terganggu dengan aromanya pada pemakaian awal. Namun, aromanya akan menghilang belakangan. 


    Jika menginginkan hasil yang matte, kalian hanya perlu menambahkan sedikit powder setelah pengaplikasian foundation. Dalam sekejap, wajah yang tadinya dewy akan menjadi matte.

  • The Body Shop
    Matte Clay Foundation


    Liamelqha

    Vegan, lightweight, enriched with tea tree and leaves breathable and full coverage finish adalah klaim yang menarik perhatian saya terhadap foundation ini. Dilihat dari klaimnya, foundation ini akan lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Jadi, penggunaan foundation ini untuk kulit kombinasi memang sedikit tricky


    Foundation dengan aroma tea tree dan bertekstur ringan ini kurang mampu menutupi noda yang terlalu gelap di wajah. Kalian harus menyamarkan noda tersebut dengan concealer sebelum mengaplikasikan foundation ini


    Sama seperti foundation Wet n Wild sebelumnya, aplikasi untuk area U-zone yang kering lebih mudah jika menggunakan sponge yang lembap. Hasil akhirnya matte dan powdery sehingga kalian tidak perlu lagi menggunakan powder tambahan untuk menghindari hasil yang terlihat kering. 

  • Revlon
    ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15


    Liamelqha

    Revlon Colorstay Makeup ini memiliki dua tipe, tipe untuk kulit combination/oily dan tipe untuk kulit normal/dry. Sudah jelas pemilik kulit kombinasi akan memilih yang tipe combination/oily. Saat ini, foundation ini sudah memiliki pump sebagai aplikator untuk mengeluarkan produknya. Aplikator ini tidak ada pada kemasan yang terdahulu. Jadi, produk harus dituang ke tangan dulu dan rata-rata selalu menuang kebanyakan. 


    Hasil dari foundation drugstore ini termasuk medium to full coverage. Cocok digunakan untuk acara spesial seperti acara ulang tahun, wisuda, maupun kondangan. Hasilnya membuat wajah terlihat mulus dan halus tanpa membuat area U-zone menjadi makin kering dan area T-zone semakin berminyak. Pilihan warnanya pun beragam sehingga bisa kalian sesuaikan dengan warna dan tone kulit kalian.

  • Make Over
    Powerstay Weightless Liquid Foundation


    Liamelqha

    Produk ini adalah produk lokal dengan harga murah tetapi tidak murahan. Cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari maupun acara pesta. Dipakai saat ke mall untuk belanja bulanan juga cocok. Hasilnya di kulit kombinasi adalah matte di area U-zone dan semimatte di area T-zone. Foundation ini juga memiliki powdery finish. Jadi, kalian tidak terlalu perlu menambahkan powder. Namun, kalian bisa menambahkan powder sesuai kebutuhan. 


    Foundation ini tidak meng-enhance kulit kering di area U-zone. Dipakai tanpa primer pun foundation ini berhasil bertahan cantik kurang lebih selama 6 jam. Bahkan, hasilnya tetap oke walaupun kalian keringatan. Jika kalian juga menggunakan primer, hasilnya pasti akan lebih luar biasa. Pilihan warnanya pun cocok untuk kulit orang Indonesia.

  • Inez
    Lustrous Liquid Foundation


    Liamelqha

    Siapa yang tidak mengenal brand kosmetik legenda satu ini? Inez Cosmetics sudah malang melintang di dunia per-beauty-an Indonesia sejak lama. Foundation dari brand ini memiliki kandungan silikon di dalamnya. Silikon sendiri banyak terdapat pada produk primer wajah yang digunakan sebelum menggunakan foundation. Dengan adanya kandungan silikon, hasil dari foundation ini membuat wajah terlihat lebih halus. 


    Sebelum menggunakan foundation seperti ini jangan lupa mengocoknya dengan baik. Aplikator yang tepat untuk mengaplikasikan foundation seperti ini adalah brush atau sponge yang kering. Jika diaplikasikan dengan menggunakan sponge yang lembap hasilnya akan kurang baik. Setelah menggunakan foundation ini, pastikan kalian melakukan deep cleansing ya. Jadi, silikonnya terangkat dengan sempurna dari pori-pori.

  • Purbasari
    Alas Bedak Daily Series


    Liamelqha

    Purbasari juga salah satu brand legendaris lainnya yang sudah terkenal dengan produk kosmetik maupun body care-nya. Beberapa produk kosmetik mereka masih jadi favorite generasi zaman now maupun generasi sebelumnya. 


    Alas bedak ini pun nyaman dipakai sehari-hari untuk aktivitas kuliah maupun belanja di mall yang tidak memerlukan coverage yang tinggi. Variannya memang hanya empat warna. Jadi, kalau kalian belum menemukan warna yang tepat kalian bisa mencampurkan beberapa warna sampai menemukan warna yang mendekati warna kulit. 


    Foundation ini bisa digunakan dengan menggunakan jari, brush, maupun sponge. Untuk mencapai coverage yang tinggi, biasanya saya mencampurkannya dengan foundation dari brand lain yang memiliki coverage yang tinggi. Dengan begitu, hasil akhirnya terlihat lebih natural. Saya menyukai foundation ini karena adanya varian kuning gading yang jika dicampur dengan foundation lain akan membuat yellow undertone pada warna foundation.

  • Make Over
    Powerstay Matte Powder Foundation


    Liamelqha

    Selain liquid, ada foundation dengan bentuk powder atau disebut juga two way cake pada beberapa produk. Produk seperti ini bisa digunakan sebagai foundation karena coverage-nya yang cukup tinggi. Powder foundation juga dapat digunakan untuk merapikan foundation liquid/cream yang diaplikasikan sebelumnya. Nah, powder foundation ini bisa diaplikasikan dengan menggunakan sponge yang kering maupun lembap. Jika diaplikasikan menggunakan brush, hasilnya tidak akan berbeda dengan powder bisa. 


    Supaya hasilnya lebih menempel, aplikasikan powder foundation ini dengan menekannya pelan dan bukan digeser-geser. Make Over Powerstay Matte Powder Foundation ini memiliki hasil yang powdery dan cukup full coverage untuk ukuran powder foundation. Untuk kulit kombinasi, kalian tidak perlu takut area U-zone terlihat kering. Cukup aplikasikan moisturizer yang cukup pada area yang kering dan jangan lupa gunakan setting spray setelah menggunakan powder foundation. Hasilnya, wajahmu akan terlihat lebih dewy.

  • Lanore
    Brightening Powder Foundation


    Liamelqha

    Powder foundation ini mengandung arbutin yang dapat membantu mencerahkan dan menyamarkan noda hitam pada kulit wajah. Hasil coverage-nya tidak sebaik Make Over Powerstay Matte Powder Foundation sebelumnya. Namun, hasilnya cukup untuk menutupi kemerahan di wajah dan menyamarkan noda bekas jerawat. 


    Produk ini merupakan series dari Supreme Glow. Meskipun "glow", powder foundation ini tidak membuat kulit kombinasi menjadi makin berminyak pada bagian T-zone. Malah hasilnya menjadi natural glowing, lho. 


    Untuk hasil yang lebih full coverage, saya biasanya mengaplikasikannya di atas CC cream. Coverage dari produk ini juga cukup oke untuk pemakaian sehari-hari. Awal pemakaian mungkin akan terlihat powdery, tetapi lama-kelamaan akan tampak glowing di wajah. 


    Jika kalian kurang menyukai hasil powdery-nya, kalian bisa langsung menyemprotkan face mist ataupun setting spray. Kalian tidak perlu khawatir karena hasilnya tetap natural dan tidak tampak cakey.