9 Rekomendasi Produk Skincare untuk Si Kulit Berminyak

9 Rekomendasi Produk Skincare untuk Si Kulit Berminyak

Adakah di antara kalian yang memiliki kulit wajah berminyak? Bagi pemilik kulit wajah berminyak, biasanya akan mendapatkan kesulitan untuk memilih produk perawatan yang cocok. Tentunya kita tidak ingin wajah terlihat seperti kilang minyak, bukan? Terkadang, salah memilih produk malah akan membuat wajah tambah berminyak dan terlihat kusam. Inilah yang pernah saya alami ketika membeli produk skincare yang salah. 


Alih-alih wajah tampak sehat dan bersinar, yang ada malah kulit wajah tambah kusam dan semakin berminyak. Dari pengalaman tersebut, saya akhirnya memilih beberapa produk skincare yang cocok dan tidak memiliki efek samping di wajah. Berikut adalah rekomendasi produk skincare untuk kulit wajah berminyak dengan harga yang sangat terjangkau dan sudah pernah saya coba. Semoga rekomendasi ini juga cocok bagi kalian, ya!


Creator Image
Finastri Annisa
Digital content creator & lifestyle blogger
  • Kao
    Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear


    Finastri Annisa

    Cleansing water adalah salah satu pilihan praktis untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, atau makeup. Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear ini sangat mudah digunakan dan mengangkat semua kotoran di wajah dengan cepat. Caranya hanya dengan meneteskan cairan di kapas dan mengusapkannya dengan lembut di wajah. Kita bisa menggunakannya sebelum menggunakan cleansing oil atau cleansing balm sebagai permulaan ritual membersihkan wajah. 


    Namun, pastikan kalian membersihkannya dengan cara mengusap dan bukan menggosok, ya. Hal ini supaya tidak terjadi iritasi di kulit. Karena cleansing water ini berbahan dasar air, wajah pun tidak lengket atau tambah berminyak. Setelah menggunakannya pun wajah saya terasa lebih lembap, segar, dan terasa lebih bersih karena tidak ada minyak-minyak yang tersisa di wajah. Produk ini juga aman digunakan setiap hari dan tidak menimbulkan iritiasi di kulit wajah saya.

  • ElshéSkin
    Deep Cleansing For Oily Skin


    Finastri Annisa

    ElshéSkin Deep Cleansing for Oily Skin ini memiliki tekstur seperti gel yang bening. Jadi, tidak terlalu cair tetapi juga tidak terlalu kental. Cukup menggunakan beberapa tetes untuk membersihkan wajah secara keseluruhan. Penggunaannya pun sangat mudah, kita hanya tinggal menuangkan cairan ke tangan atau kapas. Namun, saya pribadi lebih suka menuangkan ke tangan lalu mengusapkannya ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar. 


    Setelah kita usap dan sedikit massage, akan keluar busa-busa yang lembut. Alhasil, lapisan foundation, bedak, eye shadow, atau eye liner pun ikut luntur bersama gel. Produk ini sangat saya rekomendasikan bagi para pemilik wajah berminyak yang suka menggunakan heavy makeup karena semua sisa makeup akan terangkat. Tidak perlu khawatir ada makeup yang bersisa dan menumpuk sehingga menjadi komedo atau sebum di wajah.

  • Cetaphil
    Gentle Skin Cleanser


    Finastri Annisa

    Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah salah satu produk favorit saya sejak tahun 2018 yang lalu. Kandungan non-comedogenic membuat produk ini sangat aman digunakan oleh semua jenis kulit bahkan oleh bayi sekalipun. Pembersih ini tidak mengandung bahan-bahan seperti alkohol, parfum, dan bahan lainnya yang menyebabkan iritasi.


    Produk ini biasanya saya gunakan setelah membersihkan wajah dengan cleansing water atau cleansing oil untuk mengangkat sisa-sisa makeup atau minyak yang masih menempel. Jadi, bisa dipastikan bahwa wajah benar-benar bersih. Produk ini tidak membuat kulit menjadi sangat kering atau tambah berminyak, tetapi justru membuat kulit lebih lembap dan bersih karena pH-nya yang seimbang. Selain untuk membersihkan kulit wajah, Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga bisa digunakan untuk mandi, lho!

  • ElshéSkin
    Oily Refresh Toner


    Finastri Annisa

    Toner ini berfungsi untuk memberikan kesegaran dan mengangkat sisa-sisa kotoran yang belum terangkat saat mencuci wajah dengan cleansing wash. Jadi, produk ini digunakan untuk melengkapi produk pembersih wajah tahap sebelumnya dalam perawatan kulit berminyak kita.


    Produk ini biasanya saya gunakan pada pagi hari sebelum menggunakan sunscreen, BB cream, atau foundation. Dengan begitu, wajah saya lebih fresh dan siap untuk diaplikasikan dengan makeup


    Cara menggunakannya juga sangat mudah. Setelah mencuci wajah, teteskan empat sampai lima tetes cairan toner ke kapas. Setelah itu, tepuk-tepukkan secara halus di wajah sampai meresap. 


    Ingat, aplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk, jangan digosok atau diaplikasikan secara kasar. Biarkan selama kurang lebih lima menit sebelum menggunakan step perawatan lainnya.

  • ElshéSkin
    Sebum Reducer Serum


    Finastri Annisa

    ElshéSkin Sebum Reducer Serum adalah produk yang berfungsi untuk mengurangi sebum yang biasanya sangat berpotensi untuk menjadi jerawat dan komedo di wajah. Bagi kulit berminyak seperti saya, potensi untuk kotoran menumpuk di wajah sangat tinggi. Untuk itu, Sebum Reducer Serum ini sangat membantu untuk mengurangi sebum dan menghilangkan tumpukan komedo akibat minyak yang menumpuk.


    Serum ini bisa digunakan setelah semua rangkaian skincare selesai diaplikasikan. Teksturnya yang cukup cair membuat serum ini sangat mudah menyerap di kulit dan tidak lengket di wajah. Sebenarnya, serum ini juga bisa dipakai untuk makeup base di pagi atau siang hari sebelum menggunakan makeup. Setelah penggunaan rutin selama satu bulan, saya merasa kulit wajah lebih kenyal, minyak lebih terkontrol, dan komedo pun juga lebih sedikit dari biasanya.

  • Himalaya Herbals
    Purrifying Neem Mask


    Finastri Annisa

    Masker ini bertekstur scrub dengan warna hijau. Sejak pemakaian pertama kali, saya langsung merasakan manfaatnya yaitu wajah menjadi lebih bersih, cerah, halus, dan tidak ada sisa minyak di wajah. Bahkan, komedo-komedo pun ikut terangkat. Untuk menggunakannya, kita hanya tinggal mengoleskan masker ke seluruh bagian wajah secara merata. Tunggulah 15-20 menit sampai masker kering baru setelah itu cuci wajah dengan menggunakan lap wajah dan air hangat. 


    Lap perlahan dan jangan digosok agar scrub tidak membuat wajah menjadi merah. Dengan harga yang sangat terjangkau, masker ini dapat digunakan secara rutin seminggu sekali sebagai bagian dari exfoliating kulit wajah. Tidak hanya mengurangi sekresi minyak, masker ini juga mencegah timbulnya jerawat atau beruntusan di wajah. Masker ini wajib dicoba oleh pemilik wajah berminyak dan berjerawat.

  • Bio-Essence
    Bio-Renew Deep Exfoliating Gel


    Finastri Annisa

    Gel exfoliator ini adalah salah satu produk dari Bio-essence yang menjadi favorit saya. Selain berfungsi untuk membersihkan minyak di wajah, gel yang memiliki aroma seperti jamu ini sangat efektif menghilangkan komedo, mengangkat kotoran hingga ke pori-pori wajah, serta mengangkat sel-sel kulit mati.


    Untuk menggunakannya, kita hanya tinggal menggosokkan gel ke wajah. Bagian yang biasanya cukup lama saya gosok adalah area hidung dan dagu karena di situlah tempat bertumpuknya minyak yang menjadi komedo. Setelah selesai digosok, biasanya akan muncul butiran kotoran yang berwarna kehitaman (seperti daki). Jika wajah sudah cukup bersih, kotoran tersebut tidak akan muncul kembali dan wajah siap untuk dibilas.


    Saran penggunaan dari saya, jangan menggunakan gel exfoliator ini sebelum bepergian atau terkena sinar matahari langsung karena dapat membuat wajah tampak kemerahan atau menyebabkan white cast. Untuk keamanan dan kenyamanan, gunakan saat berada di rumah atau saat malam hari.

  • L'Oreal Paris
    Revitalift Crystal Micro-Essence


    Finastri Annisa

    Revitalift Crystal Micro-Essence adalah salah satu produk terbaru dari brand L'Oreal Paris. Produk ini mengandung Centella asiatica yang berfungsi mengembalikan fungsi kulit dan mencegah penuaan dini. Walaupun belum berusia 30 tahun, pencegahan penuaan dini sangat saya butuhkan karena faktor lingkungan dan makanan yang bisa saja mempercepat penuaan.


    Hal yang sangat saya suka dari essence ini adalah teksturnya yang ringan dan cair sehingga sangat cepat terserap kulit dan tidak lengket di wajah. Klaim dari L’Oreal Paris, produk ini bisa terserap sampai sepuluh lapisan kulit wajah. Saya biasanya menggunakannya di malam hari setelah double cleansing dan menggunakan toner. Baru setelah itu saya menggunakan night cream dan serum. 


    Cara menggunakannya mudah, hanya tinggal meneteskan cairan essence di tangan lalu menepuk-nepuk wajah secara menyeluruh. Setelah pemakaian selama kurang lebih 10 hari, saya merasa kulit wajah lebih cerah dan sehat. Wajah saya juga tidak terlalu berminyak walaupun menggunakan makeup yang tebal.

  • Kao
    Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense


    Finastri Annisa

    Produk ini adalah salah satu produk sunscreen favorit saya. Teksturnya ringan karena water base, tidak lengket, dan mudah sekali terserap. Jadi, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini sangat friendly untuk kulit berminyak. Selain itu, produk ini juga lebih tahan terhadap keringat dan air sehingga tidak perlu khawatir menjadi cepat luntur. 


    Walaupun SPF-nya yang cukup tinggi yaitu 50, tetapi produk ini tidak menimbulkan komedo atau tumpukan minyak berlebih. Salah satu kekhawatiran saya ketika memilih sunscreen adalah adanya white cast atau putih berlebihan di kulit setelah pengaplikasian produk. Ternyata, produk ini sangat nyaman dan aman dari masalah tersebut.