10 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak 3 Tahun

10 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak 3 Tahun

Creator Image
Helenamantra
Mom Blogger
  • Kartu Edukasi
    Puzzlo What Color?


    Helenamantra

    Mengenal warna menjadi salah satu kemampuan anak usia 3 tahun. Dimulai dari mengenal tiga warna dasar (merah, kuning, dan biru) kemudian berlanjut dengan ragam warna lain. Dengan Puzzlo What Color? belajar mengenal warna menjadi lebih mudah. Mainan ini berupa kartu berbentuk lingkaran yang bagian tengahnya dapat dilepas. 

    Cara bermainnya adalah dengan mencocokkan warna lingkaran besar dengan warna lingkaran kecil. Bila anak belum hafal nama warnanya, ia dapat mencocokkan berdasarkan kesamaan warna. Setiap lingkaran warna juga disertai gambar dan nama benda dalam bahasa Indonesia serta bahasa Inggris. Jadi, mainan Puzzlo ini sekaligus dapat mengenalkan nama benda dalam dwibahasa.
  • Melissa & Doug
    Pattern Blocks and Boards Classic Toy


    Helenamantra

    Bentuk geometri ada di sekitar kita. Pengenalan berbagai bentuk geometri dapat dilakukan dengan menunjuk benda-benda yang mudah dijumpai oleh anak. Misalnya, roda berbentuk lingkaran atau pintu berbentuk persegi panjang. Bermain dengan geometri juga dapat dilakukan dengan menyusun balok. Sambil mengenal berbagai bentuk geometri, anak dapat menyusun kepingan balok geometri menjadi berbagai bentuk.

    Melissa & Doug Pattern Blocks and Boards menjadi favorit SID, anak saya. Melissa & Doug Pattern Blocks and Boards menyediakan ratusan keping geometri dari kayu yang bisa disusun menjadi bentuk tertentu. Bentuk geometri tersebut antara lain persegi, belah ketupat, diamond, segitiga, trapesium, dan segi enam. Mainan edukatif ini juga menyediakan contoh beberapa bentuk yang dapat dicoba. Anak dapat menyusun pola berdasarkan contoh yang ada seperti bentuk ikan, kapal, anjing, dan sebagainya.
  • Chunky Puzzle Angka dan Bentuk


    Helenamantra

    Anak usia 3 tahun memiliki kemampuan kognitif dalam mengenal angka. Kemampuan tersebut yaitu membilang angka 1 – 10 tanpa benda yang dibilang (hafalan) juga membilang dengan menunjuk benda yang dibilang. Kemampuan ini dapat diasah melalui mainan puzzle kayu angka. Dengan memegang puzzle angka, anak dapat menggunakan indera peraba dan penglihatannya untuk mengenal bentuk angka 0 – 9. Anak dapat mencocokkan bentuk angka dan memasangkannya di tempat yang benar. 

    Sering menjumpai anak yang ketika belajar menulis terbolak-balik angka 3 seperti E atau 2 seperti 5? Nah, dengan bermain puzzle angka, anak akan mudah menghafalkan bentuk angka. Hafalan ini berguna untuk kemampuan menulis anak nantinya. Jadi, anak tidak terbalik saat menulis angka-angka tersebut.
  • Vtech
    Sit-to-Stand Alphabet Train


    Helenamantra

    Mainan berbentuk kereta dari Vtech ini termasuk lengkap untuk media belajar anak usia 3 tahun. Di sini anak-anak dapat belajar mengenal huruf A sampai Z, angka 1 sampai 5, warna, menyanyi, dan sebagainya. Sit-to-Stand Alphabet Train dapat dimainkan dengan tiga cara. Pertama, dinaiki sebagai kereta mini yang membawa balok-balok alfabet. Kedua, didorong untuk anak yang sedang belajar jalan. Terakhir, dimainkan saat si kecil duduk di samping kereta.

    Huruf A sampai Z pada Sit-to-Stand Alphabet Train berbentuk balok huruf yang dapat dipasang di sisi kereta. Cara bermainnya, anak membuka halaman buku yang berisi empat huruf kemudian mencari balok huruf yang cocok untuk dipasang di samping buku tersebut. Bila balok hurufnya tidak tepat maka akan ada peringatan sehingga anak tahu harus mencari balok huruf lain. Dengan ini belajar ABC akan semakin mudah dan menyenangkan.
  • Magformers
    Rainbow 14PC Set


    Helenamantra

    Bagian yang menarik dari mainan ini adalah tiap kepingnya mudah disusun karena ada magnet yang merekatkan antar keping. Kepingan Magformers ini juga tersedia dalam berbagai warna dan bentuk. Bentuk yang tersedia antara lain adalah persegi, segitiga, trapesium, segi enam, bahkan ada roda untuk paket tertentu.

    Magformers Rainbow 14PC Set telah dilengkapi buku petunjuk berisi contoh-contoh bentuk 2D dan 3D beserta cara pembuatannya. Buku petunjuk ini memudahkan anak untuk merancang bentuk yang diinginkan. Namun, saya lebih suka membebaskan anak berkreasi sesukanya. Menggabungkan kepingan-kepingan menjadi bentuk tertentu tanpa terpatok petunjuk di buku akan mengembangkan daya imajinasi anak.
  • Melissa & Doug
    Wooden Latches Board


    Helenamantra

    Melissa & Doug Wooden Latches Board merupakan papan dengan enam pintu yang memiliki kunci atau gerendel berbeda-beda. Ada gerendel yang perlu diangkat, digeser, atau diputar untuk membuka pintunya. Berbagai bentuk gerendel ini melatih motorik anak dalam membuka dan menutup pintu tersebut.

    Setiap pintu memiliki warna dan angka berbeda, dari 1 sampai 6. Selain mengasah kemampuan motoriknya, anak dapat belajar mengenal warna dan berhitung lewat mainan Wooden Latches Board ini. Saat pintu dibuka, terdapat gambar hewan sejumlah angka yang tertera di depan rumah. Misalnya, rumah oranye dengan angka 6 berisi gambar enam ikan oranye. Ajak anak menghitung bersama jumlah hewan di dalam rumah tersebut.
  • Beleduc
    Layer Puzzles Your Body


    Helenamantra

    Anggota tubuh yang terlihat seperti tangan, kaki, dan kepala sudah umum dipelajari anak balita. Namun, pernahkah anak penasaran tentang apa yang ada di dalam tubuhnya? Lewat Beleduc Layer Puzzles Your Body, anak dapat mengenal lebih dalam bagian-bagian tubuhnya selapis demi selapis dengan cara menyenangkan yaitu memasang kepingan puzzle.

    Puzzle ini terdiri dari lima lapis. Bagian pertama bergambar anak menggunakan pakaian. Setelah bagian demi bagian anggota tubuh dilepas, nampak gambar anak tanpa pakaian yang badannya ditutupi kulit. Layer selanjutnya ketika kulit dilepas terlihat bagian otot-otot di sekujur tubuh. Setelah lapisan otot dilepas, anak dapat melihat organ tubuh seperti jantung, paru-paru, otak, usus, dan sebagainya. Lapisan terakhir yaitu tulang yang menyangga tubuh.

    Beleduc Layer Puzzles Your Body terdiri dari dua macam, versi anak perempuan (girl) dan versi anak laki-laki (boy). Dengan memainkan dua macam versi tersebut, anak dapat mengenal perbedaan ciri fisik anak laki-laki dan perempuan.
  • Early Learning Centre
    Little Cooks Kitchen


    Helenamantra

    Pretend play atau bermain peran menjadi aktivitas mengasyikkan untuk anak 3 tahun. Ia dapat mencoba berbagai profesi impian dan berpura-pura sibuk layaknya orang dewasa. Salah satu permainan peran yang menarik perhatian SID yaitu menjadi koki (mungkin karena melihat orang tuanya kerap sibuk di dapur). Dengan ELC Toys Little Cooks Kitchen bermain peran menjadi koki semakin seru. 

    Anak dapat berpura-pura memasak, menyajikan makanan, serta mencuci piring. Dari segi warna juga menarik dan ukuran dapurnya sesuai dengan tinggi anak sehingga peralatan memasak mudah dijangkau. Jalin komunikasi dengan anak sambil bermain menjadi koki cilik agar kemampuan bahasanya terasah. Misalnya, saya memesan makanan lalu SID yang menyiapkan. Ia “bekerja” layaknya koki dan pramusaji. Tak lupa saya puji masakannya agar ia semakin bangga.
  • Panasan Central Fibre
    Meronce Kayu Geometri


    Helenamantra

    Koordinasi tangan dan mata merupakan salah satu kemampuan motorik anak yang berkembang di usia 3 tahun. Mainan meronce dengan manik-manik besar dapat melatih kemampuan tersebut. Selain itu, meronce juga akan melatih konsentrasi, ketelitian, dan kesabaran anak.

    Dengan meronce anak akan menggunakan jarinya untuk mengambil dan memasukkan tali ke lubang manik-manik. Lubang manik-manik yang besar pada mainan kayu meronce akan memudahkan anak memasukkan tali ke lubang manik-manik satu demi satu.

    Mainan kayu meronce ini terdiri dari potongan kayu dalam berbagai bentuk dan warna. Jadi, anak dapat memainkannya sambil mengenal bentuk geometri dan warna. Setelah lancar meronce, kreasikan dengan menyusun manik-manik warna atau bentuk tertentu. Misalnya, meronce dengan manik-manik warna merah saja atau meronce dengan pola bola – kubus – segitiga.
  • Weeride
    Balance Bike


    Helenamantra

    Energi pada anak usia 3 tahun seperti tidak ada habisnya. Untuk menyalurkan energinya dengan kegiatan positif yang melatih fisik, sepeda menjadi mainan yang tepat. Weeride Balance Bike merupakan sepeda roda dua dengan ukuran sesuai anak usia 2 sampai 5 tahun. 

    Balance bike, disebut juga push bike, tidak memiliki pedal karena bertujuan untuk melatih keseimbangan anak sebelum menggunakan sepeda roda dua dengan pedal. Anak menjalankan sepeda ini dengan berlari. Rangka sepeda yang ringan memudahkan anak melaju dengan kakinya atau memberdirikan sepeda yang jatuh. Ukuran Weeride Balance Bike ini lebih kecil dibanding sepeda roda empat sehingga mudah dibawa bepergian.