7 Rekomendasi Produk Perlengkapan Fotografi Super Kece untuk Fotografer Wanita

7 Rekomendasi Produk Perlengkapan Fotografi Super Kece untuk Fotografer Wanita

Kegiatan menangkap momen atau objek dengan menggunakan kamera adalah hobi yang sedang populer saat ini. Bahkan semakin banyak dari mereka yang awalnya hanya sekadar hobi, kemudian jatuh cinta dan mulai menekuni fotografi secara profesional. Pekerjaan fotografer memang sangat menarik untuk digeluti bahkan oleh kaum wanita sekalipun. Saat ini sudah banyak juga fotografer wanita di Indonesia yang mulai menunjukkan kemampuannya memotret dan merekam momen. 


Ada banyak tema fotografi yang bisa kalian geluti sebagai fotografer wanita. Tema tersebut antara lain adalah fashion photography, food photography, newborn and baby photography, hingga travel photography. Kalau kalian tertarik ingin menekuni profesi fotografer, selain memiliki kamera sebagai modal utama, kalian membutuhkan perlengkapan lainnya. Saya akan merekomendasikan tujuh produk perlengkapan fotografi super kece yang sebaiknya kalian miliki untuk menunjang profesi sebagai fotografer wanita. Yuk, disimak!


Creator Image
Zizy Damanik
Lifestyle blogger & photographer
  • Canon
    EF50mm f/1.4 USM


    Zizy Damanik

    Untuk kalian pengguna Canon, lensa ini adalah lensa yang wajib dimiliki. Lensa mid tele ini paling pas untuk pemotretan model atau still object. Lensa 50mm ini memiliki bukaan hingga f1.4 yang artinya lensa akan membuka cukup lebar sehingga mampu menangkap cahaya sebanyak mungkin. Jadi, lensa ini sangat bisa diandalkan untuk memotret dalam keadaan minim cahaya.


    Kelebihan lainnya adalah lensa ini dapat menghasilkan gambar dengan efek bokeh yang maksimal. Efek bokeh adalah tampilan foto dengan fokus pada objek sementara sekeliling dan belakang objek terlihat blur dan lebih lembut. 


    Namun, bukaan lensa f1.4 tadi bisa membuat fokus menjadi terlalu sempit. Jadi, kalian juga harus ekstra teliti dalam memotret. Misalnya, ketika sedang memotret model, kalian harus memperhatikan apakah fokus hanya tertuju pada satu mata atau tidak. 

  • National Geographic
    Mediterranean Shoulder Bag


    Zizy Damanik

    Tas kamera termasuk perlengkapan fotografi yang bisa mendukung penampilan kalian ketika akan pergi memotret. Kebanyakan tas kamera yang beredar di pasaran memang cenderung mempunyai bentuk dan warna yang maskulin. Jadi, memilih tas kamera yang stylish dan cocok untuk fotografer wanita butuh sedikit effort.


    Tas kamera National Geographic ini bisa menjadi pilihan untuk menemani kalian memotret. Bentuknya simpel, bisa memuat beberapa lensa, dan yang pasti kualitasnya terjamin. Tas Natgeo memang dikenal kuat dan kokoh dan sering menjadi daftar pilihan utama para fotografer profesional. Dengan lapisan sekat yang padat tetapi lembut, kamera dan lensa kalian akan terlindungi dengan aman. Warna birunya juga membuat tampilan kalian sebagai fotografer menjadi lebih stylish.

  • Fujifilm
    Fujinon XF35mmF2 R WR


    Zizy Damanik

    Lensa prime lainnya yang saya rekomendasikan adalah lensa Fujinon XF35mmF2 R WR untuk pengguna kamera Fujifilm. Lensa primadona Fuji ini mempunyai harga jauh lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya (35mm f1.4) tetapi dengan kualitas yang tak kalah.


    Keunggulan pertama lensa ini adalah focal length yang pas untuk memotret apapun. Bila kalian seorang food photographer atau seorang ibu muda yang suka memotret kegiatan anak, maka lensa ini sesuai untuk itu. Ini karena kalian akan mendapatkan jarak memotret objek dengan lebih mudah.


    Kelebihan lainnya adalah kemampuan Weather Resistance (WR) yang dimilikinya. Jadi, kalian tak perlu khawatir ketika di tengah perjalanan memotret mendadak rintik hujan turun atau ada cipratan mengenai lensa. Hasil gambar yang tajam juga menjadikan lensa ini primadona. Dengan bobot yang super ringan dan bentuknya yang mungil, kalian tidak akan kesulitan menyelipkan body dan lensa ke dalam tas.

  • Vanguard
    Sydney II 22


    Zizy Damanik

    Pilihan tas kamera lainnya untuk fotografer wanita adalah shoulder bag Vanguard ini. Bentuknya sedikit oval dan pilihan warnanya cerah. Tak heran tas ini menjadi pilihan favorit para wanita belakangan ini. Satu kelebihan tas ini adalah adanya fake zipper di bagian atasnya. Jadi, bisa mengelabui orang-orang yang iseng ingin membuka dan menjamah isi tas kalian. Ketika dibuka, langsung kosong begitu saja tanpa kantong. 


    Bentuknya yang mirip tas perempuan juga membuatnya multifungsi. Kamera dan lensa di satu sisi, lalu sisi lainnya dapat diisi dompet, handphone dan pouch makeup kecil. Selain itu, tas ini juga dilengkapi laci-laci kecil. Laci-laci ini bisa kalian gunakan untuk menyimpan memory card cadangan, baterai kamera, hingga tisu pembersih lensa. Saya biasa menggunakan tas kamera ini untuk kebutuhan memotret di acara sekolah anak atau kebutuhan memotret sehari-hari lainnya.

  • Fujifilm
    Fujinon XF23mmF1.4 R


    Zizy Damanik

    Lensa Fujinon XF 23mm F1.4 R ini adalah lensa premium wide-angle yang dirancang untuk menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi. Tidak hanya super tajam, lensa ini juga sangat akurat dan hampir instan, serta memiliki hasil bokeh yang luar biasa. Dengan aperture maksimum f1.4 menjadikannya jagoan untuk memotret dalam kondisi minim cahaya.


    Sebagian fotografer menggunakan lensa ini untuk street photography hingga travel photography. Namun, sebenarnya lensa ini bisa digunakan untuk memotret apapun. Untuk portrait photography pun akan menghasilkan fokus yang tajam dengan ambience yang masih terekam untuk mendukung momen foto tersebut.


    Satu-satunya yang sedikit merepotkan dari lensa ini hanyalah masalah perpindahan fokus manual. Kalian harus menarik atau mendorong gelang yang melingkar di lensa untuk memilih mode fokus manual. Saya biasa menggunakan lensa ini untuk travel photography.

  • Vanguard
    VEO Select 41 Backpack


    Zizy Damanik

    Seorang travel photographer biasanya membawa peralatan perang cukup lengkap dibandingkan saat kebutuhan memotret sehari-hari. Peralatan tersebut antara lain adalah kamera dan beberapa lensa seperti lensa zoom dan lensa wide. Lalu ditambah flash, trigger, shutter remote, tripod atau light stand, segepok memory card, baterai cadangan, dan cleaning tools. Tak lupa pula filter untuk kebutuhan merekam gambar landscape


    Pengalaman saya selama ini, kesulitan saat travelling adalah camera backpack tidak cukup untuk diisi dompet dan pouch makeup kecil. Namun, dengan Vanguard VEO Select 41 Backpack ini semua bisa masuk. Pembagian slotnya pun merata sehingga tidak memberatkan punggung. 


    Kemudahan dalam menjangkau kamera dan lensa dengan cepat adalah kelebihan lain Vanguard VEO Select 41 Backpack ini. Tanpa perlu meletakkan tas, kalian cukup membuka ritsleting dari samping dan grab kamera dengan cepat. Backpack ini ukurannya tidak terlalu besar sehingga cocok untuk dipakai para fotografer wanita.

  • Sony
    Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA


    Zizy Damanik

    Jika kalian menggunakan body full frame dari Sony Indonesia, maka lensa yang satu ini wajib jadi salah satu pasangannya. Lensa favorit saya ini tidak pernah saya tinggal ke mana pun saya pergi untuk memotret. Lensa Sony Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA ini memiliki aperture maksimal f1.8. Jadi, sangat mendukung untuk memotret di dalam cahaya remang-remang. Selain itu, lensa ini memiliki auto fokus yang super cepat dan akurat ketika memotret.


    Satu hal yang paling saya suka dari lensa ini adalah kemampuannya menghasilkan resolusi foto tinggi dengan ketajaman dan kejernihan luar biasa. Saya sering menggunakannya untuk memotret model dengan jarak cukup dekat. Saya juga pernah menggunakannya ketika memotret fashion catwalk di dalam ruangan bercahaya minim. Hasilnya sama-sama tajam dan fokus. 


    So, saya sangat merekomendasikan lensa ini sebagai must have items. Konstruksi lensa ini juga didesain tahan dari debu dan kelembapan. Artinya lensa ini tetap bisa menjaga kinerja yang baik walau digunakan pada kondisi yang cukup keras.