7 Rekomendasi Gadget Pendukung Dokumentasi Perjalanan

7 Rekomendasi Gadget Pendukung Dokumentasi Perjalanan

Travelling sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia zaman sekarang. Perjalanan ke berbagai tempat, selain untuk refreshing dan bertamasya, bisa membuka wawasan dan memberikan pengalaman hidup yang bermakna. Selama travelling, kalian pastinya perlu mendokumentasikan aneka hal di perjalanan. Mulai dari foto, video aneka tempat wisata, kuliner, pengalaman, yang nantinya bisa di-share di social media


Membagikan pengalaman saat perjalanan #Aiptrip, bisa bermanfaat sebagai dokumentasi, kenangan, atau bisa menjadi guide bagi orang lain yang ingin melakukan hal yang sama. Setiap perjalanan membutuhkan gadget yang bisa mendukung dokumentasi perjalanan. Jadi, perjalanan akan terdokumentasikan dengan baik dan menjadi bahan kenang-kenangan yang tak akan terlupakan. Berikut ini saya rekomendasikan beberapa barang yang perlu dibawa sebagai pendukung dokumentasi perjalanan.


Creator Image
Arief Rachman
Travel blogger
  • Canon
    EOS M10 EF-M 15-45mm IS STM Kit


    Arief Rachman

    Canon EOS M10 menjadi andalan saya untuk mendokumentasikan perjalanan. Ukurannya yang cukup mungil dan ringan amatlah membantu saya untuk memotret atau membuat vlog. Kualitas gambar dan videonya bagus, cocok untuk blog, social media dan vlog. Selain lensanya bisa diganti-ganti, saya menyukai EOS M10 ini karena juga tangguh dipakai untuk travelling


    Kamera ini sangat ideal untuk vlogging karena layar sentuhnya bisa diputar. Jadi, kalian bisa melihat saat membuat vlog dengan kualitas Full HD. Ada juga self portrait mode untuk mempercantik kulit. Selain itu, fitur yang paling membantu adalah Wi-Fi and NFC dengan tombol khusus. Jadi, kalian bisa langsung transfer gambar atau video langsung ke smartphone supaya bisa lekas di-posting.

  • DJI
    Tello


    Arief Rachman

    Untuk pemula, DJI Tello bisa menjadi alternatif drone ekonomis yang bisa dipilih. Selain dapat digunakan untuk berlatih mengendalikan drone, produk ini juga bisa digunakan sebagai drone pengambil gambar dan video yang oke. Tello relatif mudah dikendalikan. Drone ini bisa mengabadikan beberapa spot cantik saat travelling atau menjadi alat selfie yang lumayan oke dari atas. 


    Saya biasanya memakainya untuk mendapatkan footage tambahan untuk vlog atau memotret gambar. Ukurannya yang mini juga membuat Tello praktis dibawa. Cukup dikendalikan dengan memakai HP saja. Saran saya, saat membeli drone ini sebaiknya membeli baterai cadangan sekalian. Jadi, saat baterai berkurang bisa lekas diganti sehingga proses pengambilan gambar dan video tidak akan terganggu.

  • Floating Waterproof Dry Bag


    Arief Rachman

    Apalah artinya gadget mahal saat terkena air. Penting untuk memiliki dry bag karena tidak semua alat elektronik waterproof. Dry bag adalah sebuah tas dengan bahan PVC mesh yang bisa melindungi semua gadget dari air. Saya memilih warna hijau neon supaya tas ini mudah terlihat. Tas ini mudah dibawa karena modelnya seperti backpack


    Saya memilih dry bag dengan kapasitas 10 liter. Kapasitas tersebut cukup untuk mengamankan gadget saya dari bencana terkena air. Saat emergency, tas bisa diset supaya menggembung dan mengambang di air. Tas ini merupakan investasi penting demi keselamatan gadget yang tidak waterproof. Bayangkan kerugian yang akan ditimbulkan saat gadget tidak terlindungi dari air. Lebih baik menyiapkan tas pelindung dengan harga ekonomis ini, bukan?

  • SanDisk
    Ultra SDHC/SDXC Memory Card


    Arief Rachman

    Saat travelling, memory card yang bisa menyimpan data mulai dari foto sampai video sangat dibutuhkan. Saya menggunakan SanDisk Ultra SDHC/SDXC Memory Card karena sangat bisa diandalkan. Kecepatannya mencapai 80 MB/s yang sudah cukup untuk proses menyimpan gambar atau video. Kalau kecepatan menyimpannya kurang, otomatis mengganggu proses dokumentasi. 


    Saya biasanya membeli memory card dengan ukuran memory 32 GB sebanyak beberapa buah. Supaya kalau hilang, saya masih memiliki cadangan. Saya takut kalau langsung membeli satu yang ukuran memory-nya besar. Kalau hilang bisa repot, bukan? SanDisk Ulta SDHC/SDXC Memory Card ini lumayan tangguh untuk dibawa selama travelling. Memory card ini bisa awet untuk jangka waktu yang lama selama disimpan di tempat kering, aman, dan pemakaian normal.

  • ASUS
    VivoBook X441MA


    Arief Rachman

    Ketika dalam perjalanan, saya membutuhkan sebuah laptop canggih untuk menyimpan data, update blog, mengedit foto dan video. ASUS VivoBook X441MA sangat mampu memenuhi semua kebutuhan saya. Ukuran layar 14 inci dan berat yang hanya 1,75 kg saja adalah poin plus laptop ini. Ringan tetapi kokoh. Dengan memory 4GB dan harddisk 1TB 5400 rpm SATA HDD saya bisa menyimpan foto atau video untuk diolah. 


    Dibekali VGA card Intel HD Graphics, saya bisa mengerjakan banyak hal di laptop ini dengan mudah. Layarnya sudah LED-backlit HD (1366x768) Anti-Glare jadi saya bisa mengetik tanpa silau. Sudah di-install OS Windows 10 Home asli sehingga semua pekerjaan menjadi mudah. Baterainya juga awet dan cukup aman dibawa mobile.

  • Yongnuo
    50mm F/1.8 II for Canon


    Arief Rachman

    Siapa yang tidak suka foto cantik? Nah, lensa Yongnuo 50 mm Mark II ini bisa membantu mengambil foto OOTD yang keren dengan hasil yang tajam dan detail. Tidak semua foto OOTD keren bisa diambil memakai lensa bawaannya. Hasil aslinya saja sudah bagus, apalagi kalau diedit. 


    Lensa ini memiliki dua mode, yaitu manual dan autofocus. Cara pakainya mudah sekali. Tinggal pasang adaptor Meike-nya di Kamera Canon Seri M, lalu pasang Lensa Yongnuo 50 mm. Langsung bisa dipakai memotret, bisa juga untuk video. Saya biasanya pakai mode autofocus karena mudah dan hasil fotonya bagus. Lensa ini harganya cukup ekonomis, jadi semakin menarik untuk dimiliki.

  • Paket Underwater Waterproof Kingma + Floating Hand Grip Bobber


    Arief Rachman

    Saya suka sekali bermain air di danau, laut, pantai. Untuk memperkaya dan memperindah konten, saya memerlukan casing underwater untuk melindungi action camera saya yang belum waterproof. Kemampuan produk ini sudah teruji. Air tidak masuk ke kamera dan kameranya berfungsi normal untuk mengambil video dan foto di bawah air. 


    Aneka tombolnya mulai dari tombol on, off, rekam, dan ambil foto bisa ditekan dengan cukup baik memakai casing underwater ini. Jadi, semua aktivitas merekam bisa dilakukan dengan mudah tanpa kendala berarti. Selain itu, produk ini dilengkapi Hand Grip Bobber-nya sehingga kalau action camera terlepas dari genggaman, action camera tersebut akan mengapung dan mudah ditemukan karena warnanya kuning. Jadi, tidak perlu khawatir action camera tenggelam ke dasar lautan dan susah dicari.