10 Rekomendasi Kopi Nikmat Asli Indonesia

10 Rekomendasi Kopi Nikmat Asli Indonesia

Travel blogger & home coffee brewerIqbal Kautsar

Penyuka jalan-jalan yang gandrung menyeduh kopi sendiri (swaseduh) di pagi hari. Sebagai penggemar kopi, ia juga gemar menyambangi kedai kopi specialty di kota yang dijelajahinya. Travel blogger ini juga seorang penikmat street food lokal apalagi yang kaya kolesterol. Memiliki antusias besar pada...

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Tren kopi mewabah di mana-mana. Coba perhatikan lingkungan kalian, berapa kafe kopi yang ada di situ? Bandingkan dengan 3 tahun yang lalu. Ternyata, bukan hanya kafe kopi, meningkatnya tren kopi bisa dilihat dari banyaknya home coffee brewer alias penyeduh kopi rumahan. Keseharian saya selama 5 tahun ini diisi dengan swaseduh kopi (istilah saya untuk menyeduh kopi sendiri). 


Pagi hari adalah momen favorit saya untuk minum kopi. Kopi menjadi bahan bakar semangat untuk menjalani hari-hari saya. Dalam sehari, saya minum kopi tiga sampai lima kali di rumah atau kantor dengan mayoritas swaseduh. Melalui artikel ini, saya hendak berbagi pengalaman saya menjajal aneka kopi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia. Produk kopi yang akan saya rekomendasikan dibuat oleh coffee roastery ternama dan memiliki harga yang pas. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 14 April 2021
Daftar isi

Produk pilihan Iqbal Kautsar

Common GroundsIndonesia Aceh Pantan Musara

Mulai dari Rp 110.000,00

Otten CoffeeMandheling Natural Process Kopi Arabica

Mulai dari Rp 80.000,00

MotherpigeonsKerinci Sari Stroberi

Mulai dari Rp 120.000,00

Noah's BarnWest Java Gunung Tilu

Mulai dari Rp 100.000,00

Panna CoffeeProbiotic Yeast Sumbing Kopi

Mulai dari Rp 100.000,00

Klinik KopiArabica Senggani

Mulai dari Rp 135.000,00

Amstirdam CoffeeKopi Arabika Lemar Lembah Arjuna Malang

Mulai dari Rp 65.000,00

Hungry BirdBali Karana Global Natural

Mulai dari Rp 125.000,00

Space Coffee RoasteryWamena Raw Spices

Mulai dari Rp 110.000,00

Kesimpulan

Menikmati dan mencecap aneka rasa kopi merupakan pengalaman yang begitu pribadi bagi setiap peminum kopi. Setiap orang bisa menemukan pengalaman berbeda tergantung referensi rasa dan sensitivitas indera. Biasanya biji kopi dari roastery disertai tasting notes sebagai panduan mengidentifikasi rasa. 


Selain itu, alat seduh kopi juga menentukan pengalaman menikmati kopi. Alat seduh kopi representatif antara lain adalah alat filter kopi (V60, Kalita, AeroPress, dan lain-lain), grinder, dan termometer. Peminum kopi yang menjadi home coffee brewer biasanya memiliki cakrawala pengetahuan rasa lebih luas dan beragam. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian untuk mencoba swaseduh kopi dengan biji kopi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia. Selamat bertualang rasa dan cerita kopi!

Item lists populer

Kreator konten terpopuler

Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merk teh celup di pasaran, seperti Sari Wangi, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Kali ini, kami telah menyiapkan beberapa tips untuk memilih teh celup yang bagus dan enak. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan baca tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Segera baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Sencha adalah salah satu varian teh hijau. Teh ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu sedikit rasa pahit akibat proses pemanggangan saat diproduksi. Dengan kandungan antioksidan tinggi, teh ini memiliki manfaat bagi tubuh, terutama kulit. Tidak heran, minuman green tea ini juga mulai digemari di Indonesia.Kini merek teh, seperti Lipton, Teh 63, dan sebagainya, menelurkan produk sencha yang semuanya nikmat. Agar Anda tak bingung memilihnya, kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh sencha terbaik. Tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan informasi tambahan di artikel ini. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
  • Pencarian berdasarkan kategori