10 Pilihan Outfit untuk Wanita Bertubuh Mungil Rekomendasi Fashion Designer Chelshea Flo

Fashion designer, stylist, fashion-beauty blogger Chelshea Flo
Fashion designer, stylist, fashion-beauty blogger
Chelshea Flo
Fashion designer yang hobi foto serta menulis tentang style, beauty, dan travel sejak tahun 2017. Sangat menyukai gaya berpakaian preppy chic dan menganggap Chanel, Dolce & Gabbana, dan Johanna Ortiz sebagai role model-nya ketika menggambar sebuah desain. Musik klasik dan jazz merupakan musik sehari-harinya, sedangkan DIY adalah kegemarannya sejak kecil, terutama membuat aksesoris seperti anting-anting dan headpiece.
Memiliki tubuh proporsional layaknya seorang model mungkin adalah idaman banyak orang, terutama para wanita. Namun, kenyataannya tidak semua orang memilikinya. Wanita Indonesia bisa dikatakan tergolong mungil, atau petite, dengan rata-rata tinggi badan sekitar 158 cm. Jadi, kita harus lebih cermat dalam memilih outfit karena akan sangat memengaruhi siluet yang dihasilkan ketika mengenakanoutfit tersebut.

Saya pun termasuk golongan wanita bertubuh petite. Oleh karena itu, saya suka sekali meng-explore tren fashion dan berbagai macam outfit yang sesuai untuk ukuran tubuh saya yang pendek. Nah, berikut ini akan saya ulas beberapa pilihan outfit yang sudah terbukti cocok untuk wanita bertubuh pendek dan sangat mudah ditemukan.

Produk pilihan Chelshea Flo

Magnolia Collection Sleeveless Lace Top 

Magnolia Collection Sleeveless Lace Top

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Zalora

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 159.000

Brokat yang elegan dan bisa juga untuk santai

Crop top bisa dibilang adalah teman baik bagi wanita bertubuh pendek karena dapat memberikan ilusi agar tubuh bagian atas terlihat lebih panjang. Meski begitu, kita juga harus tetap cermat dalam memilih jenis yang sesuai untuk tubuh petite kita. Idealnya, pilihlah crop top dengan potongan pas di pinggang atau sekitar 1-2 cm di atas pinggang.

Pilihan saya jatuh pada crop top dari brand lokal Magnolia yang satu ini. Dengan perpaduan tiga motif brokat yang berbeda, atasan tanpa lengan ini akan terlihat sangat elegan jika dipadukan dengan rok mini jenis A-line. Jika ingin terlihat lebih santai, kita juga bisa memadukannya dengan celana jeans model high-waisted.

Pull Me Out The Label Joey Overlap Dress 

Pull Me Out The Label Joey Overlap Dress

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 518.000

Desain overlap dengan potongan model sapu tangan yang unik

Dress dengan jenis tumpuk silang atau sering disebut sebagai overlap dress ini sangat cocok dipakai untuk wanita bertubuh pendek. Biasanya dress semacam ini memiliki bentuk kerah V dan dilengkapi tali pinggang yang mudah diatur sesuai keinginan. Bentuk kerah dan tali pinggang ini dapat memberikan kesan tubuh yang ramping dan proporsional.

Tipe dress yang sering dicari saat musim panas ini biasanya memiliki panjang di atas lutut. Namun, overlap dress dari brand Pull Me Out The Label ini sangat unik karena memiliki panjang asimetris dengan sisi kanan dan kiri yang lebih panjang. Selain itu, kain yang digunakan juga berbeda di kedua sisinya. Dress ini bisa dipadukan dengan sepatu sneakers untuk kesan casual ataupun dengan sepatu hak tinggi untuk mendapatkan penampilan feminin yang elegan.

Yuan Market Stripe Button Down Sun Dress 

Yuan Market Stripe Button Down Sun Dress

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 231.000

Motif garis vertikal untuk kesan tubuh terlihat lebih tinggi

Bagi wanita bertubuh petite, outfit dengan motif vertikal bisa sangat membantu untuk memberikan kesan tubuh yang tinggi dan ramping. Meskipun begitu, warna dan jenis motif vertikal yang dipilih pun harus tepat. Apabila motifnya berwarna terang atau serupa dengan warna dasar baju, pilihlah motif vertikal berukuran besar.

Sebaliknya, jika warna motif yang dipilih sangat kontras dengan warna dasar baju, sebaiknya cari jenis motif vertikal yang ramping atau tipis-tipis. Saya sendiri menyukai sundress dari brand Yuan Market yang satu ini. Selain karena motif vertikalnya yang pas, bahan kainnya juga nyaman dikenakan. Pilihan warna yang tersedia pun didominasi warna pastel sehingga menjadikannya terlihat lebih manis.

Nyla Store Federika Black 

Nyla Store Federika Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 192.000

Potongan mini dengan warna gelap agar kaki terlihat jenjang

Little Black Dress, atau sering disingkat sebagai LBD, adalah salah satu jenis dress yang wajib dimiliki oleh wanita bertubuh pendek. Saya terutama merekomendasikan jenis yang memiliki potongan A-line karena akan memberikan efek kaki yang terlihat panjang dan pinggang yang terkesan lebih ramping.

Nyla Store mengeluarkan salah satu koleksi LBD dengan motif print yang memiliki potongan sangat pas badan, tidak terlalu pendek dan sangat elegan ketika digunakan. Dress ini terdiri dari tiga pilihan size sehingga setiap ukuran tubuh bisa memakainya. Selain itu, detail motif bunga dan lace trimming pada dress ini akan membuat penampilan kita terlihat sangat feminin sekaligus imut.

ESYE Liv Flowly Dress Blue 

ESYE Liv Flowly Dress Blue

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 694.000

Belahan depan asimetris yang flowy dengan panjang di bawah lutut

Salah satu brand favorit saya, ESYE, selalu menyediakan berbagai macam baju dan dress formal yang klasik dan elegan. Berkat produk dari ESYE, saya menemukan bahwa orang bertubuh mungil sekalipun bisa menggunakan dress dengan panjang di bawah lutut tanpa terlihat pendek. Kuncinya adalah memilih dress yang memiliki belahan depan karena sedikit celah yang terbuka itu dapat memberikan kesan kaki yang panjang.

Itulah yang saya dapatkan adri Liv Flowly Dress ini. Panjangnya di bawah lutut dengan belahan depan asimetris dan lengan model cold shoulder. Sangat nyaman dan terlihat manis ketika digunakan, apalagi dengan material kain yang halus, tetapi juga cukup tebal.

Urban&Co Mccall High Heels 

Urban&Co Mccall High Heels

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 399.900

High heels bentuk pumps agar kaki tidak mudah sakit

Tidak hanya atasan atau dress, sepatu yang digunakan juga sangat menentukan postur tubuh kita. Untuk memberikan kesan tinggi, gunakanlah sepatu hak tinggi tertutup dengan ujung yang lancip. Brand lokal favorit saya, Urban&Co, memiliki sepatu jenis ini dengan bentuk pumps dan model color block yang sangat cantik.

Hak yang ramping dan tidak terlalu tinggi, atau sering disebut kitten heels, serta bagian belakang yang terbuka menjadikan sepatu ini nyaman dikenakan dan tidak akan membuat kaki sakit apabila digunakan untuk durasi waktu yang lama. Selain itu, sepatu ini juga sangat cocok dipasangkan dengan bawahan apa pun, baik celana maupun rok, pendek ataupun panjang.

Berrybenka Eliana Pants Black 

Berrybenka Eliana Pants Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 199.000

Detail belahan samping yang unik

Potongan celana high-waisted dapat membuat kaki terlihat lebih jenjang karena akan memberikan kesan pinggul yang tinggi. Nah, celana high-waisted dari brand lokal favorit saya Berrybenka ini bisa menjadi salah satu bawahan wajib bagi kalian yang ingin menyamarkan kaki yang pendek.

Bagian bawah celana ini agak lebar dengan detail belahan samping dari lutut hingga ke bawah sehingga memberikan kesan unik. Potongannya dapat membuat postur tubuh menjadi terlihat lebih proporsional dan juga menyamarkan lekuk tubuh dengan baik. Bahan celana ini memang tidak tebal, tetapi juga tidak tembus pandang. Sangat nyaman untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

This Is April Cora Blazer 

This Is April Cora Blazer

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 229.000

Oversized outer yang cocok untuk semua gaya

Meskipun luaran dengan model oversized sedang trend di dunia fashion, sepertinya hal ini sulit dipraktekkan untuk wanita bertubuh pendek. Outer yang oversized bisa membuat tubuh terlihat makin pendek dan tebal. Namun, Cora Blazer dari This Is April ini sama sekali tidak terkesan berlebihan dan akan tetap terlihat pas di tubuh yang mungil sekalipun.

Selain itu, pilihlah warna-warna yang cerah atau motif vertikal untuk membuat tubuh terlihat tinggi. Warna hijau army atau hijau olive-nya bisa dijadikan salah satu pilihan. Bahannya yang cukup tipis, tetapi tetap nyaman, cocok untuk iklim tropis Indonesia.

Blazer ini memiliki panjang sepinggang dan mudah dipadupadankan dengan dalaman apa pun. Atasan dengan motif garis atau berwarna kuning mustard akan sangat cocok sebagai outfit ala musim gugur yang sedang trend.

(X)S.M.L Vinda Blouse 

(X)S.M.L Vinda Blouse

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.700

Atasan basic untuk kesan pinggang yang lebih ramping

Semua orang pasti memiliki paling tidak satu blouse berwarna putih. Selain mudah dipadupadankan, blouse putih dapat dipakai untuk berbagai suasana. Bagi wanita bertubuh petite, sangat direkomendasikan untuk menggunakan blouse putih jenis peplum yang melebar di bagian bawah pinggang. Model seperti ini akan memberikan ilusi tubuh yang ramping.

Blouse putih dari brand (X)S.M.L dengan detail kupnat depan di bagian perut ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Potongannya yang terstruktur dan rapi akan sangat cantik dipadupadankan dengan celana jeans maupun rok berbentuk pensil. Meskipun bahannya tidak tebal, blouse ini tidak tembus pandang. Jadi, kita tidak perlu menggunakan dalaman tambahan.

Love Bonito Mignon Printed Slit Pencil Skirt 

Love Bonito Mignon Printed Slit Pencil Skirt

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 186.000

Material lentur yang mengikuti lekuk tubuh

Secara umum, rok pensil dengan panjang selutut atau di bawah lutut akan membuat kesan kaki lebih pendek. Hal ini tentu tidak direkomendasikan untuk pemilik kaki yang pendek. Oleh karena itu, ketika memilih rok pensil, carilah yang memiliki belahan di bagian depan atau samping untuk memberikan efek kaki yang lebih panjang.

Love Bonito memiliki ide yang cukup cerdas dengan membuat desain rok pensil jenis overlap dan belahan depan yang rapi, tetapi tidak terlalu menonjolkan kaki. Rok ini menggunakan material yang lentur dan didesain untuk mengikuti lekuk tubuh. Motif print abstraknya yang didominasi warna hitam juga stylish untuk digunakan dalam acara formal maupun nonformal.

Kesimpulan

Memilih outfit untuk wanita bertubuh pendek memang dapat dibilang gampang-gampang susah. Kita harus memperhatikan dengan saksama jenis baju yang sesuai untuk tubuh kita. Secara garis besar, wanita bertubuh pendek paling pas menggunakan atasan jenis crop top dan bawahan jenis high-waisted. Perpaduan tersebut dapat membuat kesan tubuh terlihat lebih tinggi dan kaki terkesan lebih jenjang.

Selain itu, ketika memilih rok atau dress di bawah lutut, pilihlah yang memiliki belahan depan atau front slit supaya menghilangkan kesan tubuh yang "tenggelam" karena jenis potongan baju yang dipakai. Semoga tips dan rekomendasi ini dapat membantu kalian yang sering bingung memilih baju karena kendala tubuh yang mungil.