10 Rekomendasi Produk Makeup Lokal dengan Kualitas yang Bagus

10 Rekomendasi Produk Makeup Lokal dengan Kualitas yang Bagus

Dahulu, produk makeup dengan brand luar negeri mungkin dianggap sebagai makeup dengan kualitas yang bagus. Namun, saat ini industri kecantikan di Indonesia juga semakin berkembang pesat. Sekarang sudah banyak bermunculan brand-brand kosmetik lokal yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan brand luar negeri. Selain kualitas yang bagus, brand lokal ini biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Berikut adalah sepuluh produk makeup lokal yang menurut saya memiliki kualitas yang baik serta harga yang cukup terjangkau. Adakah yang sudah pernah kalian coba?


Creator Image
Lia Harahap
Beauty blogger & content creator
  • Wardah
    Instaperfect Porefection Skin Primer


    Lia Harahap

    Primer ini memiliki tekstur seperti krim yang saat diaplikasikan ke kulit akan langsung menyatu dan membuat efek blur pada kulit. Sangat cocok digunakan sebagai base makeup untuk membantu menahan minyak, serta untuk membuat kulit tampak poreless. Saya menyukai produk ini karena sangat ringan dan tidak mempunyai warna sehingga bisa dipakai oleh jenis kulit apapun. 


    Saat menggunakannya, saya biasanya mengambil produk ini secukupnya, lalu mengusapkannya pada area yang berminyak seperti hidung, pipi, dahi, dan dagu. Setelah pemakaian selama 4 jam, primer ini masih bisa menahan minyak dengan baik. Setelahnya akan tampak berminyak, tetapi tidak terlalu parah.

  • Rollover Reaction
    Cushion Compact


    Lia Harahap

    Untuk kebutuhan dandan yang cepat saya selalu mengandalkan compact cushion. Namun, kebanyakan compact cushion memiliki shade yang terlalu putih untuk kulit orang Indonesia. Begitu Rollover Reaction meluncurkan compact cushion tinted moisturizer-nya, saya langsung tertarik untuk mencoba produknya. Ada tiga pilihan warna, dan warna yang saya pakai adalah Honey Toast. 


    Hal yang saya suka dari produk ini adalah selain warnanya yang cocok, serta hasil finishing yang velvet. Tidak terlalu dewy ataupun matte. Produk ini juga lumayan tahan lama saat dipakai dengan primer. Packaging-nya mirip seperti compact cushion pada umumnya. Namun, yang patut diancungi jempol adalah sponge-nya yang sangat lembut dan mudah mendistribusikan tinted moisturizer-nya ke seluruh permukaan kulit.

  • Sariayu
    Gold Tinted Moisturizer


    Lia Harahap

    Apabila kalian tidak ingin memakai foundation yang terlalu tebal, kalian bisa mencoba tinted moisturizer. Tinted moisturizer tidak hanya memiliki "warna", tetapi juga punya kemampuan untuk melembapkan kulit. Sariayu Gold Tinted Moisturizer ini teksturnya sangat ringan, dan warnanya mudah diratakan sesuai dengan warna kulit. 


    Menurut saya, daya coverage-nya sheer to medium, tetapi bisa di-build dengan concealer untuk menutupi area yang warnanya gelap atau berbeda. Selain itu, produk ini juga memiliki kemampuan sebagai sun protection, yaitu SPF 20. Produk ini sangat cocok untuk tipe jenis kulit apapun karena teksturnya yang ringan. Untuk tampilan akhir, kalian bisa menambahkan loose powder atau compact powder.

  • PIXY
    UV Whitening Concealing Base


    Lia Harahap

    PIXY akhirnya melakukan rebranding, membuat kemasannya terlihat lebih elegan. Salah satu produk PIXY yang menurut saya sangat bagus adalah PIXY UV Whitening Concealing Base. Produk ini memiliki kemampuan menutupi noda dengan baik. 


    Meskipun teksturnya creamy, tetapi saat diaplikasikan dan dibaur teksturnya tidak terlalu berat. Cara membaurkannya pun sangat mudah, cukup diratakan pakai jari saja. Bentuk produknya adalah stick sehingga praktis sekali untuk dibawa ke mana-mana. Kemasannya juga cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam makeup pouch


    Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna. Pilihlah warna yang gelap untuk shading, dan pilih warna terang untuk highlight. Kalian bisa memilih warna yang sama dengan warna kulit kalian untuk menutupi warna kulit yang tidak merata.

  • Marcks'
    Venus Loose Powder


    Lia Harahap

    Marcks' Venus Loose Powder merupakan produk yang hampir mirip dengan bedak tabur Marcks'. Namun, Marcks' Venus Loose Powder hadir dengan kemasan yang lebih elegan dan kualitas yang lebih baik. Biasanya saya memakai produk ini untuk proses baking


    Setelah menggunakan foundation dan concealer di wajah, biasanya saya akan menaburkan produk ini ke area-area tersebut secara acak dan dalam jumlah banyak. Tujuannya adalah agar make up pada area tersebut menjadi lebih tahan lama dan awet. Setelah semua proses make up selesai, baru saya bersihkan sisa-sisa bedak yang tertinggal di sekitar wajah. Produknya sendiri harganya terjangkau dan bisa dibeli di apotek juga.

  • Sariayu
    Color Trend 18 Eyeshadow KIT


    Lia Harahap

    Untuk kalian yang belum memiliki eyeshadow kit, saya sarankan untuk membeli Sariayu Color Trend 18 Eyeshadow KIT J 01. Warna J 01 ini adalah warna netral seperti cokelat, hitam, merah maroon, gold, dan warna serupa lainnya. Warna ini bisa dipakai untuk tampilan make up casual maupun bold. Tinggal mainkan saja warnanya. 


    Mengenai pigmentasi, menurut saya dari dulu Sariayu memang juaranya. Warnanya bisa keluar tanpa harus memakai eye primer terlebih dahulu. Warnanya juga tahan lama, baik yang finishing-nya shimmery ataupun yang matte. Produk ini sudah dilengkapi kaca, brush serta sponge. Cukup lengkap sehingga sangat cocok untuk dimiliki oleh orang yang baru pertama kali belajar dandan.

  • Fanbo
    Fantastic Eyebrow Brown


    Lia Harahap

    Pernah suatu ketika saya melihat make up tutorial dari MUA terkenal di Indonesia. Awalnya saya pikir ia hanya memakai produk-produk luar negeri dan high end saja. Namun, saat ia merias bagian alis, ternyata yang dipakai adalah Fanbo Fantastic Eyebrow Brown. Mungkin ada beberapa di antara kalian yang juga tahu pensil alis warna merah ngejreng khasnya Fanbo itu. 


    Saya sendiri memang menyukai pensil alis ini karena kualitasnya yang bagus, serta harganya yang sangat terjangkau. Bagian leads pensilnya tidak keras, tetapi juga tidak lembek. Kita bisa dengan mudah mengatur seberapa tebal alis yang ingin dibuat. Selain itu, pensil alis ini juga tidak mudah patah. Warnanya pun sangat keluar dan tahan lama. Pokoknya kalian wajib banget memiliki produk ini di dalam makeup pouch kalian.

  • Mizzu
    Eyeliner Pen Perfect Wear Black


    Lia Harahap

    Bentuk dari produk ini adalah spidol pen. Bagian ujung spidol ini memiliki panjang yang pas sehingga memudahkan untuk menggambar garis yang diinginkan. Misalnya winged eyeliner, cat eyes, dan lainnya. Cara pakainya adalah dengan memposisikan spidol secara horizontal sehingga garis yang dihasilkan di atas kelopak mata menjadi lebih rapi.


    Warna yang dihasilkan produk ini adalah warna hitam yang pekat. Mudah digunakan dan memberikan warna yang pekat adalah alasan kenapa Mizzu Eyeliner Pen Perfect Wear Black ini saya rekomendasikan untuk pemula yang baru mau belajar make up. Ditambah lagi produknya waterproof dan tahan lama. Menurut saya, harga produk ini masih cukup terjangkau untuk sebuah produk yang sangat berkualitas.

  • Pixy
    Twin Blush


    Lia Harahap

    Apabila kalian sedang mencari produk yang multifungsi, kalian bisa mencoba Pixy Twin Blush. Selain bisa digunakan sebagai blush on, produk ini juga bisa digunakan untuk pewarna bibir. Tekstur dari produk ini adalah krim padat, yang ketika mengenai kulit tubuh yang hangat akan membaur dengan kulit secara natural. 


    Kemasannya bulat dan kecil, sangat compact sehingga bisa masuk ke dalam makeup pouch tanpa menghabiskan ruang. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, tetapi warna yang paling favorit adalah Pop Terracotta. Warnanya hangat, terlihat seperti habis terkena sinar matahari (sun-kissed). Untuk dijadikan pewarna bibir, disarankan untuk menggunakan lip balm terlebih dahulu agar tekstur bibir lebih halus.

  • Rivera
    Gotta Be Matte Lip Cream 303 Retro Mauve


    Lia Harahap

    Jika kalian termasuk orang yang suka dengan tekstur finishing lipstick yang matte, kalian harus mencoba Rivera Gotta Be Matte Lip Cream ini. Lipstick ini memiliki tekstur creamy dan pigmentasi warna yang sangat baik. Saat diaplikasikan ke bibir terasa sangat nyaman, ringan, dan tidak membuat bibir kering. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan collagen dan vitamin E yang baik untuk kesehatan bibir. 


    Saat dipakai, tidak terlihat kerutan pada bibir saya. Warnanya benar-benar merata dan menutupi warna asli bibir saya. Bahkan warna lip cream yang cerah dan pucat sekalipun bisa menutupi warna bibir asli saya. Pilihan warnanya juga sangat wearable untuk tipe kulit orang Indonesia, dari yang cerah sampai yang gelap. Kalian juga bisa mencoba mencampurkannya untuk menghasilkan warna baru yang cantik.