7 Jenis Tas dan Backpack untuk Travelling Rekomendasi Travel Blogger Matius Teguh Nugroho

Content writer, travel blogger & hotel reviewer Matius Teguh Nugroho
Content writer, travel blogger & hotel reviewer
Matius Teguh Nugroho
Anak laki-laki yang suka kopi, pergi-pergi, dan kereta api. Bagi Nugi, begitu panggilan akrabnya, jalan-jalan adalah napas kehidupan, kopi adalah sumber energi di pagi hari. Tak ada kota atau negara yang tak menarik, semuanya bisa dijelajahi dengan asyik!

Seorang Cancerian ini tidak jalan-jalan untuk berburu keindahan, tetapi untuk mencari pengalaman dan pelajaran. Demi mewujudkan mimpi rekreasi ke berbagai belahan bumi, Nugi bekerja sebagai penulis konten di sebuah digital agency.
Bagi seorang pejalan, tas adalah kebutuhan penting. Besar atau kecil, dipanggul atau dijinjing, kebutuhan akan tas tak bisa terelakkan. Kalian yang sudah memiliki pengalaman travelling pasti sadar akan perlunya beberapa jenis tas untuk memudahkan perjalanan. Tas untuk perjalanan panjang tentu berbeda dengan tas untuk perjalanan singkat atau tas sehari-hari. Belum lagi untuk kebutuhan spesifik, seperti tas kamera, hand-carry bag, tas lari, tas tripod, dan sebagainya.

Selain fungsinya, desain dan harga tas pun beragam. Ada tas punggung (backpack), tas selempang (sling bag), tas pinggang (waist bag), tas jinjing, hingga pouch. Untuk kalian yang membutuhkan insight dalam mencari tas untuktravelling, tujuh produk rekomendasi berikut ini bisa menjadi alternatif pilihan. Saya memasukkan beberapa jenis tas untuk pejalan umum yang juga cocok untuk laki-laki maupun perempuan.

Produk pilihan Matius Teguh Nugroho

Tracker 9214 Merbabu 60L 

Tracker 9214 Merbabu 60L

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 230.000

Tangguh dan tahan lama, harga sesuai kantong mahasiswa!

Saya sama sekali tidak menyangka bahwa backpack yang saya beli online di Tokopedia pada tahun 2014 silam ini ternyata tangguh dan tahan lama! Saat itu, backpack berkapasitas 60 liter ini saya pilih semata-mata karena harganya yang sesuai budget. Lima tahun lebih berlalu, dan backpack Tracker 9214 Merbabu 60L tetap prima seperti dahulu kala!

Tidak ada bagian yang robek, tidak ada strap yang putus, dan sukses saya bawa naik ke puncak gunung hingga melenggang ke berbagai negara. Backpack atau carrier ini memiliki satu kompartemen utama, dua kantung di setiap sisi, dan ruang penyimpanan kecil (yang biasanya saya abaikan) masing-masing di bagian tutup dan depan bawah. Tas ini juga sudah dilengkapi dengan rain cover yang tersembunyi dengan rapi di dalam kantung kepala saat tidak dibutuhkan.

Eiger Neo Gravel 7.1 

Eiger Neo Gravel 7.1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 254.000

Bisa disampirkan di bahu, diikat di paha, atau dimasukkan ke dalam ransel!

Selain sebuah ransel utama, seorang traveler juga sebaiknya memiliki minimal satu tas selempang atau sling bag untuk membawa benda-benda berukuran kecil atau yang sekiranya dibutuhkan di saat-saat urgent. Itulah sebabnya saya membeli tas Eiger Neo Gravel 7.1 ini.

Saat dalam perjalanan berangkat atau pulang, tas ini biasa saya masukkan ke dalam backpack utama agar mobilitas saya praktis. Namun, saat berkelana di kota tujuan, tas ini akan saya bawa dengan diisi dompet, paspor, charger, earphone, powerbank, action camera, dan beberapa gear lainnya.

Selain sebuah kompartemen utama, Eiger Neo Gravel 7.1 juga dilengkapi quick access pocket yang terdiri dari empat kantung kecil. Karena mengusung label leg-pack and pouch, produk ini juga bisa digunakan sebagai tas paha didukung dengan kehadiran strap khusus untuk menyesuaikan pemasangannya.

Eiger Focus 01 

Eiger Focus 01

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 600.000

Ukuran medium dan dilengkapi akses mudah ke bagian bawah tas

Meski labelnya adalah tas kamera, Eiger Focus 01 ini lebih sering saya gunakan sebagai ransel sekunder setelah backpack Tracker di atas. Ini karena badannya yang "gemuk" sehingga bisa memuat banyak barang. Ransel ini biasa saya pakai saat melakukan hotel review atau medium trip yang barang bawaannya tanggung kalau harus memanggul backpack.

Di dalamnya terdapat partisi-partisi yang dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Selain itu, tas ini juga dilengkapi quick access agar kita bisa mengakses bagian bawah ransel tanpa harus membuka kompartemen utama dan mengacak-acak seisi tas. Buat kalian yang juga sama-sama punya kamera mirrorless atau DSLR seperti saya, tas ini akan membantu sekali!

Urban Factor Highway 

Urban Factor Highway

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 234.000

Material bermutu desain yang modis, cocok untuk ransel sehari-hari

Daypack ini biasa saya gunakan dalam kegiatan sehari-hari dan short trip untuk maksimal 2 hari 1 malam. Material ransel Urban Factor Highway yang kuat, tetapi memiliki desain yang modis, menjadikannya pas digunakan untuk berbagai keperluan, baik bagi pria maupun wanita. Selain itu, material bagian dalam tas pun tampak kuat, tahan lama, tetapi terasa lembut.

Tas ini tersedia dalam beberapa varian warna yang bisa dipilih sesuai selera. Hanya ada satu kompartemen utama yang dilengkapi slot khusus untuk laptop/netbook/tablet dan tiga kantung kecil di sisi kanan, kiri, dan depan. Daypack ini benar-benar hanya untuk perjalanan pendek. Jika diisi barang yang terlalu banyak, strap-nya akan terasa kurang nyaman di bahu meski materialnya tetap kuat menopang.

Eibag 1401 

Eibag 1401

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 210.040

Produk lokal dengan material berkualitas dan memiliki fitur waterproof

Sebenarnya tripod saya, dan biasanya juga produk tripod lainnya, sudah dilengkapi dengan tas bawaan. Namun, karena materialnya yang terkesan ringkih, saya memutuskan untuk membeli tas khusus tripod dengan bahan yang lebih berkualitas dan tampilan lebih menarik. Tas semacam ini sangat membantu saat saya harus memasukkan tripod ke dalam bagasi pesawat karena penerbangan di atau dari Indonesia dan beberapa maskapai internasional melarang membawa masuk tripod ke dalam kabin pesawat.

Eibag sendiri adalah produsen tas lokal. Namun, produknya memiliki kualitas yang bagus dengan material waterproof. Bahannya cukup kuat dan tidak terkesan ringkih dengan strap yang nyaman di bahu. Selain tripod itu sendiri, perlengkapan panjang lainnya seperti monopod juga bisa dimasukkan ke dalam tas ini.

Waterfly Waist Pack/Fanny Pack 

Waterfly Waist Pack/Fanny Pack

Lihat produk ini di Waterflyshop

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 255.000

Warna kalem dengan bahan yang tidak terasa panas di pinggang

Tas pinggang Waterfly ini adalah newest addition untuk koleksi tas saya. Saya suka warna dan desainnya yang elegan, tidak seperti tas pinggang tukang parkir. Ada satu kompartemen utama, dua kantung pendukung, dan dua kantung kecil di bagian depan. Yang menarik adalah tas pinggang ini memiliki special hole untuk earphone sehingga sangat praktis untuk saya yang memang selalu membawa earphone ke mana-mana.

Bagian belakang tas ini dibuat dengan material yang memungkinkan tas bisa "bernapas". Jadi, tidak menimbulkan rasa panas di pinggang saat digunakan. Tas ini saya fungsikan seperti sling bag Eiger di atas, yaitu untuk menyimpan barang-barang kecil dan benda yang kira-kira dibutuhkan tiba-tiba dalam perjalanan.

Palazzo 34685 

Palazzo 34685

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 93.500

Ransel multifungsi dengan harga terjangkau

Produk dari PALAZZO ini bisa menjadi alternatif untuk kalian yang membutuhkan tas laptop atau ransel sehari-hari dengan harga terjangkau. Tas ini bisa dipanggul di kedua bahu, bisa dijinjing, dan bisa juga dijadikan tas selempang. Di dalamnya terdapat satu kompartemen utama yang dilengkapi slot untuk laptop ditambah satu ruang pendukung. Saya bisa mengisinya dengan dua setel pakaian, peralatan mandi, grooming kit, dan kamera DSLR. Sementara kantung depan biasanya saya isi dengan buku catatan dan alat tulis.

Desain dan warnanya membuat tas Palazzo ini bisa digunakan untuk bekerja, kuliah, nongkrong, atau jalan-jalan singkat. Saya sarankan untuk menggunakan tas ini hanya untuk pemakaian sehari-hari atau short trip 2 hari 1 malam agar tas lebih tahan lama.

Kesimpulan

Tentunya kalian mungkin tidak akan membutuhkan seluruh jenis tas di atas. Bisa jadi kalian hanya membutuhkan tas ransel besar, ransel kecil, atau satu sling bag dan tidak memerlukan tas kamera dan tas tripod. Atau mungkin saja kalian sedang mencari daypack berukuran lebih kecil karena belum ada rencana untuk melakukan perjalanan panjang.

Sesuaikanlah kembali dengan kebutuhan. Naik gunung pun tidak harus dengan tas gunung alias backpack/carrier jika kalian terbiasa melakukan pendakian singkat. Mudah-mudahan ketujuh produk di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk referensi dalam memilih tas untuk perjalanan kalian.