Traveling Gak Pakai Ribet? Ini 8 Rekomendasi Barang yang Wajib Dimiliki

Traveling Gak Pakai Ribet? Ini 8 Rekomendasi Barang yang Wajib Dimiliki

Terkadang, masalah seperti outfit apa yang akan dipakai dan dibawa saat jalan-jalan membuat kita harus berpikir bahkan menghabiskan waktu hanya untuk memilih saja. Sadar tidak sih, kadang kita malah membawa barang yang sebetulnya tidak kita perlukan? Pasti sering banget kan terjadi, yang ujung-ujungnya menambah beban bagasi kita. Padahal sekarang sudah masuk era dimana light backpacking sudah booming dimana-mana.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan set perjalanan simpel saya berupa beberapa peralatan multifungsi yang wajib kalian miliki demi mempermudah kalian saat travelling. Tentunya yang tidak menambah berat bagasi kalian. Selain itu, harga barang-barang tersebut juga terjangkau dan ramah di kantong bagi backpacker. Yuk disimak!


Creator Image
Ashari Yudha
Travel blogger
  • Xiaomi
    90Fun Foldable Sports Bag Backpack


    Ashari Yudha

    Sering kali kita ribet sendiri saat travelling karena harus membawa dua tas bahkan lebih (koper dan backpack). Namun bagi saya, untuk selama perjalanan satu koper saja sudah cukup. Untuk kebutuhan backpack saat city tour bisa kita simpan di dalam koper. Apalagi sekarang sudah semakin menjamur tas-tas lipat untuk city tour, seperti Xiaomi 90Fun Foldable Sports Bag Backpack ini.

    Terbuat dari bahan poliester dan nilon, tas ini dijamin kuat dan enteng untuk dibawa. Selain itu, tas ini dilengkapi fitur water resistant yang akan membuat kalian lebih aman dan nyaman saat tiba-tiba turun hujan. Tersedia dalam beberapa pilihan warna, tas ini sangat pas untuk gaya travelling kalian.


    Jika tak diperlukan, tinggal lipat saja lalu masukkan ke dalam kantong celana jeans. Jika butuh, tinggal dibuka kembali. Selain itu, merek Xiaomi juga sudah terkenal sehingga dijamin tas ini akan awet dan nyaman saat dipakai.

  • Xiaomi
    Mi 4 Ports USB Charger


    Ashari Yudha

    Kebutuhan akan colokan listrik sudah menjadi hal yang biasa pada masa kini, apalagi bagi milenial yang hobi membagikan cerita perjalanannya via media sosial. Rasanya, kalau kehabisan baterai pasti uring-uringan bawaannya.

    Ditambah lagi, sekarang milenial rata-rata memiliki lebih dari satu gadget sehingga otomatis membawa lebih dari satu charger. Padahal, membawa banyak charger saja dapat menghabiskan ruang di dalam koper. Namun, kalian tidak perlu pusing lagi karena sekarang sudah ada Xiaomi Mi 4 Ports USB Charger yang bisa menjadi andalan untuk mengisi ulang charger kalian.


    Dengan fast charging di setiap port-nya (2 ampere per port dengan total power 35W), kalian bisa mengecas sekaligus semua smartphones kalian dengan sangat cepat. Selain itu, voltase charger 100-240V membuat charger ini bisa dipakai di seluruh dunia. Kalian juga tidak perlu khawatir terjadinya arus pendek atau api korsleting karena bahannya terbuat dari fireproof material hingga 750 derajat celsius.


    Produk ini memiliki kemampuan menghindari segala macam bahaya yang dapat terjadi, seperti over-voltage, input over-current, output over-current, anti-ripple, short circuit, over-temperature, anti-magnetic, dan anti-static situation. Selain itu, bentuknya sangat stylish dan kecil, lho!

  • Travel Money Belt and Hidden Passport Holder


    Ashari Yudha

    Pernah kemalingan atau kecopetan saat travelling? Pasti sangat tidak nyaman kalau kehilangan barang. Apalagi jika kalian kehilangan tidak hanya uang, tetapi juga dokumen seperti paspor atau smartphone. Ditambah lagi jika kita sedang berada di negara orang, pastinya akan jadi runyam.

    Untuk menghindari hal tersebut, saya selalu menggunakan tas pinggang anticopet ketika travelling. Tas pinggang ini dibuat dari bahan nilon yang dijamin kuat dan tahan lama. Selain itu, tas ini juga bisa kalian gunakan dibalik baju tanpa harus takut iritasi karena bahannya yang lembut.


    Tambahan lagi, bentuknya sangat tipis sehingga tidak terlihat dari luar. Oh iya, saya merekomendasikan warna khaki karena mirip dengan warna kulit. Jadi tas ini semakin tidak terlihat dari luar jika kalian menggunakan kaos berwarna putih.

  • Roxon
    16-in-1 Strom Multitool Pliers


    Ashari Yudha

    Sering kali dalam perjalanan kita membutuhkan alat-alat seperti obeng, gunting, pisau, pembuka tutup minuman, dan banyak hal lainnya. Namun, karena cukup banyak yang diperlukan, akhirnya semua barang tersebut ditinggalkan. Akan tetapi, sekarang kalian tidak perlu bingung lagi karena sudah banyak mutitools yang beredar di pasaran.

    Salah satunya adalah Roxon S801 yang memiliki 17 fungsi dalam satu genggaman ini. Selain fungsi yang saya sebutkan di atas, ada juga fungsi pemecah kaca bus atau mobil yang bisa kita gunakan saat keadaan darurat. Luar biasa, bukan?


    Selain itu, dalam setiap pembelian juga diberikan bonus pouch. Dengan bahan chrome vanadium, mutitools yang satu ini dijamin kuat dan antikarat. Sangat membantu kalau ada kebutuhan peralatan dadakan.

  • Pocket Prayer Mat with Compass


    Ashari Yudha

    Meskipun sedang travelling, saya selalu berusaha untuk tidak meninggalkan ibadah. Permasalahannya adalah jika kita pindah negara atau kota, terkadang kita tidak tahu pukul berapa dan bagaimana arah kiblat untuk beribadah. Maka dari itu, saya selalu membawa sajadah outdoor yang dilengkapi dengan kompas penunjuk arah kiblat.

    Selain itu, sajadah ini cukup tipis sehingga bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam kantong celana. Bahannya yang lembut dan ringan juga sangat cocok untuk kalian gunakan tak hanya outdoor, tetapi indoor juga, lho! Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yang bisa kalian pilih sesuai selera. Wajib punya pokoknya!

  • Naturehike
    Outdoor Quick-Dry Towel


    Ashari Yudha

    Handuk memang biasanya sudah disediakan di hotel. Namun, bagi yang menginap di hostel yang tidak disediakan handuk atau karena alasan personal hygiene, membawa handuk sendiri sepertinya lebih baik.

    Daripada membawa handuk mandi yang berukuran besar dan tebal, saya lebih memilih membawa handuk produk dari Naturehike yang sudah terkenal ini. Saya menyukai produk ini karena kemampuan menyerap airnya yang baik. Handuk ini dapat digunakan untuk semua kegiatan kalian dari mulai mandi hingga mengelap keringat saat hiking.


    Oh iya, bahannya juga microfiber sehingga dijamin lembut dan nyaman di kulit. Selain itu, handuk ini sangat cepat kering apabila dijemur. Kalian tidak perlu takut lagi membawa-bawa handuk basah saat travelling.


    Warnanya juga sangat beragam dan berukuran besar, tetapi tetap tipis dan kompak saat dilipat. Sangat cocok untuk backpacker yang memang membutuhkan handuk multifungsi.

  • Ocean Pack
    Dry Bag Eco 15 Liter


    Ashari Yudha

    Saya pernah punya kejadian buruk saat snorkling di Phuket. Saat itu, smartphone saya rusak terkena hempasan air laut saat kapal yang kami tumpangi terhempas ombak. Yang namanya air laut ya wajar saja pasti membuat smartphone konslet. Semenjak kejadian tersebut, saya selalu menggunakan dry bag untuk melindungi gadget-gadget saya.

    Tersedia dalam berbagai macam ukuran, kalian bisa memilih ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. Kini, kalian tak perlu lagi yang namanya takut kemasukan air. Hanya dengan beberapa kali lipatan dan dua kuncian, dry bag ini tahan terhadap hempasan air, bahkan bisa dibawa saat berenang. Tentunya tidak ditenggelamkan ya, tasnya.

  • 7 in 1 Travel Bag Organizer


    Ashari Yudha

    Pernah tidak sih, kalian bingung mencari perintilan-perintilan yang ada di dalam koper kalian? Terkadang kalau kita asal-asalan packing-nya, banyak barang yang berukuran kecil yang bisa terselip di antara baju atau barang lain. Hal itu tentu menyulitkan kita untuk mencarinya. Maka dari itu, saya selalu menggunakan travel bag organizer untuk menata barang yang akan masuk koper.

    Produk ini terdiri dari tujuh buah tas dengan ukuran berbeda yang memiliki fungsinya masing-masing. Ada tas untuk pakaian, untuk underwear, untuk adaptor charger cable, kosmetik, sandal, dan masih banyak lainnya, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Dijamin deh, tidak ada lagi kehilangan barang karena koper kalian sudah rapi, dan menata tas pun jadi lebih enak.

Ashari Yudhaのfavlist