7 Rekomendasi Barang yang Wajib Dibawa saat Mengajak si Kecil Bertualang

7 Rekomendasi Barang yang Wajib Dibawa saat Mengajak si Kecil Bertualang

Creator Image
Eko dan Diana
Family travel blogger
  • Nivea
    Sun Kid's Swim & Play SPF 50+


    Eko dan Diana

    Terlepas dari tempat tujuan saat mengajak anak-anak bertualang ke luar ruangan, penting bagi kita untuk melindungi mereka dari paparan radiasi sinar ultraviolet yang bisa berbahaya bagi kulit. Apalagi mengingat Indonesia merupakan negara tropis yang relatif lebih banyak mendapat sinar matahari. Karena itu, kami selalu memakaikan tabir surya atau sunblock kepada anak-anak sekitar 30 menit sebelum mulai beraktivitas, dan mengaplikasikannya kembali setiap 2 jam.


    Di antara banyak produk yang tersedia di pasaran, kami memilih sunblock Nivea Sun Kid's Swim & Play dengan SPF50+. Harganya cukup terjangkau dan formulanya memang dibuat khusus untuk kulit anak-anak. Selain itu, SPF-nya yang tinggi mampu memberikan perlindungan lebih maksimal. Produk ini juga tahan air lebih lama sehingga kami lebih leluasa saat mengajak si kecil bermain air.
  • LocknLock
    Lunch Box 2P Set


    Eko dan Diana

    Hal yang tidak boleh kami lupakan saat mengajak anak-anak bertualang adalah menyiapkan makanan atau kudapan sehat. Makanan yang kami bawa sering kali berupa buah segar potong, roti isi, pempek, kismis, hingga nasi goreng. 

    Karena bervariasinya jumlah dan ukuran makanan tersebut, kami senang sekali saat menemukan tempat makan dari LocknLock yang ringkas, praktis, antitumpah, dan memiliki sekat di salah satu kotaknya ini. Adanya sendok dan garpu yang sudah disediakan langsung dalam set kotak bekal ini juga sangat membantu. 

    Ditambah lagi, ada lapisan aluminium foil yang dapat menjaga suhu makanan, baik hangat ataupun dingin. Bila makanan tidak habis, kami juga bisa langsung memasukkannya ke dalam freezer, lalu tinggal dipanaskan dengan microwave saat ingin kembali disantap. Sangat praktis!
  • Skip Hop
    Zoo Straw Bottle


    Eko dan Diana

    Saat bertualang ke luar ruangan, tentunya anak-anak memerlukan air minum yang cukup agar tidak dehidrasi. Untuk itu, pilihan kami jatuh pada Skip Hop Zoo Straw Bottle yang tersedia dalam banyak pilihan warna dengan motif yang menarik dan lucu untuk anak-anak. Selain dilengkapi sedotan yang dapat ditutup agar tetap higienis, botol ini juga memiliki tali kecil sehingga dapat digantung di carrier, stroller, hingga tas sekalipun.

    Ukurannya yang kecil juga memungkinkan untuk menyimpan botol minum ini di dalam sekat bagian samping tas atau bahkan di kantong celana papanya. Hal yang paling penting adalah botol minum ini antitumpah! Sangat penting untuk anak-anak yang aktif bergerak saat melakukan kegiatan di luar ruangan.
  • Cussons Baby
    Naturally Refreshing Baby Wipes


    Eko dan Diana

    Saat bertualang, apalagi dengan anak-anak, tentunya sulit untuk terhindar dari yang namanya bermain kotor. Bahkan ada slogan iklan terkenal yang mengatakan, "Kalau tidak kotor, ya tidak belajar!" Untuk itu, kami biasanya membawa tisu basah dengan bahan dan formula yang aman, bebas alkohol, dan lembut bagi kulit bayi. Dengan begitu, anak-anak bisa bebas bereksplorasi.

    Pilihan kami jatuh pada merek tisu yang dapat dibeli di mana pun, bahkan di minimarket pinggiran kota, yaitu Cussons Baby Naturally Refreshing Baby Wipes. Varian tisu basah dengan wangi segar yang alami ini dapat digunakan untuk membersihkan tangan, mulut, dan alat genital, agar terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi.
  • Betadine®
    Antiseptic Solution Stick


    Eko dan Diana

    Ketika mengajak si kecil bertualang, apalagi di luar ruangan, ada kemungkinan anak-anak terjatuh atau tergores. Ini adalah hal yang biasa. Namun, dengan sedikit persiapan, kita sebagai orang tua dapat membantu mereka agar terhindar dari infeksi supaya tidak kapok melakukan aktivitas outdoor.

    Kami biasanya membawa Betadine® Antiseptic Solution Stick yang hadir dalam bentuk stick yang sudah dilengkapi kapas di bagian ujungnya. Jadi, kita tidak perlu repot membawa kapas tambahan. Ditambah lagi, stick-nya dirancang khusus untuk satu kali pemakaian. Karena itu, obat ini sangat praktis, higienis, dan mudah dibawa saat bepergian. Salah satu produk yang wajib tersedia di kotak obat kami, baik di rumah maupun saat bepergian ke luar.
  • Naturehike
    Outdoor Quick-Dry Bath Towel


    Eko dan Diana

    Kami sekeluarga menyukai barang yang multifungsi, salah satunya handuk microfiber yang memiliki beberapa kelebihan ini. Pertama, ukurannya cukup besar, yaitu 130x73 cm, sehingga bisa digunakan oleh orang dewasa maupun anak. Selain itu, handuk ini bisa juga digunakan sebagai alas tidur, alas duduk, selimut, dan sebagainya. 

    Selanjutnya, bahannya yang terbuat dari microfiber membuat handuk ini ringan dan cepat kering. Sangat praktis digunakan di mana saja dan untuk kegiatan apa saja. Ditambah lagi, tersedia kantong jaring untuk memuat handuk ini setelah dilipat kecil. Tentunya tidak akan memakan tempat yang banyak di dalam tas. Biasanya kami hanya membawa satu handuk ini untuk sekeluarga bila tidak menginap, dan membawa dua atau tiga handuk ketika akan menginap.
  • Ergobaby
    Original Baby Carrier


    Eko dan Diana

    Bertualang sendiri atau bersama orang dewasa tentunya berbeda dengan bertualang bersama anak-anak. Hal ini termasuk soal kemampuan dalam berjalan. Anak-anak memiliki fisik yang lebih terbatas dan mudah lelah dibandingkan orang dewasa. Terkadang orang tua perlu menggendong anak-anak, baik saat berkendara, trekking, maupun berjalan kaki. 

    Bagi kami, memiliki gendongan atau baby carrier yang aman, nyaman, dan berkualitas adalah investasi yang sangat penting.Dari berbagai merek dan model carrier yang tersedia, pilihan kami jatuh pada Ergobaby Original Baby Carrier yang sudah bersertifikasi sehingga aman untuk postur bayi dan anak sesuai berat yang telah ditentukan. Gendongan ini juga dapat menyesuaikan hingga tiga posisi menggendong, yaitu di depan, samping, dan menggendong di punggung. 

    Selain itu, terdapat penutup kepala yang sangat berguna saat panas, dingin, atau ketika bayi tidur.Di bagian depan gendongan juga terdapat kantong yang cukup besar dan dilengkapi zipper sehingga sangat praktis untuk menaruh barang bawaan yang kecil. Ada juga berbagai tali dan pengait untuk memastikan bayi selalu aman saat digendong.

    Di pasaran, memang ada gendongan yang mirip dengan produk dari Ergobaby ini dengan harga yang lebih murah. Namun, kualitas dan tingkat ketelitian pembuatannya tentu berbeda. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan penggendong. Saran kami, sebaiknya pilihlah produk yang sudah terjamin kualitasnya.