7 Toner untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak Rekomendasi Beauty Blogger Elnie Nona Hitam Pahit

Beauty blogger  Elnie Nona Hitam Pahit
Beauty blogger
Elnie Nona Hitam Pahit
Seorang digital marketer spesialis kosmetik yang mengawali karirnya sebagai beauty blogger tahun 2008. Semua berawal dari ugly duck yang buta akan makeup dengan kondisi wajah berjerawat mengantarkannya memulai beauty journey di nonahitampahit.co.

Selain sibuk sebagai digital warrior, ia juga mengembangkan community movement di Nusa Penida untuk menghasilkan skincare lokal dengan kualitas yang tak kalah baik dengan brand luar.
Toner adalah salah satu tahap skincare yang tidak boleh dilewatkan, terlebih untuk kulit berjerawat. Memiliki kulit yang cenderung berminyak dan mudah berjerawat memang perlu ekstra hati-hati dalam menggunakan skincare ataupun makeup, termasuk hydrating toner. Kulit berjerawat juga butuh toner atau penyegar untuk menjaga kelembapan dan kesegarannya. Seperti yang kita ketahui, toner yang tidak cocok bisa membuat kulit wajah breakout.

Dalam penggunaannya, kita mungkin akan melalui proses purging alias detoksifikasi kulit dalam bentuk keluarnya jerawat-jerawat kecil. Biasanya proses ini memakan waktu 1 minggu selama penggunaan. Setelah bergonta-ganti mencoba berbagai toner, berikut 7 produk yang saya rekomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Produk pilihan Elnie Nona Hitam Pahit

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner 

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 400.000

Dengan esktrak Calendula yang menjadikan kulit tampak lebih sehat

Produk dari Kiehl's ini merupakan pelopor toner wajah pertama dengan infused flower petals. Sesuai dengan namanya, toner ini berisikan kelopak bunga dan ekstrak Calendula yang mampu menjadikan kulit lebih halus, bercahaya, dan tampak segar. Produk ini juga bebas alkohol sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

Kemasannya sendiri termasuk sederhana dengan botol plastik tabung beserta tutup flip berwarna putih. Formulanya ringan dan di dalamnya terkandung Allantoin yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Selain itu, ekstrak dan kelopak bunga Calendula bermanfaat untuk menenangkan kulit sensitif.

Jerawat saya mulai mereda setelah penggunaan kurang lebih 7 sampai 14 hari. Produk ini efektif mengurangi kelebihan minyak di daerah T-Zone. Kalian tidak perlu khawatir wajah akan menjadi kering karena kandungannya memang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Yang perlu diperhatikan adalah hindari penggunaan di bagian sekitar mata. Saya sendiri menghindari penggunaan di area cuping hidung karena mudah kering ketika memasuki pemakaian minggu ketiga.

Sandara Jiwa Calendula Hydrating Toner 

Sandara Jiwa Calendula Hydrating Toner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 166.000

Produk lokal dengan berbagai kandungan bahan alami agar kulit terasa lebih kenyal!

Calendula memang dipercaya berkhasiat untuk mencerahkan sekaligus melembapkan wajah. Brand lokal yang lahir tahun 2017 ini pun tak ketinggalan mengeluarkan hydrating toner dengan kandungan Calendula! Menariknya, produk dari Sandara Jiwa yang satu ini juga mengandung Aloe vera dan royal jelly yang mampu menutrisi kulit dan membuatnya tampak lebih sehat. Yang paling saya suka, aromanya menyegarkan dengan wangi royal jelly yang cukup dominan. Teksturnya sendiri sedikit kental dan terasa agak kenyal.

Produk ini nyaman digunakan pada pagi dan malam hari tanpa memberikan efek lengket. Untuk kalian yang mencari toner lokal, saya sangat menyarankan produk ini untuk yang punya masalah kulit berjerawat dan berminyak. Kadang saya juga menggunakannya untuk masker. Kulit pun terasa lebih sehat dan plump saat bangun di pagi hari.

Sandara Jiwa Green Serum 

Sandara Jiwa Green Serum

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 200.000

Sari teh hijau yang ampuh mengatasi jerawat

Kalau toner sebelumnya yang saya bahas mengandung Calendula, produk berikutnya yang saya rekomendasikan memanfaatkan sari teh hijau. Masih dari rangkaian skincare keluaran brand lokal Sandara Jiwa, Green Serum ini salah satu must have untuk kalian yang memiliki jenis kulit acne-prone dan oily. Serum ini bisa dijadikan toner karena memang formulasinya cair dan mudah digunakan, cukup dengan menyemprotkannya ke wajah.

Kemasannya pun sederhana seperti produk Sandara Jiwa lainnya, yaitu botol plastik dengan spray. Kandungan teh hijau lokalnya mampu mengempeskan jerawat yang bandel. Selain itu, produk ini juga efektif mencegah peradangan jerawat sehingga mampu memperbaiki tekstur kulit bekas jerawat. Hanya saja, baunya mungkin kurang nyaman dikenakan karena sedikit asam. Biasanya saya mengenakan serum ini pada malam hari untuk menghindari rasa lengket.

SK-II Facial Treatment Essence 

SK-II Facial Treatment Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.780.000

Miracle water untuk kulit cantik sebening kristal

Tahukah kalian bahwa wanita Jepang terkenal dengan kulitnya yang lembut dan sehat, bahkan setelah menginjak usia lansia? Selain karena polusi yang rendah, wanita Jepang juga memanfaatkan bahan alami untuk menjaga serta menutrisi kulitnya. Dikenal dengan miracle water-nya, SK-II adalah penemuan perawatan kulit dari fermentasi ragi sake yang disebut Pitera. Pitera dipercaya kaya akan vitamin, asam amino, mineral, dan asam organik yang bekerja bersama dan mendukung proses peremajaan permukaan kulit secara alami agar berfungsi optimal.

Manfaat yang saya rasakan pada kulit saya sendiri adalah SK-II FTE ini mampu meratakan warna dan mencerahkan kulit wajah, menyamarkan noda bekas jerawat, dan mengempeskan jerawat. Biasanya, untuk meredam jerawat merah yang baru muncul, cukup tuangkan sedikit essence ke kapas, lalu kompres jerawat selama kurang lebih 5-10 menit. Voilà! Besok paginya jerawat dijamin kempes.

Untuk mendapatkan hasil signifikan memang dibutuhkan kesabaran. Saya membutuhkan waktu sampai satu bulan setelah penggunaan secara rutin tiap harinya pagi dan malam. Wajah terasa kenyal, bersih, dan cerah. Namun, hasil yang didapat tiap orang tentunya berbeda-beda tergantung dengan kondisi kulit tiap individu.

L’Occitane Reine Blanche Illuminating Lotion Toner  

L’Occitane Reine Blanche Illuminating Lotion Toner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 446.800

Bebas alkohol dan efektif mengembalikan kilau alami kulit

Buat para skincare addict, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan brand L’Occitane. Ya, brand kecantikan asal Provence, Prancis, ini terkenal karena produk-produk kecantikannya yang menggunakan bahan-bahan alami dan organik. Terinspirasi dari tanaman Reine De Prés yang merupakan bunga putih murni, toner ini mengandung salicylic acid yang dikenal akan khasiatnya untuk meningkatkan kilau kulit dan membantu memperbarui lapisan kulit.

L’Occitane menciptakan formula Reine Blanche Complex yang dipadukan dengan white mulberry extract dan vitamin C sehingga efektif mencerahkan kulit. L’Occitane Reine Blanche Illuminating Lotion Toner yang bebas alkohol ini mampu menyegarkan dan mempersiapkan kulit untuk mengembalikan kilau alaminya. Namun, perlu diperhatikan bahwa after effect penggunaannya mungkin akan meninggalkan rasa sedikit lengket melembapkan.

Sandara Jiwa Pi+ Essence with Hyaluronic Acid 

Sandara Jiwa Pi+ Essence with Hyaluronic Acid

Lihat produk ini di Shoope

Lihat produk ini di Sandara Jiwa

Harga : Rp 159.000

Essence kearifan lokal yang berkhasiat memperbaiki kulit wajah

Setelah membahas toner ternama asal Jepang dengan harga yang cukup fantastis. Kali ini, saya akan membahas dupe-nya. Awal mula saya tertarik dengan rangkaian produk lokal asal Yogyakarta ini karena melihat yang wajahnya terlihat cerah, bersih, dan plumpy. Saya penasaran skincare apa yang sedang ia gunakan.

Produk dari Sandara Jiwa yang satu ini bisa kalian gunakan sebagai toner atau facial mist karena kemasannya praktis berbentuk spray. Teksturnya ringan sehingga aman digunakan pagi, siang, dan malam. Terlebih kandungan alaminya yang terdiri dari fermentasi beras.

Produk ini bermanfaat menaikkan level terang pada wajah serta elastisitas pada kulit. Kulit pun terlihat lebih cerah, segar, dan kenyal. Setelah penggunaan hampir 2 bulan, saya bisa merasakan perbedaan dari segi kekenyalan kulit. Selain itu, wajah saya juga terbebas dari jerawat dan minyak wajah pun berkurang jauh.

Seperti kebanyakan fermentasi beras, bau asam cuka menyeruak saat pengaplikasian. Bagusnya lagi, toner ini tidak mengandung alkohol, paraben-free, SLS-free, serta uniseks. Namun, karena memang klaimnya dibuat dari bahan alami, masa kedaluwarsa toner ini cukup singkat.

Mario Badescu Facial Spray with Aloe, Herbs and Rosewater 

Mario Badescu Facial Spray with Aloe, Herbs and Rosewater

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 189.000

Toner multifungsi, bisa juga untuk makeup setting

Kesan pertama saya pada produk ini adalah saya suka dengan warna pink-nya! Seperti halnya botol-botol toner lainnya yang pernah saya gunakan, Mario Badescu Facial Spray With Aloe, Herbs, And Rosewater memiliki kemasan super sederhana. Nothing fancy. Kemasannya hanya berupa botol spray plastik berwarna bening sehingga memudahkan kita melihat sisa isi produk yang berwarna pink.

Tidak jauh berbeda dengan spray lainnya, produk ini tergolong powerful spray. Jadi jangan berharap spray yang dihasilkan bakal halus. Saat disemprot, wajah akan terasa cukup basah. Formulanya melembapkan dan menjadikan wajah terasa segar. Sangat membantu untuk mengatasi masalah kulit kering, apalagi karena area sekitar hidung dan alis saya suka mengelupas. Wanginya mirip rose water pada umumnya. Hanya saja, Mario Badescu Facial Spray With Aloe, Herbs and Rosewater ini lebih supple.

Produk ini berkhasiat untuk merevitalisasi kulit dan memberikan kilau yang dewy. Seringnya saya mengenakan toner ini sebagai setting spray saat menginginkan makeup yang lebih halus dan tidak terlihat cakey. Multifungsi, bukan? Namun, perlu diperhatikan bahwa ini bukan berarti membuat daya tahan makeup jadi lebih awet, ya. Selain itu, yang tak kalah penting adalah untuk kategori brand luar, harga produk ini masih termasuk terjangkau!

Kesimpulan

Itu dia 7 toner andalan untuk kulit berjerawat dan berminyak yang masih saya gunakan hingga saat ini. Produk di atas mampu mengurangi jerawat dan minyak serta memberikan kekenyalan pada kulit wajah. Jangan takut masalah harga karena saya memberikan versi high-end vs dupe-nya.

Perlu ditekankan bahwa penggunaan skincare tidak bisa hanya 1-2 minggu saja. Butuh 3-4 minggu untuk mengetahui apakah suatu produk cocok atau tidak di kulit wajah. Terlebih lagi, jenis kulit tiap orang berbeda-beda. Justru kalian perlu berhati-hati jika skincare tersebut menawarkan hasil instan. Bisa jadi ada kandungan berbahaya. Nah, selamat mencoba!