7 Rekomendasi Produk yang Perlu Disiapkan saat Wisata Outdoor Bersama Anak

7 Rekomendasi Produk yang Perlu Disiapkan saat Wisata Outdoor Bersama Anak

Meskipun sedikit merepotkan, saya meyakini banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan mengajak anak-anak traveling. Bagi saya, traveling bersama anak adalah salah satu cara meningkatkan bonding keluarga yang paling menyenangkan. Destinasi liburan favorit anak-anak sendiri adalah wisata outdoor yang memiliki banyak fasilitas bermain. Suasananya tidak monoton, serta ruang gerak anak-anak tidak dibatasi. Mereka pun jadi lebih bebas bereksplorasi.
Dibanding bermain di dalam ruangan, wisata outdoor bersama anak memang membutuhkan persiapan yang lebih mumpuni agar acara liburan dapat berjalan lancar. Maklum, namanya jalan-jalan sama anak-anak, sering kali banyak hal tak terduga yang terjadi. Berikut ini adalah perlengkapan yang biasanya saya bawa ketika pergi wisata outdoor bersama anak-anak.
Creator Image
Meriska Putri W
Lifestyle blogger
  • Konimex Konicare
    Minyak Kayu Putih Plus


    Meriska Putri W

    Salah satu risiko mengajak anak bermain di luar ruangan adalah harus siap dengan kemungkinan gigitan serangga atau hewan-hewan kecil lainnya. Oleh karena itu, saya selalu membawa Minyak Kayu Putih Konicare Plus yang memiliki daya tahan hingga 8 jam agar anak-anak terhindar dari gangguan hewan tersebut.

    Selain untuk menghangatkan badan dan menghindari gigitan serangga, fungsi lain dari Minyak Kayu Putih Konicare Plus adalah untuk meredakan gatal-gatal akibat gigitan serangga, mengatasi perut kembung, serta gejala masuk angin.

    Satu hal yang saya sukai dari minyak kayu putih ini adalah hangatnya pas dan tidak menimbulkan sensasi panas maupun terbakar di kulit anak-anak. Aromanya juga menenangkan dan tidak sekuat minyak kayu putih lainnya.
  • Lucas' Papaw
    Ointment


    Meriska Putri W

    Produk yang berasal dari Australia ini sering dijuluki sebagai salep ajaib karena memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama untuk masalah kulit pada anak maupun dewasa. Fungsi dari Lucas Papaw antara lain dapat menyembuhkan luka bakar ringan dan kulit melepuh akibat terbakar, serta mengobati kulit yang terbakar sinar matahari.
    Produk ini juga efektif untuk merawat luka setelah jatuh dan luka sayatan, ruam popok, gigitan serangga, mengurangi gejala eksim dan dermatitis, serta melembapkan bibir dan kulit. Lucas Papaw aman digunakan untuk anak-anak karena sudah memenuhi standar keamanan FDA Amerika Serikat dan Pharmacopeia Eropa.

    Ointment ini juga mengandung petroleum jelly murni tanpa tambahan polyplasdone, polivinil, bedak, ataupun sodium lauryl sulfate. Namun, bagi anak-anak yang memiliki alergi terhadap pepaya, harap berhati-hati karena bahan utama Lucas Papaw adalah buah pepaya yang difermentasikan.

    Bibir Alif, anak pertama saya, pernah kering dan luka saat kami berlibur ke Gunung Bromo yang saat itu udaranya sangat dingin. Saya hanya mengoleskan Lucas Papaw Ointment sekali saja, bibirnya sudah tidak kering lagi dan lukanya langsung membaik!
  • Beach Hut
    Kids Max 100++ SPF


    Meriska Putri W

    Namanya bermain di luar, mau tidak mau pasti harus bersinggungan dengan matahari. Agar kulit anak terhindar dari pengaruh jahat sinar UVA dan UVB, diperlukan sunblock yang mampu memberikan perlindungan maksimal. Dengan kandungan SPF hingga 100++, sunscreen anak dari Beach Hut ini sangat cocok digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan ketika matahari sedang terik sekalipun. Meskipun SPFnya tinggi, sunscreen ini tidak lengket dan cepat menyerap di kulit.
    Produk ini diformulasikan khusus dengan bahan yang lembut sehingga cocok untuk kulit anak yang sensitif. Selain itu, Beach Hut Kids Max 100++ SPF juga tidak mengandung paraben, tidak perih di kulit, serta sudah terbukti hypoallergenic. Aromanya juga lembut dan menyegarkan. Sunscreen untuk anak yang sweatproof dan waterproof ini bahkan sudah dapat digunakan mulai bayi umur 6 bulan, lho!
  • Neppi
    Baby Wipes Non-Parfum


    Meriska Putri W

    Aktivitas anak-anak sehari-hari biasanya tidak pernah lepas dari hal-hal yang mungkin mengotori pakaian maupun bagian tubuh mereka. Tangan kotor kena tanah, baju ketumpahan es krim, atau mulut berlepotan coklat adalah hal biasa yang sering terjadi jika berpergian dengan anak. Oleh karena itu, tisu basah adalah benda yang selalu saya bawa ke mana pun kami pergi.
    Salah satu tisu basah favorit saya adalah Neppi Baby Wipes. Tisu basah ini memiliki formula yang lembut dengan terdiri dari 99% air alami, tidak mengandung alkohol, serta tersedia dalam varian non fragrance sehingga cocok digunakan untuk bayi dan anak-anak yang kulitnya sensitif. Bahkan untuk varian dengan fragrance sekalipun, aromanya sangat lembut. Jadi, tetap aman untuk yang kurang suka dengan wewangian.
  • Kino Sleek
    Baby Travel Wash


    Meriska Putri W

    Bukan hanya skincare saja yang punya kemasan travel size, lho. Deterjen bayi pun saat ini sudah ada kemasan mininya, seperti Sleek Baby Laundry Travel Wash yang satu ini! Deterjen ini dikemas dalam tube dengan tutup flip-top yang ringkas dan praktis untuk dibawa berpergian. Konsistensinya juga cukup padat dan kental sehingga tidak mudah tumpah.
    Formulanya dibuat dari bahan alami dari tumbuhan seperti lime extract yang tidak hanya menjadikan aromanya segar, tetapi juga membuatnya makin efektif menghilangkan noda, mudah dibilas, dan lembut di tangan. Selain itu, Sleek Baby Travel Wash ini sudah paraben-free dan teruji klinis anti-bacterial dan antijamur. Tak perlu lagi khawatir jika pakaian anak terkena kotoran saat sedang berwisata outdoor atau traveling ke luar kota.
  • Buccubag
    Black Phenom


    Meriska Putri W

    Sejak memiliki anak, tiap kali berpergian saya selalu membawa satu tas khusus yang berisi perlengkapan anak-anak untuk situasi darurat, seperti obat-obatan, baju ganti, popok sekali pakai, dan lain-lain. Supaya tetap terlihat fashionable, saya memilih diaper bag dari Buccubag ini. Desainnya simpel, namun tetap kekinian. Sama sekali tidak terlihat seperti tas bayi.
    Selain bisa muat banyak barang, di dalamnya juga terdapat banyak kompartemen yang memudahkan untuk menyimpan perintilan anak-anak agar mudah dicari. Dan yang paling penting, harganya sangat terjangkau. Meskipun begitu, kualitasnya tidak perlu diragukan. Sudah dua tahun saya memakai tas dari Buccubag ini dan sampai sekarang masih awet tanpa ada kerusakan sedikit pun!
  • Andrea
    Gendongan Standard


    Meriska Putri W

    Salah satu benda wajib yang harus dibawa saat berpergian bersama anak adalah gendongan. Gendongan yang desainnya ergonomis akan sangat membantu agar badan tidak terasa pegal saat menggendong anak yang kian hari beratnya kian bertambah.
    Gendongan favorit saya adalah tipe soft structure carrier (SSC) karena mudah dan praktis ketika digunakan. Beruntungnya akhir-akhir ini makin banyak brand lokal yang menyediakan gendongan ergonomis dengan harga terjangkau, salah satunya adalah Andrea Baby Carrier.

    Brand gendongan yang berasal dari Yogyakarta ini banyak dicintai oleh ibu-ibu yang gemar menggendong karena kualitasnya bagus dan harganya ramah di kantong. Bahannya terbuat dari katun yang lembut dan menyerap keringat. Busa di bagian bahunya empuk sehingga tidak membuat pegal. Karena termasuk tipe SSC, tangan penggendong pun bisa leluasa bergerak saat menggendong tanpa takut posisi anak akan melorot.

    Gendongan ini juga sudah dilengkapi hoodie dan strap pada bagian kaki yang bisa dilepas-pasang agar anak makin nyaman saat digendong. Untuk versi standar, gendongan ini bisa digunakan mulai bayi berumur 4 bulan hingga 2,5 tahun, atau berat 20 kg. Saat ini, Andrea juga mengeluarkan SSC versi mini yang bisa digunakan sejak bayi baru lahir.