7 Perlengkapan Doodle bagi Pemula Rekomendasi Doodle Artist Tanti Amelia

Lifestyle, doodle & illustration tutorial blogger Tanti Amelia
Lifestyle, doodle & illustration tutorial blogger
Tanti Amelia
Neng Tanti adalah seorang blogger, doodle artist, dan ilustrator buku anak. Karyanya telah tersebar di puluhan buku serta dinding TK dan cafe. Juara pertama doodle pada lomba "Eat, Write and Doodle" di Kuala Lumpur, Malaysia, ini bercita-cita mendirikan doodle museum di Indonesia. Saat ini, kesibukannya adalah mengisi workshop dan membuat ilustrasi untuk buku.
Saat ini, doodle art makin banyak digemari. Doodle art sering digunakan, misalnya untuk menghias kemasan, dinding kafe, atau lainnya. Dalam bahasa Indonesia, doodle artinya mencoret. Doodle art termasuk dalam aliran freehand art, yaitu seni yang dibuat bebas sekehendak hati si pembuatnya. Karya yang dihasilkan biasanya menggambarkan suasana hati si seniman.

Saya mulai mendalami doodle art sejak tahun 2000-an. Bagi saya, doodle adalah seni yang mudah, murah, dan bisa dikerjakan di mana saja. Doodle juga membantu saya meningkatkan konsentrasi sekaligus menciptakan pemikiran positif. Ada tiga tahapan sederhana dalam doodle, yaitu sketching, inking, dan coloring. Berikut ini saya akan merekomendasikan tujuh produk yang biasa saya gunakan. Semoga menjadi referensi bagi kalian yang ingin memulai doodle.

Produk pilihan Tanti Amelia

Lyra Sketch Book 

Lyra Sketch Book

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.000

Mudah di-refill dan dapat menyerap warna dengan baik

Sketchbook menurut saya adalah media yang paling mudah untuk dibawa ke mana saja. Meski kita juga bisa doodling menggunakan drawing book, saya tetap merasa penting untuk memiliki sketchbook dengan ketebalan minimal 80 gram. Sketchbook polos membuat saya merasa bebas untuk menuangkan ide-ide kreasi dan bereksperimen. Salah satu sketchbook favorit saya adalah merek Lyra.

Kertasnya agak tebal dan kasar sehingga mampu menyerap warna dengan baik. Sketchbook ini cocok untuk menggambar dengan pensil, bolpoin, drawing pen, hingga spidol. Doodler pemula biasanya membuat sketsa dengan pensil, menghapusnya berulang kali, baru kemudian menebalkannya dengan spidol. Nah, sketchbook dari Lyra ini bisa menjadi pilihan tepat karena kualitas kertasnya tidak berubah meski dihapus berulang kali.

Selain kualitas kertasnya, saya menyukai sketchbook ini karena dilengkapi ring Vario Zip. Ring ini memudahkan saya mengeluarkan kertas tanpa menyobeknya. Apabila lembarannya habis, kalian tinggal membeli refill-nya untuk mengisi ulang sketchbook ini. Lyra Sketch Book tersedia dalam ukuran A3, A4, dan A5. Jadi, tinggal pilih ukuran yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

Kiky Sketch Book  

Kiky Sketch Book

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.950

Harga terjangkau dengan kualitas yang mumpuni

Sketchbook lainnya yang ingin saya rekomendasikan adalah merek Kiky. Produk ini juga salah satu sketchbook favorit saya. Sama seperti Lyra, kertas sketchbook Kiky juga memiliki kualitas yang sangat baik. Selintas, keduanya bahkan terlihat sangat mirip. Namun, sketchbook Kiky dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Di antara sketchbook dengan kisaran harga yang sama, kualitas kertas Kiky ini adalah yang terbaik. Selain tebal, kertasnya tidak mudah rusak meski dihapus berulang kali. Sayangnya, kertas Kiky ini tidak cocok digunakan dengan cat air atau spidol yang berbahan dasar alkohol. Ketika proses pewarnaan pun, usahakan untuk tidak melakukannya berulang kali sebab kertas Kiky cenderung mudah sobek.

Derwent Artists Black & White 6 tin 

Derwent Artists Black & White 6 tin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 142.000

Garisnya tebal, cocok untuk doodling monster atau manga

Jika kalian bingung memilih pensil, sebenarnya pensil 2B sudah cukup untuk membuat sketsa dan shading. Tinggal bagaimana memberikan pressure atau tekanan pada pensil tersebut. Namun, karena doodle yang saya buat rata-rata menampilkan dua karakter yang jauh berbeda, saya menggunakan pensil yang ketebalannya berbeda juga.

Saat doodling monster atau manga, biasanya kita hanya menggambar sketsa untuk menentukan komposisi gambar di atas kertas saja. Untuk doodle monster atau manga yang gambarnya cenderung besar dan lucu, saya menggunakan pensil Derwent 4B hingga 7B yang permukaannya lunak. Pensil ini mampu memberikan garis yang tebal dan tidak terlalu kasar atau keras ketika digores ke kertas. Dengan sedikit tekanan saja, kita bisa menampilkan titik atau garis jet-black maupun picth-black dengan mudah.

Tingkat ketebalan pensil memang berbanding lurus dengan tingkat kehitamannya. Semakin hitam pensil (biasanya dituliskan dengan 3B, 4B, dan seterusnya hingga 9B), semakin besar dan lunak grafitnya. Satu pesan saya, perlakukan pensil ini dengan hati-hati, ya. Jangan sampai menekannya terlalu kuat atau membiarkannya jatuh ke lantai. Sebab, grafit pensil ini rapuh dan mudah patah.

Rotring Tikky Mechanical Pencil 1.0 mm  

Rotring Tikky Mechanical Pencil 1.0 mm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Membuat titik dan detail gambar dengan presisi

Untuk flower doodle yang membutuhkan detail dengan presisi, saya memilih untuk menggunakan pensil mekanik. Ketebalan garisnya konsisten sehingga cocok digunakan untuk membuat sketsa flower doodle yang rumit. Selain itu, pensil mekanik juga sangat praktis karena tidak perlu diruncing ulang.

Pensil mekanik favorit saya adalah merek Rotring. Merek ini sebenarnya banyak digunakan oleh mahasiswa teknik atau pekerja yang berhubungan dengan gambar teknik. Kualitasnya sudah terbukti mumpuni, tidak mudah rusak maupun macet. Ukuran grafit yang paling sering saya gunakan adalah 1,0 mm. Namun, terkadang saya juga menggunakan grafit berukuran 0,9 mm bila ingin membuat garis yang lebih halus. Sebagai variasi, kalian juga bisa mencoba menggunakan refill grafit dari merek lain.

Faber-Castell Penghapus Khusus EBTA & SPMB 

 Faber-Castell Penghapus Khusus EBTA & SPMB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000

Noda terhapus, tetapi kertas tidak pupus

Rekomendasi selanjutnya yang tak kalah penting adalah penghapus! Saya tidak pernah bisa menggambar tanpa melibatkan penghapus. Produk yang saya rekomendasikan adalah Faber-Castell Penghapus Khusus EBTA & SPMB. Sesuai namanya, penghapus ini memang diperuntukkan bagi pelajar yang sedang menghadapi ujian.

Saya sangat menyukai teksturnya yang lembut dan lentur. Penghapus ini memang disesuaikan dengan kertas ujian yang biasanya cenderung tipis dan mudah robek. Meski lentur, produk ini mampu membersihkan coretan pensil yang tebal sekalipun tanpa merusak kertas sketchbook. Ukurannya sedang sehingga tidak memakan banyak tempat di kotak pensil. Satu lagi yang saya suka, penghapus ini awet dan tidak menimbulkan serpihan kotoran yang banyak.

Stabilo Point 88 

Stabilo Point 88

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.800

Menebalkan sketsa tanpa noda!

Sebelum diwarnai, sketsa yang telah digambar menggunakan pensil harus ditebalkan terlebih dahulu menggunakan drawing pen. Drawing pen atau fineliner yang saya gunakan adalah jenis ink-proof. Drawing pen jenis ini tidak akan tercampur dengan tinta pewarna, meninggalkan kesan blur, maupun merembes ke balik kertas sketchbook. Saya menggunakannya untuk menggambar monster doodle, manga, bahkan flower doodle.

Ink-proof drawing pen yang menjadi sahabat saya adalah Point Stabilo 88 ini. Selain kualitas tintanya, saya juga menyukai body-nya yang ramping dan berbentuk heksagonal. Hal itu membuat Stabilo Point 88 sangat nyaman ketika digenggam dan digunakan. Ujung penanya sangat lancip, tetapi cukup keras sehingga tidak mudah pecah meskipun ditekan kuat-kuat. Selain itu, garis yang dihasilkannya pun sangat bersih dan tajam!

Ketika menggambar flower doodle, kalian bisa menebalkan garis dengan lebih mudah jika menggunakan teknik stippling (membuat arsiran dengan titik-titik kecil). Jadi, produk dari Stabilo ini sangat pas untuk proses penebalan garis tersebut. Kelebihan lain dari drawing pen berbahan dasar air ini adalah tidak cepat kering. Saya pernah membiarkannya dalam kondisi terbuka selama 1 jam dan warna tintanya tidak berubah, tetap seperti semula.

Copic Sketch 12 Color Set 

Copic Sketch 12 Color Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 775.000

Gambar yang sederhana pun akan terlihat lebih hidup

Copic masih menjadi marker urutan teratas untuk mewarnai. Agar dapat membuat doodle terlihat lebih hidup, dibutuhkan teknik mewarnai yang tepat. Untuk itu, saya mewarnai doodle dengan 3 lapisan warna, yaitu warna dasar, bayangan, dan highlight. Ketiga warna yang digunakan adalah warna serumpun atau bergradasi. Dengan demikian, doodle akan terlihat berdimensi. Dengan teknik bayangan yang tepat, gambar bahkan akan terlihat seperti gambar tiga dimensi.

Copic yang saya gunakan adalah yang memiliki dua ujung pena. Satu ujungnya berbentuk kotak, sementara ujung lainnya berbentuk brush pen. Salah satu kelebihan Copic ini, kalian bisa mengisi ulang tintanya apabila telah habis. Tintanya sendiri terbuat dari alkohol berbasis tinta dye. Formula ini memungkinkan kita menggabungkan warna tanpa membuat kertas robek seperti ketika menggunakan cat air. Konsistensi warna tintanya pun terjamin sehingga warna tidak akan berubah. Selain itu, ujung penanya juga dapat kalian ganti dengan nibs atau tips.

Kesimpulan

Demikianlah tujuh produk yang saya rekomendasikan bagi kalian yang ingin membuat doodle. Membuat doodle sama sekali tidak sulit. Kalian hanya butuh latihan untuk bisa menuangkan imajinasi dan kreativitas, serta melatih kecepatan. Peralatan yang dibutuhkan juga sederhana. Kalian cukup menyiapkan sebuah sketchbook dan pensil untuk memulainya.

Meski demikian, perlengkapan doodle yang kita gunakan dapat membantu mendongkrak semangat berkarya. Bila sudah terbiasa, kita bisa mencoba doodling di berbagai media untuk karya. Tidak perlu yang mahal, pilihlah perlengkapan yang paling sesuai dengan selera kita. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian. Happy doodling!