7 Rekomendasi Jenis Outfit yang Nyaman Dipakai Saat Traveling

7 Rekomendasi Jenis Outfit yang Nyaman Dipakai Saat Traveling

Bagi saya, outfit yang dikenakan saat traveling punya peranan sangat penting. Kenapa? Hal ini karena outfit bisa mempengaruhi mood menjadi lebih menyenangkan saat traveling. Mementingkan gaya sih boleh-boleh saja, tetapi harus selalu diingat jangan sampai kalian salah pilih outfit yang berujung jadi tersiksa. Sebelum mempersiapkan outfit, ada baiknya kalian mencari info yang cukup tentang kondisi destinasi liburan kalian. Semenjak berhijab, saya memang agak kesulitan mencari outfit yang nyaman untuk traveling.

Kami, para hijaber biasanya membawa outfit dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan yang mengenakan outfit biasa. Namun, seiring berjalannya waktu, saya akhirnya menemukan outfit yang cocok dengan style liburan saya. Kebetulan saya termasuk orang yang simpel, jadi saya akan membawa outfit yang casual dan nyaman, tetapi tetap terlihat stylish ketika dipakai.


Creator Image
Larasati Neisia
Lifestyle blogger & travel enthusiast
  • H&M
    Midi Bleu Fonce Floral


    Larasati Neisia

    Saya akui kalau sekarang saya lebih suka pakai dress ke mana-mana, termasuk saat traveling. Alasan kenapa saya merekomendasikan dress panjang dari H&M ini karena bahannya 100% polyester, dan memiliki bermacam kelebihan. Di antaranya adalah dress ini memiliki sirkulasi udara yang baik, tidak mudah kusut, awet terhadap kuman, cepat kering, dan tahan air.

    Dilengkapi dengan kerah kecil dan kancing di bagian atas, serta motif floralnya dapat memberikan kesan segar dan ceria. Selain itu, dress ini dilengkapi inner berbahan kaos di bagian atas dan furing tebal pada bagian bawahnya. Kalau kalian berhijab seperti saya, kalian bisa menggunakan celana legging dengan warna netral untuk bawahannya.


    Selain itu, dress seperti ini juga fleksibel karena bisa dipakai untuk traveling atau pun ke acara formal. Bukan tidak mungkin lho kalian menghadiri acara formal (pernikahan, seminar, gathering kantor, dll) sambil liburan. Jadi, bisa lebih hemat bawaan, kan?

  • Uniqlo
    Women Pleated Long Skirt


    Larasati Neisia

    Rok menjadi salah satu fashion item yang paling sering digunakan di kalangan hijaber. Salah satu rok favorit yang selalu saya bawa ketika traveling adalah Woman Skirt dari Uniqlo ini. Saya punya beberapa skirt ini dengan warna netral sehingga bisa di mix and match dengan berbagai outfit atasan. Contohnya adalah kemeja, blus, T-shirt, turtleneck long sleeve t-shirt, long coat, dan lain-lain.

    Rok ini tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Namun, varian warna yang ingin saya rekomendasikan kali ini adalah dark green. Kenapa warna dark green? Menurut saya warna hijau gelap ini punya daya tarik tersendiri, bahkan terlihat lebih elegan dari warna lainnya.


    Warna hijau gelap bisa menjadi pilihan warna netral alternatif selain hitam. Karena saya punya badan yang tidak terlalu tinggi, rok ini bisa saya sesuaikan dengan style casual yang saya inginkan selama traveling. Bisa ditarik ke atas menjadi rok 7/8 atau bisa juga dipaskan di pinggang menjadi rok panjang. Jangan khawatir, rok ini punya furing yang tebal sehingga kalian tidak perlu takut tembus pandang.


    Memakai rok seperti ini membuat saya merasa lebih nyaman dan bisa bergerak bebas. Tips dari saya, saat traveling kalian cukup membawa satu skirt dengan warna netral saja. Sisanya tinggal bawa berbagai atasan agar lebih hemat barang bawaan. Oh ya, jangan lupa untuk memakai celana legging sebagai dalamannya agar lebih nyaman selama traveling, ya!

  • Forever 21
    Basic Cotton-Blend Leggings


    Larasati Neisia

    Bisa dibilang legging ini jadi salah satu fashion item yang tidak boleh saya lewatkan. Setiap traveling, saya bisa membawa bekal celana legging 3-4 pcs. Selain lebih ringan dari celana yang lain, legging juga sudah jadi kebutuhan saya sekarang. Hal ini karena sekarang saya lebih sering memakai dress atau rok sehingga membutuhkan dalaman celana legging.

    Salah satu brand celana legging favorit saya adalah legging dari Forever21. Legging Forever21 ini memiliki material campuran bahan katun dan spandeks yang punya banyak kelebihan, seperti bahannya melar, tidak mudah berkerut, lembut di tangan, dan tahan terhadap pemudaran warna.


    Legging dari Forever21 punya beberapa tipe, ukuran, dan warna. Namun, saya lebih memilih tipe basic warna hitam untuk dibawa traveling karena warna hitam merupakan warna paling aman untuk di mix and match dengan outfit lain. Jadi, sekarang kalian sudah tahu kan, rahasia nyaman saya bepergian memakai dress atau rok? Semua berkat dalaman celana legging!

  • Uniqlo
    Women Mickey Art UT Jeremyville (Short-Sleeve Graphic T-Shirt)


    Larasati Neisia

    Walaupun outfit saya simpel, tetapi saya juga suka dengan outfit yang banyak warna dan motif. Salah satu motif yang paling saya suka adalah motif kartun. Saya adalah penggemar berat Mickey Mouse!

    Satu hal yang tidak boleh saya lewatkan ketika belanja online adalah berburu Mickey Art T-shirt model terbaru. Salah satu hal yang saya suka dari Mickey Art T-shirt ini adalah karena kaos ini unisex. Mickey Art T-shirt ini punya ukuran yang bervariasi, kalian bisa memilih ukuran kaos pria kalau mau agak lebih longgar.


    Saat traveling, saya pasti membawa beberapa kaos entah untuk baju utama, baju tidur, baju ganti, atau untuk dipasangkan dengan outfit lain. Saya tidak mempermasalahkan kalau Mickey Art T-shirt ini berlengan pendek karena saya masih bisa memadukannya dengan outer seperti kardigan, jaket jeans, blazer, dll. Memang, memakai Mickey Art T-shirt saat berlibur merupakan pilihan yang tepat!

  • Myrubylicious
    Leinani Pants


    Larasati Neisia

    Berhubung saya sudah semakin jarang pakai celana jeans, saya akhirnya beralih ke celana berbahan kain yang lebih nyaman. Salah satu rekomendasi saya adalah Leinani Pants dari Myrubylicious ini.

    Leinani Pants ini berbahan wedges, di mana bahan tersebut bentuknya tebal, sedikit licin, kaku, dan agak stretch (melar). Ukuran dari celana ini all size (ukuran celana 27 s/d 30) dengan pinggang karet. Nah, pinggang karet inilah yang membuat saya lebih nyaman untuk melakukan aktivitas traveling.


    Selain itu, sirkulasi udara ketika mengenakan celana ini pun cukup baik karena celananya tidak ketat. Kalian bisa mix and match celana ini dengan atasan T-shirt, blus, maupun kemeja. Oh ya, Myrubylicious punya banyak koleksi celana berbahan kain yang bisa jadi pilihan kalian, lho.

  • Levi's
    Original Trucker Chronicles


    Larasati Neisia

    Siapa yang setuju kalau jaket denim adalah outfit favorit sepanjang masa? Sama halnya dengan T-shirt yang sudah saya sebutkan di atas, saya merekomendasikan Levi's Original Trucker Chronicles karena merupakan fashion item yang unisex.

    Sebagian besar bahan yang digunakan untuk jaket denim ini adalah katun yang dicampur dengan polyester. Bahan tersebut membuat hasil kain denim menjadi lebih ringan dan sangat pas dipakai untuk berbagai situasi termasuk traveling.


    Alasan kenapa saya memasukan Levi's Original Trucker Chronicles ke dalam outfit untuk traveling adalah karena bahannya yang kuat dan tahan lama, tidak mudah sobek, terlihat lebih elegan, dan nyaman ketika dikenakan. Kalian bisa menjadikan Levi's denim jacket ini sebagai outer agar terlihat lebih stylish ketika traveling.

  • H&M
    Basic Hooded Sweatshirt


    Larasati Neisia

    Kata siapa traveling pakai sweater nggak bisa tampil stylish? Buktinya, dengan memakai hooded sweatshirt dari H&M ini kalian bisa tampil keren, lho. Buat saya yang berhijab, mengenakan sweatshirt yang sudah dilengkapi dengan hoodie ini juga bisa dijadikan sebagai baju hangat. Jadi, kalian tidak perlu lagi bawa jaket. Praktis, kan?

    Saya merekomendasikan hooded sweatshirt H&M ini karena terbuat dari material katun yang mudah menyerap keringat sehingga terasa nyaman saat dipakai. Saat mengenakannya, kalian bisa mix and match sweatshirt ini dengan skirt 7/8 atau dengan celana kain.


    Untuk warnanya, saya sarankan kalian memilih warna pastel seperti soft pink, salem, mint, sky blue, dan sebagainya. Warna pastel akan membuat penampilan kalian terlihat lebih kalem serta lebih mudah dipadukan dengan outfit warna lainnya.