10 Rekomendasi Mainan Anak Edukatif untuk Balita Belajar di Rumah

10 Rekomendasi Mainan Anak Edukatif untuk Balita Belajar di Rumah

Mainan merupakan salah satu sarana yang penting untuk menyibukkan pikiran dan indra seorang anak. Dengan bermain, anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, serta pertumbuhan emosinya. Saya selalu berusaha selektif dalam memilih mainan yang akan saya berikan untuk Caraka. Hal ini karena saya sadar bahwa anak usia dini (0-5 tahun) merupakan periode emas bagi perkembangannya untuk memperoleh proses pembelajaran.

Tidak hanya kemampuan Calistung (membaca, menulis dan berhitung), ada pula area belajar lainnya yang tidak kalah penting yakni Exercise of Practical Life (Latihan kehidupan sehari-hari), Sensorial (panca indra), serta Cultural (dunia sekitar). Lucky us mommies karena saat ini sudah ada banyak sekali edu toys yang mampu membantu si kecil belajar dengan fun. Berikut sepuluh rekomendasi mainan anak edukatif yang ingin saya bagikan.


Creator Image
Putri Normalita
Travel & parenting blogger
  • Puzzle Kayu Alphabet Huruf Timbul


    Putri Normalita

    Puzzle Kayu Alphabet sebaiknya menjadi mainan atau sarana belajar yang wajib bunda miliki karena memiliki banyak manfaat serta kelebihan. Karena anak dapat menyentuh atau memegang secara langsung, hal ini tentu akan membuatnya lebih mudah untuk mengingat bentuk serta rupa berbagai huruf alfabet. Selain itu, si kecil juga bisa mengenal huruf-hurufnya lebih dalam.

    Mainan edukatif puzzle alfabet ini juga dapat merangsang sensor motorik halus si kecil melalui indra peraba, indra penglihatan dalam mengenal warna, serta melatih fokus dan konsentrasi ketika mencocokkannya kembali. Keuntungan lainnya, puzzle alfabet ini merupakan salah satu material yang memiliki ragam ide belajar Montessori yang menyenangkan jika dilakukan di rumah.

  • Marble Run 46 Pcs


    Putri Normalita

    Marble Run merupakan edu-toys yang menggunakan marble (kelereng/gundu). Alasan saya membelikan Caraka mainan ini karena Caraka suka sekali dengan bola, baik ukuran kecil maupun besar. Selain itu, anak usia dibawah 5 tahun cenderung memiliki keingintahuan mengenai prinsip gravitasi. Makanya tidak heran kalau mereka masih suka melempar barang.

    Nah, Marble Run ini tentunya akan menjadi mainan yang pasti disukai oleh mereka. Dengan mainan ini mereka bisa memahami bagaimana prinsip gravitasi bekerja. Marble Run juga memiliki manfaat dalam mengembangkan kreativitas anak. Selain itu, Marble Run juga merupakan mainan yang tidak pernah membosankan bagi si kecil sehingga bisa dimainkan lagi dan lagi.

  • Puzzle Kayu Bentuk Geometri


    Putri Normalita

    Puzzle Kayu Geometri yang memiliki beragam warna dan bentuk tentunya akan sangat bermanfaat untuk balita mengenal serta menghafalnya. Mainan yang satu ini sangat dibutuhkan dalam area belajar perkembangan matematika.

    Dengan bermain game puzzle, anak akan dituntut untuk mencocokkan potongan puzzle sehingga harus sabar dalam menyusunnya ke dalam kotak yang sudah tersedia. Jadi selain dapat melatih emosi anak, kegiatan bermain puzzle juga mampu mengembangkan koordinasi mata dan tangan. Dengan demikian, anak dapat melatih fokus dan konsentrasinya dalam mengerjakan sesuatu. Sama halnya dengan Puzzle Alphabet, Puzzle Kayu Geometri juga dapat dimainkan dengan beragam cara.

  • Lego Block Container 110 Pcs


    Putri Normalita

    Semuanya sudah jadi satu paket komplet! Itulah alasannya kenapa mainan edukasi ini menjadi wajib untuk bunda miliki. Lego Block hadir dengan bermacam warna, ukuran, dan bentuk sehingga bunda dapat memberikan kesempatan untuk si kecil bermain sambil belajar dengan asyik. Saat bermain Lego Block bersama si kecil, bunda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengenalkan kepada anak macam-macam warna, bentuk, dan ukuran.

    Bermain lego mampu meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah. Dengan bermain lego pula koordinasi tangan dan mata anak-anak akan terlatih. Dan yang paling penting, bermain lego sekeluarga dapat menciptakan bonding yang sangat efektif lho!

  • Play Sand Kinetic Sand Container 1000gr


    Putri Normalita

    Siapa yang masa kecilnya happy banget ketika melihat pasir? Saya termasuk anak yang hobi sekali bermain pasir di depan rumah. Dari setiap anak kecil, kebanyakan pasti sangat menyukai bermain pasir. Itulah sebabnya kehadiran Kinetic Play Sand (pasir magnet) ini begitu booming saat ini.

    Produk ini memiliki kelebihan dibandingan pasir biasa. Jika pasir biasa mudah melekat pada kulit, berbeda dengan pasir magnet yang tidak mudah melekat pada kulit. Pasir ini juga jauh lebih mudah dibentuk dengan beragam cara sehingga dapat melatih si kecil untuk berpikir kreatif. Produk ini dapat digunakan sebagai sarana belajar serta membantu si kecil fokus dan tenang.

  • Crafty Kids
    Busy Book


    Putri Normalita

    Busy Book biasanya memiliki beragam materi belajar dalam tampilan yang sangat menarik untuk si kecil sehingga mereka akan jauh lebih cepat tertarik untuk memainkannya. Aktivitas yang ada di dalam Busy Book dapat melatih konsentrasi dan fokus anak. Selain itu, dapat juga untuk mengasah kemampuannya dalam memecahkan masalah (problem solving). Hal ini sangat bermanfaat untuk perkembangan IQ serta kreativitas anak.

    Bagi saya pribadi, Busy Book memiliki kelebihan karena sangat praktis jika dibawa kemana-mana. Jadi tanpa perlu membawa banyak mainan, si kecil bisa tetap sibuk dan tenggelam dengan bukunya ketika traveling atau dalam perjalanan. Sangat ampuh menjadi obat ketika si kecil sedang tantrum, lho!

  • Hasbro
    Play-Doh Rainbow Starter Pack


    Putri Normalita

    Percaya tidak kalau Play-Doh bisa menjadi mainan yang mampu menenangkan dan mengurangi stres? Dalam beberapa waktu, anak kecil juga dapat terserang stres lho, bunda. Nah, duduk sambil memilin Play-Doh ternyata memberi efek menenangkan pada anak. Ketika anak sedang sulit fokus, terlalu aktif bergerak atau terlalu emosional, bunda bisa mengajaknya bermain Play-Doh bersama.

    Selain untuk bermain, Play-Doh juga dapat menjadi sarana belajar yang baik. Saat ini Raka sendiri mulai belajar memotong dan mencetak menggunakan Play-Doh. Bermain dengan Play-Doh bisa menjadi saat menyenangkan bagi anak, apalagi karena saat ini sudah tersedia alat untuk mencetaknya.

  • Zoetoys
    Usborne First Sticker Book


    Putri Normalita

    Kebanyakan anak usia di bawah 5 tahun masih memiliki ketertarikan yang terbatas terhadap buku bacaan. Mereka cenderung mudah bosan, jadi sulit untuk membuatnya fokus mendengarkan apa yang dibacakan. Nah, sticker book merupakan salah satu book activity yang efektif untuk melatih anak mencintai buku lho, bunda!

    Oleh karena itu, mereka sebaiknya diberikan sticker book untuk memancing ketertarikannya terhadap buku. Hal ini agar mereka dapat memahami bahwa buku tidaklah membosankan dan bisa menjadi teman yang menyenangkan. Alasan lainnya, kegiatan mencopot serta menempel sticker merupakan aktivitas yang bisa mengasah motorik halus si kecil. Jadi bunda wajib ya, punya tipe buku yang satu ini.

  • Nafisah Edutoys
    Paket Sortir Lengkap


    Putri Normalita

    Dengan memberikan Montessori sensory toys, bunda dapat membantu mengembangkan serta menghubungkan koneksi saraf otak anak melalu permainan sensory. Tahukah bunda bahwa permainan sensori pada anak usia dini terbukti dapat mengembangkan kemampuan bahasa, kognitif, serta motorik halus dan kasar. Tidak hanya itu, kegiatan sensory juga dapat melatih kordinasi mata dan tangannya.

    Jika bunda kesulitan mencari sarana belajar Montessori satu persatu, tenang saja karena saat ini ada banyak sekali mainan sensory yang dijual dalam bentuk paketan. Bagi saya yang sangat cinta dengan metode belajar Montessori, saya tidak pernah ketinggalan untuk melengkapi variasi belajar dengan Montessori sensory toys ini.

  • Edu Flash Card Animals Series


    Putri Normalita

    Flash card yang berupa tumpukan kartu yang isinya terdapat beragam kata dasar ini merupakan kartu yang wajib untuk bunda miliki. Hal ini karena flash card terbukti dapat melatih kemampuan membaca pada anak usia dini.

    Saya pribadi memiliki beragam jenis flash card karena bagi saya kartu ini sangat bermanfaat untuk menambah kosakata, melatih kemampuan mendengar, menulis, serta berbicara. Mulai dari flash card tentang huruf, angka, hewan, buah-buahan, dan masih banyak lagi.


    Jika bunda rutin mengajak si kecil untuk bermain flash card, bunda akan mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Selain untuk menstimulasi anak, lewat permainan edukatif ini bunda juga dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan si kecil.